Bagikan Artikel Ini:

Animasi merupakan konten yang mengkombinasikan gambar bergerak dan suara yang menarik dari sekumpulan objek dengan penyusunan menurut alur tertentu. Animasi anak bisa menjadi salah satu media untuk mendidik dan memberikan pengetahuan kepada si kecil dengan cara yang lebih seru dan menarik.

Pengertian Animasi

Pengertian dari video animasi sendiri merupakan kumpulan berbagai objek berupa gambar bergerak yang disusun secara khusus mengikuti alur yang telah ditentukan. Objek tersebut bisa berupa tulisan teks, gambar manusia, hewan, tumbuhan, bangunan, gedung, dan lain sebagainya.

Pembuatan video animasi ini biasanya sudah tersistem dan terkomputerisasi sehingga bisa mengkombinasikan efek gambar dan suara dalam satu kesatuan konten. Animasi menjadi media yang menarik dan tidak hanya anak-anak yang menyukainya, namun juga dewasa.

Video animasi pada umumnya menampilkan beberapa tokoh dengan alur cerita yang menarik sesuai kebutuhan audiens. Gambar yang muncul pada video ini pun mendapatkan rancangan semenarik mungkin baik dari segi bentuk, ukuran, gambar, daya imajinasi, efek suara, musik, dan unsur-unsur lainnya.

Animasi Sebagai Media Pendidikan Untuk Anak

Animasi Sebagai Media Pendidikan Untuk Anak-Sekolah Prestasi Global

Photo by Dragon Images on Unsplash

Pada umumnya, anak kecil lebih menyukai video-video yang lucu seperti kartun dan Serial animasi. Jika anak gemar menonton animasi, maka Anda tidak perlu langsung melarangnya. Bahkan psikolog menyebut bahaya animasi yang edukatif bisa menjadi media pendidikan bagi si kecil.

Karena ketika anak memasuki usia 6 – 12 tahun, faktor yang dapat mempengaruhi karakter mereka tidak hanya dari orang tua saja. Namun juga media yang mereka konsumsi dan tontonan yang mereka lihat. Apalagi di era digital seperti ini di mana kemudahan akses berbagai jenis tontonan menjadi sangat praktis.

Sebagai orang tua, tentu harus terus mendampingi si kecil dalam menonton tayangan pilihannya. Ajak mereka untuk menonton anime tentang pengetahuan agar kegiatan belajar menjadi lebih seru dan menyenangkan. Proses pendampingan saat menonton animasi juga sangat perlu untuk membantu anak lebih mudah memahami isi konten.

Orang tua juga wajib mengetahui sifat dari setiap karakter dan alur cerita dalam animasi tersebut. Ajarkan kepada anak mana karakter baik yang harus mereka tiru dan karakter buruk yang jangan sampai mereka contoh. Kegiatan diskusi sambil menonton ini dapat mengalir dan lebih interaktif karena anak dalam keadaan happy saat menonton.

Perpaduan warna-warna cerah pada setiap video animasi juga lebih menarik perhatian anak. Terlebih lagi jika alur cerita yang terdapat dalam video tersebut memberi nyawa hingga dapat memberikan pesan yang baik untuk penamanam karakter sejak dini. Proses mendidik dengan cara seperti ini pun cenderung lebih disukai oleh anak-anak.

Manfaat Serial Animasi untuk Pendidikan

Pemanfaatan serial animasi untuk proses pembelajaran terbilang sangat efektif. Karena selain menarik perhatian anak-anak, pengetahuan dan karakter baik yang terdapat di dalamnya juga dapat menjadi media untuk mendidik mereka. Terbukti banyak karakter dan cerita dalam animasi yang akhirnya tertanam dalam diri anak.

1. Menampilkan Visual yang Menarik Perhatian Anak

Visual yang terdapat dalam video animasi biasanya berbentuk gambar bergerak dengan warna-warni menarik. Bentuk objek dalam animasi pun biasanya dibuat dengan desain yang sangat berbeda dengan bentuk asli objek tersebut. Contohnya seperti bentuk mata yang besar, kaki panjang, rambut berwarna, dan lain sebagainya.

Penampilan visual yang lucu dan unik inilah yang dapat menarik perhatian anak untuk menonton. Bahkan imajinasi seperti bus yang bisa berbicara pun ternyata banyak disukai oleh anak-anak. Karena bagi mereka visual menjadi faktor utama untuk menentukan apakah anak akan menyukainya atau tidak.

