Bagikan Artikel Ini:

Sebagai umat Islam dan pengikut Nabi Muhammad SAW, kita wajib percaya bahwa hari kiamat itu akan datang pada waktu yang telah ditentukan dan tidak ada seorang pun mengetahui. Walaupun kiamat sebagai hari akhir di permukaan bumi merupakan suatu rahasia, yang bahkan para Nabi dan Rasul pun tidak mengetahuinya. Tapi hari kehadiran kiamat kian terasa dengan adanya tanda tanda kerap kali kita rasakan setiap harinya.

Saat sekarang ini, kita sebagai umat muslim telah mendapati tanda tanda kiamat menurut Al Quran. Bukan sekali, namun sudah berkali kejadian kejadian aneh yang diyakini para ulama dan manusia pada umumnya sebagai tanda akhir zaman hampir tiba. Oleh karena itu, sangat wajib bagi kita mempercayai akan hal ini.

Percaya kepada hari akhir sebagai yang dimasukkan dalam rukun iman, dimana hari kehancuran bumi, bulan, matahari, dan seluruh jagat raya ini kecuali Allah SWT. Pada hari itu, semua manusia akan tercengang merasa heran dan bertanya satu sama apa yang sedang terjadi dan hari apakah ini.

Tanda tanda kiamat sudah dekat bisa kita lihat melalui fenomena fenomena alam, mulai dari banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran, angin topan, dan bencana alam lainnya. Menurut agama dan pendapat para ulama, tanda tanda hari akhir itu dibagi menjadi dua yaitu tanda tanda hari kiamat kecil dan tanda tanda hari kiamat besar.

Tanda Tanda Hari Kiamat Kecil 

Kiamat Kecil - Sekolah Prestasi Global

Photo by Clément Falize on Unsplash

Tanda tanda hari kiamat kecil merupakan pertanda yang terjadi dalam kurun waktu lama dan umumnya dianggap hal biasa oleh manusia. Tanda tanda kiamat kecil ini telah terjadi jauh sebelum masa sekarang atau pada zaman nabi terdahulu. Beberapa tanda kiamat kecil, di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Berlomba Membangun Gedung Tinggi 

Bisa kita lihat, hampir seluruh negara saat ini sedang berlomba lomba untuk membangun gedung tertinggi. Padahal, itu adalah tanda akhir zaman menurut Islam yang banyak tidak diketahui oleh manusia dan bahkan menganggapnya sebagai hal biasa.

  1. Pembunuhan di Sana Sini 

Bukan hanya di Palestina, namun hampir di seluruh negara di permukaan bumi ini banyak terjadi pembunuhan, termasuk Indonesia. Pembunuhan tersebut berupa konflik antar suku, antar negara, bahkan sesama umat beragama sekali pun.

  1. Waktu Berjalan Terasa Sangat Cepat 

Tanda kiamat kecil yang ketiga adalah perihal waktu. Tidak ada yang dapat memungkiri, kini waktu terasa berjalan begitu cepat, terlebih dengan kesibukan manusia akan pekerjaannya. Para ulama menyebutkan, bahwa singkatnya waktu saat ini merupakan keberkatan waktu yang telah dicabut oleh Allah SWT dari manusia dan bentuk dari kedekatan hari kiamat.

  1. Bencana Alam dimana mana 

Walaupun banyak pakar ilmu bumi mengkaji bahwa bencana alam yang kerap terjadi dimana mana merupakan gejala dan fenomena alam biasa. Namun, Islam menekankan proses tersebut merupakan tanda dari hari akhir. Bencana alam seperti meletusnya gunung berapi, gempa bumi, hingga tsunami adalah peringatan Allah SWT terhadap kedatangan hari kiamat hampir tiba.

  1. Gaya Hidup Mewah Bagi Umat Muslim 

Gaya hidup mewah yang kita umat muslim rasakan saat ini, mulai dari kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tinggi, menjadikan kita lebih manja dan enggan berusaha sendiri. Tanpa kita sadari, sebenarnya itu merupakan tanda tanda kiamat kecil yang Allah berikan kepada kita.

  1. Berkurangnya Orang Baik 

Dalam kehidupan, kita selaku dituntut agar selalu berbuat baik kepada siapa saja, termasuk kepada non muslim. Bukan hanya agama Islam, tapi semua agama menganjurkan umatnya supaya berlaku baik kepada setiap makhluk di permukaan bumi ini. Tapi sebaliknya, bisa kita perhatikan banyak dari kaum menganiaya kaum yang lain hanya untuk kepentingan pribadi.

