Bagikan Artikel Ini:

Salah satu tugas dan tanggung jawab orang tua adalah menyekolahkan anaknya. Memilih sekolah untuk anak tidak mudah karena ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dulu. Bagi Anda yang beragama islam, pendidikan untuk anak tidak hanya sebatas pendidikan umum saja. Untuk pendidikan agama harus sama-sama diperhatikan. Jika Anda ingin memasukkan anak ke sekolah islam tentu penting memilih yang terbaik.

Ini Tips Memilih Sekolah Dasar Islam

Sekolah yang bagus dapat membentuk karakter anak menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Setiap sekolah atau guru memiliki sistem dan cara mengajar yang berbeda. Untuk bisa mendapatkan SD islam terbaik alangkah baiknya mengikuti tips berikut:

1.Luruskan Niat

Niat sangat penting bagi setiap orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Pendidikan umum memang penting tapi pendidikan agama juga tidak kalah penting. Pendidikan agama dapat membantu anak memiliki perilaku positif dan sesuai dengan aturan agama. Di sini peran orang tua sangat penting. Jika dari awal orang tua yang tidak memiliki niat untuk memberikan pendidikan agama maka anak juga mengikuti. Anak sekolah dasar biasanya masih menurut dengan keinginan orang tua. Untuk itu sebagai orang tua harus memikirkan hal tersebut sejak dini. Pendidikan agama tidak hanya bermanfaat untuk hidup dunia tetapi juga kelak hidup di akhirat.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan

Untuk menyekolahkan anak ke sekolah dasar islam perlu biaya yang cukup. Orang tua harus siapkan juga baik dari segi finansial atau fisik. Anda juga harus menyiapkan waktu khusus bagi anak misal untuk mengantar dan menjemputnya. Meskipun nantinya sudah masuk ke sekolah bukan berarti urusan pendidikan diserahkan sepenuhnya ke sekolah. Anda sebagai orang tua juga harus bisa mendidik ketika berada di rumah. Untuk itu pastikan sekolah dasar islam yang Anda pilih nantinya memiliki rasa kepedulian untuk selalu mengingatkan orang tua anak dan mengawasinya.

3.Kurikulum Sekolah Sesuai Ajaran Islam

Sekolah yang baik menurut islam diantaranya adalah kurikulum yang ada di sekolah sudah sesuai dengan ajaran islam. Misalnya seperti cara mentaati dan mencintai Allah dan Rasul nya. Kurikulum sekolah sesuai ajaran islam sudah pasti akan mendidik putra putrinya sesuai rambu-rambu agama. Dengan begitu Anda akan merasa tenang karena anak Anda diberikan pelajaran agama islam.

4. Pemilihan Guru Baik dan Memiliki Akhlak yang Baik

Terkadang meskipun sekolah dasar islam tidak semua guru memiliki akhlak yang baik. Anda harus jeli dalam memilihnya bisa dengan menanyakan ke wali murid yang sudah terlebih dulu menyekolahkan anaknya di sekolah yang ingin anak Anda daftarkan.

5. Menyesuaikan Kemampuan dan Minat Anak

bakat anak

Usahakan sejak dari kecil Anda sudah memantau perkembangan si anak. Perhatikan bakat yang dimiliki dan kemampuan anak Anda. Dengan begitu Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan sekolah mana yang cocok untuk si buah hati.

6. Fasilitas Sekolah Nyaman dan Aman

Jangan lupa juga untuk melihat fasilitas yang disediakan sekolah. Pastikan sekolah memiliki sistem keamanan yang baik sehingga anak Anda lebih aman dan nyaman dalam belajar. Dengan fasilitas yang baik bisa mendorong anak belajar secara maksimal. Selain itu anak akan senang dalam belajar dan mengaplikasikan bakat yang dimilikinya.

7. Cek Ketertiban, Budaya dan Kebersihan Sekolah

Tata sekolah dapat membuat anak terbentuk sikap disiplinnya, sopan santunya dan karakternya. Lingkungan sekolah yang bersih juga dapat membuat anak merasa senang dan betah saat belajar. Anak juga akan belajar membiasakan diri dalam menjaga kebersihan untuk dirinya. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat untuk bekal kehidupannya kelak. Pastikan juga sekolah Anda memiliki budaya yang baik. Misalnya sebelum belajar berdoa, saat mau makan wajib berdoa, saat waktunya sholat semua siswa siswi dan ibu guru shalat jamaah dan lainnya.

8. Lokasi Sekolah dan Lingkungan

Untuk lokasi sekolah usahakan yang tidak begitu jauh dari rumah Anda. Kenapa demikian? Karena Anda tahu bagaimana kondisi lingkungan dari sekolah tersebut. Jika sekolahnya jauh belum tentu kondisi lingkungannya baik. Padahal lingkungan salah satu faktor yang mempengaruhi karakter dan kenyamanan anak.

