Bagikan Artikel Ini:

SD Prestasi Global Depok akan menggelar kegiatan pekan lingkungan tahun pelajaran 2019-2020, Kamis (28/11). 

 “Setiap siswa di sekolah Prestasi Global selalu dikenalkan tentang arti dan makna lingkungan sehat dan bercocok tanam. Untuk itu setiap siswa diajari untuk peduli lingkungan sejak dini,” kata Kepala Sekolah SD Prestasi Global, Mustopa  SP dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk terus dan berkelanjutan  menjadikan siswa selalu peduli dengan alam dan lingkungan. “Fenomena maraknya perusakan lingkungan saat ini, tentunya menjadi tanggung jawab bersama. Perlu kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik nantinya,” ujarnya.

Mustopa mengemukakan, peserta kegiatan pekan lingkungan adalah seluruh siswa-siswi SD Prestasi Global. Mereka didampingi guru dan komite sekolah.

Ia menyebutkan, kegiatan ini akan dilaksanakan di luar lingkungan sekolah, yakni ke tempat alam terbuka di daerah Ciseeng, Bogor. Tepatnya, INAGRO,  dengan luas sekitar 40 hektar. 

“Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak belajar tentang lingkungan. Sebab di sana akan diajarkan banyak sekali hal yang berkaitan dengan lingkungan. Contohnya, menanam benih sayur, mengenal aneka pupuk, mengenal hidroponik dan urban farming, panen sayuran, mengenal tambulampot, belajar stek pohon, dan feeding tanaman pemakan serangga dengan maggot. Tak ketinggalan, tentunya aneka fun games yang membuat anak bahagia melaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Mustopa mengungkapkan, pekan lingkungan merupakan kegiatan unggulan yang setiap tahunnya dilaksanakan di Sekolah Prestasi Global. Hal ini  sesuai dengan visi misi sekolah yang ingin menjadikan siswa-siswinya selalu cinta dan peduli terhadap lingkungannya. 

“Dari setiap apa yang didapat dalam kegiatan ini diharapkan siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya atau area yang lebih luas lagi di manapun mereka berada,” paparnya.

Mustopa mengemukakan, sikap yang ingin didapat dari kegiatan pekan lingkungan adalah menumbuhkembangkan kecintaan siswa kepada lingkungan. “Juga, menumbuhkan minat menanam pohon serta budidayanya untuk bekal ekonomis nantinya,” kata Mustopa.

 

Artikel ini lebih dulu terbit di Republika.co.id pada tanggal 25 November 2019 dengan judul yang sama.

(Visited 4 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us