Bagikan Artikel Ini:

Sholat memang menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para muslim di dunia. Dengan sholat bisa menjadi jembatan untuk bisa menghadapi dunia akhirat agar lebih ringan. Seseorang yang sudah memasuki masa baligh, maka diwajibkan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Kendati demikian, ada salah satu sholat yang paling berat yakni sholat Subuh. Sholat Subuh Berapa Rakaat? Sebenarnya sholat ini hanyalah dua rakaat saja.

Hanya saja, menjalankan sholat yang satu ini sangat berat dan menjadi tantangan tersendiri. bagaimana tidak, sholat ini biasanya akan berlangsung pada saat fajar dimana mengharuskan anda untuk bangun fajar hari demi menjalankan ibadah ini. Hanya saja, beberapa orang ternyata malas beranjak dari tempat tidur dan memutuskan untuk melanjutkan tidur mereka kembali.

Apabila ini terus menerus anda lakukan maka berapakah jumlah dosa yang akan anda dapatkan tersebut? Tentu akan semakin menumpuk bukan? Untuk itulah maka anda bisa segera mengubah kebiasaan anda untuk sholat subuh berjamaah

Keutamaan dari Sholat Subuh Berjamaah 

TK Terbaik di Depok

Perlu anda ketahui apabila dengan Sholat Subuh berjamaah inilah anda bisa mendapatkan banyak manfaat sholat subuh berjamaah. Bukan hanya itu saja, pahala yang akan anda dapatkan juga berkali-kali lipat lebih banyak. Penasaran bukan apa saja keutamaan yang dihadirkan dengan melakukan sholat subuh berjamaah tersebut? Anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.

  1. Bisa mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila dengan sholat subuh berjamaah inilah bisa meringankan beban anda ketika berada di akhirat nantinya. Nah, manfaat sholat subuh berjamaah yang pertama adalah bisa memberikan cahaya yang sempurna ketika seseorang menghadapi hari kiamat nantinya.

Dengan melakukan sholat subuh berjamaah inilah maka anda bisa mendapatkan ganjaran yang besar dari Allah Swt dimana akan diberikan pada seseorang yang melakukan jemahaan ke masjid saat sholat subuh. Hal ini pun ternyata tertera pada hadis mengenai sholat subuh dari HR Abu Dawud dan Tirmidzi

  1. Bisa memperoleh berkah dari Allah SWT 

Adapun manfaat sholat subuh dengan cara berjamaah berikutnya adalah anda bisa mendapatkan peluang yang besar untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Hal ini tidak lain karena anda dijamin akan lebih merasa ringan ketika melakukan pekerjaan di waktu pagi hari. Hal ini karena anda sudah didoakan untuk memperoleh berkah.

Yang mendoakan sendiri merupakan rasullulah Saw. Dengan adanya doa yang berkah inilah maka anda juga akan semakin nyaman ketika menjalani aktivitas anda sehari-hari. Selain itu, anda juga tidak diselimuti oleh perasaan khawatir.

  1. Berada dalam Jaminan Allah 

Kita memang tidak pernah tahu bagaimana nasib kita ketika berada di akhirat nantinya. Tetapi dengan menjalankan ibadah sholat termasuk sholat subuh berjamaah inilah maka anda akan mendapatkan jaminan dari Allah SWT dan perlindungan-nya.

Dengan begitu maka siapapun yang berada dibawah pelindungan Allah SWT tidak boleh disakiti dan seseorang yang berani menyakiti orang yang berada dibawah pelindungan Allah maka akan mendapatkan azab yang pedih. Hal ini pun ternyata tercantum didalam hadis tentang Sholat Subuh dari HR Muslim dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu Anhu.

  1. Akan mendapatkan ganjaran sholat malam dengan sepenuh waktu 

Apakah anda bisa menjalankan sholat malam atau tahajud sepenuh malam? Tentu ini sangat sulit untuk dilakukan bukan? Terlebih lagi bagi anda yang memiliki beragam aktivitas yang padat di siang harinya. Kendati demikian, pahala sholat malam dengan waktu yang penuh tersebut bisa anda peroleh apabila anda melakukan sholat subuh berjamaah.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah yang satu ini adalah anda bisa berkesempatan untuk memperoleh sholat pahala setara dengan sholat malam sepenuh waktu. Untuk itulah bagi anda yang tinggal di dekat Masjid maupun mushola, anda bisa segera pergi kesana untuk menjalankan sholat subuh secara berjamaah tersebut.

