Bagikan Artikel Ini:

Apakah Anda pernah berpikir sejak kapan komputer ada di dunia ini? Ya, komputer yang merupakan perangkat terpenting hingga saat ini memang sangat berguna. Hampir seluruh teknologi canggih yang ada di dunia dapat dikendalikan melalui komputer. Jadi, kapan komputer pertama kali ditemukan? Simak penjelasan singkat dari 5 sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa berikut ini!

Generasi Pertama

 

Untuk membahas mengenai sejarah komputer maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu komputer. Nah, ternyata nama komputer berasal dari bahasa latin yakni computare yang artinya alat hitung. Loh, kenapa bisa diberi nama alat hitung? Awal mulanya komputer dirancang sebagai perangkat yang mampu mengolah serta menghitung banyak angka.

Ahli komputer, Donald H. Sanders mengatakan bahwa komputer diartikan sebagai sebuah perangkat maupun sistem elektronik guna memanipulasi data dalam waktu cepat dan tepat secara otomatis menerima, menyimpan serta memproses data yang diinput kemudian menghasilkan output yang diawasi oleh komponen sistem operasi monitor, keyboard, CPU, mouse dan juga printer. Komponen tersebut saling bekerja sama agar dapat menghasilkan informasi sesuai dengan data dan program yang telah ada.

Lantas, siapa penemu komputer pertama kali? Charles Babbage adalah penemu komputer pertama kali. Dirinya adalah seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Awalnya dia sempat menemukan masalah ketika proses penghitungan dengan menggunakan tabel matematika. Oleh karena itu muncullah ide baru untuk berinovasi agar menciptakan alat yang mampu meminimalisir kesalahan ketika proses hitung berlangsung. Akhirnya nenek moyang komputer yang kala itu diberi nama Difference Engine pertama kali ditemukan. Bayangkan jika mesin ini tidak ditemukan, maka Anda masih hidup di zaman batu tanpa teknologi canggih.

Sejarah dan perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang tidak lengkap jika tidak dilengkapi penemuan komputer Z3 pada masa perang dunia kedua. Sejujurnya saat perang dunia kedua berlangsung ada banyak negara yang terlibat berusaha mengembangkan komputer guna kebutuhan peperangan. Salah satu negara yang menjadi pelopor berpengaruh saat proses perkembangan komputer adalah Jerman.

Insinyur Jerman yang ternama kala itu ialah Conrad Zuse berhasil menciptakan seperangkat mesin komputer dengan nama Z3, tepatnya pada tahun 1941. Komputer tersebut berfungsi agar dapat merancang pesawat terbang dan peluru kendali untuk kebutuhan perang dunia. Setelah Jerman, ada negara yang tidak ingin terkalahkan yakni Inggris sehingga pada tahun 1943, Inggris berhasil menciptakan sebuah komputer khusus agar bisa memecahkan kode rahasia milik Jerman. Komputer tersebut diberi nama Colossus.

Tahun 1946, barulah giliran seorang ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil membuat komputer serba guna dengan nama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Ukuran komputer ini lumayan besar karena memakan tempat yang cukup luas. Bagaimana tidak, ada 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 75 ribu saklar dan 5 juta titik solder dengan berat 30 ton. Inilah awal mula lahirnya komputer generasi pertama. Cukup besar dan pastinya tidak praktis dibawa ke mana saja, bukan?

Generasi Kedua

 

Setelah melihat sejarah perkembangannya yang pertama, maka Anda tidak boleh ketinggalan dengan sejarah generasi kedua terkait komputer. Komponen yang digunakan untuk merancang sebuah perangkat komputer kala itu adalah teknologi transistor yang menggantikan posisi dan fungsi dari tabung vakum pada komputer generasi pertama. Komponen ini tentunya lebih efisien dibandingkan tabung vakum dengan jumlah fantastis, 18 ribu.

Komputer generasi kedua ini memiliki ukuran yang lumayan lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer tabung vakum. Selain itu daya listrik yang dibutuhkan juga lebih kecil guna pengoperasiannya. Biaya yang dihabiskan untuk pembuatan komputer generasi kedua dapat dikatakan lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan komputer tabung vakum.

Bahasa pemrogramannya juga telah dikembangkan menjadi lebih sederhana. Generasi pertama komputer menggunakan bahasa pemrograman mesin, sedangkan pada generasi kedua menggunakan bahasa Assembly serta bahasa simbolik. Bahasa pemrograman tersebut membuat programmer bisa memberikan instruksi menggunakan kata-kata.

