Bagikan Artikel Ini:

Jika ingin Anda tumbuh dengan baik, tentu Anda sebagai orang tua harus memberi konsumsi hiburan yang juga mendidik. Untuk keperluan ini, mari bahas bersama kami pilihan tayangan film kartun anak yang mendidik. Sekarang ini tayangan seperti ini tentu makin sedikit karena demografi film lebih mengarah pada tayangan yang menjorok dewasa. Walaupun begitu, sebenarnya banyak tayangan kartun yang masih menghibur dewasa tapi juga anak – anak serta masih memiliki unsur mendidik. Di sini kami akan coba bahas seputar tayangan yang memiliki kriteria ini. Tapi sebelum membahas tentang pilihan film kartun ini, mari bahas pentingnya menggunakan media berkualitas untuk anak.

Pentingnya Menggunakan Media Untuk Membantu Mendidik Anak

Anak biasanya akan lebih menyerap informasi jika menyukai hiburan yang mereka tonton. Tentu saja hal ini membuat Anda harus lebih pintar – pintar memilih tayangan. Untuk keperluan ini Anda tidak boleh terjebak hanya karena bentuk yang kartun.

Animasi belum tentu menunjukan bahwa hiburan film tersebut cocok untuk anak. Anda bisa melihat di banyak film kartun dengan rating bimbingan orang tua. Tentu saja, film rating bimbingan orang tua lebih cocok untuk anak yang menjelang remaja, tapi jika untuk yang masih dibawah 10 tahun, resiko tayangan ini lebih besar. Hal seperti konsep yang konflik rumit bisa saja ada di tayangan rating ini dan tentunya akan lebih sulit dicerna. Jika disaksikan tanpa ada bimbingan dari Anda, bisa saja si anak mengambil nilai yang salah dari tayangan tersebut.

Tayangan super hero adalah contoh yang paling mudah. Walaupun cocok untuk anak – anak, performa action di tayangan ini tentu perlu diberi penekanan khusus. Karena itu, lebih baik ada bimbingan orang tua saat sedang menyaksikan film kartun seperti ini.

Indikator Film Kartun Cocok dan Mendidik Anak

Nah, untuk membantu Anda mengidentifikasi kartun – kartun yang lebih cocok untuk Anda, kami sudah mengkompilasi indikator yang mudah digunakan. Kami yakin dengan menggunakan indikator ini, Anda bisa mengidentifikasi apakah tayangan kartu tersebut memiliki unsur mendidik bagi anak. Berikut adalah beberapa indikator tersebut!

Memiliki rating yang sesuai untuk anak

Indikator pertama adalah rating film kartun cocok untuk anak. Tentu Anda tidak mau salah pilih saat mengambil film kartun untuk ditonton anak. Rating biasanya sudah diinformasikan dalam material promosi film tersebut. Tapi bagi Anda yang ingin tahu lebih pasti, bisa cek rating film melalui internet terlebih dahulu. Melakukan research ringan ini akan membantu Anda memilih film kartun yang mendidik untuk anak.

Sudah memiliki rating review yang baik

Jika ingin film yang baik untuk mendidik, Anda juga harus perhatikan kualitasnya. Film yang membantu perkembangan anak tidak harus sangat mendidik hingga terkesan seperti belajar. Kartun ini harus bisa bekerja sebagai tayangan yang menarik. Biasanya untuk mengetahui ukuran ini, Anda bisa cek pada rating review pada film tersebut. Jika ratingnya diatas 60%, Anda bisa nilai film tersebut akan mampu menghibur anak dan memudahkan transfer nilai – nilai dan pelajaran yang mendidik.

Memiliki ringkasan cerita yang menarik

Tergantung dari pelajaran yang ingin Anda berikan, silahkan membaca ringkasan cerita dari film kartun yang akan dipilih. Dari ringkasan ini, Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana film tersebut akan menyampaikan pelajarannya. Film kartun anak yang mendidik tentu akan memperlihatkan dengan jelas makna dari tayangan tersebut walaupun hanya dalam ringkasan saja.

