Bagikan Artikel Ini:

SDIT Terbaik di Depok – Tinggal di kota besar seperti kota Depok tentunya tidak sulit untuk menemukan SDIT di Depok yang berkualitas. Sekolah dengan standar pemahaman agama islam ini menjadi incaran para orang tua untuk memberikan pendidikan islami untuk buah hati tercinta. Sebagian orang tua menganggap bahwa pendidikan agama adalah investasi akhirat untuk dia dan sang anak. Orang tua semakin merasa lega jika tidak hanya dapat membekali ilmu dunia namun juga ilmu akhirat.

Lantas seberapa pentingkah ilmu agama untuk anak sekolah dasar?

Pentingnya Pendidikan Islami untuk Anak Sekolah Dasar

Pentingnya Pendidikan Islami untuk Anak Sekolah Dasar - Sekolah Prestasi Global

Setelah melewati masa pengenalan pendidikan melalui PAUD dan TK, anak akan masuk pada pendidikan lanjutan yaitu sekolah dasar. Sekolah dasar sendiri memiliki tujuan untuk mendidik karakter anak. mengajarkan ilmu formal dan juga ilmu agama.

Ilmu agama perlu diajarkan sejak dini. Ini karena otak anak bisa dikatakan masih suci dan dapat lebih fokus. Untuk anak dengan usia sekolah dasar, atau rentan usia 7 hingga 11 tahun, pendidikan ilmu agama sangat berguna untuk tujuan:

1. Sebagai Bekal Ilmu di Masa Depan

Agama adalah tiang kehidupan. Meskipun memiliki ilmu duniawi yang tinggi namun jika tanpa agama akan runtuh jua. Untuk itu, sangat penting mendidik anak dengan ilmu agama sejak sekolah dasar. Tujuannya agar ia dapat menjalankan sesuatu dengan masih berpedoman pada ilmu agama.

Jadi saat dewasa kelak, ia terbiasa melakukan segala sesuatu yang berdasar pada ilmu agama. Ini menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan yang akan dilewati oleh sang anak.

2. Pengenalan Terhadap Tuhan yang Menciptakannya

Di usia sekolah dasar, mungkin anak sudah memahami bahwa ia adalah makhluk ciptaan Tuhan dan ia harus taat kepadanya. Namun pengetahuan ini belum terlalu didalami sehingga anak masih sering lalai bahkan lupa terhadap kewajibannya sebagai umat manusia.

Untuk itu, perlu adanya pengenalan lebih dalam lagi soal agama Islam yang dapat dipelajari dari Al Qur’an dan Hadist. Ilmu ini mungkin tidak akan sepenuhnya diterima oleh anak yang bersekolah di sekolah formal. Untuk itu, para orang tua mulai memilih sekolah dasar islami untuk anak mereka.

Anak adalah investasi akhirat. Untuk meraihnya Anda harus mengajarkan mereka ilmu agama sejak dini. Sedangkan bersekolah di SD Islami adalah pilihan terbaik karena akan banyak ilmu agama yang dipelajarinya.

3. Pembentukan karakter Anak

Sama seperti sekolah formal, pendidikan sekolah islami memiliki visi untuk mendidik karakter anak menjadi lebih baik. Hanya saja, karakter yang ditekankan di SDIT unggulan di Depok ini lebih banyak tentang ilmu agama.

Sehingga anak telah dididik sejak dini untuk mencintai islam dan hidup dalam tatanan ajaran agama islam. Anak juga akan dibekali banyak ilmu yang berguna untuk masa depan mereka saat telah tumbuh dewasa.

Dengan penyampaian yang ringan, anak akan lebih paham tentang apa yang baik untuk dia dan apa yang tidak. Tak hanya itu, ajaran ilmu agama sejak dini juga melatihnya untuk memahami tentang yang diperbolehkan dan dilarang oleh agama.

Sekolah islam juga mengajarkan anak untuk selalu bersikap akhlakul karimah. Mereka juga dididik untuk menjaga sopan santun kepada yang lebih tua. Serta saling mengasihi antar sesama umat manusia.

