Bagikan Artikel Ini:

Tumbuh kembang anak tentunya menjadi perhatian penting untuk para orang tua. Salah satu masalah pertumbuhan si Kecil yang tentu perlu diperhatikan juga adalah perkembangan rambutnya. Nah, jika Anda tahu tips merawat rambut anak, simak selengkapnya di artikel ini.

Tips Merawat Rambut Bayi

Tips Merawat Rambut Bayi - PresgoPhoto by Icons8 Team on Unsplash

Kondisi rambut bayi yang baru lahir sangatlah berbeda-beda. Tapi, Anda perlu tahu kalau tebal tipisnya rambut bayi bukanlah standar sehat tidaknya pertumbuhan rambut anak. Hal yang paling penting adalah pertumbuhan anak tepat sesuai dengan usia perkembangannya.

Kalau rambut bayi tidak juga tumbuh panjang, sebenarnya ada beberapa faktor penyebabnya. Faktor keturunan bisa menjadi salah satu hal yang memengaruhi kesehatan rambut anak. Anda juga perlu tahu bahwa rambut bayi umumnya hanya tumbuh seperempat hingga setengah inci setiap bulan.

Jadi, Anda tidaklah perlu khawatir kalau rambut bayi tidak juga segera melebat. Anda bisa juga melakukan beberapa hal berikut supaya rambutnya tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

1. Asupan MPASI juga Penting

MPASI atau makanan pendamping ASI memberikan efek yang penting untuk. Bahkan, MPASI tersebut juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut bayi juga, lho. Ada beberapa asupan MPASI yang baik untuk pertumbuhan rambut bayi seperti susu, buah, telur, dan ikan salmon.

Sayuran-sayuran yang mengandung Omega 3, zinc, zat besi, vitamin B1, dan L-cysteine juga sangatlah baik untuk perkembangan rambut. Meski demikian, pastikan juga Anda cukupi kebutuhan gizi seimbang si Kecil, ya.

2. Usahakan agar si Kecil Tidak Terlalu Lama Terlentang

Tengkorak kepala bayi masih berupa tulang rawan yang bisa berubah bentuk. Untuk itu, posisi terlentang bayi merupakan hal penting untuk diperhatikan supaya bentuk kepalanya tidak “peyang”. Anda juga bisa mengusahakan agar bayi tidak terlalu lama tidur terlentang.

Selain berefek pada bentuk kepala, ternyata tidak membuat bayi tidur terlentang juga berakibat baik pada tumbuh kembang rambutnya. Kepala yang tidak terlalu sering bergesekan dengan bantal dinilai bisa membuat tumbuh kembang rambutnya tumbuh maksimal.

Untuk itu, membuat bayi tidur tengkurap sembari tummy time juga sangat baik. Tidak hanya untuk rambutnya tetapi untuk proses perkembangan bayi juga, lho.

3. Bersihkan Kepala Bayi dengan Memotongnya Secara Teratur

Ada beberapa mitos mengenai cara menumbuhkan rambut anak dengan cepat. Salah satunya adalah ketika rambut anak sering dipotong maka rambutnya bisa lebih lebat dan cepat tumbuh. Nyatanya, itu hanyalah mitos, ya. Meski begitu, hal itu tidak sepenuhnya salah juga.

Memotong rambut anak dengan rutin tidak akan membuat rambut si Kecil menjadi lebat. Tapi, dengan memotong rambut anak secara rutin, kulit kepala si Kecil menjadi lebih mudah dibersihkan dari kotoran. Hasilnya, rambutnya bisa tumbuh dengan lebih sehat.

Tapi, masalah ketebalan rambut, itu menjadi hal yang lain lagi. Ketebalan rambut sangatlah dipengaruhi oleh keturunan, jadi Anda jangan kaget kalau tebal rambut si Kecil hanya begitu-begitu saja.

4. Tidak Terlalu Sering Keramas

Tahukah Anda? Penggunaan bahan kimia seperti sampo yang terlalu sering ternyata bisa berakibat buruk pada kesehatan rambutnya. Bahkan, kulit kepala bayi bisa mudah iritasi. Pastikan juga Anda memilih jenis sampo yang cocok untuk bayi.

Rekomendasi shampo anak yang cocok untuk bayi adalah jenis sampo yang tidak membuat mata bayi iritasi. Agar bisa memberikan efek, Anda bisa mengeramasi si kecil dengan mencampurkan pada air hangat. Usapkan merata dengan pijat perlahan.

Pijat perlahan dengan memakai ujung jari bisa merangsang pertumbuhan folikel rambut. Dengan itu, diharapkan pertumbuhan rambut si Kecil bisa lebih sehat.

5. Rutin Pakai Minyak Rambut Bayi

Vitamin rambut anak agar lebat yang paling bagus adalah vitamin yang alami. Nah, untuk membuat rambut bayi sehat dan terawat, Anda bisa memanfaatkan minyak alami dari buah kelapa. Minyak kelapa ini tidak hanya untuk membuat rambut bayi kuat dan sehat tetapi juga bisa memberikan kilau pada rambut.