Tidak terlihat seperti film anak – anak

Anak biasanya tidak ingin menyaksikan film yang terlalu kekanak – kanakan. Jika disuruh memilih, tayangan seperti Dora The Explorer tentu saja lebih memilih, tapi anak – anak belum tentu ingin menontonnya. Hal seperti ini tentu akan lebih sulit saat anak tumbuh makin besar. Anak umur 8 – 10 tahun biasanya mencari film kartun yang tidak menekankan penontonnya adalah anak – anak.

Jadi lebih baik pilih tayangan yang bisa mengajarkan nilai moral tertentu walaupun tetap bekerja seperti hiburan film biasa. Sebagai tes, Anda bisa pilih film yang tidak hanya memiliki nilai mendidik, tapi juga bisa Anda nikmati. Jika melihat orang dewasa juga menikmati film ini, anak – anak cenderung penasaran dan lebih memperhatikan.

Dibuat studio yang ternama

Indikator berikutnya adalah dari studio pembuat film-nya. Studio besar seperti DreamWorks, Disney, Toho, Gibli dan masih banyak studio animasi anak besar lainnya tentu menghasilkan kartun yang berkualitas. Jadi jika ingin film kartun anak yang mendidik, berkualitas dan tentunya bisa menghibur, indikator studio ini bisa jadi tanda.

16 Rekomendasi Film Kartun yang Bisa Anda Coba

Setelah mengetahui pentingnya film kartun sebagai media pendidikan anak dan belajar beberapa indikator memilih film kartun yang baik, sekarang waktunya melihat film kartun yang bisa Anda coba! Kami sudah mengumpulkan beberapa sample film kartun yang masuk kriteria dan lulus indikator film yang mendidik tapi juga menghibur. Berikut adalah pilihan film kartunya dan juga beberapa penjelasan seputar film tersebut!

 

Cars

Cars adalah film menceritakan dunia dimana semua mobil dan kendaraan hidup seperti orang biasa. Pada cerita ini, fokus film berada pada karakter Lightning McQueen. Karakter ini merupakan pembalap populer yang haus kemenangan. Namun dalam film ini, ia mengalami masalah dalam pertandingannya sehingga sampai di tempat terpencil.

Kartun anak lucu mendidik ini berusaha menyampaikan pesan moral bahwa memiliki cita – cita tentu penting, tapi perjalanan cara mencapainya juga perlu diperhatikan. Dalam film, karakter McQueen memiliki sifat egois pada awalnya, tapi dengan perjalanannya di tempat terpencil, ia belajar tentang empati dan tidak lagi mementingkan diri sendiri.

Film yang satu ini sudah ada 3 judul. Dalam semua filmnya, semuanya mengajarkan nilai yang berbeda. Deskripsi yang di atas menceritakan film yang pertama, tapi di film kelanjutannya di seri 2 dan 3 ada nilai lain yang bisa diambil. Jika penasaran tentang nilai – nilai baru yang bisa diajarkan pada anak Anda ini, silahkan coba saksikan film ini bersama si buah hati Anda.

 

Zootopia

Di Indonesia, banyak suku dan budaya berbeda yang menyatu pada satu tempat. Untuk mengajarkan pada anak untuk menghormati perbedaan ini, Anda bisa menggunakan film Zootopia. Film ini menceritakan hewan – hewan tapi dengan gambaran masyarakat layaknya manusia. Tapi karena memiliki jenis – jenis yang berbeda, perpecahan terjadi dalam masyarakat di film ini. Banyak binatang herbivora menganggap karnivora yang makan daging hewan lain itu tidak baik dan ganas. Hal ini tentu tidak selalu benar.

Menggunakan cerita dari film ini, Anda bisa menuntun anak agar tidak membeda – bedakan walaupun ada perbedaan dari segi warna kulit, ras ataupun agama. Moral dari film ini lebih mengarahkan pada mengenal orang sesuai kepribadiannya dan bukan hanya fisik ataupun asal-nya.