Komputer ini termasuk yang lebih sederhana dan tidak terlalu ribet. Oleh karena itu banyak digunakan untuk beberapa instansi seperti perusahaan, pemerintahan dan juga universitas. Super komputer merupakan mesin yang pertama kali menggunakan teknologi tersebut. IBM juga membuat super komputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch dan komputer LARC. Salah satu komputer yang dikembangkan di laboratorium dengan energi atom sehingga dapat mengatasi permasalah yang terdapat pada berbagai data di mana kemampuan tersebut dibutuhkan oleh peneliti atom.

Tahun 1965 menjadi tahun di mana berbagai bisnis besar telah menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi bisnis keuangannya. Komputer generasi kedua ini dinilai sebagai perangkat yang handal dalam mencetak data, mendesain produk hingga menghitung gaji. Berbeda dengan Indonesia yang baru menggunakan komputer pada tahun 1967 dan terus berkembang hingga saat ini.

Kelebihan lainnya komputer generasi ini adalah mampu memproses data real time dan real sharing. Kemudian terdapat simpanan eksternal seperti magnetic disk maupun magnetic tape. Sedangkan untuk kapasitas memori utamanya menggunakan magnetic core storage. Pemakaian program pada komputer ini tidak terpaku pada aplikasi bisnis saja tapi juga aplikasi teknik sekaligus.

Generasi Ketiga

 

Sampailah Anda pada pembahasan generasi komputer ketiga yang dimulai pada tahun 1965. Pada masa itu komputer telah dirancang dengan Integrated Circuit atau IC. Teknologi tersebut sangat hebat karena mampu menggeser fungsi dari transistor sebagai komponen yang dielu-elukan pada komponen dasar komputer. Meskipun demikian, transistor memang masih digunakan namun ukurannya diperkecil agar lebih efektif dan efisien. Transistor yang digunakan tersebut berukuran kecil sehingga dapat dimasukkan di IC bersama dengan kapasitor dan resistor.

Jika Anda selama ini penasaran mengenai komputer yang dapat membuat operator berinteraksi dengan keyboard serta monitor, maka inilah jawabannya. Komputer generasi ketiga merupakan komputer pertama yang bisa membuat operatornya berinteraksi. Biaya untuk komputer ini juga bisa dikatakan lebih murah sehingga dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat umum.

Perkembangan komputer menjadi sangat pesan pada generasi ketiga. Muncul pertama kali di era tahun 1964 hingga 1970 dengan transistor yang membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat panas sehingga generasi kedua perlahan ditinggalkan dan beralih ke komputer generasi ketiga.

Penggunaan listrik ketika komputer beroperasi juga bisa dibilang lebih hemat. Softwarenya juga lebih meningkat dibanding komputer generasi sebelumnya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan memori berkapasitas lebih besar. Kinerja komputer lebih cepat dan gesit sehingga setara dengan 10.000 kali kecepatan dibanding generasi pertamanya. Kelebihannya yang lain yakni komputer sudah mampu melakukan multiprocessing.

Kelebihan tersebut tidak terlepas dengan visual displaynya yang bisa mengeluarkan suara. Komputer saat itu juga sudah bisa menggunakan penyimpanan luar seperti disket magnetic dan juga dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya.

Generasi Keempat

 

Komputer generasi keempat dimulai pada tahun 1971 hingga saat ini. itu artinya komputer yang saat ini Anda gunakan untuk bekerja dan belajar merupakan generasi keempat dan komputer vakum. Generasi keempat dirancang dengan menggunakan komponen dasar yang disebut Microprocessor. Chip tersebut memiliki ribuan transistor yang terdiri dari beberapa macam elemen sirkuit yang saling terhubung. Sirkuit-sirkuit tersebut terhubung menjadi satu.

Intel merupakan perusahaan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan chip microprocessor. Pihak Intel berhasil menciptakan versi 4004 dari Intel yang merupakan awal mula dari perkembangan komputer. Intel pula yang membuat komputer menjadi lebih praktis dengan ukuran yang masih efisien mengingat ukuran komputer generasi pertama yang sangat besar.

Pada tahun 1971 International Business Machines berhasil menciptakan desain khusus bagi komputer yang diperuntukkan bagi kalangan rumahan. Lain halnya dengan perusahaan Apple yang mempublikasikan Machintos untuk pertama kali pada tahun 1984 dengan berupa sistem operasi agar bisa menjalankan perangkat komputer.

Deretan-deretan kemajuan pesat itulah yang terjadi pada komputer generasi keempat sehingga mouse hadir, kemudian graphical user interface hingga komputer jinjing yang selama ini dikenal dengan sebutan laptop. Processor atau disebut juga CPU mengalami banyak perkembangan seiring dengan berjalannya waktu hingga saat ini.

