Bagikan Artikel Ini:

Tahukah Anda, ternyata tidur siang tidak hanya bagus untuk mengistirahatkan tubuh si kecil? Jika kita hitung, ternyata ada banyak sekali manfaat tidur siang yang bagus untuk tumbuh kembang anak, lho. Bahkan, manfaat-manfaatnya tersebut, sudah didukung oleh sejumlah bukti pada penelitian ilmiah.

Tidur siang juga bagus untuk kesehatan si kecil. Bahkan menurut penelitian University of Pennsylvania, jika Anda rutin menjadwalkan tidur si kecil di siang hari, maka prestasi sekolah si kecil akan meningkat.

Anjuran Tidur Siang di Dalam Islam

Selain dianjurkan oleh para ahli medis modern, jauh sebelum itu Islam juga sudah menganjurkannya. Bahkan, anjuran tersebut terdapat dalam beberapa hadis sahih. Di dalam Islam, kailulah, atau yang dikenal dengan tidur siang, adalah salah satu kebiasaan Nabi Muhammad yang beliau anjurkan kepada umatnya.

Bahkan, di dalam Islam, bagi siapa saja yang kurang tidur di malam hari, maka dianjurkan untuk tidur di siang harinya. Tidur siang di dalam islam memiliki 4 manfaat sebagai berikut:

  • Bagus untuk kesehatan
  • Memberikan relaksasi pada tubuh yang sudah kelelahan
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Meningkatkan kinerja kognitif

Di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas r.a, Nabi Muhammad SAW bersabda, “tidurlah sejenak kamu sekalian di siang hari. Karena sesungguhnya setan tidak tidur siang sejenak” (HR Abu Nu’aim).

Anjuran tersebut kemudian diikuti oleh para sahabat. Salah satunya seperti yang diceritakan oleh Anas bin Malik. Dia menceritakan tentang para sahabat yang melakukan tidur di siang hari. Bahkan, hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Aturan Tidur Siang Menurut Islam

Di dalam sebuah kitab berjudul Kitab Pedoman Pengobatan Nabi, Dokter Agus Rahmadi, M. Biomed, menjelaskan tentang aturan tidur di siang hari sesuai Islam. Di dalam buku tersebut ditulis, bahwa tidur di siang hari, tidak boleh lebih dari jam 3 sore.

Menurut Islam, tidur melebihi jam 3 sore, dapat mempengaruhi jam tidur malamnya dan mempengaruhi tingkat kemampuan seseorang. Adapun tidur di siang hari yang efektif menurut Islam yaitu sesudah makan siang. Tidur setelah makan siang, dapat memperbaiki tingkat kerja dan meningkatkan kewaspadaan.

Tidur singkat di siang hari sesudah makan siang, juga dapat memberikan memori singkat. Selain itu, bagus juga untuk menstabilkan kognitif jika kita memiliki defisit tidur di malam hari.

Menurut studi yang dilakukan oleh Mednick dan kawan-kawannya, manusia memiliki 2 jenis memori jangka panjang. Memori tersebut dapat meningkatkan kinerja otak. Kedua memori tersebut yaitu:

  • Prosedural: Sebuah ingatan tentang kebiasaan.
  • Deklaratif: Sebuah ingatan tentang informasi faktual nama, fakta, wajah, dan juga tanggal.

Kedua memori di atas, bisa kita tingkatkan dengan rutin tidur siang. Selain itu, daya ingat seseorang, baik orang dewasa, maupun anak-anak, akan meningkat 10%.

Manfaat Tidur Siang Untuk si Kecil

Ini Adalah Manfaat Tidur Siang

Ada banyak manfaat tidur siang untuk bayi, maupun anak-anak balita. Nah, berikut akan kami jelaskan manfaat-manfaatnya di bawah ini:

Membantu Meningkatkan Kreativitas si Kecil

Otak si kecil yang tidur di siang hari, mampu mencatat pembelajaran motorik dengan baik. Penjelasan tersebut diperkuat oleh sebuah jurnal Biological Physiology. Artinya, sangat bagus untuk pembelajaran mereka.

Jika anak mulai belajar aktivitas baru, atau mengikuti sebuah kelas khusus seperti kelas bahasa, ajarkanlah mereka tidur terlebih dahulu. Tidur siang sebelum mengikuti kelas pembelajaran, bagus untuk meningkatkan kreativitas mereka.

Mencegah Obesitas

Tidur siang yang dilakukan oleh anak-anak, terbukti membantu menjaga berat badannya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukan bahwa tidur yang tidak teratur, dapat menyebabkan obesitas pada si kecil.

Hal tersebut berkaitan dengan tingkat kecenderungan si kecil untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat merasa lelah. Pada saat nafsu makan si kecil meningkat, mereka akan memilih makanan secara sembarangan. Misalnya seperti jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tidak baik.

Mampu Memperbaiki Mood si Kecil

Si kecil yang memiliki mood kurang baik, ternyata bisa diatasi dengan cara mengajaknya untuk tidur siang. Jika Anda ingin suasana si kecil lebih baik, kami sarankan untuk mengajaknya rutin setiap hari.

