Bagikan Artikel Ini:

10 tahun belakangan ini YouTube sangat populer. Tidak hanya orang dewasa tapi juga remaja hingga anak-anak. Konten di YouTube sangat beragam bahkan banyak sekali bertebaran Konten Edukatif yang sayang untuk tidak ditonton. Berikut 5 Youtube channel yang asik untuk belajar hal baru :

1. Channel Kurzgesagt

Pada dasarnya anak-anak menyukai gambar-gambar berwarna. Apalagi ditambah gambar tersebut dianimasikan dengan menarik. Media YouTube dewasa ini menjadi salah satu pilihan orang tua untuk sarana edukasi anaknya.YouTube channel Kurzgesagt adalah salah satu channel yang kami rekomendasikan.
 
5 Youtube Channel yang Asik untuk Belajar Hal Baru - prestasiglobal
 

Sejarah Kurzgesagt

Channel ini didirikan oleh Philipp Dettmer pada tahun 2013. Tepatnya tanggal 9 Juli 2013. Dettmer mengatakan bahwa pembuatan channel ini sebenarnya dilakukan untuk mengisi waktu luang setelah dirinya lulus dari Munich University of Applied Sciences.

Salah satu video pertamanya yang menggambarkan tentang evolusi sudah menyentuh angka 7,8 juta views dari seluruh dunia. Jumlah yang cukup besar untuk video kurang dari 15 menit. Suksesnya Dettmer di dalam menjalankan channel YouTube yang dimiliki akhirnya membuat Dettmer beralih menjadi pekerja penuh waktu.

Dia akhirnya mendirikan studio sendiri dengan 25 karyawan yang bekerja untuk memberikan tayangan YouTube mendidik. Usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh Dettmer berbuah manis. Salah satunya yaitu kerjasama sama dengan Bill and Melinda Gates Foundation.

Mereka bekerja untuk membuat animasi mengenai sebuah penyakit. Setelah kerjasamanya  itu berakhir Dettmer banyak sekali menerima tawaran kerjasama sama untuk membuat video-video edukatif lainnya.
 

Video Kurzgesagt Terpopuler

Jika dilihat dari statistik channel Kurzgesagt telah mengupload hampir 100 video. Video dari channel ini mengangkat topik mengenai luar angkasa, teknologi, filosofi, biologi, sosial dan fisika. Kurzgesagt berharap lebih banyak orang tertarik pada ilmu pengetahuan karena IPTEK sangatlah indah.

  • The Bacteriophage

Salah satu judul film yang populer di channel Kurzgesagt adalah The Bacteriophage. Animasi ini bercerita tentang bagaimana sistem imun tubuh bekerja melawan bakteri. Bakteri yang masuk akan dibunuh oleh tentara-tentara tubuh.

Dijelaskan juga dengan animasi yang menarik mengenai penemuan antibiotik. The Bacteriophage telah dilihat oleh  16 juta view. Selain cocok ditonton oleh dewasa, video ini bisa digunakan untuk menambah wawasan anak-anak. The Bacteriophage dilengkapi juga dengan subtitle bahasa Inggris.

  • The Deep Sea

Si kecil suka sekali dengan kehidupan laut? The deep sea dapat menjadi pilihan tontonan yang menarik. Kurzgesagt memberikan animasi tentang bagaimana kehidupan laut yang sesungguhnya. Gelap dan misterius serta penuh tantangan untuk dijelajahi lebih lanjut. Sudah ditonton lebih dari 9,1 juta penonton dalam setahun.
 
 

2. Ted Ed

Ted sendiri merupakan sebuah konferensi media LLC di Amerika yang dimulai dari tahun 1984. Akhirnya Ted berkembang dengan salah satunya berupa peluncuran channel Ted Ed.

Ted Ed adalah program yang dilakukan oleh Ted untuk memberikan masyarakat luas ilmu pengetahuan. Di dalamnya banyak sekali video-video rekomendasi untuk pengetahuan anak.
 

Rekomendasi Video Ted Ed

  • Volcano Eruption Explained

 
5 Youtube Channel yang Asik untuk Belajar Hal Baru - prestasiglobal
 
Bersahabat dengan alam adalah hal yang harus dilakukan oleh manusia. Hal ini perlu diajarkan sedari dini. Anak-anak dapat melihat bagaimana alam berevolusi. Salah satu yang menjadi rekomendasi di video ini adalah Volcano eruption explained.

Video yang bercerita tentang bagaimana sebuah gunung berapi akhirnya meletus di alam. Sangat cocok untuk anak usia SD hingga SMA. Selain sebagai tontonan edukatif anak-anak video ini dapat digunakan sebagai bahan ajar guru.

  • A Brief History Of Plastic

Bola billiard liar dulu diproduksi dari gading gajah. Dikarenakan menurunnya gading gajah di alam maka sebuah perusahaan swasta mengadakan sayembara untuk membuat bola billiard yang kuat dan tahan lama.

Alasan pertama inilah yang membuat banyak peneliti mencari alternatif bola billiard. Di masa depan hasil dari penelitian ini digunakan untuk membuat bermacam-macam barang yang dipakai sekarang.

