Bagikan Artikel Ini:

Podcast adalah sebuah platform siaran mirip radio, non-streaming dan bisa dibuat oleh siapa pun. Penyampaian siaran tersebut melalui rekaman audio.

Beberapa manfaat podcast adalah menambah pengetahuan, sharing dengan orang lain yang lebih berpengalaman atau bahkan idola, menghibur, dan bisa juga untuk mengetahui berita (audio news). Podcast sifatnya dapat diulang karena pendengar harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Antara satu siaran dengan yang lain mengangkat tema atau topik tersendiri. Dari sekian banyaknya topik yang diangkat, parenting dan keluarga adalah topik pas untuk Ayah dan Bunda yang ingin memaksimalkan peran orang tua untuk anak.

Beberapa kanal podcast ini, bisa menjadi referensi pas untuk Anda dengarkan.

1. parenTALKING

parenTALKING

Semula berawal dari dua orang ibu yang disebut dengan Bumin yang merupakan kependekan dari Ibu Admin dan Mammin, kependekan dari Mama Admin. Podcastnya berisi 10 episode, di mana Bumin dan Mammin membahas santai terkait kehidupan seorang wanita yang menjalani profesi sebagai seorang istri, ibu rumah tangga, dan working mom.

Sedikit bocoran, dalam podcast ada tips sukses menjalin hubungan baik dengan mertua, menjadi orang tua baik untuk 3 orang anak sebelum usia 30 tahun, dan mitos-mitos yang berkaitan dengan olahraga untuk busui atau ibu menyusui. Bukan hanya podcast, postingan-postingan Instagramnya, @parentalk.id menyuguhkan konten yang sangat berguna untuk orang tua.

2. Curhat Babu

Siaran podcast parenting ini diisi oleh sepasang suami istri Ario Pratama atau lebih dikenal Sheggario dan Nucha Bachri. Babu sendiri merupakan singkatan dari bapak dan ibu, jadi di sini berisi curhatan pasangan Ario dan Nucha sebagai orang tua.

Dalam podcastnya, mereka berbagi pandangan terkait peran orang tua. Gaya bahasa yang digunakan pun santai. Selain berbagi perspektif tentang peran orang tua, mereka juga membahas gaya asuh anak, keuangan keluarga, dan sistem saling dukung untuk pasangan.

Tenang, mereka juga siap mendengarkan curhatan para orang tua lain. Mereka hadir dengan siaran ini untuk berbagi pengalaman, bukan menghakimi ataupun menasehati.

3. Obrolan BABIBU

Pengisi podcast untuk orang tua ini juga sepasang suami istri, Esha Mahendra dan Ankatama. Mereka adalah mantan penyiar salah satu radio di Jakarta. Ankatama sendiri mengisi dua podcast, ini adalah podcast pribadinya bersama sang suami. Sedangkan podcast satunya bersama para sahabat, bernama Rapot.

Awalnya, mereka berbagi tentang ketidakcocokannya, di mana ketidakcocokan ini kemudian diubah menjadi pengisi kekurangan masing-masing.

Dalam podcast, Esha dipanggil dengan Baba dan Anka dipanggil dengan Bibu. Isinya pun kebanyakan sharing mereka dalam memerankan orang tua, mengasuh anak, lifestyle, topik yang sedang hangat diperbincangkan, dan tentunya seputar parenting.

Bahasa yang digunakan ringan dan santai. Topiknya tidak terlalu berat cenderung obrolan ngalor ngidul, tapi cocok untuk menemani waktu luang Anda dan sebagai hiburan.

4. The Parentstory Podcast

The Parentstory Podcast

Topik yang diangkat seputar pengalaman menjadi orang tua dan ilmu parenting. Ilmu parenting ini disampaikan langsung oleh pakar. Ada juga selebriti atau tokoh sosial yang berbagi kisah menarik seputar parenting yang dialaminya.

Semua obrolan lengkap! Mulai dari yang ringan seperti daftar belanja kebutuhan anak hingga yang cukup berat seperti pengelolaan keuangan untuk orang tua baru.

5. The Story of UBI

Ini bukan kisah ubi, si ubi jalar, tetapi keluarga UBI yang terdiri ayah, Benakribo; ibu, Vendryana; dan anaknya, Zayka.

Benakribo sendiri dikenal sebagai Youtuber dan Komedian, sedangkan istrinya, Vendryana cukup aktif dalam pembahasan parenting di media sosialnya, Instagram.

Pembahasannya santai bahkan diselipkan humor. Apa yang dibahas? Hampir semua hal. Ada seputar hubungan, pertemanan, dan kehidupan pernikahan, termasuk di dalamnya soal parenting.

6. SKWAD Parents

Buat pengantin baru, ini adalah podcast parenting milenial yang harus Anda dengarkan. Pelaku di balik SKWAD Podcast ini adalah SKWAD Digital Media.

