Bagikan Artikel Ini:

Ada banyak cara untuk mengenalkan Islam kepada anak-anak, salah satu yang paling mudah adalah melalui lagu anak Islami. Di usia kanak-kanak anak akan lebih mudah mengingat dan memahami suatu hal melalui lantunan sebuah lagu.

Nadanya yang riang dan liriknya yang mudah dipahami membuat anak senang. Melalui lagu anak juga akan lebih mudah mengingat dan memahami mengenai Islam.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi lagu anak yang bertemakan Islam yang cocok untuk mengajari anak mengenai Islam.

 

1. Lagu Rukun Islam dan Rukun Iman

Rekomendasi pertama lagu anak-anak yang bernuansa Islami adalah lagu mengenai rukun Islam dan rukun iman. Melalui lagu ini Anda bisa mengenalkan anak mengenai pondasi dalam Islam.

Lagu rukun Islam untuk anak mengajarkan apa saja kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang muslim. Melalui lagu anak-anak akan lebih mudah memahami bahwa seorang muslim wajib untuk bersyahadat, sholat, puasa, zakat, dan pergi haji.

Sedangkan lagu mengenai rukun iman mengajarkan anak mengenai siapa saja yang harus mereka imani. Mengajarkan anak mengenai rukun iman memang tidak mudah jika dilakukan secara langsung. Namun jika Anda mengajarkannya melalui lagu maka anak-anak kan lebih cepat memahaminya.

Lagu tentang rukun Islam dan rukun iman ini ada banyak versi. Anda bisa memilih salah satunya untuk didengarkan pada anak-anak.

 

2. Lagu Tentang Kitab Allah

Lagu anak-anak yang bertemakan Islami lainnya adalah lagu mengenai kitab Allah. Mengajarkan anak mengenai kitab Allah memang cukup sulit jika anak langsung disuruh menghafalnya. Anda bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama mengenai lagu ini.

Berikut ini lirik lagu anak Islami yang bertemakan kitab Allah:

Kitab Allah 4 jumlahnya

Taurat, Zabur, Injil, al-quran

Taurat Nabi Musa

Zabur Nab Daud

Injil Nabi Isa

Alquran Nabi Muhammad

Lirik ini sangat mudah bukan untuk dihafalkan? Anda bisa menyanyikan lirik tersebut dengan nada lagu menanam jagung. Ulangi berkali-kali lagu ini dan ajak anak untuk bernyanyi agar anak hafal dan paham.

 

3. Lagu Mari Sembahyang

sembahyang

Mengajari anak untuk sembahyang atau sholat memang tidaklah mudah apalagi jika mereka sedang asyik bermain. Untuk mengajarkannya Anda bisa mengajak anak untuk menyanyikan lagu mari sembahyang berikut ini:

Sayang-sayang anakku sayang

Mari kita sembahyang

Sayang-sayang anakku sayang

Mari kita sembahyang

Satu hari lima kali

Sujud pada ilahi robbi

Satu hari lika kali

Sujud pada ilahi

Lagu diatas bisa kamu lantunkan dengan nada naik-naik ke puncak gunung. Dengan nyanyian ini tentu anak-anak akan lebih bersemangat untuk sembahyang bukan?

 

4. Lagu Mengenal Huruf Hijaiyah

Langkah awal untuk mengajari anak membaca alquran adalah mengenalkan dengan huruf hijaiyah. Mengenalkan anak pada huruf hijaiyah melalui lagu akan lebih mudah dan tentu lebih cepat untuk dihafalkan oleh anak-anak.

Lagu mengenal huruf hijaiyah merupakan salah satu lagu yang cukup terkenal di kalangan anak-anak. Melodinya yang riang membuat anak-anak menyukainya dan membuatnya cepat hafal.

Ada banyak versi lagu huruf hijaiyah ini, salah satu yang terkenal adalah lagu Alif Ba Ta versi kartun Upin Ipin. Versi lagu huruf hijaiyah juga cukup banyak dan mudah untuk ditemukan.

 

5. Lagu Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan nama-nama baik Allah yang harus Anda kenalkan kepada anak sejak dini. Jumlah asmaul husna yang ada 99 akan cukup sulit dihafalkan oleh anak jika tanpa menggunakan lagu. Adanya lagu asmaul husna ini tentunya akan memudahkan anak dalam menghafalkannya.

Tidak hanya namanya saja, Anda juga bisa mengajarkan arti dari setiap nama tersebut kepada anak melalui lagu. Ada banyak versi lagu asmaul husna beserta dengan artinya. Anda bisa memilih salah satunya untuk dinyanyikan bersama dengan anak.

