Bagikan Artikel Ini:

Metode pembelajaran sentra menjadi solusi terbaik bagi orang tua yang masih kebingungan dalam melatih kemampuan anak. Orang tua kerap kali bingung dan khawatir dikala buah hati belum memiliki kemandirian. Karena cepat atau lambat, orang tua harus melepasnya ke dunia luar. Dalam rangka menyiapkan anak supaya lebih mandiri dan siap akan tantangan dunia luar perlu persiapan yang matang.

Untuk melakukannya sendiri tentu sulit. Maka dari itu perlu diberikan pendidikan yang tepat. Solusinya, orang tua bisa dengan memasukkan ke PAUD, kelompok belajar atau TK yang mengedepankan pendidikan karakter yang kuat. Terutama tentang membentuk akhlak anak supaya bisa menjalani kehidupannya ke depan dengan baik.

Prestasi Global merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bisa diandalkan. Anak Anda akan dibentuk menjadi seorang yang berilmu, berakhlak dan berprestasi. Jadi, anak Anda bukan hanya dilatih dari segi kemandiriannya tapi juga dibangun akhlaknya.

Mendorong Kemandirian Anak dengan Metode Pembelajaran Sentra Dalam Infografik - Sekolah Prestasi Global

Mengenal Metode Pembelajaran Sentra

Metode Sentra atau pembelajaran sentra awal mulanya dikembangkan oleh Pamela C.Phelps. Beliau merupakan seorang pakar pendidikan yang tergabung dalam CCCRT atau Creative Center For Childhood Research and Training yang berada di Amerika Serikat.

Metode pembelajaran sentra ini memang peruntukkan untuk anak yang masih berusia dini. Jadi paling tepat jika diterapkan di lembaga pendidikan dasar seperti PAUD, TK atau playgroup.

Arti dari metode pembelajaran sentra sendiri yaitu sebuah model pembelajaran yang dalam penerapannya ke anak lebih ke sentra bermain yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Jadi secara mudahnya dalam memahami pembelajaran sentra ini, anak diberikan pembelajaran sambil bermain. Dengan cara ini anak jadi lebih bisa berinteraksi dengan teman-temannya sehingga menumbuhkan keberanian bersosial.

Selain itu, anak akan lebih bisa mengatur emosinya, lebih kreatif dengan mengeksplorasi kemampuan dan berbagai kegiatan lainnya. Dalam metode sentra infografi ini seorang anak akan diberi kesempatan untuk bermain secara bersamaan atau kelompok dan individual.

Tujuan Metode Pembelajaran Sentra

Anak yang mandiri akan mampu dalam menentukan sendiri pilihan untuk keperluan mereka. Sikap kemandirian anak bisa diwujudkan dengan pembelajaran sentra. Karena hal tersebut bagian dari tujuan adanya metode sentra dalam infografik. Beberapa tujuan metode sentra lainnya sebagai berikut:

1. Anak Akan Lebih Aktif dan Percaya Diri

Kegiatan pembelajaran sentra melibatkan peran aktif anak. Dalam kegiatan pembelajarannya anak akan terlibat secara langsung baik secara fisik atau mental. Anak akan mendapatkan pengalaman belajar baik melalui pendengaran, penglihatan maupun praktek langsung. Dengan cara ini anak akan lebih bisa bereksplorasi sehingga pengalaman belajar anak lebih banyak dan mendalam.

2. Anak Tidak Bergantung dengan Guru Kelasnya

Kegiatan pembelajaran sentra ini memang lebih memfokuskan pendidikan langsung ke anak. Jadi nanti tugas dari guru sentra sendiri hanya mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Nanti anak akan diberikan kebebasan sesuai dengan arahan dari guru sentra. Anak tidak menggantungkan dirinya ke guru. Jadi anak akan lebih mandiri dan berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran berlangsung.

3. Anak Terbantu Dalam Mengembangkan Ide Kreatifnya

Seorang anak dalam eksplorasi dirinya sewaktu pembelajaran tentu akan menemukan ide yang terkadang sulit untuk dikembangkan sendiri. Nah, disini peran guru sentra untuk membantu mengembangkan ide kreatif tersebut. Jadi memang sudah menjadi fokus dan tanggung jawab guru sentra memperhatikan setiap perkembangan anak. Saat anak didik merasa kesulitan dan memerlukan bimbingan, di situ guru sentra mulai masuk dan mengarahkannya. Jadi anak tetap bisa mandiri meski ada bimbingan dan arahan dari guru sentra.

4. Pembelajaran Berlangsung Secara Alami

Masing-masing anak akan menemukan hal baru yang berbeda sesuai dengan bakat dan kemampuan si anak. Jadi di sini guru sentra tidak secara langsung mentransfer ilmu yang dimilikinya ke anak tapi justru anak akan dapat ilmu sendiri dari kegiatan yang dilakukan. Nanti guru sentra tinggal mengamati masing-masing anak. Mencatat perkembangan si anak dan membantu proses kegiatannya. Dalam metode sentra diharapkan semua bisa berjalan secara alami. Jadi anak tidak merasa bosan dan seolah-olah mereka sedang bermain padahal secara tidak sadar anak sedang belajar.