Tujuan dari siaran ini adalah menginspirasi, menambah wawasan akan dunia parenting modern dan maju dibandingkan zaman dulu, dan juga membantu para pengantin baru yang masih muda.

7. Mindful Parenting Is A Messy World With Michelle Gale

Untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan anak-anak milenial Anda. Siaran ini berisi siaran yang sangat mendukung dan menyemangati, meditasi, dan berbagai kebijaksanaan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah perjalanan orang tua Anda.

8. The Mom Hour

Siaran ini dibawakan oleh dua wanita bernama Meagan Francis dan Sarah Powers. Keduanya berasal dari Inggris. Profesi yang digeluti keduanya adalah co-host sejak 2015 sehingga topiknya dibahas dengan enak dan mengalir.

The Mom Hour juga sudah memiliki komunitas yang tersebar di berbagai wilayah. Topiknya sangat relevan untuk para ibu baru, apa saja yang harus dilakukan setelah anak lahir, dan lainnya.

Episode-nya sendiri sudah mencapai 250 lebih dan akan terus diperbaharui setiap minggunya.

9. What Fresh Hell

What Fresh Hell berisi obrolan dari dua ibu bernama Amy Wilson dan Margareth Ables. Sifat mereka yang lucu membuat podcast ini tidak kaku. Mereka juga seorang komedian, memiliki 3 orang anak.

Siarannya berisi bagaimana mereka menjalani peran sebagai ibu dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya, ada episode yang membahas rumah kapal pecah, melatih anak untuk tidur, mendisiplinkan anak, dan bagaimana caranya agar tidak stress.

Di dalamnya terdapat sisipan humor yang membuat audio siaran ini sangat menghibur.

10. Bapak Rumah Tangga

Bukan hanya para ibu, ayah juga harus tahu dunia parenting sehingga bisa kompak dan saling dukung dalam melakoni peran orang tua.

Siaran audio ini pas sekali untuk Anda yang seorang bapak rumah tangga, bisa didengarkan juga di sela-sela aktivitas. Pembawa acaranya Ijul dan Surya. Zulfikri Syatria dan Surya Hadiansah membahas perspektif rumah tangga dari sisi mereka, sisi laki-laki.

11. We Know Parenting

Pembawa acara siaran ini adalah pasutri komedian bernama Beth Newel dan Peter McNerney. Mereka memiliki dua orang anak. Bahasan dalam siaran ini sangat real, nyata sekali terasa di kehidupan.

Bukan hanya itu, bahasannya sangat relatable dengan dunia orang tua milenial saat ini, di mana pun. Di setiap episodenya, mereka pasti akan menjawab pertanyaan yang diajukan pendengar. Sudah seperti curhat bareng sahabat.

12. Montessori Sehari-Hari

Pencetus dari adanya podcast ini adalah seorang ibu bernama Damar Wijayanti. Dia memiliki satu orang anak Dia mendalami filosofi dari metode Maria Montessori, pendidik dari Italia. Damar Wijayanti menerapkan parenting style Montessori dalam mendidik dan mengasuh anaknya.

Selain berbagi pengalaman melalui podcast, Damar Wijayanti juga membagikannya di blog dan Instagram pribadinya.

13. Parent Land

Dunia orang tua, Parent Land dikelola oleh BBC World Service. Ini adalah podcast bagus untuk Anda yang sedang mencari referensi terbaik tentang dunia parenting.

Semua topik yang diangkat pasti membawa ahli di bidangnya. Anda bisa bertanya masalah pengasuhan Anda dan Parent Land akan menjawabnya langsung dari pakar.

14. Mother And Baby Indonesia

Masih baru, Podcast ini akan menambah wawasan Anda sebagai orang tua. Ada banyak hal yang dibahas di sini. Anda bisa mendapatkan kisah menarik dan inspiratif dari orang tua lain atau bertanya jawab dengan ahlinya.

15. DariTaDi Yu Ya Yuk

Kalau kebanyakan diisi oleh seorang ibu, ayah atau sepasang suami istri, di siaran ini, pembawa acaranya adalah dua pasang suami istri. Yaitu pasangan Tarra Budiman dan Gya, Ditto Percussion dan Ayudia.

Mereka berbagi cerita tentang parenting dan kehidupan pernikahan mereka dari awal menikah hingga saat ini. Gaya ngobrolnya santai dan seru membuat nyaman.

Di sini, membahas kesiapan pasangan menjadi orang tua baru, masa lalu sebelum menikah, dan cara mereka menghadapi perbedaan di antara pasangan.

16. Kejar Paket Pintar

Siaran ini dipandu oleh duo wanita cantik bernama Dara dan Laila. Siarannya membahas tentang keilmuan seperti sains, musik, fenomena sosial, film, dan masih banyak lagi yang dibahas.

