Bagikan Artikel Ini:

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dari jaman ke jaman maka teknologi pun mengalami perkembangan pesat. Teknologi pun telah akrab dalam keseharian hidup manusia sejak jaman pra sejarah hingga kini. Manusia tak bisa lepas dari berbagai temuan teknologi sejak bangun tidur, dalam berbagai aktivitas sehari-hari hingga saat tidur lagi, begitu seterusnya. Berbagai hasil temuan teknologi kini seperti tak terpisahkan lagi dari hidup manusia modern, yakni antara lain seperti smartphone, hair dryer, senter, lampu, jam hingga rice cooker dan lain sebagainya, masih banyak lagi. Berikut ini adalah sejarah perkembangan teknologi.
 

Definisi Teknologi

 
Definisi Teknologi
 
Pertama-tama perlu diketahui mengenai definisi teknologi, karena teknologi sering dikaitkan hanya dengan bermacam mesin-mesin canggih saja seperti komputer atau roket dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya definisi teknologi adalah segala sesuatu yang mempermudah kehidupan manusia. Dalam perkembangannya teknologi pun semakin spesifik dikaitkan dengan berbagai bidang tertentu, yakni ada teknologi informasi, teknologi komunikasi dan lain sebagainya.
 

Sejarah Perkembangan Teknologi

 
Sejarah Perkembangan Teknologi
 
Berikut ini adalah sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa.
 

Teknologi Jaman Pra Sejarah

 
Perkembangan teknologi dimulai sejak jaman pra sejarah, bukan saat mulai ditemukannya api, tapi pada saat manusia mulai menemukan cara agar batu bisa dipergunakan untuk mempermudah keseharian hidup manusia di jaman pra sejarah sejak 3 jutaan tahun lalu. Berbagai alat batu tersebut merupakan temuan teknologi pertama oleh manusia. Disusul kemudian dengan jaman perunggu dan besi yang mulai dimanfaatkan untuk menjadi berbagai perkakas untuk mempermudah hidup manusia.
 

Teknologi Jaman Kuno

 
Lalu teknologi memasuki jaman kuno. Pada saat ini teknologi pun berkembang pesat, antara lain dengan ditemukannya piramida yang di jaman Mesir kuno yang menunjukkan sudah canggihnya teknologi jaman itu, dan juga berbagai bangunan lainnya serta dengan mulai ditemukannya tulisan. Penemuan angka juga mulai membantu perkembangan teknologi hingga ke depannya. Pemanfaatan teknologi pun makin berkembang dengan ditemukannya alat transportasi masal seperti gerobak, kereta kuda hingga kapal, dan lain sebagainya tak hanya sebatas pada berbagai alat keperluan rumah tangga juga lampu penerang serta aneka pisau untuk berbagai keperluan. Teknologi pun mulai memasuki tahap spesifikasi sejak awal. Ada teknologi untuk perang juga yang mulai ditemukan oleh bangsa Romawi, selain di bidang pertanian dan ekonomi dengan ditemukannya uang kertas di berbagai belahan dunia dan lain sebagainya. Teknologi di bidang astronomi juga berkembang pesat di jaman ini.
 

Teknologi Jaman Pertengahan

 
Lalu teknologi pun memasuki abad pertengahan. Rumus-rumus matematika mulai ditemukan dan disebarluaskan. Peradaban Islam terkenal dengan kontribusinya pada bidang astronomi, dan matematika juga medis. Di bidang astronomi, para ilmuwan di masa peradaban Islam mulai membuat kalender juga tabel akurat guna memprediksi fenomena astronomi seperti akan adanya gerhana juga tentang pergerakan planet dan lain sebagainya. Lalu ada Al Khwarizmi yang dikenal karena mengembangkan ilmu aljabar yang menjadi basis atau dasar temuan-temuan teknologi berikutnya di masa-masa selanjutnya. Juga ada Ibnu Sina yang buku-buku karyanya hingga kini menjadi acuan standar studi di bidang medis pada berbagai universitas sejak abad pertengahan. Teknologi di bidang kesenian juga berkembang pesat di jaman ini. Hingga masa penjelajahan dunia lewat lautan dan adanya penemuan kompas dan lain sebagainya.
 