Ted-Ed memberikan gambaran kepada para penontonnya bagaimana plastik pertama kali dibuat. Tentu saja dengan menyematkan isu lingkungan hidup di intro videonya. Ditujukan agar generasi di masa mendatang terbuka matanya dalam menjaga lingkungan hidup.

  • Riddle

Banyak sekali ilmuwan dan pihak yang berkompeten berpartisipasi dalam video buatan Ted-Ed. Termasuk para pecinta RIddle. Di channel Ted-Ed banyak sekali ditemukan Riddle yang menarik untuk diselesaikan. Tinggal Anda pilih mana yang menarik untuk ditonton.

Ted-Ed menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. namun jangan khawatir, disediakan juga subtitle dalam berbagai bahasa lain seperti bahasa Indonesia. Belajar pengetahuan baru lewat Ted-Ed bukanlah masalah.

Jangan lupa untuk mendampingi anak saat menonton video dari Ted-Ed. Beberapa video yang diupload kadang tidak sesuai untuk anak usia di bawah 18 tahun. Bijak dalam memberi untuk anak ya.

 
 

3. Kok Bisa?

YouTube Channel dari Kok Bisa bisa menjadi alternatif lain dari orang tua untuk memberikan konten edukatif. Channel ini dibuat 5 tahun yang lalu (2015). Channel Kok bisa? berkomitmen untuk memberikan konten yang edukatif tetapi juga menyenangkan untuk ditonton.

Selama lima tahun berdiri, Kok bisa? telah mempublikasikan lebih dari 200 konten. Konten-konten yang dihasilkan mulai dari fisika tentang bagaimana lampu dibuat hingga sejarah tentang kehidupan Genghis Khan.
 

Rekomendasi Video Kok Bisa?

 

 

  • Kenapa Kita Nggak Bisa Membagi Dengan Angka Nol?

Pernahkah kalian berhitung tentang pembagian bilangan nol? Berapa hasilnya? Membagi bilangan dengan nol hasilnya akan tetap menjadi nol. Hal ini merupakan salah satu misteri dari matematika.

Banyak orang bahkan tidak bisa menjelaskan bagaimana ini terjadi. Jika penasaran Kok Bisa? telah merangkumkan penjelasannya pada video di channel youtube. Tentu saja disajikan dengan animasi yang menghibur untuk menarik minat dari para pelajar dan penonton.

  • Gimana Caranya Bisa Belajar Banyak Bahasa

Rekomendasi video kedua dari kok bisa tentang bahasa. Bahasa ibu umumnya mudah dipelajari karena kita melakukan setiap hari dengan lawan bicara yang juga menggunakan. Lalu bagaimana kita belajar bahasa lainnya? Mudahkah? Sulitkah? Bagaimana triknya?

Hal ini yang sering sekali menjadi pertanyaan para penikmat bahasa. Belakangan ini banyak juga menyerang penggemar K-Pop dan J-Pop dan tak terkecuali para pemburu beasiswa luar negeri. Kok bisa? Telah merangkum trik dan triknya di video animasi terbaru mereka.

Kok bisa? banyak menawarkan konten-konten edukatif. Jika YouTube channel serupa melakukan sadur dari video bahasa asing, Kok bisa? hampir video yang diunggah berasa lokal.

Banyak sekali dibahas konten mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Nusantara. Tidak lupa mereka meng-upload mengenai permasalahan-permasalahan lokal di Indonesia. Beberapa video perlu pendampingan untuk anak-anak dibawah usia 18 tahun.
 
 

4. Hujan Tanda Tanya

Wawasan baru bisa didapat dari berbagai sumber tidak terkecuali dari media teknologi. YouTube channel memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan berbagai informasi dan wawasan. Hujan tanda tanya adalah salah satunya.
 

Sejarah  Hujan Tanda Tanya

Tahun 2020 ini Channel hujan tanda tanya telah mengupload hampir 200 video. Dibentuk pada Januari 2016 channel ini berfokus pada penjelasan sederhana mengenai hal-hal yang berkaitan tentang sains dan teknologi.

Ikhsan, Firman dan Fikri adalah founder dari hujan tanda tanya. Mereka berharap munculnya channel mereka memberikan kembali angin segar. Dunia pendidikan, sains dan teknologi tidaklah menyeramkan. Hanya perlu penjelasan yang tepat, ringan tapi tentu saja berbobot.
 

Rekomendasi Video Hujan Tanda Tanya

Channel hujan tanda tanya memberikan banyak wawasan. Selain sains dan teknologi akhir-akhir ini banyak mengangkat tentang kehidupan manusia. Di bawah ini dirangkum beberapa konten yang bermanfaat sekali digunakan di kehidupan sehari-hari.

  • Sifat Yang Disukai Lawan Jenis

Sasaran konten ini tentu saja remaja-remaja yang baru mengenal cinta. Untuk menggaet lawan jenis diperlukan tips khusus. Perlu juga dilakukan perombakan dari dalam diri. Misalnya dengan merubah sifat-sifat diri.