2. Menyajikan Kombinasi Visual dan Suara yang Menarik

Selain tampilan visualnya dengan warna-warni menarik, video animasi juga didukung dengan efek suara yang sangat cocok untuk anak kecil. Lagu-lagu yang terdapat pada video animasi tersebut sekaligus bisa menjadi media pembelajaran jika liriknya memang bersifat untuk mendidik.

Suara yang khas dengan karakter anak membuat video animasi semakin menarik perhatian. Tak jarang ada tokoh yang memiliki logat tertentu sehingga sangat melekat di benak si kecil. Kombinasi gambar bergerak dan efek audio inilah yang akhirnya menjadi fokus perhatian anak saat mereka menonton.

3. Menyajikan Benda atau Peristiwa yang Kompleks

Video animasi yang beredar di berbagai platform tidak hanya menampilkan karakter fiktif saja. Beberapa ada juga yang menyajikan benda atau peristiwa komplek dan rumit untuk pembelajaran si kecil. Video semacam ini banyak bermunculan untuk kebutuhan pembelajaran sains dan ilmu pengetahuan.

Contohnya seperti pengetahuan tentang planet yang beredar di angkasa, bagaimana suatu mesin bisa bekerja, berkembangnya bunga hingga mekar, dan lain sebagainya. Cara penyampaian dengan video animasi terbukti lebih efektif dan anak pun bisa sekalian belajar dengan cara yang menyenangkan.

4. Menyampaikan Konsep Cerita yang Anak-anak Butuhkan

Sebagian besar video animasi memang lebih banyak menargetkan anak kecil. Animasi yang menarik biasanya juga didukung dengan konsep alur cerita yang tak kalah seru sehingga anak-anak selalu menunggu setiap serinya. Ketika si tokoh memberikan alur cerita yang mendidik dan memberikan ilmu, maka akan mudah melekat dalam diri anak.

Contohnya jika anak menonton video animasi tentang Upin-Ipin yang sedang berbagi. Di dunia nyata pun mereka bisa menceritakan kembali tentang kegiatan tokoh favorit di animasi tersebut. Bukan tidak mungkin hal-hal baik yang disampaikan melalui media animasi akan lebih mudah ditiru daripada menasehatinya secara verbal.

Serial Animasi yang Dapat Mendidik Anak

Kartun-kartun animasi memang banyak yang datang dari luar negeri, namun buatan impor asli lokal Indonesia pun tak kalah menarik dan mendidik. Bahkan karakter yang diceritakan bisa lebih dekat dengan kehidupan real anak-anak. Banyaknya pilihan tontonan membuat Anda sebagai orang tua harus lebih jeli dalam memilih.

Berikut ini beberapa rekomendasi serial animasi yang bisa Anda berikan untuk anak-anak, di antaranya:

1. Diva The Series

Serial televisi yang satu ini merupakan produksi Kastari Animation. Ceritanya sangat menarik dengan mengisahkan Diva dan kucing kecilnya bernama Pupus. Diva dan Pupus tidak sendiri karena ada karakter lain yang juga mendukung jalannya cerita yakni teman-temannya yang berasal dari latar belakang suku dan agama berbeda.

Banyak konflik seru yang terjadi dalam animasi tersebut dan tetap menyematkan nilai moral serta pesan positif untuk anak-anak di Indonesia. Serial animasi ini sangat cocok untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas karena akan melatih anak untuk mengenal bagaimana cara mencari solusi atas suatu konflik.

Namun, jika anak Anda masih kecil dan di bawah usia 6 tahun, maka tetap harus di bawah pengawasan orang tua saat menontonnya. Anda bisa mengajak si kecil berdiskusi untuk menceritakan kembali apa yang mereka dapatkan dari cerita Diva dan kucing kecilnya tersebut.

2. Nussa Official

Nussa Official merupakan channel Youtube animasi anak muslim yang anak-anak maupun orang tua pun menggemarinya. Ceritanya tentang kakak beradik Nussa dan Rara bersama Anta kucing kesayangannya yang sangat kompak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kedua tokoh utama serial animasi ini menggambarkan anak sholeh dan sholehah.

Mereka mengajarkan kebaikan dan ajaran Islam dengan baik. Hubungan kompak antara kakak adik ini membuat siapa saja gemas. Channel yang saat ini sudah memiliki jutaan subscriber ini sangat cocok bagi orang tua yang ingin mengajarkan nilai-nilai Islam sejak dini kepada anak dengan cara menyenangkan.