 

Inside Out

Film yang bagus untuk mendidik anak berikutnya adalah Inside Out dari Disney. Film ini berusaha menggambarkan emosi sebagai karakter yang bisa berbicara dan berinteraksi satu sama lain. Dalam film ini, cerita yang diangkat adalah karakter personifikasi rasa senang, sedih, marah, takut dan jijik berinteraksi dalam seorang anak. Karakter ini berusaha beradaptasi agar emosi si anak tetap senang. Tapi ada peristiwa yang terjadi pada kehidupan si anak itu yang membuat emosi dan kenangan yang baik menjadi teraduk – aduk dan tercampur dengan banyak memori lainnya. Karakter emosi tersebut akhirnya berusaha mengambil kembali memori kenangan penting ini.

Di dalam menonton film ini, Anda bisa mengajarkan pada anak tentang pentingnya emosi. Di film ada makna bahwa semua memori memiliki unsur banyak emosi. Tidak semua memori bisa dipandang senang dan juga sedih. Anda bisa jelaskan bagaimana si anak tidak perlu takut menunjukan emosinya dan juga bagaimana mengontrol emosi agar menjadi anak yang baik.

 

How To Train Your Dragon

Film kartun anak yang mendidik dari DreamWorks ini bercerita tentang hubungan antara manusia dengan naga. Awalnya naga dianggap sebagai mahkluk yang mengganggu kehidupan manusia dan sangat berbahaya. Hubungan yang buruk ini membuat pihak manusia dan juga pihak naga saling membenci. Tapi dari mata karakter utama film ini, hubungan manusia dan naga ternyata hanya salah paham belaka. Jika tiap pihak mau saling mengerti, mereka bisa hidup bersama dalam harmoni.

Nah, film ini sekarang sudah keluar dalam 3 film berbeda dan saling berhubungan ceritanya. Dalam seri ini, anak bisa belajar tentang empati dan kebutuhan saling mengerti. Sebagai manusia yang berbicara dengan mudah, tentu komunikasi lebih efektif dilakukan daripada dengan naga. Jika manusia bisa berhubungan baik dengan makhluk lain di film, tentu hal ini juga bisa dilakukan di dunia nyata.

 

Coco

Film ini tergolong pendek, tapi kualitasnya sangat tinggi. Sebagai film Disney yang memiliki rating baik, Anda dan anak harus menonton film ini. Cerita film ini adalah seputar budaya negara Mexico dan mythology tentang orang meninggal di sana. Mengenang pendahulu dan keluarga yang sudah tiada tentu menjadi topik yang berat untuk dijelaskan, tapi melalui film ini, Anda bisa mudah mengajarkannya pada anak Anda.

Anda yang menonton film ini akan mendapatkan pentingnya menghormati orang yang sudah tiada. Kematian bukan berarti orang tersebut hilang dalam memori. Selama dikenang, orang tersebut hidup dalam diri Anda. Jadi sangat penting mengajarkan pada anak pentingnya ziarah dan menghormati orang tua melalui pesan moral di film ini.

 

Kung Fu Panda

Film yang satu ini tentu akan lebih menyenangkan ditonton sebagai hiburan karena mengandung aksi dan karakter yang lucu. Sebagai kartun anak lucu mendidik, Anda juga pasti suka menonton film ini. Jika disinopsiskan, cerita film ini memiliki seting Asia di era kungfu dan silat sangat penting. Di era ini, hidup seekor panda yang gemuk tapi ingin menjadi ahli bela diri. Banyak orang mengejeknya karena kemampuan dan penampilannya yang tidak sesuai. Tapi setelah tidak putus asa berusaha terus, panda ini bisa menjadi pahlawan hebat di film ini.

Jika Anda menunjukan film ini pada anak Anda, pelajaran yang bisa diajarkan ada rasa pantang putus asa. Walaupun pernah gagal, tidak ada alasan untuk tidak mencoba lagi jika diberikan kesempatan. Memberikan yang terbaik dalam segala usaha akan membuat banyak orang bangga dan suka. Jadi jangan mudah putus asa.

Film ini sekarang sudah terdiri dari 3 film berbeda. Masing – masing memiliki nilai moral berbeda untuk diajarkan pada anak. Karena penuh dengan aksi, Anda harus tekankan pada anak hal tersebut tidak aman dicontoh jika tidak ahli. Tapi jika si anak tetap tertarik, Anda bisa mengarahkan rasa ingin meniru ini pada kegiatan les bela diri.