Komputer generasi keempat dirancang dengan kemampuan dapat menggunakan Large Scale Integration. Selain itu juga telah dikembangkan dengan menggunakan semikonduktor serta microprocessor yang bentuknya berupa chip memory. Pemasarannya masih pada sektor perorangan, namun terus berkembang dengan munculnya versi terbaru yang tentunya lebih efisien dan mudah dibawa ke mana saja seperti halnya komputer jinjing atau laptop.

Generasi Kelima

 

Sampailah di masa sekarang hingga masa depan di mana kehidupan di dunia akan didampingi oleh teknologi mutakhir komputer generasi kelima dengan Artificial Intelligence. Tidak banyak yang dapat dibahas mengenai generasi kelima karena sebenarnya tahapan ini masih dalam proses. Jadi, teknologi Artificial Intelligence tersebut merupakan kecerdasan buatan yang digadang-gadang mampu menyaingi kecerdasan manusia.

Tujuan dari pengembangan komputer generasi masa depan ini memiliki tujuan sebagai perangkat komputer yang mampu merespon dengan menggunakan bahasa yang digunakan oleh manusia. Sebenarnya sudah ada beberapa perangkat yang menggunakan teknologi tersebut yakni robot. Jadi, robot tersebut dapat berbicara dengan manusia. Tak hanya sampai di situ, komputer generasi ini juga diharapkan mampu menjadi sebagai perangkat yang mempelajari lingkungan sekitar dan juga mampu menyesuaikan diri.

Komputer ini memang masih menggunakan teknologi LSI namun proses pengembangannya tetap berlangsung. Kemudian fitur yang terdapat pada komputer ini juga terus dikembangkan setiap tahunnya, maka Anda sering mendengar setiap tahun bahwa ada teknologi terbaru yang berhasil dkembangkan. Teknologi tersebut tentunya semakin mempercepat untuk memproses informasi sehingga komputer nantinya akan memiliki kemampuan dalam berbicara, mendengar, melihat dan kecanggihan lainnya.

Saat ini teknologi Artificial Intelligence masih terus dikembangkan karena masih terdapat kekurangan. Namun bukan berarti komputer generasi ini tidak dapat terealisasi dalam waktu dekat, hanya saja usaha dan kerja keras para ahlinya yang membutuhkan sedikit waktu lebih banyak agar lebih teliti dan tepat.

Untuk kedepannya Anda akan dihadapkan dengan teknologi tercanggih sepanjang masa, bahkan digadang dapat menyaingi kemampuan manusia. Oleh karena itu persiapkan diri Anda sehingga tidak sampai terjadi seleksi kerja antara manusia dan teknologi seperti robot dan alat canggih lainnya. Saat ini yang belum terlalu canggih seperti yang dirancang para ahli saja sudah banyak pengangguran karena ketidakmampuan dalam mengendalikan canggihnya teknologi. Jadi, siap-siap dan teruslah bekerja keras untuk kemajuan dengan teknologi mutakhir nantinya.

Sekian penjelasan singkat mengenai 5 sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Telepon

Bagaimana komputer pada generasi pertama?

Untuk membahas mengenai sejarah komputer maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu komputer. Nah, ternyata nama komputer berasal dari bahasa latin yakni computare yang artinya alat hitung. Loh, kenapa bisa diberi nama alat hitung? Awal mulanya komputer dirancang sebagai perangkat yang mampu mengolah serta menghitung banyak angka. Ahli komputer, Donald H. Sanders mengatakan bahwa komputer diartikan sebagai sebuah perangkat maupun sistem elektronik guna memanipulasi data dalam waktu cepat dan tepat secara otomatis menerima, menyimpan serta memproses data yang diinput kemudian menghasilkan output yang diawasi oleh komponen sistem operasi monitor, keyboard, CPU, mouse dan juga printer. Komponen tersebut saling bekerja sama agar dapat menghasilkan informasi sesuai dengan data dan program yang telah ada. Lantas, siapa penemu komputer pertama kali? Charles Babbage adalah penemu komputer pertama kali. Dirinya adalah seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Awalnya dia sempat menemukan masalah ketika proses penghitungan dengan menggunakan tabel matematika. Oleh karena itu muncullah ide baru untuk berinovasi agar menciptakan alat yang mampu meminimalisir kesalahan ketika proses hitung berlangsung. Akhirnya nenek moyang komputer yang kala itu diberi nama Difference Engine pertama kali ditemukan. Bayangkan jika mesin ini tidak ditemukan, maka Anda masih hidup di zaman batu tanpa teknologi canggih. Sejarah dan perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang tidak lengkap jika tidak dilengkapi penemuan komputer Z3 pada masa perang dunia kedua. Sejujurnya saat perang dunia kedua berlangsung ada banyak negara yang terlibat berusaha mengembangkan komputer guna kebutuhan peperangan. Salah satu negara yang menjadi pelopor berpengaruh saat proses perkembangan komputer adalah Jerman. Insinyur Jerman yang ternama kala itu ialah Conrad Zuse berhasil menciptakan seperangkat mesin komputer dengan nama Z3, tepatnya pada tahun 1941. Komputer tersebut berfungsi agar dapat merancang pesawat terbang dan peluru kendali untuk kebutuhan perang dunia. Setelah Jerman, ada negara yang tidak ingin terkalahkan yakni Inggris sehingga pada tahun 1943, Inggris berhasil menciptakan sebuah komputer khusus agar bisa memecahkan kode rahasia milik Jerman. Komputer tersebut diberi nama Colossus. Tahun 1946, barulah giliran seorang ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil membuat komputer serba guna dengan nama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Ukuran komputer ini lumayan besar karena memakan tempat yang cukup luas. Bagaimana tidak, ada 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 75 ribu saklar dan 5 juta titik solder dengan berat 30 ton. Inilah awal mula lahirnya komputer generasi pertama. Cukup besar dan pastinya tidak praktis dibawa ke mana saja, bukan?