Teknologi Jaman Revolusi Industri

 
Di masa ini teknologi makin berkembang dengan ditemukannya berbagai alat berat untuk membantu mempermudah kehidupan manusia dan juga dengan ditemukannya berbagai mesin yang mampu memproduksi aneka barang secara masal dalam jumlah yang besar yang digunakan dalam berbagai jenis pabrik. Revolusi industri ini dimulai pada sekitar abad ke 17 ditandai dengan maraknya penggunaan mesin uap.
 

Teknologi Jaman Abad ke 20 Hingga Sekarang

 
Di jaman modern ini teknologi pun berkembang makin pesat, dengan ditemukannya komputer dan lain sebagainya yang makin mempermudah hidup manusia. Temuan internet juga membuat perkembangan teknologi makin maju lebih cepat lagi. Di bidang ekonomi perkembangan mata uang juga bertambah dengan adanya mata uang digital seperti bitcoin, serta makin tersebarnya ATM guna memudahkan keseharian hidup manusia dan lain sebagainya. Berbagai alat dan mesin canggih mulai dipergunakan.
 

Perkembangan Teknologi di Indonesia

 
Sedangkan di Indonesia sejarah perkembangan teknologi juga telah ada sejak jaman pra sejarah dengan ditemukannya berbagai alat bantu hidup manusia dari batu seperti di jaman kampak batu dan lain sebagainya, dan terus berkembang hingga pada puncaknya dengan ditemukannya bangunan megah berukuran besar berupa candi Borobudur yang termasuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Pemakaian uang koin juga sudah ditemukan sejak jaman Majapahit maupun sebelumnya, selain berbagai teknologi di bidang pertanian, seperti cangkul, serta alat bajak sawah, dan lain sebagainya. Namun sayangnya di saat-saat ini Indonesia mengalami kelambatan dalam teknologi dan baru mau menuju ke era mobil listrik yang lebih ramah lingkungan, guna mengejar ketertinggalan di berbagai bidang teknologi. Perkembangan teknologi yang cukup menggembirakan adalah ketika Indonesia berhasil membuat kapal laut yang cukup tangguh untuk mengarungi lautan Indonesia yang luas sejak jaman kerajaan, lalu juga dengan berhasilnya di masa Indonesia merdeka untuk membuat kapal terbang.
 

Perkembangan Teknologi Komunikasi

 
Teknologi komunikasi telah ada sejak jaman kuno. Diketahui bahwa suku Indian menggunakan asap api untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Penggunaan berbagai isyarat dan kode untuk saling berkomunikasi antar manusia mengawali perkembangan teknologi komunikasi, yang telah ada sejak jaman pra sejarah sekitar 3000 SM. Manusia menggunakan berbagai bunyi-bunyian juga seperti siulan hingga penggunaan aneka tabuhan gendang, serta penggunaan terompet, dan berbagai alat lainnya untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Lalu ditemukannya angka dan tulisan makin membuat perkembangan teknologi komunikasi menjadi maju pesat. Pernah digunakan berbagai media untuk berkirim pesan sejak dulu yakni mulai dari tanduk binatang, bunga yang jumlah kelopaknya menjadi kode tertentu hingga hewan merpati, yang lalu menjadi lambang merpati pos sebagai pengirim surat lalu ada telegraf, surat secara fisik ditulis pada kertas hingga kini berkembang menjadi e mail yang paperless. Dalam sejarahnya orang Persia adalah yang mulai mengawali penggunaan merpati sebagai pengirim pesan, lalu orang Romawi menggunakannya untuk menyampaikan pesan pada pasukan di medan perang, dan di Yunani merpati digunakan untuk menyampaikan berita terkait pelaksanaan dan pemenang lomba olimpiade dan lain sebagainya. Kini pesan dengan mudah disampaikan dalam hitungan detik melalui internet dan juga menyebarluas dalam jumlah yang banyak kepada para penerima pesan secara sekaligus dalam waktu yang singkat. Rapat atau meeting juga bisa dilakukan dengan banyak peserta secara sekaligus secara jarak jauh tanpa harus bertatap muka secara fisik, melalui internet.
 