9. Memiliki Banyak Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler dapat membantu siswa untuk menemukan bakatnya. Kegiatan ini juga dapat menambah ilmu di luar pengetahuan umum. Jadi sebelum mendaftarkan sekolah pastikan juga cek kegiatan ekstrakurikulernya. Usahakan memiliki agenda kegiatan yang bagus terutama yang sesuai dengan bakat anak.

10.Perhatikan Baik-Baik Respon Dari Pihak Sekolah

Respon dari pihak sekolah sangat penting juga untuk Anda perhatikan. Ketika Anda datang kesana bagaimana cara sekolah dalam menyambut Anda. Kemudian, bagaimana respon mereka saat Anda menanyakan informasi terkait sekolah. Jika pihak sekolah menyambut Anda dengan ramah, senang dalam menjelaskan informasi yang dibutuhkan dan tidak saling melempar bisa katakan sekolah tersebut cukup baik.

Sistem sekolah dan tenaga yang bekerja didalamnya dikatakan baik atau tidaknya bisa dilihat dari hal tersebut. Karena hal ini juga nanti akan berdampak ketika guru memberikan pelajaran kepada si anak Anda. Guru yang ramah dan baik akan membuat hati anak tenang. Jadi pastikan perhatikan hal kecil sewaktu Anda mendaftarkan diri ke sekolah.

Alasan Memilih Sekolah Islam

sekolah islam

Krisis akhlak di era ini semakin marak. Banyak orang tua yang merasa khawatir akan masa depan putra putrinya. Nah, karena alasan ini pendidikan akhlak dan agama sangat penting untuk membentuk perilaku si anak. Alasan lainnya kenapa memilih sekolah islam diantaranya:

1.Pelajaran Agama Lebih Banyak

Antara sekolah dasar islam dengan sekolah dasar biasa letak perbedaan yang utama adalah pada pelajaran yang diajarkannya. Untuk sekolah dasar islam materi agama jauh lebih banyak dari pada sekolah dasar umum. Anak yang sekolah di sekolah dasar islam lebih memiliki banyak peluang untuk mendalami ilmu agama. Ilmu agama sangat penting karena bisa sebagai jalan untuk menuju kehidupan kelak di akhirat. Tuntunan agama dan sunnah nabi mudah ditemukan di sekolah dasar islam. Karena untuk sekolah islam biasanya budaya islam sudah melekat di lingkungan sekolahnya.

2. Aktivitas Pembelajaran Lebih Padat

Selain belajar ilmu agama, anak Anda akan mendapatkan pelajaran umum. Secara tidak langsung waktu yang dibutuhkan untuk belajar juga lebih panjang. Hal ini sangat baik bagi anak Anda. Dari pada anak Anda bermain dan terpengaruh dengan pergaulan teman. Lebih baik melakukan aktivitas yang positif seperti belajar di sekolah. Model pembelajaran sekolah untuk sekolah dasar tentu berbeda dengan tingkatan diatasnya. Ada batasan saat pembelajaran yang kiranya tidak menekan mental si anak dan kejenuhan anak.

3. Lingkungan Yang Religius

Pada lingkungan SD Islam sudah tentu lingkungan disekitar sekolah religius. Misalnya mulai saat datang ke sekolah diawali dengan jabat tangan dan mengucapkan salam. Ketika ingin memulai segala sesuatu dimulai dengan doa. Diajarkan sunah-sunah nabi dalam aktivitas sehari-hari. Contohnya ketika ingin masuk toilet harus dari kaki kiri dan berdoa.

4. Kurikulum Pendidikan Lengkap

Bukan lagi rahasia umum bahwa untuk kurikulum pada sekolah dasar islam jauh lebih lengkap dibanding dengan sekolah dasar biasa. Ilmu yang nanti akan anak Anda dapatkan sangat lengkap. Selain ilmu umum yang juga dipelajari oleh anak yang sekolah di SD umum juga mempelajari ilmu agama mulai dari dasar sampai ke ilmu agama yang mendalam.

5. Mendapat Perhatian Ekstra Dari Guru

Guru dalam mengajarkan ilmu kepada anak didiknya tidak hanya mengajar. Tapi ada amanah yang ditiupkan kepada dirinya. Maksudnya tanggung jawab guru bukan hanya kepada orang tua tetapi juga kepada Allah SWT. Untuk itu dalam membimbing dan memberikan pelajaran kepada anak didiknya tidak tanggung-tanggung. Anak akan selalu diawasi dengan ekstra terutama hal yang berkaitan dengan perilaku si anak.