Jadi, salah satu cara membuat rambut hitam berkilau anak dari kecil adalah rutin mengoleskan minyak kelapa pada kepalanya. Efek dari minyak kelapa ini adalah bisa membuat rambut tidak mudah rontok, rambut hitam berkilau, bebas ketombe, dan lebat.

Untuk memakainya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa selama beberapa kali seminggu. Lalu, tunggu selama 20 menitan dan bilas dengan air hangat.

Tips agar Rambut Anak Sehat

Seiring dengan pertumbuhannya, tentunya rambut anak akan semakin panjang dan lebat. Orang tua perlu melakukan beberapa hal di bawah ini supaya pertumbuhan rambut anak tetap optimal. Berikut adalah langkah merawat rambut anak agar bisa tumbuh optimal dan sehat.

1. Pakai Sampo yang Tepat

Mengeramasi anak dengan sampo orang dewasa tentunya bukan langkah yang tepat, ya. Bisa-bisa rambut anak malah rontok. Perawatan rambut sehari-hari yang paling sederhana adalah memilihkan sampo yang tepat untuk anak. Sampo khusus anak ini sudah banyak tersedia di pasaran, kok.

Anda bisa memilihkan jenis sampo yang tidak mudah menyebabkan iritasi terutama yang tidak membuat mata pedih. Anak-anak juga akan lebih nyaman memakai sampo dengan wangi yang disukainya. Meski anak memilih jenis samponya sendiri, pastikan ada vitamin B5 dalam kandungan samponya.

Vitamin B5 adalah vitamin yang bermanfaat untuk membuat rambut anak lebat dan hitam, serta lebih halus.

2. Cuci Rambut Anak dengan Cara yang Tepat

Tidak hanya ketika bayi, anak-anak sebaiknya juga tidak dikeramasi terlalu sering. Hindari untuk mengeramasi anak tiap hari. Cara merawat rambut anak-anak paling tepat adalah mengajarkannya mencuci rambut sekitar 3 hingga 2 kali seminggu.

Anda perlu memberikan contoh pada si Kecil juga kalau mencuci rambut secara rutin akan membuat rambutnya sehat. Jadi, tidak hanya memberikan anjuran tetapi Anda juga ikut melakukannya. Pada dasarnya, anak adalah pengamat yang sangat jeli sehingga ia bisa langsung menirukan orang di sekitarnya.

3. Atasi Rambut Kusut Anak dengan Tepat

Rambut anak yang sudah memanjang akan lebih mudah kusut. Apalagi kalau rambut anak termasuk jenis rambut keriting. Nah, cara merawat rambut keriting dan rambut kusut ini adalah dengan mengoleskan kondisioner. Kondisioner adalah salah satu senjata paling ampuh untuk melepas simpul jahat pada rambut.

Anda bisa mengajarkan si Kecil untuk mengoleskan kondisioner pada rambut yang masih basah setelah dibasuh dengan sampo. Untuk meratakannya, Anda bisa memberikan sisir bergigi lebar atau jari-jarinya saja juga sudah cukup. Diamkan selama 5 menit dan bilas.

Hindari memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut anak karena rambut anak lebih tipis dibandingkan rambut orang dewasa. Anda bisa keringkan rambutnya dengan handuk. Lalu, sisir rambut dengan sisir bergerigi jarang dan tidak tajam yang baik untuk kulit kepalanya.

4. Nutrisi Rambut Anak dengan Tepat

4. Nutrisi Rambut Anak dengan Tepat-presgoPhoto by Christin Hume on Unsplash

Kalau rambut anak termasuk jenis rambut yang sensitif, maka memberikan nutrisi rambut juga penting. Merawat rambut anak dari luar dan dalam bisa membuat rambut anak bisa lebih sehat secara maksimal. Untuk merawat rambut bagian luar, Anda sebenarnya bisa berikan minyak rambut.

Minyak rambut untuk anak ini banyak dijual di pasaran, kok. Selain itu, penting juga untuk memberikan asupan nutrisi yang sehat untuk anak. Makanan seperti buah alpukat atau kacang-kacangan memberikan efek yang sangat baik untuk perkembangan rambutnya.

Beberapa makanan seperti telur dan susu yang kaya protein juga baik untuk rambut. Sayuran seperti bayam, vitamin A, dan wortel pun juga baik untuk perkembangan rambutnya, lho.

5. Kurangi Paparan UV langsung

Tahukah Anda? Paparan sinar UV ternyata bisa membuat rambut anak kering dan mudah rontok. Sinar UV ini akan membuat kulit kepala lebih mudah berkeringat dan akhirnya rambut menjadi bau. Padahal, ketika masa kanak-kanak, biasanya mereka sangat suka bermain di luar rumah.