  1. Jamaah Sholat subuh disaksikan oleh malaikat 

Setiap orang yang melakukan Jemaah sholat subuh maka tindakannya akan disaksikan oleh para malaikat. Ini pun bercantum pada Hadis tentang Sholat Berjamaah dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu. Di mana didalam hadis tersebut menjelaskan apabila para malaikat akan bergantian untuk melihat kalian pada malam dan siang.

Para malaikat tersebut juga akan bertemu pada saat subuh. Dengan disaksikannya oleh para malaikat inilah maka anda akan semakin mendapatkan keberkahan dari menjalankan sholat subuh berjamaah tersebut.

  1. Bebas dari sifat manusia munafik 

Salah satu sifat yang paling dibenci allah adalah sifat munafik. Pasalnya seseorang yang memiliki sifat munafik ini sendiri akan mengucapkan hal yang berbeda-beda secara terus menerus. Bukan hanya itu saja, mereka biasanya juga akan sering melakukan adu domba. Apakah anda ingin terhindar dari sifat munafik ini?

Jika demikian anda tidak perlu khawatir. Karena keutamaan sholat subuh berjamaah berikutnya adalah bisa menghindarkan diri anda dari fiat munafik yang dibenci oleh Allah. Dengan terhindar dari sifat orang munafik inilah maka anda bisa menjalani hidup tanpa adanya perasaan benci terhadap orang lain.

  1. Mendapatkan keselamatan dari siksa neraka 

Semua orang pastinya tidak ingin menyentuh api neraka bukan? Tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya sedikit saja melakukan kebaikan-kebaikan selama hidup di dunia. Salah satunya adalah dengan tidak menjalankan ibadah subuh berjamaah dan memilih untuk melanjutkan mimpi mereka kembali.

Padahal sebenarnya dengan sholat subuh berjamah inilah anda bisa mendapatkan keselamatan dari siksa neraka yang amat pedih. Hal ini pun tercantum didalam HR muslim yang membahasa mengenai seseorang yang tidak akan masuk ke dalam neraka apabila menjalankan ibadah sholat subuh secara berjamaah tersebut.

  1. Bisa memiliki kesempatan untuk menjalankan ibadah sunan subuh

Selain sholat wajib, sholat sunnah juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari Allah Swt. Nah, apabila anda menjalankan ibadah sholat subuh tersebut maka anda memiliki kesempatan waktu yang lebih banyak untuk menjalankan ibadah sunnah subuh 2 rakaat.

Dengan menjalankan ibadah subuh 2 rakaat saja inilah anda sudah mendapatkan beberapa keutamaan tersendiri dan bisa menjadi lading untuk mendapatkan pahala dari Allah Swt.

  1. Mendapatkan peluang untuk pahala haji dan umroh jika melakukan zikir hingga matahari terbit 

Tak bisa dipungkiri apabila pahala yang bisa anda dapatkan dari sholat subuh berjamaah ini memang cukup besar. Adapun manfaat sholat subuh berjamaahberikut nya yang akan anda dapatkan adalah anda memiliki kesempatan untuk memperoleh peluang pahala haji dan umroh. Tetapi dengan syarat apabila anda melakukan zikir hingga matahari terbit. Dengan adanya pahala yang besar itulah maka anda akan terhindar dari siksa api neraka yang cukup pedih.

  1. Kemenangan untuk bisa melihat Allah SWT Pada hari kiamat

Semua orang pastinya menginginkan untuk mempunyai kesempatan untuk bisa melihat Allah SWT pada hari kiamat nantinya bukan? Tetapi memang untuk bisa melihat allah SWT tersebut, ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan sholat berjamaah.

Dengan melakukan sholat subuh berjamaah inilah, anda tidak hanya diganjar dengan pahala dan ganjaran yang bertubi-tubi. Tetapi anda juga berkesempatan untuk bisa melihat rupa dari Allah SWT yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

  1. Lebih baik dibandingkan dengan dunia dan seisinya

Sudah dijelaskan sebelumnya apabila sholat subuh ini menjadi sholat yang paling sulit untuk dilaksanakan dibandingkan dengan sholat lainnya. Inilah yang seakan menjadi tantangan tersendiri bagi para muslim di dunia karena mengharuskan mereka untuk melawan rasa kantung di pagi hari.