6.  Kegiatan Pembelajaran Menarik

Sekolah dasar islam sangat menarik sekali karena metode yang diajarkan berbeda dengan sekolah pada umumnya. Guru menerapkan sistem pembelajaran yang tidak membuat anak merasa bosan. Dengan inovasi ini proses belajar mengajar terasa sangat menyenangkan dan anak selalu semangat untuk belajar setiap harinya. Perasaan ini sangat bagus untuk anak dalam menyerap semua materi yang diberikan oleh guru.

7. Mempunyai Jaringan Luas

Sekolah dasar islam memiliki jaringan yang luas tidak hanya bergabung dengan sekolah sekolah umum tapi juga tergabung dalam ruang lingkup pendidikan guru yang mengajar di sekolah agama lainnya seperti MI, Ponpes dan lainnya.

8. Kedekatan Antara Guru Dan Murid

Antara guru dan murid akan selalu ada kedekatan diantara mereka karena hampir setiap hari bertemu. Apalagi dengan agenda yang luar biasa banyaknya. Jadi antara guru dan murid terasa sangat dekat.

Kesimpulan

Jadi untuk sekolah terbaik di era sekarang ini lebih baik untuk anak didik Anda disekolahkan ke sekolah dasar islam. Pada SD Islam selain dapat ilmu agama juga diberikan ilmu umum yang sangat bermanfaat untuk membentuk karakter dan akhlak anak. Nah rekomendasi bagi Anda yang ingin menyekolahkan anaknya pada sekolah dasar islam bisa di Sekolah Prestasi Global. Kenapa direkomendasikan disana? Alasannya ada beberapa keunggulan yang dimiliki diantaranya:

  • Sekolah Yang Berkualitas. Prestasi global memiliki kualitas yang terbaik. Mulai dari tenaga guru terbaik. Kurikulum lengkap disertai dengan materi yang berguna untuk kehidupan anak dimasa mendatang.
  • Fasilitas Yang Lengkap. Untuk fasilitasnya juga sangat lengkap sekali yang bagus dalam menunjang proses pembelajaran. Toilet bersih, parkir luas, ada media peraga untuk pembelajaran dan lainnya.
  • Status Akreditasi. Prestasi Global sudah terakreditasi A dengan nilai 92. Untuk meraih akreditasi A tidak mudah. Banyak syarat dan ketentuan dari pusat. Untuk itu prestasi global memang sudah tidak diragukan lagi.
  • Teknologi Canggih. Di era modern keberadaan teknologi sangat penting. Meski masih tingkat sekolah dasar namun justru ini penting untuk dikenalkan. Kami memiliki lab komputer yang berguna untuk menambah skill anak.

Sebagai orang tua memang sudah seharusnya memilih sekolah untuk anak yang terbaik dan berkualitas. Anak bisa jadi ladang pahala bagi orang tuanya, namun bisa juga sebaliknya. Untuk itu berikan hak anak dengan menyekolahkan di sekolah dasar islam agar memiliki akhlakul karimah dan perilaku baik.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sekolah Terbaik Untuk Masa Depan Si Kecil

Apa saja tips untuk memilih sekolah yang baik?

.Luruskan Niat 2. Sesuaikan Dengan Kemampuan 3.Kurikulum Sekolah Sesuai Ajaran Islam 4. Pemilihan Guru Baik dan Memiliki Akhlak yang Baik 5. Menyesuaikan Kemampuan dan Minat Anak 6. Fasilitas Sekolah Nyaman dan Aman 7. Cek Ketertiban, Budaya dan Kebersihan Sekolah 8. Lokasi Sekolah dan Lingkungan 9. Memiliki Banyak Ekstrakurikuler 10.Perhatikan Baik-Baik Respon Dari Pihak Sekolah

Mengapa memilih sekolah islam?

1.Pelajaran Agama Lebih Banyak 2. Aktivitas Pembelajaran Lebih Padat

Apa pejelesan alas an tentang pelajaran agama lebih banyak?

Antara sekolah dasar islam dengan sekolah dasar biasa letak perbedaan yang utama adalah pada pelajaran yang diajarkannya. Untuk sekolah dasar islam materi agama jauh lebih banyak dari pada sekolah dasar umum. Anak yang sekolah di sekolah dasar islam lebih memiliki banyak peluang untuk mendalami ilmu agama. Ilmu agama sangat penting karena bisa sebagai jalan untuk menuju kehidupan kelak di akhirat. Tuntunan agama dan sunnah nabi mudah ditemukan di sekolah dasar islam. Karena untuk sekolah islam biasanya budaya islam sudah melekat di lingkungan sekolahnya.

(Visited 232 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us