5. Anak Paham dan Mengerti Hakikat Belajar

Dalam pembelajaran sentra ini setiap anak akan memiliki kemampuan dalam memahami kegiatan belajar yang dipelajarinya. Kemampuan pemahaman pembelajaran yang dimaksudkan lebih condong pada hakikat belajar itu sendiri. Hakikat belajar sentra ini contohnya mengerti dan paham manfaat belajar, mengerti makna dan cara mencapai tujuan dari proses belajar. Berbekal kemampuan ini nantinya akan berguna untuk kehidupan di masa dewasanya nanti.

Karakteristik Metode Pembelajaran Sentra

Metode Sentra infografik memang berbeda dengan pembelajaran pada umumnya. Karakteristik dari metode pembelajaran ini mencakup beberapa aspek, diantaranya yaitu:

1. Ruangan Kelas Terbagi Atas Kelas-kelas Kecil

Untuk karakteristik ruangan kelas bisa dibentuk suatu ruangan dengan terbagi menjadi kelas-kelas kecil. Ruangan-ruangan kelas kecil ini sering disebut juga dengan sentra-sentra atau ruangan vak. Nanti pada setiap ruangan terdapat satu bidang yang berguna untuk pengembangan. Untuk itu nanti di setiap sentra ada berbeda-beda fokus pengembangan. Misalnya seperti sentra seni, sentra imtaq, sentra daya pikir, sentra bahasa dan lainnya.

2. Guru Menguasai Masing-masing Bidang Pengembangan

Ruangan yang terbagi atas bidang pengembangan masing-masing sentra harus dikuasai oleh guru. Hal ini diharapkan setiap anak yang memasuki sentra tertentu bisa fokus ke pengembangan sesuai dengan ruangannya. Di dalam ruangan guru bisa mengarahkan, memberi pelajaran, mengawasi dan memberikan media yang bisa meningkatkan kemampuan sesuai dengan tema. Misal pada sentra imtaq nanti didalamnya bisa tersedia perlengkapan ibadah, gambar ka’bah, masjid dan lainnya.

3. Anak Belajar Melalui Permainan

Mendorong Kemandirian Anak dengan Metode Pembelajaran Sentra Dalam Infografik - Sekolah Prestasi Global

Karakteristik metode sentra ini yang paling terlihat adalah kegiatannya proses belajarnya. Dalam proses belajar, anak bisa belajar melalui permainan yang mereka lakukan. Dengan cara ini, proses belajar seperti berjalan secara alami dan anak secara tidak sadar mendapatkan ilmu yang berharga.

4. Adanya Pijakan

Alasan dibuat kelas-kelas kecil bukan tanpa tujuan. Kelas kecil atau sentra-sentra tersebut masing-masing punya tingkatan. Nanti anak baru bisa berpindah ke sentra lain jika sentra yang sebelumnya sudah lulus. Contoh saat ini anak Anda masih berada pada sentra imtaq, nah jika sudah lulus baru pindah ke sentra seni dan begitu seterusnya sampai pada tingkatan sentra tertinggi.

5. Terdapat Intensitas Dan Densitas

Maksud dari intensitas yaitu waktu yang dibutuhkan anak terhadap tiga jenis permainan yang telah dilakukan dalam kurun waktu sehari penuh dan sepanjang tahun. Sedang densitas maksudnya yaitu cara-cara yang telah dibuat dan dirancang sedemikian rupa untuk mendukung proses belajar anak.

6. Ada Bahan Minimal Yang Harus Dicapai Anak

Setiap anak akan mendapatkan bahan minimal dari guru kelas di setiap sentranya. Masing-masing anak harus menguasai bahan pengajaran minimal dari uraian yang nanti akan dipaparkan oleh guru sentra. Penguasaan kepada anak bertahap dan sangat mudah dikuasai.

7. Anak Akan Mendapatkan Tugas

Di dalam ruang sentra terdapat berbagai media atau alat yang dapat dipilih oleh setiap anak. Anak diberikan kebebasan alat mana yang akan diambil untuk menyelesaikan suatu tugas. Setiap anak diberikan peraturan hanya boleh mengerjakan tugas berikutnya jika tugas sebelumnya sudah selesai dikerjakan.

8. Guru Mengevaluasi Hasil Belajar

Perkembangan anak selalu dipantau oleh guru pada sentra masing-masing. Pada pertemuan orang tua dan guru nanti akan disampaikan sampai sejauh mana perkembangan yang dimiliki si anak. Aspek yang dinilai pun beragam mulai dari aspek bahasa, hasil karya, kemampuan motorik, sosial dan lainnya. Nanti setiap anak juga akan mendapatkan catatan khusus dari guru agar bisa tahu kekurangan yang dimiliki anak dan nantinya akan dievaluasi lebih baik lagi.

Jenis Sentra Pada Metode Pembelajaran Sentra

Sentra pada metode pembelajarannya memiliki beberapa jenis yang penting untuk dipahami. Jenis sentra ini disesuaikan dengan perkembangan si anak. Jika anak sudah menguasai satu sentra baru bisa masuk ke sentra lainnya.

