Bagikan Artikel Ini:

Menjadi seorang ibu rumah tangga, Anda tidak hanya dituntut agar bisa mengasuh anak tetapi juga mengerjakan hal sulit lainnya. Mulai dari membersihkan rumah, memasak hingga manajemen keuangan keluarga. Agar Anda bisa menjadi “menteri” keuangan yang baik, Anda membutuhkan aplikasi pengatur keuangan terbaik pula. Di jaman modern seperti sekarang ini, semua urusan bisa dipermudah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak terdapat aplikasi untuk smartphone yang bisa membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga Anda.

18 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Ibu Rumah Tangga

Dengan mengandalkan aplikasi pintar di HP Anda, Anda bisa mulai merencanakan banyak hal. Mulai dari jadwal harian anak, daftar belanja, mengatur tabungan, hingga mencari resep masakan. Untuk mempermudah Anda menemukan aplikasi apa saja yang berguna bagi ibu rumah tangga, artikel ini akan menjabarkan 18 aplikasi yang sangat wajib dimiliki oleh Anda yang mendedikasikan hidup Anda untuk keluarga. Berikut adalah daftarnya secara lengkap.

1.    Cozi

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan sebagai pengingat jadwal harian yang sudah Anda susun sebelumna. Fitur-fitur yang disematkan dalam aplikasi ini cukup lengkap dimana Anda bisa membuat jadwal harian yang bisa dishare dengan sesama anggota keluarga. Kemudian, Anda pun bisa membuat daftar belanja mulai dari belanja harian, sampai belanja bulanan. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mencatat aneka resep makanan yang Anda gemari. Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk menyimpan kenangan penting yang terjadi dalam hidup Anda. Bagusnya lagi, aplikasi ini bisa diakses baik melalui smartphone maupun PC.

2.    Money Lover

Aplikasi ini cocok sekali buat Anda yang merasa kesusahan untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah memberikan notifikasi sebagai pengingat bahwa Anda telah berbelanja dengan melewati batas budget yang sudah Anda tentukan. Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa memudahkan Anda untuk merencanakan anggaran belanja bulanan melalui fitur budget planner, menghubungkan dompet digital Anda serta membantu Anda dalam mengendalikan keuangan supaya tujuan finansial Anda bisa segera tercapai.

3.    Keuangan Keluargaku

Aplikasi ini tidak hanya bisa berfungsi untuk ibu rumah tangga saja, tetapi juga oleh suami Anda. Anda dan suami bisa menggunakan dan mengecek kondisi finansial keluarga Anda secara bersamaan dan real time. Dengan aplikasi manajemen finansial ini, Anda dan suami bisa memonitor laporan keuangan bulanan Anda. Selain itu, aplikasi ini mempermudah kegiatan Anda dalam mengevaluasi income dan expenditure Anda. Sehingga untuk bulan berikutnya, keuangan Anda lebih terkontrol.

4.    Parentstory

Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang sangat krusial bagi Anda yang membutuhkan berbagai macam tips mengenai parenting. Jika Anda mendownload dan menginstal aplikasi ini, maka Anda akan disajikan berbagai macam informasi seputar cara mengasuh anak yang baik. Tidak hanya itu, aplikasi ini menolong Anda untuk mendapatkan ide kegiatan apa yang cocok dilakukan oleh anak Anda supaya tidak bosan. Jika Anda memutuskan untuk melakukan homeschooling, informasi mengenai materi pelajaran pun juga sudah disediakan.

5.    Tabungan Ibu

Seperti namanya, Anda sudah bisa menebak kalau software ini adalah aplikasi untuk menabung. Jika Anda mengalami kesusahan untuk menyisihkan dan mengendalikan finansial keluarga Anda, Anda dapat dengan gampang memanfaatkan semua fitur yang telah disematkan. Aplikasi ini dipercaya oleh banyak ibu rumah tangga dalam membantu mereka mengatasi susahnya mengatur keuangan keluarga.

6.    Riliv

Tidak bisa dipungkiri menjadi seorang ibu rumah tangga terkadang bisa membuat Anda kelelahan secara fisik bahkan stress. Tidak jarang juga beberapa ibu rumah tangga yang mengalami masalah kesehatan mental.