Nah, cara merawat rambut kering dan bau akibat paparan sinar UV ini cukup mudah. Anda tidak harus melarang si Kecil bermain di luar rumah. Tapi, Anda bisa kenakan topi, kerudung, atau pelindung kepala lainnya ketika mereka bermain.

Pastikan setelah selesai bermain segera membuka penutup kepalanya, ya. Tujuannya adalah agar keringat di kepalanya cepat menguap dan tidak meninggalkan bau.

6. Rutin Merapikan Rambut Anak

Apakah Anda merasa rambut si Kecil akhir-akhir ini mudah rontok atau bahkan rusak? Kalau iya, berarti sudah saatnya Anda memotong atau merapikan rambutnya. Merapikan atau memotong rambut ini adalah cara merawat rambut rontok yang cukup ampuh.

Merapikan dan memotong rambut anak ini dua hal yang berbeda. Untuk merapikan rambut, Anda cukup pangkas sekitar 2 hingga 3 cm. Tujuannya adalah rambut anak tidak mudah rontok lagi karena terlalu panjang.

Tapi, memotong rambut anak perlu dipotong beberapa bagian rambut terutama yang sudah rusak. Memotong atau memangkas rambut tersebut adalah salah satu cara merawat rambut rusak yang bisa Anda coba. Anda bisa juga berkonsultasi dengan tenaga profesional di salon.

7. Pilih Gaya Rambut yang Tepat

Cara merawat rambut anak-anak berikutnya yang tidak kalah penting adalah memilihkan gaya rambut yang tepat. Gaya rambut anak ini berefek juga pada kesehatan dan kilau rambut, lho. Gaya rambut yang baik adalah yang bisa melindungi ujung rambut dari kerusakan dan paparan bahan kimia.

Kalau Anda suka menata rambut anak dengan cara membuat cepol atau kuncir kuda, pastikan rambut tidak terlalu tegang yang membuat rambut-rambut tertarik ke atas. Untuk anak yang aktif, membiarkannya cepak atau pendek adalah langkah terbaik untuk merawat rambutnya.

Akan tetapi, kalau si Kecil suka rambutnya memanjang, Anda bisa mengikatnya dengan ikatan longgar atau menutupi kepalanya saja sekalian. Dengan begitu, Anda tidak akan bingung dengan gaya rambut yang tepat.

Kalau pun Anda ingin memaksimalkan perawatannya, Anda bisa berkonsultasi dengan profesional di salon. Si Kecil pun akan bisa leluasa memilih gaya rambut yang disukainya.

Kesimpulan

Nah, itulah cara merawat rambut anak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Kalau rambut anak saja Anda perhatikan dengan seksama, tentunya Anda juga ingin memilihkan pendidikan yang terbaik untuk si Kecil, ya. Pastikan Anda memilih jenis lembaga terbaik yang sevisi dengan Anda.

Kami, Sekolah Prestasi Global memiliki tagline Modern Islamic School yang akan mengedepankan keilmuan agama islam.

Baca Juga: Ketahui 13 Cara untuk Merawat Kulit Anak yang Benar

1. Kenapa posisi terlentang bayi menjadi hal penting untuk diperhatikan?

Karena Tengkorak kepala bayi masih berupa tulang rawan yang bisa berubah bentuk. Untuk itu, posisi terlentang bayi merupakan hal penting untuk diperhatikan supaya bentuk kepalanya tidak “peyang”. Anda juga bisa mengusahakan agar bayi tidak terlalu lama tidur terlentang. Selain berefek pada bentuk kepala, ternyata tidak membuat bayi tidur terlentang juga berakibat baik pada tumbuh kembang rambutnya. Kepala yang tidak terlalu sering bergesekan dengan bantal dinilai bisa membuat tumbuh kembang rambutnya tumbuh maksimal.

2. Apa saja asupan MPASI yang baik uuntuk pertumbuhan rambut bayi?

Ada beberapa asupan MPASI yang baik untuk pertumbuhan rambut bayi seperti susu, buah, telur, dan ikan salmon. Sayuran-sayuran yang mengandung Omega 3, zinc, zat besi, vitamin B1, dan L-cysteine juga sangatlah baik untuk perkembangan rambut. Meski demikian, pastikan juga Anda cukupi kebutuhan gizi seimbang si Kecil, ya.

3. Bagaimana cara memilih shampo agar tidak mengakibatkan iritasi pada anak?

Anda bisa memilihkan jenis sampo yang tidak mudah menyebabkan iritasi terutama yang tidak membuat mata pedih. Anak-anak juga akan lebih nyaman memakai sampo dengan wangi yang disukainya. Meski anak memilih jenis samponya sendiri, pastikan ada vitamin B5 dalam kandungan samponya. Vitamin B5 adalah vitamin yang bermanfaat untuk membuat rambut anak lebat dan hitam, serta lebih halus.

(Visited 5 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us