Bagikan Artikel Ini:

Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan anak adalah dengan membacakan dongeng anak sebelum tidur. Rutinitas membacakan cerita atau dongeng pada anak bisa membuat hubungan emosi anak dan orang tua semakin erat.

Tidak hanya itu, membacakan dongeng sebelum tidur bisa membuat anak menjadi lebih nyenyak tidurnya. Mendongeng sebelum tidur juga bisa meningkatkan keterampilan logika anak. Hal ini disampaikan oleh G. Reid Lyon Ph.D yang merupakan kepala perkembangan dan perilaku anak dari Institut Kesehatan anak di Bethesda,MD Amerika Serikat.

Tentu saja dongeng yang diceritakan kepada anak sebelum tidur haruslah dongeng yang mengandung hikmah atau pelajaran. Salah satu jenis dongeng yang disarankan adalah dongeng islam untuk anak. Melalui dongeng islami secara tidak langsung Anda sudah memberikan pendidikan moral islami.

Khusus untuk Anda kami akan merekomendasikan beberapa cerita islami yang cocok untuk anak-anak.

 

1. Tukang Semir Berderajat Haji

Salah satu rekomendasi cerita berhikmah islami untuk anak berjudul tukang semir berderajat haji. Cerita lengkap mengenai tukangs emir ini bisa Anda simak berikut ini. Di sebuah kota tinggallah seorang laki-laki miskin bernama Abdullah. Dia mempunyai istri dan 2 orang anak yang masih kecil. Pekerjaan dia sehari-hari adalah semir sepatu keliling.

Setiap hari Abdullah bekerja menyemir sepatu di kotanya. Dia selalu meniatkan pekerjaannya untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal. Salah satu impiannya adalah bisa berangkat haji. Siang malam dia bekerja dengan penuh semangat dan keikhlasan. Sedikit demi sedikit uang yang dia dapatkan ditabung untuk berangkat haji.

Tiba waktunya uang yang dikumpulkannya sudah cukup untuk pergi ke Mekah. Namun tiba-tiba tetangga sebelah rumahnya mengalami musibah dan meminta pertolongannya.

Tanpa ragu dia langsung menolong tetangganya itu dan menunda untuk pergi haji. Dia berpikir tetangganya lebih membutuhkan dan dia masih bisa mengumpulkan uang kembali. Di tempat lain ada seorang saudagar kaya yang berangkat haji. Selama di Mekah dia bermimpi bertemu dengan Rasulullah. Dalam mimpinya dia bertanya siapakah haji yang mabrur. Rasulullah menjawab Abdullah tukang semirlah yang menjadi haji mabrur.

Saudagar itu bingung, siapa Abdullah kenapa dia bisa menjadi haji yang mabrur. Karena penasaran sang saudagar ini mencari Abdullah. Singkat cerita dia bertemu Abdullah dan menanyakan amal apa yang bisa membuatnya menjadi haji mabrur. Abdullah terkejut, dia belum merasa pernah pergi haji tapi sudah mendapat derajat haji mabrur. Sang saudagar menceritakan mimpinya dan Abdullah pun bercerita kenapa dia gagal pergi haji.

Dari cerita ini bisa diambil hikmah apapun yang dikerjakan dengan ikhlas maka akan mendapatkan pahala yang besar.

 

2. Harta Pusaka yang Terpendam

gandum

Ada lagi dongeng anak islam lainnya yang bisa Anda ceritakan pada anak sebelum tidur. Dongeng ini berjudul “Harta Pusaka yang Terpendam” Di sebuah desa hiduplah seorang petani dengan 5 anak. Petani tersebut sangat rajin bekerja dan beribadah sedangkan kelima anaknya tidak satupun yang menuruni sifatnya. Mereka hanya bermalas-malasan mengandalkan ayahnya.

Suatu hari petani tersebut berpikir, tubuhnya yang semakin tua membuatnya tidak bisa segesit waktu muda. Dia memikirkan nasib anaknya jika suatu saat nanti dia sudah tidak bisa bekerja. Pada suatu hari sang petani mengumpulkan semua anaknya. Dia mengatakan jika di ladangnya terdapat harta yang terpendam dan siapa yang menemukannya hidupnya akan sejah tera.

Mendengar perkataan sang ayah, anak-anak petani ini langsung giat dan berlomba-lomba mencari. Mereka bahu membahu mencari harta yang dimaksud sang ayah. Hampir di setiap sudut ladang sudah mereka cari tapi tidak membuahkan hasil.

Sang anak sulung berinisiatif untuk menanam gandum di ladang tersebut. Alhasil gandum tumbuh subur dan hasil panen pun melimpah. Kelima saudara tersebut memutuskan untuk menanam gandum kembali dan hasilnya pun lebih banyak. Setelah merenung mereka sadar yang dimaksud harta terpendam oleh ayahnya adalah ladang ini. Jika mau berusaha pasti harta terpendam tersebut akan didapatkan.