Berikut jenis sentra yang perlu diketahui:

1. Sentra Imtaq (Iman dan Taqwa)

Sesuai dengan namanya pada sentra ini merupakan kegiatan belajar yang memfokuskan pada nilai keagamaan. Nanti anak akan diajarkan mengenai keimanan dan ketaqwaan kepada sang maha pencipta yaitu Allah SWT. Selain itu pada sentra ini, anak akan dibekali dengan ilmu untuk pembentukan akhlak. Jadi diharapkan nanti sikap yang dimiliki si anak bisa berjalan sesuai dengan norma-norma agama.

Dalam proses pembelajarannya anak akan dikenal dengan media-media yang membantunya dekat dengan agama. Contoh bahan atau media yang ada pada sentra ini diantaranya adalah buku-buku cerita agama, kitab berbagai agama, alat ibadah, permainan bernuansa keagamaan dan lainnya.Kegiatan yang nanti akan dilakukan dalam sentra imtaq seputar agama islam. Anak akan dikenalkan dan dibimbing tentang rukun iman, rukun islam, tentang mengaji Alquran, tentang akhlak dan lainnya.

2. Sentra Bahan Alam

Untuk sentra alam merupakan pemberian materi dengan berbagai bahan alam. Bisa belajar di luar kelas dan mengenal lingkungan. Dengan sentra ini anak akan lebih bisa bereksplorasi dengan berbagai materi yang diberikan. Pada sentra bahan alam anak bisa bermain sambil menimba ilmu dengan menunjukkan kemampuan masing-masing dalam membedakan, menghubungkan, membandingkan, mengenali dan menunjukkan benda dan tumbuhan di alam.

3. Sentra Seni

Dalam sentra ini anak akan diasah mengenai keterampilan tangan menggunakan media dengan bermacam alat dan bahan. Jenis keterampilan yang akan dibuat si anak seperti melukis, mewarnai, melipat, menggunting, membuat prakarya dan lainnya. Di sentra seni ini juga anak bisa sambil belajar kerja sama, tanggung jawab, membangun kemandirian, mengasah rasa keindahan, bersosialisasi, melatih koordinasi kaki, tangan, mata dan pikiran.

4. Sentra Macroplay (Bermain Peran Sesungguhnya)

Sentra macroplay ini merupakan proses belajar sambil bermain dengan mendukung anak untuk interaksi sosial dan untuk mengasah perkembangan bahasanya. Anak akan bermain dengan seolah-olah mengambil peran yang sesungguhnya.

5. Sentra Microplay (Bermain Peran)

Untuk sentra microplay ini sebenarnya hampir sama dengan macro play. Perbedaannya pada micro play anak bermain menggunakan alat bantu misalnya dengan menggunakan boneka atau barbie untuk anak bermain.

6. Sentra Balok

Pada sentra ini merupakan kelas yang dapat membantu perkembangan anak terutama dalam bidang matematika atau kemampuan visual spasial. Nantinya anak akan dilatih keterampilan berkonstruksi. Jadi anak bisa sambil bermain sambil berlatih berhitung.

7. Sentra Persiapan

Untuk sentra persiapan penerapannya lebih ke memberikan latihan ke anak agar berkembang kemampuan dalam hal menulis dan membaca. Nanti kemampuan berhitungnya juga akan dikembangkan pada sentra ini. Tahapan latihan pra menulis, membaca dan menghitung mulai dari mengelompokkan, mengklasifikasikan dan mengurutkan yang dapat membantu dalam pertumbuhan kognitif anak.

Kesimpulan

Metode pembelajaran sentra adalah model pembelajaran dengan penerapan belajar sambil bermain. Model pendidikan ini tidak secara formal namun justru dapat membantu anak lebih mandiri, berani, berakhlak dan berkarakter. Melalui metode sentra infografik ini orang tua dapat mendidik anak untuk dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna setiap hari. Fungsi guru kelas nanti hanya mengarahkan saja dan hal ini bisa dipelajari orang tua ketika anak tidak sedang di kelas atau sentra.

Bagi Anda yang ingin si buah hati berilmu, mandiri, berkarakter, memiliki akhlak yang bagus dan berprestasi, Prestasi Global solusinya. Bukan hanya ilmu umum tapi pendalaman ilmu agama dan pembentukan perilaku anak juga diutamakan. Jadi ingin buah hati berprestasi di segala bidang? Prestasi Global adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Seni Mendidik Anak Islam Milenial dengan Metode Islamic Hypnoparenting

Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran sentra?

Metode pembelajaran sentra adalah model pembelajaran dengan penerapan belajar sambil bermain yang dapat mendorong kemandirian anak.

Siapa itu Pamela C.Phelps?

Pamela C.Phelps merupakan seorang pakar pendidikan yang tergabung dalam CCCRT atau Creative Center For Childhood Research and Training yang berada di Amerika Serikat.

Apakah tujuan dari metode pembelajaran sentra?

Untuk mewujudkan sikap kemandirian anak. Anak yang mandiri akan mampu dalam menentukan sendiri pilihan untuk keperluan mereka.

(Visited 52 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us