Bagikan Artikel Ini:

Bagi orang dewasa pun, sariawan merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Namun seperti Anda tahu, penyakit ini bisa saja menimpa anak-anak. Meski banyak obat dapat dengan mudah menyembuhkannya, tapi ingat, masih sedikit obat sariawan khusus untuk anak.

Sariawan yang terjadi pada anak sudah pasti membuatnya merasa tidak nyaman dalam membuka mulut. Tak jarang, sariawan akan berpengaruh pada nafsu makannya. Karena masih jarangnya obat-obatan kimia yang aman untuk Anak, alternatif lain yang tak kalah ampuh yaitu dengan bahan obat alami.

Berbagai Penyebab Sariawan yang Terjadi pada Anak

obat sariawan anak - 15 Obat Sariawan Anak yang Terbuat dari Bahan Alami - prestasi global

Stomatitis aphtosa, atau yang biasa Anda kenal sebagai sariawan merupakan luka kecil yang dapat terjadi pada bagian mulut. Mulai dari bibir, gusi, sisi dalam pipi, langit-langit mulut, atau bahkan lidah. Luka yang terjadi pada mulut ini umumnya akan sangat menjengkelkan karena meninggalkan rasa nyeri.

Selain pada orang dewasa, anak-anak juga umum dan rentan terkena luka yang satu ini. Umumnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan sariawan pada anak, seperti berikut ini.

  • Sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun
  • Infeksi oleh bakteri maupun virus setelah bagian pada mulut yang sebelumnya tergigit
  • Kesehatan mulut dan gigi kurang baik
  • Kekurangan gizi tertentu juga bisa menjadi penyebabnya, seperti kekurangan zat besi, vitamin B12 dan masih banyak lagi
  • Alergi terhadap makanan atau minuman, sehingga Anda perlu memperhatikan Anak ketika makan untuk mengenali hal apa yang menyebabkan alergi
  • Sariawan dapat disebabkan sebagai akibat dari efek samping suatu obat

 

Obat Sariawan yang Terbuat dari Bahan Alami

Nah, berikut beberapa obat sariawan berbahan alami yang bisa Anda berikan pada anak-anak.

1. Minum Air Mineral Lebih Teratur

obat sariawan anak - 15 Obat Sariawan Anak yang Terbuat dari Bahan Alami - prestasi global

Air putih yang mengandung mineral tinggi memiliki berbagai khasiat atau manfaat dan kegunaan yang baik bagi kesehatan tubuh. Pun begitu dalam mengobati berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat sariawan alami untuk anak.

Menurut situs resmi halodoc.com, kurang minum air putih ternyata berpotensi menyebabkan munculnya sariawan. Hal ini disebabkan ketika Anak kekurangan minum air mineral, bibir dan mulutnya akan menjadi lebih kering, sehingga memudahkan timbulnya infeksi dan iritasi. Meskipun tidak secara langsung dalam mengobati, minum banyak air tetap dianjurkan ketika terjadi sariawan. Atau setidaknya sesuaikan dengan kebutuhan harian air putihnya.

2. Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis efektif dijadikan sebagai obat sariawan alami, terutama untuk anak. Kenapa kayu manis dapat dijadikan obat sariawan anak? Jawabannya terletak pada berbagai kandungan manfaat yang ada di dalam kayu manis itu sendiri. Kayu manis memiliki kandungan anti parasit dan anti jamur seperti ditulis berdasarkan sumber liputan6. Cara menyajikannya yaitu dengan merebusnya dan merendam kayu manis di satu setengah cangkir. Rendamnya selama lima menit. Hasil rendamannya angan diminum, tapi digunakan untuk berkumur.

3. Menggunakan Yoghurt

Yoghurt dikenali sebagai salah satu bahan yang bisa dijadikan sebagai pencegah dan mengatasi sariawan pada anak. Caranya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi yang mengkonsumsinya. Perlu Anda ketahui, yoghurt mengandung probiotik alami yang sangat berguna. Kandungan Probiotik pada yoghurt ini memiliki kegunaan dalam pencegahan pertumbuhan jamur. Selain itu, kandungan ini sangat bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu baik, sehingga berbagai penyakit sukar masuk ke dalam tubuh.

4. Sembuhkan Sariawan dengan Kunyit

Kunyit, salah satu bumbu dapur ini ternyata juga dapat dijadikan obat sejuta penyakit, lho. Salah satunya dipakai untuk obat sariawan alami karena berbagai alasan. Seperti sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan antiseptik yang baik untuk menyembuhkan luka.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat mempercepat penyembuhan sariawan adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Kemudian, hasil kunyit yang dihaluskan tersebut diaduk dengan sedikit air hangat sampai menjadi pasta. Barulah pasta kunyit itu dioleskan pada bagian luka sariawan.

