Bagikan Artikel Ini:

Tahun ajaran baru 2020–2021 sudah dimulai sejak  Senin (13/7). Sekolah Prestasi Global Depok menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), 13-15 Juli 2020.

Sekolah  yang berlokasi di Jalan Palem 1 No. 1 Mampang Indah Dua, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok melaksanakan berbagai macam acara dan program terkait MPLS . “Meski dilaksanakan secara daring,  namun tidak mengurangi khidmat bagi seluruh siswa baru KB TK dan SD Prestasi Global,” kata Direktur Sekolah Prestasi Global, Ahmad Faisal dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (16/7).

Ia menjelaskan, untuk tahun ini, di tengah kondisi pandemi masih berlangsung,  Sekolah Prestasi Global menyusun kegiatan MPLS  secara daring seperti pengenalan lingkungan sekolah, mengenalkan nama kelas, nama guru dan juga nama teman-teman sekelas siswa. “Pelaksanaan ini dilakukan secara daring dalam bentuk tatap muka dengan aplikasi online serta membuat video sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi semua siswa,” ujarnya.

Tahun ajaran baru 2020-2021, Sekolah Prestasi Global menerima murid sebanyak 180 siswa dari tingkat KB, TK dan SD. 

“Rasa sedih dan haru jelas tersirat di wajah siswa-siswi kami. Dewan guru sangat merasakan hal yang tidak biasa dilakukan setiap tahunnya. Keceriaan siswa dan kesibukan orang tua datang ke sekolah tidak terlihat, kini digantikan dengan perangkat elektronik yang secara basic learning jauh dari kata sempurna dalam jasa pelayanan pendidikan ini,” tuturnya. 

Meskipun demikian, kata Faisal, guru-guru kreatif di Prestasi Global sangat antusias melaksanakan MPLS ini dengan berbagai macam acara. Misalnya,  mendengarkan dongeng, bermain games serta kegiatan atraktif lainnya yang diikuti oleh siswa dengan penuh semangat dan ceria.

Faisal mengemukakan, untuk tahun ajaran 2020–2021, Sekolah Prestasi Global melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan cara daring. Kegiatan belajar-mengajar tidak tatap muka langsung di kelas. Ini dikarenakan adanya pandemi yang sampai saat ini belum usai. 

Sekolah menyiapkan bahan ajar secara online dalam bentuk tutorial, resume dan juga video ajar yang dibuat oleh semua guru. Bahkan sekolah juga sudah menyiapkan bahan-bahan ajar yang diperlukan siswa untuk kebutuhan praktik dan pendalaman lainnya. “Semua itu dapat diambil di sekolah untuk satu bulan ke depan  berbarengan dengan bahan ajar akademik lainnya,” ujarnya. 

Yang tak kalah pentingnya, kata Faisal, sekolah menyiapkan aplikasi Google Classroom dan Google Meet sebagai sarana dalam berinteraksi kepada siswa selama kegiatan belajar-mengajar ini. Hal itu untuk memudahkan siswa melaksanakan segala sesuatunya terkait pembelajaran secara daring. Artinya platform yang digunakan jelas dan dapat dipelajari serta efektif dan efisien. 

“Tahun ini  kami juga  menyediakan layanan konseling untuk semua jenjang Sekolah Prestasi Global yang bertujuan memberikan pelayanan lebih kepada orang tua tanpa adanya biaya tambahan,” tuturnya.

Faisal menegaskan, pihaknya  berharap meski dalam kondisi pandemi seperti saat ini semua hak siswa untuk menerima pembelajaran yang baik dapat terlaksana dengan baik. “Kami berharap doa dan dukungan civitas akademika sekolah Prestasi Global semua dapat membawa situasi ini normal kembali dan siswa dapat dengan segera bisa ke sekolah. Sekolah Prestasi Global Insya Allah siap melaksanakan buka sekolah apabila nanti sudah di izinkan oleh pemangku kepentingan. Sekolah Prestasi Global  sudah menyiapkan banyak skenario pembelajaran yang efektif aman dan sehat buat para siswa,” paparnya.

 

Artikel ini lebih dulu terbit di Republika.co.id pada tanggal 17 Juli 2020 dengan judul yang sama.

(Visited 2 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us