Bagikan Artikel Ini:

Sekarang ini banyak sekali pilihan video edukasi menarik yang dapat disaksikan dan dinikmati anak-anak di platform terkemuka di internet. Salah satu platform untuk tontonan video ini dapat Anda temukan di Youtube. Dari sana, Anda dapat mengakses berbagai video pilihan yang mendidik dan menarik untuk buah hati Anda melalui gadget seperti handphone, PC atau komputer, serta Laptop.

Dalam platform tersebut banyak sekali konten dengan berbagai jenis tema, termasuk konten untuk anak. Ada beragam konten untuk anak yang bagus dan mengedukasi. Apalagi para animator yang menghasilkan animasi berkualitas buatan dalam negeri. Jika Anda tengah mencari video tontonan yang bermanfaat untuk anak Anda, di bawah ini terdapat beberapa video rekomendasi yang mesti ditonton:

10 Video di Youtube yang Berisi Kartun Anak Terbaik

 

1. Nussa yang Mengajarkan Kompak Antara Kakak dan Adik

 

Video rekomendasi pertama ini sangat disukai anak-anak dan dibuat oleh animator serta sineas Indonesia yakni Nussa. Video ini dikemas sangat apik dengan cerita edukasi anak yang bertemakan islami. Nusa ini mengisahkan tentang kakak beradik yakni Nusa dan Rara, serta hewan peliharaan mereka yaitu kucing yang bernama Anta.

Materi yang disuguhkan dalam video animasi kakak adik ini pun sangat mudah dipahami, di mana dua karakter tersebut memberikan gambaran bagaimana anak sholeh dan sholehah berbuat kebaikan sesuai dengan ajaran Islam. Video ramah untuk si kecil ini penuh dengan pesan positif dengan mengingatkan para penontonnya agar berperilaku santun serta baik pada orangtua dan juga mengedukasi hubungan baik antara adik dan kakaknya.

Bila Anda ingin si kecil memperoleh edukasi yang dapat memberikan mereka pelajaran dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya, bisa dengan menemani anak menonton kedua kakak adik ini di Nusa Official. Hingga saat ini subscriber akun tersebut sudah mencapai 5,44 juta. Biasanya akun tersebut memposting video terbaru tiap minggunya di hari Jumat pada jam 04:30 WIB.

2. Kastari Sentra, Anak Dapat Belajar Sembari Bermain 

 

Video animasi Islami anak satu ini bisa pula Anda jadikan pilihan tontonan menghibur sekaligus belajar untuk anak Anda. Kastari Sentra merupakan video besutan dari salah satu produsen yang biasa menghasilkan berbagai film dengan tema pendidikan Islami untuk anak-anak. Terdapat banyak seri video yang dapat Anda pilih.

Di sana si kecil bisa mendengarkan lagu anak berbahasa Indonesia dan lagu wajib nasional. Video edukasi islami ini memiliki seri dimana anak dapat mengetahui nama-nama nabi, mengenal huruf hijaiyah, angka, makanan dan minuman, hewan, buah, kendaraan, belajar sholat, surat-surat pendek Al Quran serta aneka seri video mendidik lainnya.

Di Youtube, Kastari Sentra telah memiliki subscriber sebanyak 2,17 juta. Dalam video animasi Islam anak ini akan mengajak anak Anda belajar nilai-nilai agama dan budaya. Karakter dalam video ini menyampaikan pesan positif seperti pesan moral Islam yang sifatnya menghibur, sehingga si kecil tak hanya sekedar menonton tetapi mendapatkan pengetahuan yang baik untuk diserap putra putri Anda.

3. Mas Waditya yang Menampilkan Aktivitas Bersama Anak

 

Bila Anda pernah membaca atau melihat buku anak dengan judul Cican, buku tersebut merupakan hasil karya Mas Waditya. Selain menulis buku Cican Mas Waditya mempunyai akun Youtube dengan berbagai video seru untuk Anda saksikan bersama buah hati tercinta. Di sana Mas Waditya memperlihatkan aktivitasnya bersama anak-anaknya yaitu Acin dan Acan.

Tak hanya kegiatan positif yang dibagikan dalam videonya, beliau juga banyak menyajikan gambar-gambar cican yang lucu, menarik, dan seru tuk ditonton anak-anak. Adapun hal positif yang dapat diambil di sini adalah bagai mana author mengajak anak-anaknya memeriksakan didi mereka ke dokter gigi, mendongeng, belajar menggambar, dan pembelajaran lainnya.

4. Puri Animation Belajar Bersama Ella dan Ello 

 

Video referensi berikut ini adalah salah satu karya anak bangsa yang menampilkan konten animasi yang fokus pada dua karakter anak bernama Ello dan Ella. Dalam video terdapat seri pendidikan yang lebih lengkap dengan pembahasan lebih luas. Walau demikian puri Animation tetap menampilkan cara pembelajaran yang edukatif dan juga menarik bagi buah hati Anda.