Perkembangan Teknologi Informasi

 
Teknologi informasi adalah berbagai temuan teknologi yang erat kaitannya dengan pemanfaatan lebih lanjut komputer di bidang informasi. Terutama dalam efisiensi data informasi dan penyebarannya secara lebih efektif dan efisien serta pemanfaatannya dalam mempermudah hidup manusia secara optimal. Sejak mulai ditemukannya komputer kini teknologi informasi telah berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan makin maraknya daerah yang mulai menerapkan e government seperti e KTP, e election dan lain sebagainya. Terjadi juga pada berbagai bidang lainnya seperti e learning di bidang pendidikan yang memungkinkan belajar secara jarak jauh, tanpa harus bertatap muka secara langsung dan penggunaan e book, lalu di bidang kesehatan juga mulai marak adanya konsultasi kesehatan secara online, tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kemudian di bidang ekonomi dan bisnis mulai marak e commerce, transaksi jual beli secara online yang menghasilkan jumlah transaksi dalam jumlah nominal yang kian besar dari waktu ke waktu, lalu ada e banking, mana uang digital, dan lain sebagainya.
 

Berbagai Dampak Teknologi

 
Teknologi itu bagai pedang bermata dua, selain dampak positif, juga ada dampak negatifnya yang harus diminimalkan. Berikut beberapa diantaranya.
 

Dampak Positif Teknologi

 

Sebagai dampak positif maka teknologi banyak sekali manfaatnya, sebagai berikut.
 

Mempermudah

 
Teknologi haruslah mempermudah hidup manusia. Berbagai temuan alat dan mesin hasil teknologi akan sangat menolong manusia. Seperti temuan berbagai alat berat yang mempermudah manusia untuk mengangkat berbagai benda berat dan besar ke berbagai tempat baik secara vertikal maupun horizontal. Mesin-mesin pabrik juga mampu untuk memudahkan manusia dalam memproduksi berbagai barang dalam jumlah yang banyak secara standar kualitasnya bisa seragam dan sama dan juga dalam jumlah waktu yang lebih cepat secara lebih mudah. Temuan kalkulator juga mempermudah manusia dalam menghitung, apalagi kini juga sudah ditemukan komputer dan smartphone dan lain sebagainya berbagai alat otomatis dan canggih, hidup manusia menjadi lebih mudah lagi.
 

Mempercepat

 
Teknologi juga mempercepat proses kerja manusia, seperti temuan berbagai alat transportasi yang lebih mempercepat perpindahan manusia maupun barang ke bebagai tempat. Juga mesin-mesin di pabrik yang mempercepat proses produksi suatu barang, dan lain sebagainya. Email juga mampu mempercepat penyampaian pesan secara lebih singkat, dan lain sebagainya.
 

Melipatgandakan

 
Hasil temuan teknologi juga mampu untuk melipatgandakan kemampuan manusia, seperti alat berat yang mampu membuat manusia bisa mengangkat berbagai barang berat dan berukuran besar yang melebihi kekuatan fisik standar manusia secara manual tanpa alat, hingga berkali lipat. Temuan teropong memungkinkan manusia melihat dalam jarak yang lebih jauh. Ada juga microskop yang memungkinkan manusia untuk melihat benda yang berukuran kecil bahkan super kecil. Juga komputer yang mampu melipatgandakan hasil kerja manusia secara manual, dan lain sebagainya. Teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja manusia.
 

Dampak Negatif Teknologi

 

 

 
Namun teknologi juga bisa menimbulkan dampak buruk dan kekacauan bagi hidup manusia jika disalahgunakan. Penyalahgunaan teknologi menimbulkan efek negatif teknologi dalam kehidupan manusia, seperti berikut ini.
 

