Bagikan Artikel Ini:

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bahan-bahan alami untuk pengobatan tradisional. Terutama bagi kamu yang masih sangat percaya dan lebih sering menggunakan berbagai pengobatan tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam pengobatan maupun pembuatan obat tradisional adalah madu. Hal ini disebabkan banyaknya manfaat minum madu air hangat. Sehingga sudah menjadi hal yang biasa jika dalam pengobatan tradisional madu dicampurkan dengan air hangat dalam pengolahannya. Meski demikian, tanpa air hangat madu juga sudah memiliki beragam manfaat yang bagus bagi kesehatan.

Biasanya manfaat madu yang paling banyak terkenal di pasaran, hanya manfaatnya yang baik bagi orang dewasa saja. Sebab kebanyakan yang sering mengkonsumsi madu dan menggunakannya sebagai obat hanyalah orang dewasa. Sedangkan anak-anak ada yang mengonsumsinya, namun hanya dalam skala yang kecil. Sehingga bukan hal aneh bila muncul paradigma, bahwa pada umumnya madu hanya memiliki manfaat atau dampak yang besar, namun hanya untuk kesehatan orang dewasa.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, madu sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Akan tetapi, bila kamu mau menilik lebih dalam, sebenarnya madu tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja. Madu juga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Bahkan manfaat madu untuk anak mungkin lebih banyak, bila dibandingkan dengan manfaat madu untuk orang dewasa.

Penasaran dengan manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi madu untuk anak-anak? Memang sebagus apa sih, manfaat yang akan didapatkan? Yuk, simak beberapa manfaat madu untuk si kecil, berikut ini.

Sebagai Sumber Energi

Madu sebagai sumber energi - sekolah prestasi global

Sumber : Photo by Arwin Neil Baichoo on Unsplash

Manfaat pertama dari madu untuk anak kecil adalah sebagai penambah sumber energi. Sehingga dengan mengkonsumsi madu, si kecil akan menjalani hari-harinya dengan lebih semangat dan ceria. Tentunya ini sangat cocok bagi anak-anak yang sangat aktif dan sangat sulit diminta makan. Sebab madu mengandung gula alami yang bisa mengaktifkan atau meningkatkan hormon yang memicu semangat dan kegembiraan.

Tak hanya itu, gula alami yang terdiri dari fruktosa dan glukosa ini adalah salah satu sumber energi terbaik. Sebab tanpa disadari kehadiran keduanya lah yang membuat anak menjadi semangat dalam melakukan aktivitas-aktivitasnya setelah mengkonsumsi madu. Akan tetapi, bagaimana cara membuat sumber energi sementara bagi anak-anak?

Cara untuk membuat madu sebagai sumber energi sementara pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memberikan madu sesuai dengan takaran dalam aturan minum madu untuk anak. Ingat, jangan melebihi aturan jumlah takaran. Sebab bisa jadi anak malah keseringan makan dan membuat tubuhnya obesitas. Hal ini tentunya tak lepas dari madu yang juga dipercaya bisa membantu anak untuk membangkitkan nafsu makan anak.

Sebagai Sumber Vitamin

Madu sebagai sumber vitamin - Sekolah PrestasI Global

Sumber : Photo by Heather Gill on Unsplash

Tak banyak orang yang paham akan kandungan madu. Sebagian besar dari masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa madu memiliki banyak khasiat. Namun apa saja yang membuat khasiat itu bekerja tidak diketahui secara pasti. Seperti halnya kandungan vitamin dalam madu. Di antara kamu pasti hanya sebagian kecil yang paham bahwa madu mengandung banyak vitamin. Bahkan kendati kamu paham bahwa madu mengandung vitamin, namun kamu tidak mengetahui vitamin apa yang termasuk di dalamnya secara terperinci.

Madu sebenarnya mengandung berbagai jenis vitamin. Layaknya vitamin B1, B2, B3, D, K, dan E. Bagaimana kandungan vitamin dalam madu sangat banyak bukan? Sehingga bukan hal yang aneh, ketika disebutkan bahwa madu adalah sumber vitamin. Sebab ada banyak vitamin yang terkandung di dalamnya.