Hal tersebut juga didukung oleh penelitian medis. Dalam sebuah penelitian, anak yang masih balita, di bawah umur lima tahun, mereka sering gelisah jika tidak tidur pada siang harinya. Selain itu, kebiasaan tidak tidur tersebut juga dapat memberikan reaksi buruk pada peristiwa yang kurang menyenangkan bagi mereka.

Bagus Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Di atas telah sedikit kami singgung bahwa tidur di siang hari bagus untuk meningkatkan akademis si kecil. Hal tersebut didukung oleh sejumlah penelitian. Pastikan si kecil tidur setengah jam di siang hari untuk meningkatkan daya ingatnya.

Selain itu, ada juga manfaat lain yang berkaitan dengan daya ingat si kecil. Manfaat lain tersebut yaitu, mampu meningkatkan retensi memori asosiatif mereka.

Bagus Untuk Meningkatkan Stamina Anak

Jurnal Sports pernah menerbitkan sebuah studi terkait pentingnya tidur di siang hari bagi si kecil. Dalam jurnal tersebut dipaparkan, bahwa si kecil yang tidur di siang hari selama 30 menit, mampu meningkatkan staminanya.

Buatlah jadwal teratur agar si kecil mau tidur di siang hari. Dengan begitu, si kecil akan memiliki stamina yang bagus.

Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh tidak hanya melalui makanan-makanan sehat dan bergizi saja. Faktanya, tidur di siang hari juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Bahkan, pernyataan tersebut didukung juga oleh sejumlah penelitian di bidang kesehatan.

Bagi si kecil, tidur di siang hari dapat mengurangi hormon kortisol dan neuroendokrin. Kedua hormon tersebut berpengaruh terhadap tingkat stres si kecil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari

Perlu Anda ketahui, anak-anak yang masih balita cenderung akan susah tidur jika lelah beraktivitas selama seharian. Itulah kenapa, tidur siang sangat dianjurkan pada mereka. Tujuannya agar bisa mengurangi rasa lelah yang diakibatkan oleh aktivitasnya sehari-hari.

Itulah kenapa, si kecil yang suka tidur di siang hari, cenderung lebih mudah tidur di malam harinya.

Durasi Tidur Siang Untuk si Kecil

Ini DIa Manfaat Tidur Siang

Anak memiliki durasi jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Agar orangtua bisa mengetahui durasi yang tepat untuk tidur siangnya, maka ketahui durasi waktu tidur si kecil berikut ini:

  • Anak yang berusia 1 hingga 3 tahun, dianjurkan untuk tidur 12 hingga 14 jam per hari.
  • Anak yang berusia 3 hingga 5 tahun, dianjurkan untuk tidur 11 hingga 12 jam per hari.
  • Anak yang berusia 5 hingga 12 tahun, dianjurkan untuk tidur 10 hingga 11 jam per hari.

Dengan mengetahui durasi tersebut, Anda bisa menerapkan jam tidur siang anak 3 tahun, maupun usia-usia lainnya.

Untuk anak-anak yang berusia 1 tahun, waktu tidur di siang hari cukup sekitar 2 jam saja. Sedangkan untuk anak-anak di atas 2 hingga 3 tahun, hanya dianjurkan satu kali tidur siang saja. Namun, tetap pastikan durasinya, karena jika durasinya sebentar, takutnya si kecil tidak masuk ke dalam deep sleep.

Si kecil yang tidak masuk ke dalam deep sleep, kualitas tidurnya kurang bagus. Kondisi tersebut bahkan dapat mempengaruhi kualitas istirahatnya.

Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

Bagi sebagian orang tua, membuat si kecil agar mau tidur di siang hari terkadang menjadi tugas yang sulit. Karena, banyak anak yang masih suka bermain dan beraktivitas, di jam tidur siang mereka. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Nah, jika Anda mengalami permasalahan di atas, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena, tips berikut akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut:

Buat Kondisi yang Nyaman dan Mendukung

Jika sudah memasuki jam tidur siang anak, segeralah untuk membuat kondisi kamar senyaman mungkin. Jangan gunakan penerangan jika kamar Anda sudah memiliki kualitas cahaya yang cukup.

Jangan lupa juga untuk mematikan televisi, gadget, atau hal lainnya yang mengganggu si kecil untuk tidur. Buatlah suasana yang begitu sunyi agar mereka cepat tertidur.

Jangan Menjadikan Tidur Siang Sebagai Hukuman

Jangan pernah menghukum si kecil dengan tidur siang ketika mereka sedang asyik beraktivitas. Karena, hal tersebut akan membuat mereka menilai bahwa tidur di siang hari adalah suatu kebiasaan yang tidak baik.

Buatlah jadwal tidur siang si kecil menjadi hal yang positif bagi mereka. Ada banyak cara yang bagus. Salah satunya seperti membacakan buku dongeng kepada anak. Membacakan buku, atau mendongeng, tidak hanya bagus dilakukan di malam hari saja. Cocok juga untuk membuat si kecil mau tidur di siang hari.

Pilihlah salah satu cerita yang menarik dan dapat membuat si kecil mengantuk. Ceritakan dongeng tersebut hingga si kecil terlelap di tengah cerita yang Anda bacakan.