Kesehatan mental akhir-akhir ini menjadi topik utama dalam beberapa diskusi karena pengaruhnya terhadap hidup seseorang sangat besar. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Mulai dari suami hingga anak-anak Anda bergantung kepada Anda, sehingga Anda perlu menjaga kesehatan mental Anda. Untuk Anda yang memerlukan bantuan untuk meringankan stress dan sebagainya, Anda bisa menggunakan aplikasi Riliv. Aplikasi ini menyediakan konseling dan tips-tips menarik untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

Dalam aplikasi ini, Anda bisa menceritakan semua masalah Anda kepada psikolog yang sudah memiliki lisensi. Selain itu, Anda juga bisa membaca pengalaman orang lain yang juga mengalami kesehatan mental dan bagaimana aplikasi ini membantu mereka untuk merasa lebih baik.

7.    Cookpad

Apakah Anda sedang berusaha menemukan aplikasi yang mengusung tema memasak? Cookpad adalah jawaban yang tepat. Aplikasi resep masakan ini sangat populer di seluruh dunia bahkan sudah tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Anggota dari aplikasi ini adalah koki rumahan yang suka berkreasi di dapur dan membagikan hasil masakannya di aplikasi ini. Kalau Anda kehabisan ide untuk memasak, Anda tinggal mengakses software ini lalu memilih menu apa yang ingin Anda sajikan. Perlu Anda ketahui, ada jutaan resep masakan rumah hingga menu restoran bintang lima juga ada disini. Jadi jangan takut apabila Anda bingung harus memasak apa.

8.    Finansialku

Aplikasi ini sangat populer di kalangan milenial untuk mengatur pendapatan, pengeluaran, menyiapkan investasi hingga membantu Anda merancang anggaran untuk mencapai tujuan finansial Anda. Dengan aplikasi ini, Anda juga dengan mudah bisa membeli berbagai macam instrumen investasi seperti reksa dana, saham dan sebagainya.

9.    Doofit

Anda ingin tetap bugar dan sehat, namun tidak punya waktu untuk pergi ke gym? Mau olahraga sendiri di rumah tapi takut tidak punya instruktur? Jangan khawatir, ada aplikasi olahraga yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda tetap sehat.
Aplikasi ini bernama Doofit yang bisa membimbing Anda dalam melakukan rutinitas berolahraga. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengambil berbagai macam kelas olahraga hanya dengan membayar Rp. 65.000 setiap bulannya.

Jenis-jenis kelas olahraga yang disediakan oleh aplikasi ini pun sangat beragam. Mulai dari kardio, peregangan, latihan kekuatan, yoga dan masih banyak lagi.

10.   Tokopedia

Salah satu aplikasi e-commerce terbaik di Indonesia ini memang tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Marketplace yang identik dengan warna hijau ini menyediakan platform jual-beli online yang sangat baik dan nyaman.

Anda bisa menjual dan membeli berbagai macam barang mulai dari elektronik, kebutuhan rumah tangga, kecantikan, berkebun, kebugaran dan masih banyak lagi. Selain itu, marketplace ini juga menyediakan fitur untuk pembayaran online seperti BPJS, air, listrik, pulsa, tiket kereta dan pesawat dan lain-lain.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan aplikasi ini, segera download dan jangan sampai ketinggalan promo-promo menarik setiap harinya.

11.   Catatan Keuangan

Aplikasi ini tidak hanya bertujuan untuk menolong Anda dalam mengendalikan finansial, tetapi juga memanajemen anggaran keluarga. Aplikasi ini bisa menolong Anda dalam pembuatan anggaran bulanan serta memilah pengeluaran mana saja yang berlebihan dan tidak penting. 

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah, saat Anda berbelanja melebihi batas maksimal anggaran, Anda akan langsung mendapatkan peringatan. Selain itu, peringatan akan datang sebagai reminder atas tagihan yang akan datang selanjutnya.  Selanjutnya, Anda bisa segera menyiapkan uang untuk melunasi tagihan tersebut.

12.   Wunderlist

Jika selama ini Anda selalu mencatat kegiatan rumah tangga Anda pada buku agenda atau kalender yang tergantung di dinding rumah Anda, sudah saatnya Anda mengganti metode Anda. Wunderlist adalah sebuah aplikasi catatan digital yang bisa Anda pakai untuk mencatat daftar pekerjaan rumah tangga Anda. Setiap kegiatan yang Anda akan diberikan jadwalnya berdasarkan jam. Jika sudah waktunya dikerjakan, alarm yang ada pada aplikasi ini akan berbunyi untuk mengingatkan Anda.

Salah satu keunikan dan kelebihan utama dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengkompilasikan semua kegiatan dari anggota keluarga. Kemudian, daftar ini bisa Anda share ke suami serta anak-anak Anda.

Aplikasi ini tentunya dapat meringankan tugas Anda dalam memonitor setiap kegiatan anak. Apakah ada pekerjaan yang belum diselesaikan atau sebaliknya, Anda bisa tetap memantaunya. 