 

3. Persahabatan Karena Allah

Sebelum tidur Anda juga bisa membacakan dongeng islami dengan tema persahabatan. Dongen ini cocok dibacakan untuk anak usia TK yang sudah mulai aktif bermain dengan temannya. Berikut ini dongeng lengkap yang berjudul “Persahabatan Karena Allah”

Alkisah ada seorang pria yang bernama Husain, dia mempunyai sahabat dekat yang bernama Ali. Mereka bersahabat sejak kecil hingga dewasa Ali memutuskan untuk merantau. Kota Husain dan Ali sangat jauh jaraknya. Untuk sampai ke kotanya Ali, Husain harus melewati hutan, padang pasir, dan pegunungan.

Suatu hari Husain memutuskan untuk mengunjungi Ali. Sudah bertahun-tahun lamanya dia tidak bertemu dengan sahabatnya itu. Dalam perjalanan menuju kota Ali, Husain bertemu dengan seorang laki-laki. Dia bertanya kepada Husain hendak kemana. Husain menjawab dia ingin mengunjungi sahabatnya Ali yang ada di kota seberang.

Laki-laki tersebut bertanya kepada Husain, “Apakah kamu mengunjungi sahabatmu karena ingin menagih hutang?” Husain menjawab, “ Tidak, saya mengunjunginya karena saya menyayanginya.” Sang laki-laki tersenyum dan berkata “Aku adalah malaikat Jibril yang ditugaskan Allah untuk melindungi perjalananmu karena keikhlasanmu menyayangi sahabatmu.”

Dari dongeng ini Anda bisa mengajarkan pada anak mengenai persahabatan. Dalam berteman harus dilakukan dengan ikhlas agar dilindungi dan diridhoi oleh Allah.

 

4. Qorun dan Nabi Musa

Cerita anak dengan nuansa islami yang selanjutnya adala kisah Qorun dan Nabi Musa.

Alkisah hiduplah seorang saudagar yang kaya raya bernama Qorun. Dia hidup pada zaman Nabi Musa. Qorun yang kaya raya terkenal pelit dan dia tidak mau membayar zakat. Setiap kali Nabi Musa mengingatkannya dia pasti membantah dan tidak mau membayar zakat. Dia beranggapan harta yang didapatkannya adalah hasil kerja kerasnya. Jika orang lain ingin mendapatkan harta banyak sepertinya maka harus bekerja keras.

Berkali-kali Nabi Musa mengajak Qorun untuk berzakat dan bersedekah tapi dia selalu menolak. Bahkan dia menghina dan memfitnah Nabi Musa. Pada suatu hari Allah memberikan azab kepada Qorun dengan meruntuhkan semua rumah beserta hartanya. Qorun pun terpendam dalam tanah.

Dari kisah ini Anda bisa mengajarkan kepada anak untuk tidak kikir atau pelit. Sedekah dan zakat tidak akan mengurangi harta melainkan harta akan semakin bertambah.

 

5. Kebaikan Berbuah Mutiara

treasure

Dongeng anak lainnya dengan nuansa islami yang bisa Anda bacakan sebelum tidur adalah Kebaikan Berbuah Mutiara. Berikut ini dongeng lengkapnya:

Di sebuah desa tinggallah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan 3 anak. Sang ibu sudah lama meninggal karena sakit dan sekarang sang ayah pun sedang sakit keras. Dua dari anak ini sudah hidup mapan bersama dengan keluarga masing-masing. Sedangkan satu anak yang bernama Fahrun hidupnya masih kekurangan.

Ketika ayahnya sakit keras hanya Fahrun dan isterinyalah yang merawat sang ayah. Kedua saudaranya tidak ada yang mau merawat ayahnya yang sedang sakit ini. Suatu hari sang ayah meninggal dunia. Karena dua saudara lainnya serakah semua harta warisan ayahnya hanya dibagi dua saja dan Fahrun hanya mendapat sedikit saja.

Fahrun yang berhati ikhlas menerima semua perlakuan dari saudaranya ini. Sampai pada suatu hari Fahrun bermimpi bertemu dengan sang ayah. Ayahnya memerintahkan untuk menggali tanah di bawah pohon yang ada di belakang rumahnya.

Keesokan harinya Fahrun pun menggali tanah tersebut. Betapa terkejutnya Fahrun ketika dia mendapati satu peti berlian. Karena Fahrun orangnya sederhana, dia hanya mengambil 1 buah berlian saja lalu menjualnya ke pasar. Uang yang didapatkannya ia belikan 2 ekor ikan segar untuk dia dan isterinya makan. Betapa terkejutnya Fahrun ketika membersihkan ikan di rumah, perut ikan 2 ikan tersebut penuh dengan berlian.