 

Up

Film kartun anak yang mendidik ini sudah terkenal karena dalam 10 menit tayang saja sudah membuat penontonnya menangis. Dalam film ini diceritakan seorang anak perempuan dan laki – laki yang menyukai satu sama lain ingin berpetualang bersama. Tapi karena berbagai kesibukan dan masalah, uang yang ditabung untuk perjalanan akhirnya selalu terpakai. Saat pasangan ini tua dan salah satunya sudah meninggal, anak laki – laki tersebut sudah menjadi kakek – kakek.

Cerita ini baru dimulai setelah kakek ini berniat melakukan petualangan sendiri untuk memenuhi impian bersama pasangan yang tidak tercapai. Dalam perjalanan ini, si kakek yang penggerutu berinteraksi dengan anak kecil, burung langka, anjung yang bisa berbicara dan menjadi orang yang lebih baik.

Dari synopsis ini, Anda tentu bisa melihat berapa banyak nilai moral yang bisa diajarkan. Mulai dari seberapa pentingnya menabung, bagaimana menghadapi sikap menghadapi masalah, tidak mudah menyerah dalam meraih cita – cita dan tentunya berempati pada orang lain untuk menjadi lebih ramah.

 

The Incredibles

Jika anak Anda suka film superhero, silahkan coba The Incredibles. Film animasi ini menceritakan keluarga superhero yang berusaha menjadi keluarga biasa. Tapi karena Ambisi si ayah dari keluarga ini dan juga skema tokoh jahat, keluarga ini harus bersatu dan bekerja sama untuk mengatasi masalah yang muncul.

Film ini memiliki pesan moral yang baik bagi keluarga. Hal tentang kebersamaan, komunikasi, kejujuran dan juga pentingnya menjaga satu sama lain. Anak yang menonton film ini tentu akan jadi lebih mudah mengerti mengapa orang tua terkadang berbohong demi kebaikan. Anda juga bisa mengarahkan tema dari film ini dengan situasi keluarga Anda dan pentingnya untuk saling mengasihi anggota keluarga.

 

Wall-E

Jika anak Anda suka dengan robot, kartun anak lucu mendidik ini tentu akan cocok untuk dipilih. Cerita ini membahas tentang bumi yang tidak lagi bisa dihuni karena masalah pencemaran sampah. Manusia yang ingin masih hidup, tinggal di luar angkasa menggunakan pesawat khusus. Di sini, robot menggantikan semua tugas manusia dan berkembang menjadi pemalas. Tapi karena interaksi dengan Wall-E robot pembersih sampah, banyak robot dan manusia ingin kembali ke bumi untuk memperbaiki masalah sampah ini.

Dari cerita ini, moral yang berusaha diajarkan adalah tentang peduli lingkungan dan jangan sampai ketergantungan dengan teknologi. Anak Anda yang suka robot pasti suka diajak berdiskusi tentang bagaimana teknologi hanya akan baik jika tidak disalah gunakan. Dari film ini juga ada karakter – karakter lucu yang tentunya bisa jadi contoh untuk menjelaskan konsep penggunaan teknologi ini.

 

Toy Story

Toy Story adalah film yang sudah lama ada tapi tetap menjadi favorit banyak orang. Ceritanya adalah seputar mainan yang hidup jika tidak ada manusia yang melihatnya. Moral dalam cerita ini tentu bisa digunakan untuk membuat anak Anda mengerti pentingnya merawat mainan.

Dalam cerita ini, banyak kejadian lucu dan juga menghibur yang tentunya membuat anak suka. Tapi dari interaksi mainan yang ada pada film ini, anak Anda juga makin tahu bagaimana mainan perlu dirawat dan tidak boleh diperlakukan semena – mena. Kartun mendidik ini dapat dipastikan mempermudah Anda menjelaskan pentingnya merawat barang yang dimiliki.

 

Lion King

Film animasi klasik dari Disney ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Walaupun ada versi live actionnya, Anda lebih baik memilih versi kartun yang lebih baik visualnya. Karena berupa kartun, banyak visual yang bisa jadi lebih lucu dan ekspresif.