Tidak hanya tampilan visualnya yang menarik, alur cerita yang terdapat di dalamnya sarat akan nilai-nilai Islam. Ditambah lagi dengan lagu-lagu tentang ajaran Islam dan doa-doa yang bisa membuat anak-anak lebih mudah menghafal. Nussa digambarkan sebagai sosok kakak yang sangat baik dan Rara adalah sosok adik yang sangat ceria.

3. Kastari Sentra

Ada banyak pilihan seri video yang tersaji dalam channel Youtube Kastari Sentra ini. Untuk si kecil yang masih bayi bisa mendengarkan lagu anak berbahasa Indonesia seperti lagu wajib nasional. Selain itu, anak-anak juga bisa belajar mengenal angka dan huruf dengan lebih mudah.

Terdapat juga serial untuk mengenalkan kepada anak nama-nama hewan, kendaraan, buah, minuman, makanan, dan lainnya. Animasi tentang anak pintar ini menampilkan dua tokoh utama Ella dan Ello di dalam seri pendidikan dini.

Anda juga bisa mengajarkan kepada anak-anak seri pelajaran beribadah agama Islam seperti mengenal huruf hijaiyah, belajar sholat, surat pendek, dan masih banyak lagi. Tetap dampingi si kecil selama menonton agar bisa memberikan nasehat dan edukasi dari setiap pesan yang ada dalam video animasi ini.

4. Yeiyanimation

Belajar alfabet dan lagu anak-anak akan lebih menyenangkan melalui channel Yeiyanimation ini. Bahkan Anda bisa mengenalkan bahasa Inggris kepada si kecil sejak dini dengan lebih mudah. Tersedia banyak sekali pilihan video seperti belajar alfabet dengan bahasa Inggris.

Cara belajar jadi lebih menyenangkan karena video ini menampilkan lagu-lagu yang ceria. Tokoh utama dalam video ini adalah Fang Fang, Somad, dan Eman. Melalui channel ini anak-anak juga akan diajak mengunjungi beberapa kota di Indonesia yang memiliki museum dan taman bermain.

5. Upin dan Ipin

Serial animasi Upin dan Ipin ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Film ini berasal dari Malaysia dan sudah lama tayang di Indonesia dengan rating yang tinggi. Karena selain visualnya yang menarik dan lucu, serial ini juga sarat akan pesan moral dan kehidupan.

Upin Ipin menceritakan tentang kisah persahabatan dengan teman-temannya di sekolah, mengajarkan tentang adab terhadap orang tua, toleransi, dan banyak nilai edukasi lainnya. Karakter utama yang ada pada serial ini pun sangat lucu dan menggemaskan sehingga begitu mudah melekat dalam benak si kecil.

Belum lagi kisah dan alur cerita menarik dengan berbagai konflik yang seru untuk ditonton setiap harinya. Upin-Ipin memberikan media baru agar anak bisa belajar banyak karakter baik melalui tokoh yang ada dalam animasi ini. Logat para pelakonnya pun sangat unik dan khas bahasa Melayu sehingga sangat menarik untuk ditonton.

Berbagai tontonan animasi anak di atas bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin memberikan tontonan edukatif untuk si kecil. Orang tua memiliki peran penting dalam mengawasi dan memberikan tontonan yang baik untuk anak-anak mereka agar tidak salah dalam memilih.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Edukatif Anak

Apa itu Video animasi ?

Pengertian dari video animasi sendiri merupakan kumpulan berbagai objek berupa gambar bergerak yang disusun secara khusus mengikuti alur yang telah ditentukan.

Mengapa animasi dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan ?

1. Menampilkan visual yang menarik 2. Kombinasi visual dan suara yang bagus 3. Menyajikan Benda atau Peristiwa yang Kompleks 4. Menyampaikan Konsep Cerita yang Anak-anak Butuhkan

Apa manfaat bagi anak yang menonton animasi edukatif ?

Pemanfaatan serial animasi untuk proses pembelajaran terbilang sangat efektif. Karena selain menarik perhatian anak-anak, pengetahuan dan karakter baik yang terdapat di dalamnya juga dapat menjadi media untuk mendidik mereka. Terbukti banyak karakter dan cerita dalam animasi yang akhirnya tertanam dalam diri anak.

(Visited 49 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us