Dengan mengerjakan sholat 2 rakaat ini pun ternyata juga lebih baik dibandingkan dengan dunia serta seisinya. Terlebih lagi anda menyempurnakan solat subuh anda dengan sholat sunnah dua rakaat. Maka anda bisa mendapatkan banyak keutamaan sholat subuh berjamaah tersebut.

  1. Rejeki akan dilapangkan 

Adapun manfaat dari sholat subuh berjamaah tersebut adalah rejeki anda akan semakin dilapangkan. Tentunya ini semua karena banyak berkat yang diberikan oleh allah SWT. Jika anda merasa rejeki anda selama berada di dunia ini sulit, maka cobalah untuk melakukan sholat Subuh ini.

Dengan mengawali hari anda untuk bangun dan sholat subuh inilah maka Allah SWT akan membagi-bagikan rejeki kepada para hambanya. Hal ini pun ternyata tertera pada hadis tentang sholat Subuh dari HR Baihaqi.

Siksaan Akibat Tidak Menjalankan Sholat Subuh 

Isra Miraj - Sekolah Prestasi Global

Photo by Fahrul Azmi on Unsplash

Setelah anda mengetahui apa saja keutamaan sholat subuh berjamaah ini, anda juga harus mengetahui apa akibat yang akan anda peroleh apabila tidak menjalankan sholat subuh tersebut. Berikut ini balasan yang akan anda dapatkan dan bisa menjadi renungan untuk anda.

  1. Keberkahannya umur akan dicabut

Seseorang yang meninggalkan sholat subuh maka keberkahan umurnya akan dicabut oleh Allah SWT. Akibat dari keberkahaan umurnya yang dicabut inilah maka orang tersebut akan senantiasa merasa tidak nyaman ketika menjalankan setiap aktivitas di dunia.

  1. Dihapus tanda-tanda kesholihan dari wajah

Bukan hanya itu saja, seseorang yang tidak menjalankan ibadah sholat subuh maka tanda-tanda dari kesholihan akan langsung dihapus oleh wajahnya. Dengan begini maka akan membuat anda merasa hidup tidak tentram. Tidak hanya itu saja, semua amal kebaikan yang sudah dikerjakan tidak akan diberikan pahala.

  1. Doanya tidak akan dijabah 

Selain itu, doa seseorang yang sudah meninggalkan sholat subuh pun tidak akan dijabah oleh Allah SWT. Apapun permintaan yang diinginkan tidak ada satupun yang terjadi. Bahkan juga tidak mendapatkan doa dari orang-orang yang sholeh.

  1. Mati dalam keadaan hina 

Selain itu, seseorang yang tidak menjalankan ibadah sholat juga akan mati dalam keadaan hina lebaran dan kehausan uang sangat parah. bukan hanya itu saja, ketika berada didalam alam kubur maka kuburannya akan sempit dan api dalam kubur akan dinyalakan untuk siap membakar tubuh mereka sepanjang hari.

  1. Bisa masuk neraka

Terakhir, seseorang yang tidak menjalankan sholat subuh juga akan semakin dekat dengan api neraka yang siap melelehkan tubuh mereka.

Demikian Keutamaan sholat subuh berjamaahh . Dengan mengetahui informasi diatas lah maka anda akan semakin lebih sadar untuk segera menjalankan ibadah sholat subuh ini secara berjamaah.

Kesimpulan

Apa hadist yang mencantumkan tentang sholat subuh berjamaah bisa mendapatkan keselamatan dari siksa neraka?

HR muslim yang membahasa mengenai seseorang yang tidak akan masuk ke dalam neraka apabila menjalankan ibadah sholat subuh secara berjamaah tersebut.

Sebutkan keutamaan dari sholat subuh berjamaah?

1. Bisa mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat
2. Bisa memperoleh berkah dari Allah SWT
3. Berada dalam Jaminan Allah
4. Bebas dari sifat munafik
5. Jamaah Sholat subuh disaksikan oleh malaikat

Apa saja siksaan jika kita tidak menjalankan sholat subuh?

1. Keberkahannya umur akan dicabut
2. Dihapus tanda-tanda kesholihan dari wajah
3. Doanya tidak akan dijabah

(Visited 746 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us