Ketergantungan dan Kemalasan

 
Kemudahan yang disajikan oleh teknologi bisa membuat manusia jadi mengalami ketergantungan dan terbiasa sehingga jika suatu saat alat hasil temuan teknologi tersebut rusak atau mengalami kendala sehingga tidak bisa berfungsi manusia jadi tidak bisa berbuat apa-apa tanpanya karena sudah terbiasa mengandalkannya. Seperti pada saat listrik mati saja, maka seluruh peralatan menjadi tidak berfungsi, maka manusia tidak bisa dan bahkan tetap tidak mau menanak nasi dengan secara manual seperti dulu sebelum ditemukannya rice cooker misalnya. Juga ketika sepeda motor rusak misalnya, maka manusia juga malas untuk berjalan agak jauh seperti dulu sebelum ditemukannya alat transportasi, bahkan banyak juga yang untuk jarak yang dekat pun menggunakan sepeda motor. Bahkan untuk hal yang sederhana seperti menghitung pun manusia terbiasa menggunakan kalkulator dan tergantung, sehingga malas jika harus menghitung secara manual, bahkan tidak bisa lagi menghitung dengan secara benar dan akan banyak salahnya. Ketergantungan pada game dan gadget juga bisa membuat manusia lupa waktu dan malas. Dan lain sebagainya.
 

Dampak Kerusakan yang Luas Secara Cepat

 
Kemajuan teknologi memudahkan serta mempersingkat proses. Namun jika itu suatu hal yang negatif, seperti berita hoax misalnya maka juga akan tersebarluas dan menyebar dengan secara cepat pula. Dampak buruknya meluas dan berlipat ganda tak terbendung secara singkat.
 

Memburuknya Kesehatan

 
Selain bisa meningkatkan kesehatan manusia, teknologi juga bisa memperburuk kesehatan manusia di sisi lain. Penggunaan remote control pada berbagai alat dan otomatisasi proses kerja membuat manusia jarang gerak dan berolahraga sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan berbagai penyakit. Juga penggunaan teknologi di bidang pangan yang mengabaikan sisi pentingnya kesehatan seperti dalam pembuatan pangan hasil rekayasa genetika tumbuhan maupun ternak yang bisa mempersingkat proses dan melipatgandakan hasil dalam jumlah yang banyak secara lebih murah namun menimbulkan penyakit kanker dan gangguan kesehatan manusia serta berbagai dampak buruk lainnya.
 

Meningkatkan Pengangguran

 
Salah satu dampak negatif teknologi lainnya adalah ini. Seiring dengan otomatisasi mesin sebagai hasil kemajuan teknologi maka hal tersebut bisa menimbulkan banyak pengangguran, terutama di kalangan unskilled labor atau SDM berpendidikan rendah dengan semakin kecilnya kebutuhan peran manusia dalam proses produksi barang, yang tergantikan perannya dengan mesin yang mampu berproduksi dengan secara lebih cepat dan banyak, juga lebih presisi sesuai standar.

Berbagai dampak negatif teknologi tersebut harus bisa dieliminir dan ditiadakan dengan berbagai cara.
 
Baca Juga : 5 Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa
 
 

Bagaimana Sejarah Perkembangan Teknologi pada jaman pra sejarah?