 

6. Lagu Tentang 25 Nabi

Mengenalkan anak tentang 25 nabi dalam Islam yang wajib diketahui akan lebih menyenangkan jika melalui lagu. Lagu 25 nabi ini mempunyai melodi yang menyenangkan dan bisa cepat dihafalkan oleh anak-anak.

Anda akan lebih mudah mengenalkan nabi dan rasul melalui lagu ini. Sambil menyanyikan bersama lagu 25 nabi Anda bisa menceritakan salah satu kisah nabi. Anak pasti akan lebih senang dan bisa cepat hafal nabi-nabi melalui lagu ini.

Cerita mengenai nabi-nabi ini juga mempunyai banyak hikmah yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak.

 

7. Lagu Tentang 10 Malaikat

Rekomendasi lagu anak bernuansa Islam yang selanjutnya adalah lagu tentang 10 Malaikat. Allah memang mempunyai banyak malaikat sampai ribuan, namun yang wajib diketahui nama dan tugasnya hanya 10 saja.

 

8. Lagu Anak Islami “Aku Mau Ke Mekkah”

Lagu anak Islami mp3 lainnya yang bisa Anda ajarkan ke anak-anak adalah lagu Aku Mau ke Mekkah. Isi lagu ini mengenai ibadah haji secara sederhana dan mengajarkan anak tentang cinta kepada Allah. Lirik lagu ini yaitu:

Aku mau ke Mekkah

Berkeliling-keliling Ka’bah

Sambil baca talbiyah

Dan wukuf di Arafah

Lalu melempar jumrah

Ula wustho Aqobah

Sai sai dari Safa Ke Marwa

Allah Maha Penyayang

Sayangnya Tak Terbilang

Allah Maha Pengasih

Tak pernah pilih kasih

Allah yang Maha Tau

Tanpa diberitahu

Allah Allah La ilaha illallah

Anda bisa menyanyikan lirik lagu di atas dengan menggunakan lagu anak-anak yang berjudul becak. Melodinya yang ceria akan membuat anak senang untuk menyanyikannya.

 

9. Lagu Tentang Keluarga Nabi Muhammad SAW

Mengenalkan Nabi Muhammad SAW dan silsilah serta ceritanya kepada anak melalui cerita biasa mungkin agak sulit. Anda bisa menggunakan lagu tentang keluarga nabi Muhammad untuk mengenalkannya kepada anak.

Lagu ini memang terdengar sederhana, namun melalui lagu ini anak akan tahu siapa ayah, ibu, kakek, dan keluarga dari Nabi Muhammad. Melalui lagu ini diharapkan anak-anak akan lebih mencintai Nabi Muhammad.

 

10. Lagu Makan Jangan Asal Makan Nussa Rara

Salah satu rekomendasi lagu anak Islami adalah lagu makan jangan asal makan yang dinyanyikan oleh Nussa dan Rara. Lagu anak Islami nussa dan rara ini mengenalkan anak bagaimana adab makan yang benar.

Lirik dalam lagu ini sederhana dan sangat mudah untuk dipahami oleh anak-anak. Anda bisa menggunakan lagu ini untuk mengajarkan anak bagaimana makan yang benar sesuai dengan ajaran Islam.

Di dalam lagu ini juga menyebutkan bahwa setiap makanan yang dimakan mengandung keberkahan.

 

11. Lagu Adab Minta Izin

Tidak hanya adab tentang makan saja, Nussa dan Rara mempunyai lagu anak Islami mengenai adab minta izin. Dalam lagu ini Nussa dan Rara bernyanyi mengenai minta izin jika meminjam sesuatu.

Lagu dengan melodi yang riang dan lirik yang mudah dihafal membuat anak-anak menyukainya. Melalui lagu ini Anda bisa bisa mendengarkan dan mengajarkan anak mengenai adab meminta izin jika ingin meminjam barang.

 

12. Lagu Jalan Masuk Surga

prayer

Mengajarkan anak bagaimana jalan untuk masuk surga lebih mudah ika melalui lagu bukan? Anda bisa mengajak anak menyanyikan lirik lagu berikut ini untuk mengajarinya bagaimana bisa masuk surga:

Satu-satu aku cinta Allah

Dua-dua cinta Rasulullah

Tiga-tiga cinta Ibu Bapak

Satu dua tiga jalan masuk surga

Gunakan nada lagu anak satu-satu untuk menyanyikan lirik lagu di atas. Melalui lagu ini anak diajarkan bahwa jika ingin masuk surga harus cinta kepada Allah, Rasul, dan Ibu Bapak.