4. Penuh dengan Kegiatan Positif

Anak yang bersekolah di SD Islami biasanya akan lebih banyak melakukan kegiatan positif Terutama hal keagamaan. Contohnya seperti membaca Al Qur’an, belajar Bahasa Arab, mempelajari sejarah islam, menghafal dan sebagainya.

Dengan demikian, waktu anak tidak banyak terbuang untuk hal yang sia-sia. Selain itu, perhatian guru juga akan lebih tercurah pada siswa. Metode belajarnya juga sebisa mungkin mudah dimengerti dan dipahami oleh anak.

Sama seperti sekolah dasar pada umumnya, SDIT mendidik anak untuk bersikap mandiri dan disiplin. Entah itu disiplin belajar, sholat, waktu bermain hingga istirahat. Jika anak telah dilatih disiplin sejak dini, maka saat dewasa ia telah terbiasa.

SDIT Terbaik di Kota Depok

SDIT Terbaik di Kota Depok - Sekolah Prestasi Global

Melihat betapa pentingnya pendidikan agama islam di sekolah dasar, pasti membuat orang tua ingin menyekolahkan anak mereka di SD Islami. Bicara soal SD Islami, untuk Anda warga kota Depok pasti sudah tidak asing dengan Prestasi Global.

Ini merupakan sebuah lembaga pendidikan yang beralamat di Jalan Palem I No.1 Perumahan Mampang Indah II Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok. Sekolah islami ini berada di bawah sebuah Yayasan Graha Cendekia dan telah berdiri sejak 2015.

Sesuai dengan nama sekolahnya, SDIT terfavorit di Depok ini memiliki tagline “Sekolah Prestasi Global, Bermutu Dalam Menyiapkan Generasi Religious, Kreatif, Kompetitif, Dan Peduli Lingkungan”. Tak hanya fokus dalam pendidikan formal dan agama islam, sekolah prestasi global mengedepankan ekstrakurikuler. Terobosan baru ini diharapkan dapat menggali potensi siswa dalam bidang soft skill.

Status akreditasi dari sekolah Prestasi Global sendiri telah terakreditasi A. Sebuah pencapaian luar biasa untuk sebuah sekolah dengan latar belakang pendidikan islam. Guru yang mengajar di sekolah Prestasi Global adalah tenaga didik yang kompeten sesuai dengan bidangnya.

Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena guru SDIT terbaik di Depok ini telah melewati tahap seleksi yang ketat. Ini bertujuan agar dapat memberikan ilmu pada peserta didik dengan hasil yang maksimal.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya apa sih keunggulan dari sekolah Prestasi Global? Bukankah ia juga sama dengan SD Islam di Depok lainnya?

Keunggulan yang Dimiliki oleh Sekolah Prestasi Global

Review SDIT terbaik di Depok mengatakan bahwa Prestasi Global memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Dilihat Dari Segi Teknologi

Sama seperti sekolah pada umumnya, sekolah Prestasi Global mengedepankan pelajaran berbasis teknologi. Ini dapat dilihat dari ketersediaan lab komputer sebagai acuan siswa untuk mempelajari ilmu komputer.

Pembelajaran dengan sistem berbasis teknologi ini memiliki tujuan agar siswa tidak gagap teknologi di masa depan. Karena kita sadar, bahwa kedepannya ilmu ini akan sangat berguna. Sehingga sangat perlu diterapkan sejak dini.

2. Dilihat dari Segi Agama

SDIT terbaik di Depok ini memang tidak menciptakan anak didik sebagai penghafal Al Qur’an. Namun sekolah ini mengajarkan anak untuk lebih mendalami baca tulis Al Qur’an dengan lebih baik lagi.  Agar siswa lebih mudah dalam mendalaminya, maka diadakan kegiatan ekstrakurikuler membaca Al Qur’an dan sesi baca Al Qur’an setiap hari dan terus berulang.

Dengan ini anak memiliki bekal yaitu terbiasa dengan Al Qur’an sehingga jika di kemudian hari berniat menghafal Al Qur’an langkahnya semakin mudah. Ini juga yang menjadi tujuan mengapa sekolah islami sangat penting untuk anak. Untuk menambah kemampuan baca Al Qur’an pada anak, siswa kelas 4 hingga 6 diwajibkan untuk mengikuti MAHAD. Malam Aktifitas Dakwah ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan dunia pesantren.

