Bagikan Artikel Ini:

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan kekayaan alam yang tidak dapat diragukan lagi. Berbagai macam tanaman banyak tumbuh di negara Asia Tenggara ini. Mulai dari berbagai tanaman buah, bunga unik, dan yang paling populer dalam bidang kesehatan adalah tanaman obat yang juga disebut sebagai tanaman toga (Tanaman Obat Keluarga). Kenapa disebut sebagai tanaman obat keluarga, karena jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan atau ditanam dalam pot, halaman rumah atau lahan dirumah yang mana dapat memenuhi  kebutuhan obat-obatan herbal atau alami untuk keluarga.

Jenis Tanaman Toga

 

Jenis Tanaman Toga

Photo by Carlita Benazito on Unsplash

Pemanfaatan tanaman ini sebagai obat herbal sudah sangat lama sekali, dan semakin hari kebutuhan akan tanaman obat ini semakin naik karena kebutuhan akan obat-obatan yang alami semakin tinggi sebagai alternatif obat-obatan dokter. Tanaman Obat Keluarga sangatlah beragam jenisnya, dan masing-masing dari jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis tanaman obat yang dapat kamu gunakan dalam mengobati penyakit atau menjaga kesehatan secara herbal atau alami

1. Tanaman Toga Jenis Dedaunan

Daun sirih merah, jenis tanaman yang begitu memiliki manfaat ini mengandung polevenolad dan flavonoid mampu menyembuhkan penyakit, mulai dari penyembuhan kanker, antioksidan, antiseptik, da juga sebagai antiinflamasi. Tak cukup sampai disitu kandungan eugenol yang terkandung dalam sirih mampu meredakan rasa sakit, dan juga kandungan karvakrol mampu mengatasi bau mulut dan juga keputihan.

Daun kelor, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini yang sering digunakan dalam penggunaan peribahasa. Tanaman ini bisa menjadi baik makanan maupun juga minuman. Daun kelor masuk dalam jenis tanaman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Manfaat dari tanaman jenis ini sangatlah banyak sekali mulai dari meningkatkan imunitas, kesehatan kulit, mencegah anemia, menjaga kesehatan ginjal, dan masih lagi

Daun dewa, selanjutnya terdapat daun dewa, jenis tanaman obat keluarga yang memiliki banyak khasiat diantara adalah menjaga kesehatan kulit, diantaranya menyembuhkan kutil, mematikan virus herpes, dan juga memiliki sifat antioksidan, anti peradangan, dan juga antibakteri. Selain menjaga kesehatan untuk kulit, daun dewa mampu menyembuhkan demam, diabetes, darah tinggi, rematik, dan juga sakit ginjal.

Daun bidara, tak kalah dengan tanaman obat keluarga jenis dedaunan di atas, daun bidara ini memiliki banyak manfaat seperti melancarkan menstruasi, menyehatkan lambung, mencegah diabetes, mencegah kanker, dan juga dapat mengatasi demam dengan cara merebusnya, dan gunakan air rebusannya sebagai obat. Daun bidara juga dapat digunakan untuk kecantikan seperti mengatasi jerawat dan merawat rambut.

Sambiloto, rebusan daun satu ini memiliki rasa pahit yang sangatlah pekat, meski memiliki rasa pahit namun memiliki banyak sekali manfaat mulai dari mengobati flu, sakit tenggorokan, infeksi seperti herpes, sinusitis, dan juga kusta.

Lidah buaya, jenis tanaman yang sekarang sedang incaran para kaum hawa karena dapat menjaga kecantikan kulit wajah ini, juga memiliki begitu banyak manfaat selain menenangkan dan melembabkan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat kaya akan zat besi, kalsium, kalium, fenol dan berbagai vitamin yang mampu mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, dan juga serangan jantung.

2. Tanaman Toga Jenis Bunga

Bunga Rosella, tanaman herbal berbentuk bunga ini sering sekali dibuat untuk menjadi minuman seduh yang dapat menggantikan teh. Aroma yang khas dan rasa yang segar dapat meredakan flu, batuk, demam, dan juga nyeri haid.