Jika dulu sering malas mandi mungkin bisa dirubah. Untuk menggaet gebetan sifat pemalas diubah menjadi rajin mandi pagi. Jika tubuh segar maka orang yang memandang juga akan senang. Tips-tips lebih lanjut, biar hujan tanda tanya yang menyampaikan.

  • Cara Meningkatkan Skill Dan Penghasilan Tambahan

Masa pandemi seperti banyak dihabiskan di rumah. Biasanya digunakan untuk rebahan browsing-browsing  tontonan. Jika terus menerus dilakukan akan muncul satu titik jenuh. Hujan tanda tanya punya solusinya untuk Anda.

Rebahan saja tidak menghasilkan uang, perlu peningkatan skill yang mumpuni. Skill yang dapat digunakan di masa pandemi seperti ini sangatlah penting. Ada saran menarik di video yang diupload oleh hujan tanda tanya yang bakal bikin skill Anda meningkat tajam.

Banyak dari video hujan tanda tanya ditujukan untuk kalangan remaja (yang mulai galau dengan kehidupan). Sayangnya Hujan tanda tanya terakhir upload pertengahan Juni yang lalu. Menonton channel  ini tetap diperlukan pengawasan karena beberapa konten yang diunggah mengandung isu sensitif untuk anak-anak dan remaja
 
 

5. Peekaboo Kids

Menjadi orang tua dituntut untuk selektif dalam memberikan tontonan untuk anak. Tontonan yang bagus bisa digunakan sebagai bahan edukasi tentang berbagai hal. Apalagi jika orang tua memiliki anak yang tinggi sekali rasa ingin tahunya.

Channel Peekaboo Kids adalah channel yang memberikan banyak sekali informasi edukatif. Sudah terunggah lebih dari 300 video dan 1 juta lebih subscriber. Jumlah yang sangat besar ini bisa dijadikan acuan kalau channel ini sangat informatif dan edukatif.
 

Rekomendasi Video Peekaboo Kids

  • Carnivorous Plant

 
5 Youtube Channel yang Asik untuk Belajar Hal Baru - prestasiglobal
 
Jika suatu  saat anak Anda bertanya apakah tumbuhan itu makan? Apa yang dimakan? Bagaimana Anda menjawabnya? Untuk mengurangi kebingungan tersebut bisa kita membuka channel dari peekaboo kids

Disana dijelaskan berbagai macam tanaman bahkan ditemukan pula tanaman carnivorous. Jenis tanaman yang tidak hanya memakan mineral dan zat mikro lainnya tapi juga memakan hewan-hewan kecil lainnya.

  • What Cause Soil Pollution

Video rekomendasi lainnya membahas tentang pencemaran lingkungan. Disini dibahas bagaimana pencemaran lingkungan bisa terjadi. Apa yang menyebabkannya dan bagaimana mengatasinya.

Mengenalkan anak mengenai dampak lingkungan sedari kecil memberikan wawasan baru anak. Menjaga lingkungan untuk kehidupan di masa mendatang serta mengajari mereka agar mengurangi pencemaran lingkungan di masa depan.

Konten edukatif  diperlukan agar terjadi banyak variasi tontonan. Media dari YouTube bisa didownload dan disajikan di ruang kelas demi menambah minat belajar saat pandemi Corona ini berakhir.

Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak saat menonton acara Youtube demi menambah bonding dan pengawasan pada anak. Semoga 5 Youtube channel yang asik untuk belajar hal baru di atas menginspirasi Anda.
 
 
Baca juga : 10 Rekomendasi Video Untuk Menghibur Anak Dan Penuh Edukasi

 

Sebutkan rekomendasi Youtube Channel yang asik untuk belajar hal baru?

Channel Kurzgesagt, Ted ed, Kok Bisa?, Hujan Tanda Tanya, Peekaboo Kids

Jelaskan sejarah dari Kurzgesagt?

Channel ini didirikan oleh Philipp Dettmer pada tahun 2013. Tepatnya tanggal 9 Juli 2013. Dettmer mengatakan bahwa pembuatan channel ini sebenarnya dilakukan untuk mengisi waktu luang setelah dirinya lulus dari Munich University of Applied Sciences. Salah satu video pertamanya yang menggambarkan tentang evolusi sudah menyentuh angka 7,8 juta views dari seluruh dunia. Jumlah yang cukup besar untuk video kurang dari 15 menit. Suksesnya Dettmer di dalam menjalankan channel YouTube yang dimiliki akhirnya membuat Dettmer beralih menjadi pekerja penuh waktu. Dia akhirnya mendirikan studio sendiri dengan 25 karyawan yang bekerja untuk memberikan tayangan YouTube mendidik. Usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh Dettmer berbuah manis. Salah satunya yaitu kerjasama sama dengan Bill and Melinda Gates Foundation. Mereka bekerja untuk membuat animasi mengenai sebuah penyakit. Setelah kerjasamanya itu berakhir Dettmer banyak sekali menerima tawaran kerjasama sama untuk membuat video-video edukatif lainnya.

Sebutkan rekomendasi video Ted Ed?

Volcano Eruption Explained, A Brief History Of Plastic, Dan Riddle.

 

(Visited 43 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us