  1. Rambut Yang Diberi Warna 

Tidak hanya non muslim, tapi banyak kita jumpai para umat islam yang mengecat rambutnya dengan warna hitam, merah dan lainnya agar terlihat muda kembali. Terkesan biasa saja, tapi sebetulnya ini merupakan tanda tanda akhir zaman yang tidak banyak diketahui orang.

  1. Negeri Arab Menjadi Subur

Jika dikaji secara ilmu alam, mungkin negara Arab tak akan pernah bisa ditumbuhi pada rumput yang hijau. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kondisi geografis negeri Arab sendiri dengan curah hujan rendah dan sebagian besar wilayahnya berupa gurun serta padang pasir.

Kenyataannya, kini telah kita temukan negara Arab begitu subur dengan padang rumput dan sungai mengalir dengan indahnya. Ini, merupakan tanda hari akhir sudah semakin dekat dengan kita semua.

  1. Wanita Menyerupai Kaum Lelaki dan Sebaliknya. 

Dikatakan, pada akhir zaman manusia akan kembali seperti kaum Nabi Luth. Dimana laki laki suka sesama jenis dan perempuan pun menyukai perempuan lainnya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah transgender di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang didukung oleh gerakan LGBT.

Bukan hanya itu saja, tanda tanda kiamat kecil lainnya ialah wanita menyerupai kaum laki laki dan pun sebaliknya. Bahkan, kita hampir saja tidak lagi bisa membedakan yang mana wanita tulen dan mana laki laki tulen pada saat sekarang ini.

  1. Bulan Sabit Tampak Lebih Besar 

Tanda tanda akhir zaman lainnya adalah bulan sabit tampak lebih besar dibandingkan zaman dulu. Kondisi ini tentu saja akan dianggap hal biasa oleh sebagian besar orang. Namun, hanya sedikit dari kita umat muslim yang menyadari bahwa ini merupakan tanda kiamat kecil dari Allah SWT.

Masih banyak sekali tanda tanda hari kiamat kecil yang patut kita pelajari bersama ustad dan alim ulama. Mengapa? Supaya kita sebagai umat bisa mempersiapkan amal sebanyak banyaknya guna menghadapi akhir zaman.

Tanda Tanda Hari Kiamat Besar 

Kiamat

Photo by Wesley Eland on Unsplash

Tanda tanda hari kiamat besar biasanya akan terjadi dan disusul setelah tanda kiamat kecil berlangsung. Sesuai dengan hadits tentang hari kiamat oleh Huzaifah ra, berkata sebagai berikut:

“Tiba kepada kami Nabi Allah yakni Muhammad SAW, pada saat kami tengah mengobrol. Kemudian Rasulullah bersabda dengan katanya: “Apakah yang sedang kamu bicarakan?” Kami pun segera menjawab: “Kami tengah berbicara perihal hari akhir”

“Selanjutnya Nabi Muhammad SAW kembali bersabda: “Tidaklah bagi kamu melihat hari kiamat sebelum terlebih dahulu kamu melihat 10 tanda tandanya.” Kemudia Rasulullah menyebutkannya: “Ada asap, ada dajjal, ada hewan berukuran besar, matahari terbit di bagian barat, Nabi Isa turun ke bumi untuk melawan dajjal, muncul Ya’juj juga Ma’juj, gempa bumi terjadi sebanyak tiga kali, sekali di bagian timur, dan sekali lagi di sisi barat, serta kali ketiga berada di kawasan Arab, yang akhir sekali adalah api keluar pada posisi negara Yaman kemudian akan menghimpun manusia ke Padang Masyhar mereka.“ (HR Muslim).

Berikut 8 dari tanda tanda akhir zaman menurut Rasulullah SAW:

  1. Adanya Asap dimana mana 

Tanda tanda hari kiamat besar pertama adalah kemunculan asap dimana mana. Sebagai contoh, saat ini sering terjadi kebakaran hampir di seluruh hutan di permukaan bumi ini. Mulai di Brazil, Rusia, Turki, Australia, Jepang, hingga Indonesia. Asap asap ini atau yang disebut dukhan, membawa wabah penyakit kepada setiap umat manusia dan semua orang kafi lainnya, seperti flu, gangguan pernapasan, hingga menyebabkan kematian.

  1. Hadirnya Dajjal 

Tanda tanda akhir zaman yang kedua adalah kemunculan dajjal. Dikisahkan, dajjal hanya memiliki satu mata sebelah kiri dan sebelah kanannya buta. Tidak sampai di situ, munculnya dajjal juga akan menghasut kaum muslimin agar hilang keimanannya di dalam hati lalu mengikuti ajarannya. Diceritakan pula, kaum hawa lah yang banyak akan terjerumus ke dalam hasutan dajjal.