Untuk cerita, film ini mengisahkan tentang anak singa yang nantinya akan ditunjuk menjadi raja. Tapi karena masalah yang dibuatnya, ia akhirnya mengakibatkan kematian ayahnya dan pergi melarikan diri. Dalam film ini, karakter Simba akan diceritakan tumbuh dari anak singa menjadi dewasa dan bisa memperbaiki kesalahannya dan menjadi raja alam liar yang baik.

Dalam kartun anak lucu mendidik ini Anda bisa mengajarkan bagaimana sikap yang harus diambil jika ingin tumbuh menjadi orang yang baik. Dalam cerita, Simba juga berusaha untuk menjadi raja yang baik. Dalam hal ini, Anda bisa mengajarkan bagaimana bisa jadi pemimpin yang baik.

 

Lilo and Stitch

Untuk memudahkan menjelaskan konsep keluarga, hubungan dengan orang lain dan juga tidak takut tampak berbeda, Anda bisa gunakan film Lilo and Stitch. Film ini menceritakan tentang kakak adik yang sudah kehilangan sanak keluarga. Kondisi ini tentu membuat karakter Lilo mengalami kehidupan yang tidak nyaman. Tapi dengan kehadiran Stitch, hubungan kakak beradik ini akhirnya menjadi lebih berwarna. Walaupun tidak sempurna, mereka berangsur menjalin keluarga. Keluarga di sini tentu tidak harus dengan hubungan darah, tapi lebih pada semua orang yang dekat dan peduli pada Anda.

Film ini memiliki banyak nilai yang bisa digali lebih dalam. Tapi tergantung umur dari anak Anda, penjelasan yang bisa diberikan tentu harus disesuaikan. Dalam film ini ada cerita tentang broken family, bagaimana mengatasi masalah depresi dan banyak lagi. Tapi untuk anak, Anda cukup tekankan pentingnya hubungan keluarga dan untuk hidup bersama.

 

Spirited Away

Film kartun anak yang mendidik yang berikutnya adalah hasil produksi Gibli. Film ini ada dua versi dan Anda bisa pilih sesuai preferensi Anda. Versi pertama adalah asli dari Jepang dan yang berikutnya adalah versi keluarga Disney. Keduanya mirip, yang berbeda adalah penggunaan bahasa dan penerjemahannya.

Kedua versi ini tetap sama – sama menceritakan tentang anak yang harus bekerja keras di dunia “Yokai” (alam hantu dan monster di Jepang) hanya untuk membebaskan orang tuanya dari kutukan. Dalam cerita ini Anda bisa menjelaskan konsep tidak rakus, kerja keras dan juga hubungan yang bisa dibentuk dengan alam. Walaupun memiliki element gaib dalam cerita, inti dari film ini lebih pada perilaku terhadap sesuatu yang tidak diketahui ataupun menakutkan. Rasa takut itu tentu natural, tapi jika rasa ini hanya dari penampilan semata, tentu saja hal ini tidak baik.

 

Kiki’s Delivery Service

Jika Anda ingin menunjukan moral tentang kerja keras dan kesenangan membantu sesama, Anda harus coba tonton film kartun anak yang mendidik ini. Kiki’s Delivery Service merupakan film keluaran Gibli yang menceritakan tentang penyihir cilik yang pergi ke kota untuk mendapatkan pengalaman. Di kota ini, Kiki bekerja sebagai pengantar barang terutama kue dan juga roti.

Dalam pekerjaannya, Kiki sering menghadapi masalah sampai kehilangan rasa percaya dirinya akan sihir. Tapi berkat kepercayaan banyak orang dan juga rasa ingin menolong dari dalam diri, Kiki akhirnya bisa tumbuh dengan kekuatan sihir baru dan menjadi orang yang lebih baik.

Cerita yang satu ini, cocok untuk memperlihatkan bahwa uang itu tidak didapat dengan mudah. Rezeki harus didapat dari kerja keras. Dari sini, Anda bisa menceritakan tentang bagaimana Anda sebagai orang tua bekerja sama seperti Kiki, jadi si anak tidak boleh boros. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan pentingnya saling bantu dengan orang lain karena suatu saat orang lain tersebut akan membalas perbuatan baik ini.