Jintan Hitam, tanaman Toga jenis ini merupakan tanaman yang sering dijumpai di dapur sebagai rempah untuk menyedapkan masakan ini, rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan badan seperti mengontrol gula dalam darah, menyehatkan organ hati, menurunkan kolesterol, dan juga dapat mencegah kanker.

3. Tanaman Toga Jenis Buah-Buahan

Mengkudu, jenis tanaman obat yang memiliki bau kurang sedap yang begitu khas ini, ternyata menyimpan banyak sekali khasiat dan manfaat, salah satunya populer sebagai obat para pengidap darah tinggi. Kandungan zat antibakteri dalam mengkudu mampu membunuh bakteri dan virus dalam tubuh dan juga dapat melancarkan proses buang air kecil dan air besar.

Buah Srikaya, buah yang memiliki bentuk yang unik dan imut ini kaya akan kandungan serat dan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penyakit asma, menurunkan darah tinggi, mencegah penyakit stroke, dan juga meningkatkan kesehatan mata.

Buah Delima, buah yang memiliki warna merah cerah ini, dikenal dengan manfaatnya merawat kulit wajah agar tetap cantik. Kandungan delima antara lain niasin, asam folat, dan vitamin C, serat dan juga mineral sangat cocok untuk dikonsumsi untuk kamu yang sedang program penurunan berat badan alias diet.

Dan terakhir terdapat jenis Tanaman Toga Jenis Jamu-jamuan yang sering kita jumpai di pasar tradisional. Selain dikenal sebagai bahan ramuan herbal, toga jamu ini juga sering dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Jenis tanaman ini diantaranya ada temulawak, kencur, kunyit, dan jahe. Dari sekian jenis yang disebutkan, jahe menjadi pilihan dalam membuat ramuan obat herbal, utamanya jenis jahe merah yang terkenal dalam mengatasi masuk angin, flu, demam, dan juga batuk. Tanaman yang memiliki citarasa cenderung pedas ini memiliki banyak manfaat, berikut terdapat 8 manfaat jahe bagi kesehatan.

 

1. Memperkuat Sistem Imun Dalam Tubuh

Bagi manusia, sistem imun merupakan sistem yang sangat berperan dalam melindungi diri atau tubuh dari serangan virus maupun bakteri yang mencoba untuk membuat tubuh  terkena penyakit. Jadi sangat penting sekali menguatkan sistem imun tubuh guna untuk memperoleh badan yang fit, sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Meningkatkan sistem imun dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jahe secara rutin. Kamu tidak harus mengkonsumsinya secara mentah, namun bisa dengan cara membuat wedang jahe, susu jahe, atau mengkonsumsi jenis jamu dengan bahan utama jahe. Kandungan vitamin dalam jahe, sudah tidak dapat diragukan dalam peningkatan imun tubuh. Jadi kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat kamu bisa mencari tahu manfaat jahe merah dan cara penggunaannya. Jangan lupa selain konsumsi wedang jahe, imbangi dengan olahraga dan menjaga pola makan yang benar.

2. Mengobati Mual-Mual

Yang sedang mabuk perjalanan, atau mengalami masuk angin, kamu dapat memanfaatkan air rebusan jahe ditambah dengan sedikit gula batu sebagai  penghilang rasa mual. Hal ini sering dipraktekan atau dilakukan rakyat Tiongkok zaman dahulu dalam menyembuhkan para raja yang sedang sakit. Kini, selain sebagai penghilang rasa mual, para peneliti juga menggunakan kandungan yang sama untuk merawat pasien post operasi. Karena selain dapat menghilangkan rasa pusing dan mual-mual, air jahe juga berkhasiat dapat menenangkan saraf-saraf tegang. Jadi ketika kamu merasa sedang pusing, panik, pikiran terlalu tegang, kamu bisa meredakannya dengan rebusan jahe.