 

13. Lagu Allah Itu Tuhanku

Mengenalkan anak kepada Allah tidaklah sulit, Anda bisa menyanyikan lagu Allah Itu Tuhanku. Lagu ini mengajarkan kepada anak bahwa Tuhannya adalah Allah. Tidak hanya itu, lirik lagu ini juga mengenalkan anak kepada Nabi Muhammad dan Islam.

Berikut ini adalah lirik lagu anak Allah Itu Tuhanku

Allah itu Tuhanku

Muhammad nabiku

Alquran kitabku

Islam agamaku

Jihad perjuanganku

Syahid cita-citaku

Islam Islam ku cinta padamu

Islam I love you

Allah Maha Pengasih dan Tidak Pilih Kasih

Allah Maha Penyayang sayangnya tak ternilai

Allah yang Maha Tahu Tanpa diberitahu

Allah Allah La ilaha illallah

Nyanyikan lirik lagu di atas dengan menggunakan melodi lagu Becak. Anda bisa bernyanyi bersama anak lagu ini untuk mengenalkan dan menanamkan iman Islam kepadanya. Lagunya yang sederhana membuat anak menyukainya dan cepat menghafalkannya.

 

14. Lagu Anak Islami Doa Orang Tua

Mengajarkan anak untuk mendoakan orang tuanya akan lebih mudah jika melalui lagu. Anak akan lebih cepat hafal doa orang tua jika dilagukan, apalagi jika lagunya mempunyai nada yang riang.

Lagu anak Islami tentang doa orang tua menjadi salah satu lagu yang direkomendasikan dari kami untuk didengarkan dan dinyanyikan bersama di rumah. Melodi lagu ini sangat mudah untuk dihafalkan dan ditirukan.

 

15. Lagu Berkata Baik atau Diam

Rekomendasi lagu anak-anak bernuansa Islami yang terakhir adalah lagu Berkata Baik atau Diam yang dinyanyikan oleh Rara dan Nussa. Lagu ini merupakan lagu yang memberikan pelajaran kepada anak untuk tidak boleh berkata kasar kepada orang lain.

Melalui lagu ini Anda bisa mengajarkan kepada anak untuk tidak marah-marah atau berkata kasar kepada orang tua. Dalam lagu ini juga menjelaskan lebih baik diam dari pada berkata tapi menyakitkan.

Rekomendasi lagu-lagu ini bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk mengajari anak mengenai Islam. Anda bisa memperdengarkan lagu-lagu ini ketika anak akan tidur maupun di waktu ketika dia bermain.

Lagu-lagu anak Islami ini juga yang kami gunakan untuk membantu murid memahami tentang Islam. Murid-murid lebih cepat paham dengan mendengarkan lagu-lagu ini.

Baca juga : Dongeng Anak Islami Sebelum Tidur

Bagaimana cara mengenalkan islam kepada anak?

Ada banyak cara untuk mengenalkan Islam kepada anak-anak, salah satu yang paling mudah adalah melalui lagu anak Islami. Di usia kanak-kanak anak akan lebih mudah mengingat dan memahami suatu hal melalui lantunan sebuah lagu.

Apa saja rekomendasi lagu anak agar bisa mengenal tentang islam?

1. Lagu Rukun Islam dan Rukun Iman 2. Lagu Tentang Kitab Allah 3. Lagu Mari Sembahyang 4. Lagu Mengenal Huruf Hijaiyah 5. Lagu Asmaul Husna 6. Lagu Tentang 25 Nabi 7. Lagu Tentang 10 Malaikat 8. Lagu Anak Islami “Aku Mau Ke Mekkah” 9. Lagu Tentang Keluarga Nabi Muhammad SAW 10. Lagu Makan Jangan Asal Makan Nussa Rara 11. Lagu Adab Minta Izin 12. Lagu Jalan Masuk Surga 13. Lagu Allah Itu Tuhanku 14. Lagu Anak Islami Doa Orang Tua 15. Lagu Berkata Baik atau Diam

Apa hikmah dari lagu mari sembahyang?

Mengajari anak untuk sembahyang atau sholat memang tidaklah mudah apalagi jika mereka sedang asyik bermain. Untuk mengajarkannya Anda bisa mengajak anak untuk menyanyikan lagu mari sembahyang

(Visited 254 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us