 

6. Kisah Nabi Ibrahim yang Dibakar Api

Kisah nabi bisa menjadi dongen anak sebelum tidur yang sangat menginspirasi. Dari kisah-kisah rasul dan nabi anak bisa belajar banyak hal. Salah satu kisah nabi yang bisa Anda bacakan adalah Kisah Nabi Ibrahim yang Tidak Mempan Dibakar Api. Bagaimana kisah lengkap mengenai Nabi Ibrahim ini? Berikut ini kisahnya.

Nabi Ibrahim hidup di zaman Raja Namrud yang menyembah berhala. Ayah Nabi Ibrahim adalah pembuat berhala yang sangat terkenal dan dikagumi oleh raja. Nabi Ibrahim tidak pernah putus asa mengajak ayahnya untuk bertauhid walaupun sangat sulit. Pada suatu hari ketika semua orang di kerajaan pergi berburu, Nabi Ibrahim diam-diam memenggal seluruh berhala yang ada di dalam kerajaan. Dia menyisakan satu berhala paling besar dan menggantungkan kapak di lehernya.

Ketika semua orang kembali dan melihat semua berhalanya sudah hancur, Raja Namrud sangat murka. Dia memerintahkan pasukannya menangkap Nabi Ibrahim karena hanya dia yang tidak ikut berburu. Sang Raja tidak mau mendengarkan penjelasan Ibrahim dan Nabi Ibrahim diberi hukuman dibakar hidup-hidup. Nabi Ibrahim hanya pasrah dan menyerahkan semuanya kepada Allah. Tidak ada yang menyangka setelah api padam Nabi Ibrahim masih hidup dan keluar dari api dengan selamat. Sejak peristiwa itu Raja Namrud dan seluruh warga kerajaan meyakini agama yang dibawa oleh Nabi Ibrahim.

 

7. Serigala dan Keledai

Untuk menambah keceriaan anak sebelum tidur Anda juga bisa membacakan dongeng anak sebelum tidur yang lucu. Salah satu dongeng yang lucu untuk anak-anak adalah kisah tentang serigala dan keledai. Berikut adalah kisah lengkapnya.

Ada seekor keledai, dia adalah milik seorang petani. Setiap hari keledai itu menarik gerobak sang petani dari pagi dan sore hari. Ketika waktu malam tiba keledai dilepaskannya begitu saja. Pada suatu malam keledai bertemu dengan seekor serigala. Serigala memberitahu keledai jika ada tempat yang banyak sayuran segarnya. Mereka pun menuju tempat tersebut.

Keledai sangat senang dan memakan semua sayur yang ada di tempat itu sampai kekenyangan. Setelah kekenyangan sang keledai melihat bulan dan dia ingin menyanyi. “Serigala, bulan itu sangat indah bolehkah aku bernyanyi?” kata keledai.

Serigala melarang keledai tapi dia keras kepala dan tetap menyanyi dengan kencang. Karena serigala tahu pemilik kebun akan marah maka dia pergi bersembunyi. Tinggallah keledai sendirian dan tertangkap oleh pemilik kebun. Keledai dihajar oleh sang pemilik kebun karena sudah memakan sayuran dan merusak kebunnya. Dia kembali ke rumah petani dengan muka yang lebam. Serigala yang melihatnya hanya tertawa karena keledai tidak mau mendengarkan nasehatnya.

Dari 7 dongeng anak ini Anda bisa membacakannya secara bergantian setiap harinya. Membacakan cerita yang berbeda membuat anak tidak akan mudah bosan dan menantikan dongeng-dongeng selanjutnya.

Dongeng anak sebelum tidur ini bisa dibacakan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Dengan membacakan cerita sebelum tidur imajinasi anak bisa semakin berkembang dan meningkatkan perkembangan logikanya. Jangan lupa untuk meluangkan sejenak mendongeng bersama anak sebelum tidur ya.

Baca juga : Arti Penting Anak Bagi Orang Tua Dalam Islam

Apa saja 7 rekomendasi dongeng anak islami?

1. Tukang Semir Berderajat Haji 2. Harta Pusaka yang Terpendam 3. Persahabatan Karena Allah 4. Qorun dan Nabi Musa 5. Kebaikan Berbuah Mutiara 6. Kisah Nabi Ibrahim yang Dibakar Api 7. Serigala dan Keledai

Bagaimana cara mendekati diri dengan anak?

Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan anak adalah dengan membacakan dongeng anak sebelum tidur. Rutinitas membacakan cerita atau dongeng pada anak bisa membuat hubungan emosi anak dan orang tua semakin erat.

Apa manfaat dari membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur?

membacakan dongeng sebelum tidur bisa membuat anak menjadi lebih nyenyak tidurnya. Mendongeng sebelum tidur juga bisa meningkatkan keterampilan logika anak. Hal ini disampaikan oleh G. Reid Lyon Ph.D yang merupakan kepala perkembangan dan perilaku anak dari Institut Kesehatan anak di Bethesda,MD Amerika Serikat. Tentu saja dongeng yang diceritakan kepada anak sebelum tidur haruslah dongeng yang mengandung hikmah atau pelajaran.

(Visited 50 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us