Buat Jadwal dan Terapkan Secara Teratur

Alangkah baiknya Anda membuat jadwal tidur siang untuk si kecil. Aplikasikan jadwal tersebut setiap hari agar si kecil disiplin mau untuk tidur. Berlakukan juga jadwal tersebut di hari libur. Dengan begitu, jadwal yang Anda buat akan menjadi kebiasaan mereka setiap hari.

Selain itu, ada manfaat lain dengan menjadwalkan rutinitas tersebut. Salah satunya yaitu bagus untuk menstabilkan hormon kortisol si kecil. Manfaatnya adalah memberi energi yang lebih besar kepada mereka, agar aktivitasnya bertahan lebih lama.

Bujuk Si Kecil Secara Halus

Jika si kecil masih sulit untuk diajak tidur, bujuklah dia. Salah satu cara terbaik adalah dengan membujuk dia bermain setelah tidur siang nanti. Cara ini sangat cocok juga jika anak-anak tengah asyik bermain di saat sudah memasuki jam tidur siangnya.

Jika sedang bermain bersama teman-temannya, berilah juga pengertian kepada teman-temannya. Katakan bahwa mereka memerlukan tidur di siang hari, dan boleh melanjutkan bermain nanti setelah tidur.

Jelaskan juga pada anak, bahwa mereka bisa melanjutkan menonton TV, setelah tidur siang nanti. Dengan cara ini, mereka akan mudah dibujuk.

Kesimpulan

Biasakanlah si kecil untuk tidur di siang hari. Pasalnya, ada banyak manfaat bagus yang bisa mereka dapatkan. Tidur siang juga dianjurkan di dalam agama Islam, dan juga di dalam dunia medis. Agar si kecil tumbuh sehat dan bugar, mulailah untuk membuat jadwal tidur siang saat ini juga.

Demikian ulasan seputar manfaat tidur siang untuk anak-anak dari pandangan Islam dan medis. Semoga bermanfaat dan bisa Anda aplikasikan setiap hari untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Baca Juga : Tanda Anak Kecanduan Nonton TV

Apakah sebaiknya Lampu dimatikan saat anak tertidur?

Menjelang tidur sebaiknya tidak terlalu banyak cahaya di dalam kamar. Redupkan lampu, namun jangan sampai gelap gulita. Ruangan yang terlalu benderang akan menyulitkan batita tidur lantaran belum tercapainya self-control yang optimal. Ia justru sangat tertarik pada cahaya. Terlalu benderang pun membuatnya sulit tidur pulas karena ruangan menjadi panas sehingga ia kerap uring-uringan. Sebaliknya kondisi gelap gulita berbahaya karena Anda jadi tidak dapat mengontrol keadaan anak dengan baik. Pada anak -anak yang tidak suka gelap pun, kondisi ini akan membuatnya tidak nyaman.

Diusia berapa anak akan mulai tidur sendiri?

Di usia 2-3 tahun sudah muncul dorongan untuk mandiri. Tetapi jangan berharap besar si batita langsung mau tidur di kamar sendiri. Ajarkan secara perlahan. Boleh saja si kecil tidur sekamar dulu dengan kakak, namun tempat tidurnya harus berbeda, terutama jika berlainan jenis kelamin. Jika di tengah malam ia mencari-cari orangtuanya dan meminta pindah lagi ke kamar, ya tak masalah. Intinya, jika anak belum siap, jangan paksakan. Tunggu ia sampai benar-benar siap. Umumnya pada usia 7 tahun anak baru benar-benar siap tidur sendiri.

Apa manfaat tidur siang bagi perkembangan anak?

Mendukung perkembangan emosional si kecil. Sebuah studi di PsychCentral.com mengungkapkan bahwa balita yang kurang tidur lebih mudah menunjukkan tanda-tanda kecemasan daripada balita yang cukup tidur. Balita sendiri setidaknya membutuhkan waktu tidur selama 14 jam sehari, yaitu 10-12 jam saat malam dan sisanya bisa dipenuhi dengan tidur siang. Menghindarkan stres dan kelelahan pada si kecil. Si kecil yang bermain di sekitar rumah saja bisa mengalami kelelahan dan rewel, apalagi jika ia sudah memasuki dunia sekolah seperti PAUD atau TK. Karena itu, tidur siang sangat penting untuk mengistirahatkan si kecil dari aktivitasnya. Menguatkan daya memori si kecil. Tidur siang dapat menguatkan memori si kecil karena selama tidur, otaknya diberikan kesempatan untuk memproses informasi yang diperolehnya dengan baik. Membuat tidur malam lebih berkualitas. Seperti yang telah disebutkan, tidur siang dapat menghindarkan si kecil dari stres dan kelelahan. Dengan membantu si kecil merasa tenang dan tidak lelah berlebihan hingga malam, ia akan lebih mudah terlelap saat malam hari. Mengurangi tantrum pada anak. Tantrum biasanya terjadi ketika si kecil lelah dan mengantuk. Karena itu, jangan tunda haknya untuk mendapatkan waktu tidur siang yang cukup.

(Visited 68 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us