5. Percepat Penyembuhan dengan Baking Soda

Apakah Anda suka membuat kue bersama anak? Pasti, baking soda selalu Anda jadikan sebagai salah satu bahan wajib dalam pembuatan kue. Namun, tahukah Anda jika baking soda ternyata dapat digunakan sebagai alat untuk menyembuhkan sariawan? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, para peneliti melihat keefektifan natrium bikarbonat sebagai sebuah desinfektan Candida Albicans. Terlebih lagi yang melekat di resin akrilik. Anda dapat mencobanya dengan mencampur setengah sendok baking soda ke dalam segelas air dan dikumurkan ke mulut.

6. Minyak Kelapa Bisa Percepat Penyembuhan Sariawan

Minyak kelapa asli dan murni ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk mempercepat pemulihan luka sariawan. Minyak kelapa memiliki kandungan laurat yang berguna untuk merusak patogen bakteri. Apalagi jika sariawan itu disebabkan oleh daya imun yang turun, minyak kelapa bisa mengatasinya. Untuk mengatasi sariawan itu sendiri, Anda dapat mengoleskannya perlahan pada daerah yang timbul luka sariawan, lalu diamkan. Setelah dirasa cukup, anak dapat berkumur menggunakan air hangat. Lakukan pengolesan secara rutin.

7. Kantong Teh Juga Bisa Meredakan Efek Sariawan

Apakah Anda suka teh celup? ketika sudah selesai minum, Anda kemanakan kantong tehnya? Apakah dibuang? Sebaiknya jangan dulu. Kantong teh celup ternyata dapat digunakan sebagai pengobat sariawan. Kantong black tea celup yang masih basah dapat digunakan untuk bantu redakan sakit akibat peradangan sariawan. Obat Sariawan alami yang satu ini dikenal punya kandungan tanin yang cukup tinggi. Selain kantong celup black tea, Anda juga dapat menggunakan kantong teh chamomile celup karena kandungan anti radang yang bagus untuk pemulihannya.

8. Madu

obat sariawan anak - 15 Obat Sariawan Anak yang Terbuat dari Bahan Alami - prestasi global

Selain rasanya yang manis, madu juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil. Namun siapa sangka, jika madu ternyata dapat digunakan untuk sariawan.

Ternyata madu memiliki kandungan dan sifat pencegah radang dan anti bakteri sebagaimana yang dikutip dari Prevention. Sehingga, tidak mengherankan apabila madu dapat membantu meredakan rasa sakit serta mempercepat proses pemulihan sariawan yang menjengkelkan itu. Namun perlu Anda tahu, madu kurang aman untuk anak dibawah usia satu tahun. Jadi, jika Anak yang mengalami sariawan usianya masih di bawah satu tahun, gunakan alternatif lain.

9. Tanaman Serba Guna Lidah Buaya

Siapa sih yang tidak mengenal tanaman serbaguna yang satu ini? Namun, tahukah Anda?

Selain digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit, ternyata lidah buaya juga digunakan menjadi obat penyembuhan sariawan. Saat Anda mengoleskan pada bagian luka sariawan anak, lidah buaya memberikan efek mendinginkan. Cara pengaplikasiannya pun juga cukup mudah. Mula-mula, ambil satu lembar lidah buaya, cuci sampai bersih dan potong-potong. Kemudian, potongan daging lidah buaya tersebut dioleskan secara perlahan pada bagian sariawan. Diamkan selama beberapa saat. Setelah dirasa cukup, kumur dengan air, lakukan hal ini dua atau tiga kali sehari

10. Percepat penyembuhan dengan Air Garam

Anda mungkin sudah tahu jika air garam sebagai salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk penyembuhan sariawan. Pun begitu pada anak. Ketika anak masih belum diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia, air garam dapat dijadikan salah satu solusi alternatifnya.

Cara membuatnya juga mudah. Mula-mula, Anda campurkan setengah sendok teh garam dapur ke segelas air hangat. Larutan garam tersebut nantinya digunakan untuk berkumur selama dua kali sehari. Larutan garam dibiarkan dalam mulut selama dua sampai tiga menit untuk hasil yangbaik.

Pilihan Obat Kimia yang Aman untuk Anak

Selain beberapa obat alami yang dapat digunakan, tentu saja ada beberapa obat kimia yang aman untuk digunakan pada anak, meskipun jumlahnya masih terbatas. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Antiseptik

Terdapat beberapa obat antiseptik yang tersedia di apotik maupun tempat kesehatan lainnya. Salah satunya chlorhexidine gluconate yang aman dipakai pengobatan sariawan pada anak. Umumnya, dokter merekomendasikan obat antiseptik ini untuk pencegahan pertumbuhan bakteri serta meredakan kemerahan dan pembengkakan pada sariawan.