Saat mengikuti MAHAD, siswa dan siswi diharuskan untuk menginap di sekolah selama satu malam. Kegiatan yang mereka lakukan masih seputar keagamaan seperti shalat wajib, shalat tahajud, belajar bahasa Arab, belajar Hadist dan berpidato.

3. Dilihat dari Sudut Pandang Kehidupan di Sekolah

Tak hanya melulu tentang pendidikan agama, sekolah Prestasi Global juga berusaha menyeimbangkan dengan pendidikan formal. Jadi, siswa juga akan aktif pada kegiatan pramuka, kesenian, bahasa asing dan lain sebagainya. Selain itu, pihak sekolah juga tidak membebani siswa mereka dengan berbagai macam tugas rumah. Tujuannya agar anak masih tetap mendapat haknya yaitu bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Ekstrakurikuler di SD Prestasi Global Depok 

Ekstrakurikuler di SD Prestasi Global Depok - Sekolah Prestasi Global

Selain mendalami ilmu agama, sekolah Prestasi Global juga mengharuskan para siswanya untuk mengikuti Ekstrakurikuler Ini bertujuan untuk menggali keahlian lain yang dimiliki siswa baik dalam bidang seni, ilmu agama maupun olahraga.

Berikut ini beberapa Ekstrakurikuler yang ada di sekolah dasar Prestasi Global Depok:

  • Kegiatan Pramuka
  • Kegiatan Calistung
  • Kegiatan Qiroah dan tahfidz Qur’an
  • Kegiatan Islamic Club
  • Kegiatan Panahan
  • Kegiatan Futsal
  • Kegiatan Basket
  • Kegiatan Renang
  • Kegiatan Badminton
  • Kegiatan kesenian meliputi tari, teater dan drumband
  • Kegiatan Marawis
  • Kegiatan Robotik
  • Kegiatan English Club
  • Kegiatan Science Club

Kegiatan tambahan ini dapat menjadi pilihan bagi putra putri Anda selain kegiatan sekolah. Kegiatan ini boleh diikuti oleh semua siswa tergantung pada minat dan bakat yang dimilikinya.

Bagaimana dengan prestasi akademik dan non-akademik yang berhasil diraih oleh sekolah Prestasi Global?

Prestasi Akademik dan Non-Akademik

Meskipun statusnya adalah sekolah islami, namun sekolah dasar Prestasi Global telah menciptakan prestasi akademik berupa:

  • Berhasil meraih gelar juara pertama untuk lomba menggambar TK Kec. Cipayung

Sedangkan untuk prestasi non-akademiknya telah berhasil meraih berapa gelar juara berupa:

  • Juara 1 Robotik tingkat Internasional di Korea Selatan
  • Juara 1 Robotik yang diselenggarakan di D’MALL di Kota Depok
  • Juara 1 Lomba Lari Estafet PORSENI TK
  • Mengikuti program Kidnesia yang diadakan di Kompas TV
  • Juara 1 & 2 Lomba Menari se Jabodetabek
  • Telah tampil di Acara Mata Najwa yang diadakan di Metro TV
  • Juara 1 Lomba Sholat Berjamaah Tingkat Kec. Panmas

Ini menjadi sebuah bukti bahwa sekolah Prestasi Global memang memiliki segudang prestasi yang tidak dapat diragukan lagi. Dengan ini ia sangat pantas disebut sebagai sekolah

Fasilitas yang Dimiliki oleh Sekolah Dasar Prestasi Global Depok

Sebagai sekolah yang memiliki standar terbaik, SD Prestasi Global Depok memiliki berbagai fasilitas unggulan. Fasilitas ini diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar siswa didik agar lebih fokus dan nyaman. Berikut beberapa fasilitas terbaiknya:

  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Mushola
  • Cctv
  • Fingerprint absen
  • Lapangan olahraga
  • Wc
  • Layanan antar jemput
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Jam kegiatan belajar di SD Prestasi Global di Depok ini hampir sama dengan SD swasta terbaik di Jakarta atau sekitarnya. Dimana jam sekolah dimulai sejak pukul 17:30 hingga pukul 14:00 dengan durasi sekolah mulai dari hari senin hingga hari jumat. Kegiatan ekstrakurikuler biasa dilakukan sesuai dengan jadwal dari pihak sekolah dan kelas masing-masing. Sedangkan untuk masalah pekerjaan rumah atau PR sengaja ditiadakan agar anak tidak terlalu terbebani dan masih bisa bersosialisasi.