Di sini si kecil akan belajar berhitung dengan cara menarik yakni melalui benda-benda yang diminati anak-anak. Contohnya menghitung jumlah donat dan es krim, serta belajar mengenal bentuk, dengan demikian anak Anda pun jadi lebih tertarik belajar berhitung sebab anak dapat belajar dengan gambar penuh warna yang menyenangkan. Dan yang utama anak jadi lebih mudah untuk paham.

Dalam video tersebut juga menyuguhkan tontonan berkisar kehidupan anak-anak. Video edukasi anak ini memiliki visual yang menarik dengan penuh warna membuat video yang ditampilkan memiliki nilai lebih. Pastinya buah hati Anda akan dapat edukasi yang menyenangkan dan bermanfaat terutama untuk anak dengan usia pra sekolah.

5. Yeiyanimation, Buah Hati Akan Belajar Alfabet Dengan Lagu Anak-Anak

 

Bila Anda ingin mengenalkan si kecil dengan bahasa Inggris di usia dini, maka Anda dapat memberikan buah hati video dari Yeiyanimation. Dalam video yang dibagikan dalam akun platform tersebut memuat video belajar bahasa Inggris yang menarik untuk anak-anak, sehingga membuat si kecil mudah mengerti tiap sesi pembelajarannya.

Anak-anak akan diajak belajar dengan lagu-lagu ceria dan menyenangkan. Terdapat tiga tokoh utama yang akan menemani si kecil belajar bahasa Inggris yakni Eman, Somad, dan Fang Fang. Karakter tersebut akan memberikan pembelajaran pada anak mengenai nama buah, hewan, belajar alphabet, dan masih banyak lagi video yang dipelajari buah hati tercinta.

Tak hanya menyajikan video belajar saja, Yeiyanimation juga menggambarkan beberapa kota di tanah air. Di mana tempat itu berupa museum atau taman bermain. Sehingga hal tersebut dapat Anda jadikan referensi untuk Anda serta si kecil untuk liburan. Salah satu contoh video dengan informasi lokasi wisata adalah Museum Angkut dan Jatim Park yang ada di Jawa Timur.

6. Edutainment Trans7, Kumpulan program anak yang mendidik

 

Untuk video satu ini merupakan sebuah kumpulan program anak yang ada di TV Trans7. Video tersebut menampilkan program acara seperti Bocah Petualang, Si Bolang, Si Otan, Laptop Si Unyil, dan film kartun Petualangan Si Unyil. Di sini anak Anda bisa belajar dari video tersebut, sebab dalam video banyak menampilkan ragam budaya Indonesia. Dari situ anak akan tahu kalau Indonesia mempunyai banyak suku bangsa, bahasa, dan lainnya.

Anda pun dapat menyesuaikan program yang dianggap cocok untuk anak Anda. sebaiknya bila menonton video tersebut Anda menemani anak untuk membimbing serta menjawab pertanyaan yang diajukan si kecil. Video ini lebih cocok ditonton oleh anak yang sudah masuk sekolah dan anak umur balita. Dengan video tersebut membuat pengetahuan anak akan bertambah melalui aneka video yang disuguhkan Edutainment Trans7.

7. Diva The Series untuk Anak yang Akan Mulai Sekolah

 

Video ini adalah salah satu bagian atau dibuat oleh Kastari Animation. Diva The Series menceritakan anak bernama Diva dan kucing kecil peliharaan yang lucu yaitu Pupus. Disana Diva bersama kawan-kawannya yang memiliki latar belakang agama dan suku berbeda satu dan lainnya. Tiap harinya Diva dengan Tomi, Mona, Febi, dan Putu, memiliki banyak konflik seru yang terjadi. Sehingga setiap episode terdapat pesan positif dan nilai moral untuk anak-anak Indonesia yang disajikan dalam video tersebut.

Pembuatan video ini bertujuan supaya anak-anak mendapatkan tontonan animasi anak yang tak hanya menarik tetapi juga mendidik mereka. Diva The Series ini khusus untuk anak yang berumur enam tahun ke atas dan sudah mulai sekolah. Apabila Anak Anda usianya masih di bawah enam tahun, baiknya anak tetap dalam bimbingan orangtua.

8. Coilbook Indonesia, Cara Menarik untuk Mengenalkan Angka dan Huruf

 

Video yang menampilkan tayangan edukatif di YouTube ini menawarkan video pembelajaran bagi balita dan anak pra sekolah. Coilbook Indonesia mempunyai seratus ribu lebih subscribers, tepatnya sebanyak 134 ribu. Video ini memberikan suatu permainan anak baru yang menarik dan tentunya bagus untuk tumbuh kembang buah hati tercinta secara positif.

Di sana anak Anda akan mendapat materi pendidikan untuk mengenalkan si kecil pada huruf, angka warna, dan berbagai materi menarik lainnya. Dengan tampilan animasi menarik membuat anak Anda merasa senang dan nyaman melihat video Coilbook Indonesia yang memang diperuntukkan anak-anak.