3. Meredakan Pusing

Sakit kepala atau masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai seseorang yang pusing. Penyakit yang suka tidak kenal waktu datang menyerang, dan hal ini dapat mengakibatkan kehilangan keseimbangan, penglihatan seperti berkunang-kunang, dan mungkin disertai oleh mual. Gejala penyakit ini bisa kamu redakan dengan mengkonsumsi sebagai wedang jahe ataupun jamu. Atau kamu juga bisa mencari tahu manfaat jahe merah dalam memanfaatkan jahe untuk meredakan pusing kamu.

4. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Bagi kaum hawa, nyeri menstruasi menjadi hal yang sangat menyiksa. Jika kamu ingin  meredakan nyeri haid, kamu dapat menggunakkan jahe. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Jahe memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat ibuprofendan juga asam mefenamat. Bagi wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak kurang lebih 500 –  2000 mg, selama tiga hari di awal menstruasi. Dijamin nyeri haid bisa berkurang dan tak terasa lagi.

5. Mencegah Morning Sickness

Kondisi mual dan muntah akibat morning sickness kerap dialami oleh wanita di awal masa kehamilan. Untungnya, mual dapat dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Namun ingat, ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi obat, termasuk herba dan obat-obatan tradisional. Jadi sebelum benar-benar mengkonsumsi jahe, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

6. Osteoarthritis

Buat kamu atau orang tua kamu sedang mengalami osteoarthritis, mengkonsumsi wedang jahe dapat menjadi obat yang tepat selama digunakan dengan aturan. Osteoarthritis sendiri merupakan kondisi nyeri sendi atau sendi yang kaku dimana disebabkan oleh cedera, obesitas, dan penuaan sendi. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, rasa sakit yang ditimbulkan oleh kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi ekstrak jahe. Jika kamu tidak suka mengkonsumsinya, kamu tidak perlu mengkonsumsinya, karena kamu dapat melakukan pijatan mandiri menggunakan minyak terapi yang mengandung jahe dan jeruk juga dapat mengurangi kekakuan sendi dan nyeri akibat osteoarthriti.

7. Menangkal Tumbuhnya Tumor dan Sel Kanker

Jenis Penyakit tumor dan kanker menjadi penyakit dalam kategori berat dan berbahaya. Terlebih lagi penyakit kanker, yang mana termasuk pada penyakit mematikan. Dan penyakit  satu ini dapat menyerang ke seluruh tubuh dan penyebarannya pesat jika tidak segera ditangani oleh dokter khusus.

Di zaman sekarang ini pengobatan kanker sudah populer dengan yang dinamakan kemoterapi. Hal ini dilakukan untuk membunuh sel kanker yang menyebar dan bertumbuh pesat. Baru setelah itu dilakukan operasi guna mengangkat sisa-sisa sel tumor ganasnya. Bagi para penderita tumor dan juga kanker bisa memanfaatkan jahe sebagai obat herbal untuk menyembuhkan ataupun mencegah kanker, karena jahe sendiri mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas

8. Memperlancar Sirkulasi Darah

Dalam setiap bagian tubuh manusia pastinya dialiri oleh darah. Aliran darah sendiri berfungsi untuk memberikan asupan oksigen utama menuju jantung. Memiliki zat nutrien dan zat lainnya yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara berkelanjutan. Ketika jantung atau paru-paru seseorang mengalami masalah, maka darah pun tidak akan mengalir dan membuat seseorang jadi mudah sakit. Dengan begitu konsumsi Jahe menjadi pilihan yang tepat, untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jahe sendiri memiliki kandungan antioksidan sehingga mampu memberantas radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh seperti kurang lancarnya aliran darah.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Anak 

Apa saja tanaman toga jenis dedaunan?