2. Obat Pereda Nyeri

Obat pereda rasa nyeri yang aman dipakai terutama oleh anak adalah paracetamol dan ibuprofen. Kedua jenis obat tersebut umumnya mudah ditemukan di beberapa tempat, bahkan di warung-warung sekalipun. Namun, ada baiknya jika Anda tetap meminta pendapat dan rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Selain kedua obat yang umum dan tidak asing tersebut, masih ada beberapa obat kimia lagi yang aman digunakan untuk anak, seperti kortikosteroid dan obat topikal. Namun, sama saja kedua obat tersebut sebaiknya tetap memperhatikan rekomendasi dokter.

Cara Mandiri Mengobati Sariawan pada Anak

 

Ketika mengalami gejala penyakit sariawan, jangan menyuruhnya untuk mengkonsumsi obat-obatan yang biasa Anda gunakan dalam mengobati sariawan. Dilansir dari situs resmi halodoc, umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya setelah seminggu atau dua minggu. Meski demikian, masih ada cara yang dapat ambil untuk mengobati sariawan secara mandiri guna mengurangi maupun menyembuhkannya.

Selain beberapa obat-obatan alami yang aman seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut ini cara mengurangi atau mengobati sariawan yang lainnya.

  • Hindari segala jenis pemicu yang berpotensi memperparah sariawan.
  • Gunakan sedotan saat minum untuk mengurangi rasa sakitnya.
  • Sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemicu iritasi, contohnya seperti sodium lauril sulfat.
  • Meski sederhana dan terkesan sepele, konsumsi air sesuai kebutuhan untuk membantu meredakan sariawan.
  • Jangan terlalu banyak memberi minum, namun berikan sedikit saja dalam frekuensi sering.
  • Jangan memberikan makanan dengan tekstur dan rasa yang terlalu kasar agar rasa sakit tidak tiba-tiba muncul ketika makan.
  • Anda bisa mengkompresnya dengan es batu. Es batu yang dikompreskan pada bagian sariawan membuat mati rasa pada bagian yang dikompresnya.

 

Jika Sariawan Tidak Segera Membaik

Sariawan merupakan luka mulut yang umum terjadi pada semua orang. Namun, sariawan juga patut diwaspadai, apalagi jika tidak segera sembuh dalam waktu yang relatif lama. Salah satu hal yang harus diperhatikan lagi adalah bentuk dari sariawan sendiri. Untuk memastikannya, dapat diidentifikasikan jadi lima hal. Seperti bentuknya oval atau bulat, membentuk sebuah cekungan, disertai rasa sakit, pinggiran merah karena peradangan, bagian cekung berwarna kekuningan atau putih.

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, sariawan sebagai salah satu luka pada bibir yang umum terjadi. Ia akan sembuh sendiri setelah 2-4 minggu dan dapat disembuhkan menggunakan berbagai cara, termasuk beberapa obat alami yang sudah disebutkan sebelumnya.

Itulah tadi beberapa hal tentang sariawan pada anak dan berbagai obat sariawan yang bisa dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan. Apakah Anda mendapat pengetahuan baru hari ini? Jika iya, jangan lupa bagikan informasi tersebut kepada sesama orang tua, ya!

Penyebab Sariawan yang Terjadi pada Anak

● Sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun ● Infeksi oleh bakteri maupun virus setelah bagian pada mulut yang sebelumnya tergigit ● Kesehatan mulut dan gigi kurang baik ● Kekurangan gizi tertentu juga bisa menjadi penyebabnya, seperti kekurangan zat besi, vitamin B12 dan masih banyak lagi ● Alergi terhadap makanan atau minuman, sehingga Anda perlu memperhatikan Anak ketika makan untuk mengenali hal apa yang menyebabkan alergi ● Sariawan dapat disebabkan sebagai akibat dari efek samping suatu obat

Sebutkan 2 pilihan obat kimia yang aman untuk anak!

Antiseptik dan Obat pereda nyeri

Sebutkan cara mengurangi atau mengobati sariawan!

Hindari segala jenis pemicu yang berpotensi memperparah sariawan, Gunakan sedotan saat minum untuk mengurangi rasa sakitnya, Sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemicu iritasi, contohnya seperti sodium lauril sulfat, Meski sederhana dan terkesan sepele, konsumsi air sesuai kebutuhan untuk membantu meredakan sariawan, Jangan terlalu banyak memberi minum, namun berikan sedikit saja dalam frekuensi sering, Jangan memberikan makanan dengan tekstur dan rasa yang terlalu kasar agar rasa sakit tidak tiba-tiba muncul ketika makan, Anda bisa mengkompresnya dengan es batu. Es batu yang dikompreskan pada bagian sariawan membuat mati rasa pada bagian yang dikompresnya.

(Visited 118 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us