Bagaimana komputer pada generasi ketiga?

Pada masa itu komputer telah dirancang dengan Integrated Circuit atau IC. Teknologi tersebut sangat hebat karena mampu menggeser fungsi dari transistor sebagai komponen yang dielu-elukan pada komponen dasar komputer. Meskipun demikian, transistor memang masih digunakan namun ukurannya diperkecil agar lebih efektif dan efisien. Transistor yang digunakan tersebut berukuran kecil sehingga dapat dimasukkan di IC bersama dengan kapasitor dan resistor. Jika Anda selama ini penasaran mengenai komputer yang dapat membuat operator berinteraksi dengan keyboard serta monitor, maka inilah jawabannya. Komputer generasi ketiga merupakan komputer pertama yang bisa membuat operatornya berinteraksi. Biaya untuk komputer ini juga bisa dikatakan lebih murah sehingga dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat umum. Perkembangan komputer menjadi sangat pesan pada generasi ketiga. Muncul pertama kali di era tahun 1964 hingga 1970 dengan transistor yang membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat panas sehingga generasi kedua perlahan ditinggalkan dan beralih ke komputer generasi ketiga. Penggunaan listrik ketika komputer beroperasi juga bisa dibilang lebih hemat. Softwarenya juga lebih meningkat dibanding komputer generasi sebelumnya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan memori berkapasitas lebih besar. Kinerja komputer lebih cepat dan gesit sehingga setara dengan 10.000 kali kecepatan dibanding generasi pertamanya. Kelebihannya yang lain yakni komputer sudah mampu melakukan multiprocessing. Kelebihan tersebut tidak terlepas dengan visual displaynya yang bisa mengeluarkan suara. Komputer saat itu juga sudah bisa menggunakan penyimpanan luar seperti disket magnetic dan juga dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya.

Bagaimana komputer pada generasi kelima?

Tidak banyak yang dapat dibahas mengenai generasi kelima karena sebenarnya tahapan ini masih dalam proses. Jadi, teknologi Artificial Intelligence tersebut merupakan kecerdasan buatan yang digadang-gadang mampu menyaingi kecerdasan manusia. Tujuan dari pengembangan komputer generasi masa depan ini memiliki tujuan sebagai perangkat komputer yang mampu merespon dengan menggunakan bahasa yang digunakan oleh manusia. Sebenarnya sudah ada beberapa perangkat yang menggunakan teknologi tersebut yakni robot. Jadi, robot tersebut dapat berbicara dengan manusia. Tak hanya sampai di situ, komputer generasi ini juga diharapkan mampu menjadi sebagai perangkat yang mempelajari lingkungan sekitar dan juga mampu menyesuaikan diri. Komputer ini memang masih menggunakan teknologi LSI namun proses pengembangannya tetap berlangsung. Kemudian fitur yang terdapat pada komputer ini juga terus dikembangkan setiap tahunnya, maka Anda sering mendengar setiap tahun bahwa ada teknologi terbaru yang berhasil dkembangkan. Teknologi tersebut tentunya semakin mempercepat untuk memproses informasi sehingga komputer nantinya akan memiliki kemampuan dalam berbicara, mendengar, melihat dan kecanggihan lainnya. Saat ini teknologi Artificial Intelligence masih terus dikembangkan karena masih terdapat kekurangan. Namun bukan berarti komputer generasi ini tidak dapat terealisasi dalam waktu dekat, hanya saja usaha dan kerja keras para ahlinya yang membutuhkan sedikit waktu lebih banyak agar lebih teliti dan tepat.

 

(Visited 746 times, 11 visits today)
WhatsApp WhatsApp us