Demikianlah mengenai SDIT yang bagus di Depok lengkap dengan keunggulan, prestasi dan fasilitas yang dimilikinya. Untuk Anda yang menginginkan pendidikan sekolah dasar dengan konsep islami yang tidak membebani anak dapat memilih SD Prestasi Global.

Sebutkan Pentingnya pendidikan islami untuk anak sekolah dasar!

1. Sebagai bekal ilmu di masa depan Pengenalan terhadap Tuhan yang menciptakannya Pembentukan karakter anak 4. Penuh dengan kegiatan positif

Bagaimana Review SDIT Sekolah Prestasi Global terbaik di Depok?

1. Dilihat dari segi teknologi Sama seperti sekolah pada umumnya, sekolah Prestasi Global mengedepankan pelajaran berbasis teknologi. Ini dapat dilihat dari ketersediaan lab komputer sebagai acuan siswa untuk mempelajari ilmu komputer. Pembelajaran dengan sistem berbasis teknologi ini memiliki tujuan agar siswa tidak gagap teknologi di masa depan. Karena kita sadar, bahwa kedepannya ilmu ini akan sangat berguna. Sehingga sangat perlu diterapkan sejak dini. 2. Dilihat dari segi agama SDIT terbaik di Depok ini memang tidak menciptakan anak didik sebagai penghafal Al Qur’an. Namun sekolah ini mengajarkan anak untuk lebih mendalami baca tulis Al Qur’an dengan lebih baik lagi. Agar siswa lebih mudah dalam mendalaminya, maka diadakan kegiatan ekstrakurikuler membaca Al Qur’an dan sesi baca Al Qur’an setiap hari dan terus berulang. Dengan ini anak memiliki bekal yaitu terbiasa dengan Al Qur’an sehingga jika di kemudian hari berniat menghafal Al Qur'an langkahnya semakin mudah. Ini juga yang menjadi tujuan mengapa sekolah islami sangat penting untuk anak. Untuk menambah kemampuan baca Al Qur’an pada anak, siswa kelas 4 hingga 6 diwajibkan untuk mengikuti MAHAD. Malam Aktifitas Dakwah ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan dunia pesantren. Saat mengikuti MAHAD, siswa dan siswi diharuskan untuk menginap di sekolah selama satu malam. Kegiatan yang mereka lakukan masih seputar keagamaan seperti shalat wajib, shalat tahajud, belajar bahasa Arab, belajar Hadist dan berpidato. 3. Dilihat dari sudut pandang kehidupan di sekolah Tak hanya melulu tentang pendidikan agama, sekolah Prestasi Global juga berusaha menyeimbangkan dengan pendidikan formal. Jadi, siswa juga akan aktif pada kegiatan pramuka, kesenian, bahasa asing dan lain sebagainya. Selain itu, pihak sekolah juga tidak membebani siswa mereka dengan berbagai macam tugas rumah. Tujuannya agar anak masih tetap mendapat haknya yaitu bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Sebutkan Ekstrakurikuler di SD Prestasi Global Depok!

• Kegiatan Pramuka • Kegiatan Calistung • Kegiatan Qiroah dan tahfidz Qur’an • Kegiatan Islamic Club • Kegiatan Panahan • Kegiatan Futsal • Kegiatan Basket • Kegiatan Renang • Kegiatan Badminton • Kegiatan kesenian meliputi tari, teater dan drumband • Kegiatan Marawis • Kegiatan Robotik • Kegiatan English Club • Kegiatan Science Club Kegiatan tambahan ini dapat menjadi pilihan bagi putra putri Anda selain kegiatan sekolah. Kegiatan ini boleh diikuti oleh semua siswa tergantung pada minat dan bakat yang dimilikinya. Bagaimana dengan prestasi akademik dan non-akademik yang berhasil diraih oleh sekolah Prestasi Global?

(Visited 191 times, 3 visits today)
WhatsApp WhatsApp us