Tak hanya itu, tanpa mengonsumsi makanan lain kamu juga sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin tersebut, hanya dengan mengkonsumsi madu dalam takaran yang sudah ditentukan. Hal tersebut, bisa terjadi dikarenakan proses penyerapan kandungan nutrisi di dalam madu lebih cepat dibandingkan dengan penyerapan nutrisi dalam makanan lain. Ini pula yang menyebabkan penyerapan vitamin dalam madu lebih cepat.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sistem Imunitas Tubuh - Sekolah Prestasi Global

Sumber : Photo by Colin Maynard on Unsplash

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Zat besi inilah yang dapat membantu tubuh si kecil dalam meningkatkan perlindungan sistem kekebalan ( imunitas ) tubuh. Namun sebenarnya, tak hanya zat besi. Madu juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi.

Antioksidan merupakan zat yang mampu digunakan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menjadi cikal bakal berbagai penyakit. Untuk itu, membantu si kecil mengkonsumsi madu dengan teratur akan membuat si kecil lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Bahkan kamu bisa merasa tenang, bila si kecil mau bermain sepuasnya bersama dengan teman-temannya. Sebab si kecil imunitasnya telah terlindungi dengan baik.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan - Sekolah Prestasi Global

Sumber : Photo by Brandless on Unsplash

Kamu pasti sudah tak heran bila menemukan anak kecil sering memasukkan berbagai jenis makanan atau benda-benda aneh lain ke dalam perut mereka. Hal ini, tentunya dikarenakan rasa ingin tahu mereka yang masih sangat tinggi. Padahal tanpa mereka sadari, mereka telah memasukkan ribuan bakteri ke dalam tubuhnya. Sehingga kesehatan pencernaan si kecil bisa terganggu.

Lalu, bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut? Sebagian dari kamu mungkin lebih memilih untuk melarang anak dan mengajari anak tidak memasukkan makanan atau benda asing ke dalam mulut. Hal tersebut memang salah satu cara yang efektif terlebih anak-anak memang tidak sopan bila memasukkan berbagai jenis makanan dalam mulut dan attitude tersebut harus diajarkan sejak kecil.

Akan tetapi, bagaimana jadinya jika di awal pembelajaran si kecil masih terus memasukkan barang-barang ataupun berbagai jenis makanan aneh di dalam mulutnya? Jika hal tersebut masih terus terjadi maka langkah terbaik dalam menyikapinya adalah memberikan madu kepada si kecil. Hal ini dikarenakan madu mengandung bakteri-bakteri baik yang mampu digunakan untuk melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. Seperti halnya lactobacillus dan bifidobacterium yang mampu melawan bakteri jahat jika mencapai ke dalam usus. dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa madu juga memiliki khasiat aku untuk membersihkan sistem metabolisme tubuh, terutama pada sistem pencernaan makanan.

Meredakan Batuk dan Pilek

Meredakan Batuk dan Pilek - Sekolah Prestasi Global

Sumber : Photo by Aditya Romansa on Unsplash

Umumnya anak-anak adalah kalangan paling rentan terkena sakit, tenggorokan batuk dan pilek. Salah satu penyebab umum dari penyakit-penyakit tersebut adalah adanya peradangan pada saluran pernapasan. Untuk mengatasi atau meredakan sakit tersebut sebenarnya sangat mudah.

Untuk mengatasi batuk kamu hanya perlu memberikan madu sebanyak 1 sampai dengan 2 sendok teh sebelum si kecil tidur. Sedangkan jika si kecil menderita flu atau pilek kamu bisa mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat. Kemudian setelah madu dan air hangat bercampur minta si kecil untuk menghirup uap yang keluar dari air panas tersebut. dengan begitu pernafasan si kecil akan semakin ke longgar dan si kecil bisa terbebas dari flu.