Saat ini, kehadiran mata satu atau illuminati telah kita dapati dimana mana. Bahkan dalam game online sekalipun yang ditawarkan untuk anak anak.

  1. Keluarnya Binatang Besar 

Tanda tanda kiamat ketiga adalah kemunculan binatang berukuran besar guna menunjukkan kepada manusia atas kebesaran Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS An Naml: 82, yang artinya sebagai berikut:

“Jika perkataan sudah tertimpa kepada mereka, maka akan Kami munculkan satu jenis hewan berukuran besar berupa hewan melata di permukaan bumi dan dia akan berkata kepada semua mereka (manusia), sebenarnya manusia tidak dan belum yakin terhadap ayat ayat yang Kami wahyukan.” (QS. An Naml: 82).

  1. Terbitnya Matahari dari Barat 

Dikatakan, apabila matahari telah terbit atau muncul dari tempat ia tenggelam, yakni dari sisi barat. Maka, pintu taubat bagi manusia sudah ditutup oleh Allah SWT. Ini merupakan tanda tanda kiamat menurut Al Quran yang tidak bisa dipungkiri. Bagaimana rasanya bangun pagi dan mendapati matahari tidak lagi terbit pada posisi seperti biasa?

  1. Turun Nabi Isa AS

Tanda tanda akhir zaman yang kelima adalah turunnya Nabi Isa AS dari langit. Dijelaskan dalam QS Ali Imran ayat 55, Nabi Isa tidak pernah berhasil dibunuh oleh Yahudi dan diangkat oleh Allah ke langit pada masa itu. Lalu, Nabi Isa akan turun ke bumi guna membunuh dajjal agar tidak lagi menghasut umat Islam. Terkesan bagi hebat karena telah mendapatkan pahlawan dan pembela, namun nyatanya kiamat sudah benar benar di depan mata kita.

  1. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj 

Tanda tanda hari kiamat selanjutnya dalah kemunculan Ya’juj dan Ma’juj, merupakan dua suku perusak yang hadir pada akhir zaman. Dikisahkan, dua suku pemberontak bersama pasukannya akan melawan Nabi Isa AS di Bukit Thursina ketika hari kiamat sangat dekat kelak.

  1. Tenggelamnya Beberapa Bagian Bumi 

Ketika hari kiamat akan tiba, maka tiga dari bagian bumi akan tenggelam dan hilang ke dalam lautan. Daratan tersebut meliputi bumi bagian barat, bagian timur dan bagian jazirah Arab.

  1. Kemunculan Api Yang Mempersatukan Manusia

Dikisahkan, hari kiamat akan terjadi apabila api yang keluar dari negeri Yaman mampu mengiring para manusia ke negeri Syam. Kondisi ini berdasarkan hadits di bawah:

“Sungguh, hari kiamat tidak akan pernah terjadi sampai keluarlah api di tanah Hijaz, yang akan menerangi bagian dari leher onta di daerah Bushra.” (HR. Bukhari 7118 dan Muslim 2902).

Setelah melihat beberapa tanda tanda kiamat di atas, baik itu tanda kiamat kecil maupun besar. Keduanya sudah semestinya menjadikan kita sebagai umat Islam untuk meyakini bahwa hari kiamat itu betul adanya sebagaimana telah dikisahkan oleh orang orang terdahulu, termasuk Nabi Muhammad SAW. Sehingga, kita bisa mempersiapan diri dari sekarang dan mendoakan supaya terhindar dari dahsyatnya akhir zaman.

 

Kesimpulan :

Apa tanda tanda dari hari kiamat kecil ?

1.Berlomba membangun gedung tinggi

2.Pembunuhan di sana sini

3.Waktu berjalan terasa sangat cepat

4.Bencana alam dimana mana

5.Gaya hidup mewah bagi umat muslim

6.Berkurangnya orang baik

7.Rambut yang di beri warna

8.Negeri arab menjadi subur

9.Wanita menyerupai kaum lelaki dan sebaliknya

Apa tanda tanda dari hari kiamat besar ?

1.Adanya asap dimana mana

2.Hadirnya Dajjal

3.Keluarnya binatang besar

4.Terbitnya mataharui dari barat

5.Turun nabi isa AS

6.Munculnya Ya'juj dan ma'juj

7.Tenggelamnya beberapa bagian bumi

8.Kemunculan api yang mempersatukan manusia

Tanda tanda hari kiamat kecil merupakan ?

Pertanda yang terjadi dalam kurun waktu lama dan umumnya dianggap hal biasa oleh manusia. Tanda tanda kiamat kecil ini telah terjadi jauh sebelum masa sekarang atau pada zaman nabi terdahulu.

 

(Visited 9.269 times, 5 visits today)
WhatsApp WhatsApp us