13.   Flow

Semua perempuan termasuk ibu rumah tangga wajib sekali memiliki aplikasi ini di smartphone Anda. Aplikasi ini khusus dibuat untuk perempuan agar bisa mencatat siklus menstruasi dan masa subur.

Tidak hanya berfungsi sebagai kalender mens, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam artikel mengenai kesehatan reproduksi wanita, forum diskusi, perencanaan kehamilan hingga berbagai macam promosi dan potongan harga untuk produk-produk kewanitaan.

14.   Beautylish

Tidak hanya perempuan lajang, ibu rumah tangga pasti ingin tetap tampil cantik dan menarik. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mengupdate informasi seputar kecantikan seperti trend make up, perawatan wajah dan tubuh, hingga tips-tips kecantikan.

Anda juga bisa menonton dan menggali berbagai macam tutorial kecantikan yang bisa Anda tiru untuk membuat diri Anda tampil lebih cantik dan menawan.

15.   Photo Measure

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui ukuran suatu benda. Jika Anda hendak membeli furniture atau perabotan rumah tangga, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengukur rumah Anda sehingga Anda tidak salah ukuran dalam membeli barang.

Aplikasi ini sangat gampang dipakai dan sudah terintegrasi dengan kamera HP Anda. Setelah Anda membuka aplikasi ini, akan muncul fitur kamera yang bisa langsung diarahkan ke sudut ruangan yang ingin Anda isi dengan barang yang akan dibeli. Aplikasi ini cocok sekali bagi Anda yang gemar berkreasi dalam mendekor rumah Anda.

16.   Sayur Box

Aplikasi ini dapat dipakai oleh Anda yang mempunyai hobi berbelanja khususnya bahan masakan. Anda bisa memilih sendiri produk makanan yang Anda inginkan mulai dari daging, sayur hingga buah yang digaransi kesegaran dan kehalalannya. Ada lebih dari 2.000 produk sayuran dan buah segar yang bisa Anda beli dan akan diantarkan langsung hingga rumah Anda.

Selain itu, harga yang ditawarkan dalam aplikasi ini sangat terjangkau dan bersaing dengan harga produk-produk yang ada di pasaran. Hal yang paling mengagumkan dari aplikasi ini adalah semua produk yang Anda beli datang langsung dari petani lokal. Selain Anda bisa berbelanja tanpa keluar rumah, Anda juga turut serta dalam memberdayakan perekonomian petani lokal.

Demikianlah artikel mengenai 18 aplikasi yang harus dimiliki oleh ibu rumah tangga. Anda tidak perlu mendownload semua aplikasi ini, Anda hanya perlu memilih beberapa yang paling cocok buat Anda. Yang terpenting adalah, pastikan Anda mendownload dan menginstal aplikasi pengatur keuangan terbaik di HP Anda.

Baca juga : 13 Tips Untuk Mendorong Anak Memiliki Hubungan Baik dengan Saudara Kandung 

Aplikasi apa saja yang wajib dimiliki ibu rumah tangga ?

Cozi , Money Lover , Keuangan Keluargaku , Parentstory , Tabungan Ibu , Catatan Keuangan Harian , Cookpad , Finansialku , Sworkit , Dompet Manager , Tokopedia , Catatan Keuangan , Mint , Wunderlist , Hawa , Beautylish , Photo Measure, dan Yummly Recipes and Shopping List

Apa itu aplikasi Parentstory ?

Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang sangat krusial bagi Anda yang membutuhkan berbagai macam tips mengenai parenting. Jika Anda mendownload dan menginstal aplikasi ini, maka Anda akan disajikan berbagai macam informasi seputar cara mengasuh anak yang baik. Tidak hanya itu, aplikasi ini menolong Anda untuk mendapatkan ide kegiatan apa yang cocok dilakukan oleh anak Anda supaya tidak bosan. Jika Anda memutuskan untuk melakukan homeschooling, informasi mengenai materi pelajaran pun juga sudah disediakan.

Apa itu aplikasi Sworkit ?

Aplikasi bernama Sworkit yang bisa membimbing Anda dalam melakukan rutinitas berolahraga. Dengan aplikasi ini, Anda bisa bebas mengatur durasi Anda berolahraga. Paling sebentar adalah satu menit, sedangkan durasi paling lama adalah 90 menit. Jenis-jenis latihan yang disediakan oleh aplikasi ini pun sangat beragam. Mulai dari kardio, peregangan, latihan kekuatan, yoga dan masih banyak lagi. 10. Dompet Manager

(Visited 329 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us