 

Wolf Children

Film yang satu ini memiliki rating yang sedikit tinggi, tapi ceritanya sangat sesuai untuk mengajarkan pesan moral pada anak remaja awal. Dalam film ini, diceritakan tentang ibu yang harus mengurusi kedua anaknya yang separuh serigala. Cerita ini berawal dari keluarga yang saling cinta, tapi karena kecelakaan, ibu ini harus berjuang sendiri. Tentu saja sulit yang dirasakan sangat berat. Selain itu, Anda juga diberi cerita prespektif dari si anak yang tumbuh mencari jati diri. Ada yang mendapatkan kebebasan dari sisi serigalanya dan juga ada yang ingin hidup sebagai manusia.

Walaupun tergolong cukup berat ceritanya, moral yang bisa diajarkan sangat penting bagi hubungan anak dan orang tua. Mulai dari menghormati orang tua, melihat susahnya menjadi orang tua sampai pilihan untuk menjadi dewasa. Pada anak remaja yang sedang mencari jati diri, hal ini tentu akan lebih mengena.

 

Summer Wars

Film yang satu ini bisa dibilang sangat cocok untuk hiburan anak. Pilihan warna dan juga visualnya menggabungkan 3D dan 2D jadinya pasti terlihat berbeda. Selain menghibur film ini juga mendidik. Sebagai film kartun anak yang mendidik, Summer Wars menceritakan tentang keluarga besar yang berkumpul untuk menghadapi serangan virus berbahaya di dunia maya.

Tentu saja setting dari film ini over the top, tapi hal inilah yang membuatnya mengasyikan bagi anak. Moral dari cerita ini adalah kebersamaan, rasa percaya dan juga pentingnya menghargai orang tua. Setiap anggota keluarga memiliki cerita dan personalitas sendiri yang menonjol. Hal ini tentunya membuat cerita lebih menarik.

Moral lain yang bisa dipelajari adalah tentang penggunaan teknologi. Jika ingin memiliki sisi positif, teknologi harus digunakan dengan optimal tapi jangan sampai bergantung. Anak yang sekarang mulai sering ada di depan HP terus, tentu bisa mendapatkan pelajaran dari film ini.

Sekian bahasan 16 film kartun anak yang mendidik dan juga bisa menghibur anak. Tentu saja masih banyak lagi film – film lain yang bisa digunakan untuk proses mendidik ini. Tapi pilihan yang paling menarik sudah kami sortir di atas. Anda yang ingin mencoba versi film lainnya silahkan gunakan indikator yang sebelumnya sudah dijelaskan untuk menjaring film ini.

Sekian rekomendasi dan bahasan yang bisa kami berikan. Mudah – mudahan dengan bahasan ini, Anda menjadi terbantu untuk pilihan tontonan yang pas bagi si anak. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba film – film-nya!

Artikel ini diproduksi oleh Jasa SEO Bulanan – Arfadia.

 

Kesimpulan

Apa saja Film kartun Anak yang mendidik?

1. Cars
2. Zootopia
3. Inside Out
4. How to train Your Dragon
5. Coco
6. Kung Fu Panda
7. Up
8. The Incredibles
9. Wall-E
10. Toy Story
11. Lion King
12. Lilo and Stitch
13. Spirited Away
14. Kiki's Delivery Service
15. Wolf Children
16. Summer Wars

Apa saja indikator Film Kartun yang cocok dan Mendidik untuk anak?

1. Memiliki rating yang sesuai untuk anak 2. Sudah memiliki rating review yang baik 3. Memiliki ringkasang yang menarik 4. Tidak terlihat seperti film anak-anak 5. Dibuat oleh studio ternama

Kenapa penting menggunakan media untuk membantu mendidik anak?

Karena anak biasanya akan lebih menyerap informasi jika menyukai hiburan yang mereka tonton. Karena animasi belum tentu menunjukkan bahwa film tersebut cocok untuk anak.

(Visited 7.960 times, 4 visits today)
WhatsApp WhatsApp us