9. Kok Bisa? Menjawab Pertanyaan Sulit dengan Jawaban Mudah Dipahami Anak

 

Kok Bisa, dapat dikatakan sebagai pelopor video edukasi Indonesia di YouTube. Dengan animasi grafik motion video tersebut menampilkan pertanyaan yang dijelaskan dan memberikan konsep sains yang sebetulnya rumit secara kontekstual. Tetapi disini dijelaskan dalam tampilan yang mudah dipahami anak. Banyak topik menarik yang disajikan, mulai dari hal yang ringan misalnya kenapa makanan pokok nasi? Hingga pembahasan berat seperti Apa itu black hole? Namun dijabarkan dengan sederhana.

Penjelasan yang apik dan asik, plus adanya karakter si bakso yang tampil di video tersebut. Mungkin Anda dan sebagian yang lainnya pernah menonton video tentang pembahasan kenapa nilai tukar rupiah yang menurun yang menyebar di media sosial. Video tersebut jadi viral di banyak linimasa dikarenakan penyampaian terhadap rupiah yang melemah ini sangat sederhana, dan ditampilkan dengan animasi dan narasi yang interaktif serta lucu.

Kreator Kok Bisa? Menjelaskan kalau video ini mempunyai dua kunci dari visinya yang diangkat, yaitu simplicity dan curiosity, di mana hal ini mampu menjawab semua rasa keingintahuan orang-orang melalui penjelasan yang simpel.

10. National Geographic Kids, Anak Belajar Merawat Hewan Peliharaannya

 

National Geographic Kids ini merupakan video khusus untuk anak-anak yang berisi hal-hal menarik mengenai hewan. Banyak video ulasan binatang-binatang yang menarik dan juga mengagumkan. Cara menyampaikan ilmu atau pengetahuan tentang hewan disajikan dengan menyenangkan. Tampilan video perjalanan ini pun penuh dengan warna.

Disana ada banyak program yang menampilkan kegiatan mengeksplorasi keajaiban alam, dan bahkan aktivitas tersebut dilakukan di halaman belakang rumah Anda sendiri, serta mendidik bagaimana memelihara binatang di rumah sendiri. Contohnya pada episode pertama dengan judul How to Speak Cat. National Geographic Kids juga membuat playlist yang disesuaikan pada minat si kecil.

Rekomendasi sepuluh video edukasi yang menghibur ini dapat Anda berikan pada si kecil. Sebab referensi di atas bisa menjadi hiburan sekaligus tambahan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk anak usia dini.

Video edukasi apa yang bisa diberikan jika ingin mengajar anak bahasa inggris?

Bila Anda ingin mengenalkan si kecil dengan bahasa Inggris di usia dini, maka Anda dapat memberikan buah hati video dari Yeiyanimation. Dalam video yang dibagikan dalam akun platform tersebut memuat video belajar bahasa Inggris yang menarik untuk anak-anak, sehingga membuat si kecil mudah mengerti tiap sesi pembelajarannya.

Menceritakan apakah Diva The Series?

Video ini adalah salah satu bagian atau dibuat oleh Kastari Animation. Diva The Series menceritakan anak bernama Diva dan kucing kecil peliharaan yang lucu yaitu Pupus. Disana Diva bersama kawan-kawannya yang memiliki latar belakang agama dan suku berbeda satu dan lainnya. Tiap harinya Diva dengan Tomi, Mona, Febi, dan Putu, memiliki banyak konflik seru yang terjadi. Sehingga setiap episode terdapat pesan positif dan nilai moral untuk anak-anak Indonesia yang disajikan dalam video tersebut. Pembuatan video ini bertujuan supaya anak-anak mendapatkan tontonan animasi anak yang tak hanya menarik tetapi juga mendidik mereka. Diva The Series ini khusus untuk anak yang berumur enam tahun ke atas dan sudah mulai sekolah. Apabila Anak Anda usianya masih di bawah enam tahun, baiknya anak tetap dalam bimbingan orangtua.

Menceritakan apakah Coilbook Indonesia?

Video yang menampilkan tayangan edukatif di YouTube ini menawarkan video pembelajaran bagi balita dan anak pra sekolah. Coilbook Indonesia mempunyai seratus ribu lebih subscribers, tepatnya sebanyak 134 ribu. Video ini memberikan suatu permainan anak baru yang menarik dan tentunya bagus untuk tumbuh kembang buah hati tercinta secara positif. Di sana anak Anda akan mendapat materi pendidikan untuk mengenalkan si kecil pada huruf, angka warna, dan berbagai materi menarik lainnya. Dengan tampilan animasi menarik membuat anak Anda merasa senang dan nyaman melihat video Coilbook Indonesia yang memang diperuntukkan anak-anak.

(Visited 168 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us