Mereka juga kadang menghadirkan bintang tamu. Pembawaan yang menarik dan unik membuat obrolan mereka menarik untuk didengarkan.

17. Rapot

Terakhir, ada podcast bernama Rapot yang digawangi oleh empat sekawan dengan sifat seru dan lucu. Empat sekawan ini adalah Ankatama, Radhini, Reza Chandika, dan Natasha Abigail.

Bahasan yang diangkat sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Gaya pembawaannya mirip seperti sedang diceritakan atau didongengi. Selain dikemas, apik kisahnya juga diselipkan kelucuan agar menghibur.

18. Cerita Sama Mama

Jika sebelum-sebelumnya berisi siaran audio tentang kehidupan sebagai orang tua, di Cerita Sama Mama membahas tentang hubungan antara ibu dan anak.

Podcast ini dibawakan oleh ibu dan anak bernama Lolo dan Besya. Meski ibu lahirnya di era baby boomer, nyatanya Lolo bisa menjalin hubungan baik layaknya sahabat dengan sang anak. Dulunya, Lolo adalah atlet tembak, dari keahliannya ini pula, Lolo mendapat banyak pelajaran berharga untuk menjalani kehidupan rumah tangganya. Terkhusus mengasuh anak.

Lolo juga mempelajari self healing yang sangat membantu dirinya maupun ketika membimbing atau mendidik anak. Sama seperti judulnya, podcast ini berisi obrolan seru antara ibu dan anak. Apa saja dibahas di sini.

19. Joy Parenting

Di tengah pandemi, banyak working mom yang merasa keteteran atau kalang kabut dari dampak work from home. Di sisi lain, Anda juga bisa meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga.

Namun, padatnya pekerjaan jika tidak diimbangi dengan manajemen waktu yang baik bisa membuat Anda stress. Menjawab kegelisahan tersebut, Joy Parenting menyuguhkan audio konten tentang pola mengasuh anak selama pandemi.

Tak sedikit Joy Parenting mendatangkan ahli untuk membagikan tips parenting sekaligus guru selama di rumah aja, lalu bagaimana menangani anak dengan kebutuhan khusus ketika pandemi, dan apa yang harus dilakukan orang tua ketika pandemi.

Podcast-podcast ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang membutuhkan cara efektif dan praktis menambah wawasan parenting. Karena kesibukan kadang tidak memungkinkan Anda untuk membuka dan membaca buku atau menonton video.

Podcast menjadi alternatif di sela kesibukan. Audio kontennya juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahasannya ringan dan enak didengarkan bahkan ada yang bisa membuat Anda terhibur.

Sembilan belas podcast di atas bisa Anda dengarkan sendiri atau bersama pasangan. Selain menghibur dan menambah wawasan, Anda juga bisa menambah acara bersama pasangan setelah waktu mendengarkan siaran habis, yaitu diskusi hangat. Podcast milik Prestasi Global yaitu PresGo Talks.

Selamat mendengarkan dan semoga bermanfaat!

Baca juga : 18 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Ibu Rumah Tangga

1. Apa itu Podcast?

Podcast adalah sebuah platform siaran mirip radio, non-streaming dan bisa dibuat oleh siapa pun. Penyampaian siaran tersebut melalui rekaman audio.

2. Apa saja manfaat podcast?

Beberapa manfaat podcast adalah menambah pengetahuan, sharing dengan orang lain yang lebih berpengalaman atau bahkan idola, menghibur, dan bisa juga untuk mengetahui berita (audio news). Podcast sifatnya dapat diulang karena pendengar harus mengunduhnya terlebih dahulu. Antara satu siaran dengan yang lain mengangkat tema atau topik tersendiri. Dari sekian banyaknya topik yang diangkat, parenting dan keluarga adalah topik pas untuk Ayah dan Bunda yang ingin memaksimalkan peran orang tua untuk anak.

3. Apa saja contoh podcast yang bisa menjadi referensi?

Beberapa contoh podcast ini, bisa menjadi referensi pas untuk Anda dengarkan. 1. parenTALKING 2. Curhat Babu 3. Obrolan BABIBU 4. The Parentstory Podcast 5. The Story of UBI 6. SKWAD Parents 7. Mindful Parenting is a Messy World with Michelle Gale 8. The Mom Hour 9. What Fresh Hell 10. Bapak Rumah Tangga 11. We Know Parenting 12. Montessori Sehari-Hari 13. Parent Land 14. Mother and Baby Indonesia 15. DariTaDi Yu Ya Yuk 16. Kejar Paket Pintar 17. Rapot 18. Cerita Sama Mama 19. Joy Parenting

 

(Visited 201 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us