1. Daun sirih merah, jenis tanaman yang begitu memiliki manfaat ini mengandung polevenolad dan flavonoid mampu menyembuhkan penyakit, mulai dari penyembuhan kanker, antioksidan, antiseptik, da juga sebagai antiinflamasi. Tak cukup sampai disitu kandungan eugenol yang terkandung dalam sirih mampu meredakan rasa sakit, dan juga kandungan karvakrol mampu mengatasi bau mulut dan juga keputihan. 2. Daun kelor. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini yang sering digunakan dalam penggunaan peribahasa. Tanaman ini bisa menjadi baik makanan maupun juga minuman. Daun kelor masuk dalam jenis tanaman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Manfaat dari tanaman jenis ini sangatlah banyak sekali mulai dari meningkatkan imunitas, kesehatan kulit, mencegah anemia, menjaga kesehatan ginjal, dan masih lagi 3. Daun dewa. Selanjutnya terdapat daun dewa, jenis tanaman obat keluarga yang memiliki banyak khasiat diantara adalah menjaga kesehatan kulit, diantaranya menyembuhkan kutil, mematikan virus herpes, dan juga memiliki sifat antioksidan, anti peradangan, dan juga antibakteri. Selain menjaga kesehatan untuk kulit, daun dewa mampu menyembuhkan demam, diabetes, darah tinggi, rematik, dan juga sakit ginjal. 4. Daun bidara. Tak kalah dengan tanaman obat keluarga jenis dedaunan di atas, daun bidara ini memiliki banyak manfaat seperti melancarkan menstruasi, menyehatkan lambung, mencegah diabetes, mencegah kanker, dan juga dapat mengatasi demam dengan cara merebusnya, dan gunakan air rebusannya sebagai obat. Daun bidara juga dapat digunakan untuk kecantikan seperti mengatasi jerawat dan merawat rambut. 5. Sambiloto. Rebusan daun satu ini memiliki rasa pahit yang sangatlah pekat, meski memiliki rasa pahit namun memiliki banyak sekali manfaat mulai dari mengobati flu, sakit tenggorokan, infeksi seperti herpes, sinusitis, dan juga kusta. 6. Lidah buaya. Jenis tanaman yang sekarang sedang incaran para kaum hawa karena dapat menjaga kecantikan kulit wajah ini, juga memiliki begitu banyak manfaat selain menenangkan dan melembabkan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat kaya akan zat besi, kalsium, kalium, fenol dan berbagai vitamin yang mampu mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, dan juga serangan jantung.

Apa saja tanaman Toga jenis bunga?

1. Bunga Rosella. Tanaman herbal berbentuk bunga ini sering sekali dibuat untuk menjadi minuman seduh yang dapat menggantikan teh. Aroma yang khas dan rasa yang segar dapat meredakan flu, batuk, demam, dan juga nyeri haid. 2. Jintan Hitam. Tanaman Toga jenis ini merupakan tanaman yang sering dijumpai di dapur sebagai rempah untuk menyedapkan masakan ini, rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan badan seperti mengontrol gula dalam darah, menyehatkan organ hati, menurunkan kolesterol, dan juga dapat mencegah kanker.

Apa saja tanaman Toga jenis buah-buahan?

1. Mengkudu. Jenis tanaman obat yang memiliki bau kurang sedap yang begitu khas ini, ternyata menyimpan banyak sekali khasiat dan manfaat, salah satunya populer sebagai obat para pengidap darah tinggi. Kandungan zat antibakteri dalam mengkudu mampu membunuh bakteri dan virus dalam tubuh dan juga dapat melancarkan proses buang air kecil dan air besar. 2. Buah srikaya. Buah yang memiliki bentuk yang unik dan imut ini kaya akan kandungan serat dan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penyakit asma, menurunkan darah tinggi, mencegah penyakit stroke, dan juga meningkatkan kesehatan mata. 3. Buah delima. Buah yang memiliki warna merah cerah ini, dikenal dengan manfaatnya merawat kulit wajah agar tetap cantik. Kandungan delima antara lain niasin, asam folat, dan vitamin C, serat dan juga mineral sangat cocok untuk dikonsumsi untuk kamu yang sedang program penurunan berat badan alias diet.

(Visited 236 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us