Bahkan, dengan melakukan cara di atas sih kecil yang semula susah tidur pasti akan bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Apalagi hal ini telah terbukti dengan berbagai penelitian ilmiah yang pernah dilakukan. Namun satu catatan kecil yang perlu kamu ingat dan perhatikan dengan baik, yaitu apabila si kecil memiliki tenggorokan yang sangat sensitif lebih baik jangan memberikan madu secara langsung untuk dikonsumsi campur lah madu dengan makanan atau minuman lain, sehingga tidak langsung bersentuhan dengan tenggorokan. Sebab minum madu secara langsung ketika tenggorokan sedang sensitif, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Mengobati Alergi

Anak-anak memang lebih mudah terkena alergi sejak kecil. Entah itu alergi makanan, alergi debu ataupun alergi jenis lain. Namun untuk mengatasi gejala yang timbul ketika alergi ( seperti halnya gatal-gatal di sekujur tubuh, mata bengkak, dan biduran ), kamu bisa memanfaatkan madu. hal ini dikarenakan madu dapat melawan penyebab atau sumber dari timbulnya alergi tersebut.

Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Madu sebagai sumber energi - Sekolah Prestasi Global

Sumber : Photo by Amelia Bartlett on Unsplash

Anak-anak pasti sangat rentan mengalami luka atau sakit. Hal ini dikarenakan anak-anak masih sangat aktif. Apalagi ketika bermain, anak-anak rentan jatuh sampai terluka. Nah untuk mengobati luka akibat terjatuh tersebut, kamu dapat memanfaatkan madu. Sebab kandungan dalam madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, madu juga berfungsi untuk mencegah timbulnya infeksi pada luka.

Cara mengobati luka dengan madu pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan luka lalu mengoleskan nya dengan waduh secara rutin. Usahakan untuk mengoles madu di luka dan sekitarnya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Hal ini ditujukan agar proses penyembuhan luka bisa terjadi dengan optimal. Lakukanlah sampai luka sembuh dengan sempurna.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak - Prestasi Global

Sumber : Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

Jika kamu ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anak, maka alangkah baiknya bila sejak balita ( 1 sampai 5 tahun ) anak diberikan konsumsi madu secara rutin yaitu satu sendok per hari. Pastinya hal ini dikarenakan madu memiliki manfaat untuk proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel serta jaringan dalam tubuh. Selain itu di usia anak-anak perkembangan dan pertumbuhan sel tubuh meningkat sangat pesat. Sehingga pemberian madu secara rutin menjadi alternatif terbaik agar perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat madu bagi anak kecil. Bagaimana cukup banyak, bukan? Padahal, selain manfaat yang telah dijelaskan diatas, masih ada banyak manfaat madu bagi kesehatan anak-anak. Untuk itu, jangan lupa untuk memperkenalkan madu kepada anak-anak, ketika anak sudah mampu untuk mengonsumsi makanan.

Pemberian atau waktu terbaik minum madu ini, paling cocok diberikan ketika anak masih kecil. Tepatnya pada anak usia di atas satu tahun. Sedangkan untuk anak di bawah 1 tahun, pemberian madu sangat tidak dianjurkan. Sebab di umur tersebut, sistem pencernaan belum terbentuk secara sempurna. Tak hanya itu, memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun juga bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap madu. Akibatnya anak jadi tidak bisa minum madu lagi.

Selain itu dalam memberikan madu kepada anak kecil, kamu harus memperhatikan dengan seksama takaran atau dosis madu untuk anak. Bahkan konsumsi madu juga harus dilakukan secara rutin (dalam tahapan atau waktu yang teratur). Hal ini tentunya, dikarenakan tidak rutin mengkonsumsi madu membuat manfaat madu tidak dapat berjalan dengan baik. Namun, bila mengkonsumsi madu secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Meski pada dasarnya, madu merupakan makanan alami karena terbuat dari alam. Akan tetapi, bukankah ada pepatah mengatakan semua yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Begitu pula dengan madu.

 

Kesimpulan

Bagaimana jika anak masih memasukkan barang-barang atau makanan yang aneh ke dalam mulutnya?

Berikan madu kepada anak, karena madu mengandung bakteri baik yang mampu digunakan untuk melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Mengapa madu adalah cara yang paling ampuh saat mengatasi gejala alergi?

Karena madu dapat melawan penyebab dari timbulnya alergi tersebut.

Apa manfaat madu untuk anak?

Sebagai sumber energi, sebagai sumber vitamin, untuk meredakan batuk pilek, dan lain lain

 

(Visited 105 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us