Perkembangan teknologi dimulai sejak jaman pra sejarah, bukan saat mulai ditemukannya api, tapi pada saat manusia mulai menemukan cara agar batu bisa dipergunakan untuk mempermudah keseharian hidup manusia di jaman pra sejarah sejak 3 jutaan tahun lalu. Berbagai alat batu tersebut merupakan temuan teknologi pertama oleh manusia. Disusul kemudian dengan jaman perunggu dan besi yang mulai dimanfaatkan untuk menjadi berbagai perkakas untuk mempermudah hidup manusia. Teknologi Jaman Kuno Lalu teknologi memasuki jaman kuno. Pada saat ini teknologi pun berkembang pesat, antara lain dengan ditemukannya piramida yang di jaman Mesir kuno yang menunjukkan sudah canggihnya teknologi jaman itu, dan juga berbagai bangunan lainnya serta dengan mulai ditemukannya tulisan. Penemuan angka juga mulai membantu perkembangan teknologi hingga ke depannya. Pemanfaatan teknologi pun makin berkembang dengan ditemukannya alat transportasi masal seperti gerobak, kereta kuda hingga kapal, dan lain sebagainya tak hanya sebatas pada berbagai alat keperluan rumah tangga juga lampu penerang serta aneka pisau untuk berbagai keperluan. Teknologi pun mulai memasuki tahap spesifikasi sejak awal. Ada teknologi untuk perang juga yang mulai ditemukan oleh bangsa Romawi, selain di bidang pertanian dan ekonomi dengan ditemukannya uang kertas di berbagai belahan dunia dan lain sebagainya. Teknologi di bidang astronomi juga berkembang pesat di jaman ini.

Bagaimana Perkembangan teknologi di Indonesia?

Di Indonesia sejarah perkembangan teknologi juga telah ada sejak jaman pra sejarah dengan ditemukannya berbagai alat bantu hidup manusia dari batu seperti di jaman kampak batu dan lain sebagainya, dan terus berkembang hingga pada puncaknya dengan ditemukannya bangunan megah berukuran besar berupa candi Borobudur yang termasuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Pemakaian uang koin juga sudah ditemukan sejak jaman Majapahit maupun sebelumnya, selain berbagai teknologi di bidang pertanian, seperti cangkul, serta alat bajak sawah, dan lain sebagainya. Namun sayangnya di saat-saat ini Indonesia mengalami kelambatan dalam teknologi dan baru mau menuju ke era mobil listrik yang lebih ramah lingkungan, guna mengejar ketertinggalan di berbagai bidang teknologi. Perkembangan teknologi yang cukup menggembirakan adalah ketika Indonesia berhasil membuat kapal laut yang cukup tangguh untuk mengarungi lautan Indonesia yang luas sejak jaman kerajaan, lalu juga dengan berhasilnya di masa Indonesia merdeka untuk membuat kapal terbang.

Bagaimana Perkembangan Teknologi Komunikasi?

Teknologi komunikasi telah ada sejak jaman kuno. Diketahui bahwa suku Indian menggunakan asap api untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Penggunaan berbagai isyarat dan kode untuk saling berkomunikasi antar manusia mengawali perkembangan teknologi komunikasi, yang telah ada sejak jaman pra sejarah sekitar 3000 SM. Manusia menggunakan berbagai bunyi-bunyian juga seperti siulan hingga penggunaan aneka tabuhan gendang, serta penggunaan terompet, dan berbagai alat lainnya untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Lalu ditemukannya angka dan tulisan makin membuat perkembangan teknologi komunikasi menjadi maju pesat. Pernah digunakan berbagai media untuk berkirim pesan sejak dulu yakni mulai dari tanduk binatang, bunga yang jumlah kelopaknya menjadi kode tertentu hingga hewan merpati, yang lalu menjadi lambang merpati pos sebagai pengirim surat lalu ada telegraf, surat secara fisik ditulis pada kertas hingga kini berkembang menjadi e mail yang paperless. Dalam sejarahnya orang Persia adalah yang mulai mengawali penggunaan merpati sebagai pengirim pesan, lalu orang Romawi menggunakannya untuk menyampaikan pesan pada pasukan di medan perang, dan di Yunani merpati digunakan untuk menyampaikan berita terkait pelaksanaan dan pemenang lomba olimpiade dan lain sebagainya. Kini pesan dengan mudah disampaikan dalam hitungan detik melalui internet dan juga menyebarluas dalam jumlah yang banyak kepada para penerima pesan secara sekaligus dalam waktu yang singkat. Rapat atau meeting juga bisa dilakukan dengan banyak peserta secara sekaligus secara jarak jauh tanpa harus bertatap muka secara fisik, melalui internet.

 

(Visited 26 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us