Bagikan Artikel Ini:

Tidak sedikit orang tua yang masih menganggap bahwa kalau sekolah PAUD dan TK itu tidak begitu penting. Padahal mulai dari sekolah dini ini mereka diajarkan bagaimana cara berhitung, menulis dan membaca. Manfaat sekolah TK sangat banyak tapi sedikit yang menyadarinya.

Beberapa orang tua masih merasa berat mengeluarkan biaya untuk pendidikan di TK dan PAUD ini. Karena di dalam pikiran mereka untuk ilmu dasar anak bisa diajarkan sendiri.

Padahal banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan jika menyekolahkan anak di TK atau PAUD. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Tubuh Anak Lebih Sehat

Manfaat Sekolah TK dan PAUD untuk Anak-2

Anda sebagai orang tua tentu tidak setiap waktu menemani anak untuk belajar. Di waktu tersebut anak jadi kurang bergerak dan sangat terbatas geraknya. Dengan menyekolahkan anak ke TK atau PAUD anak lebih banyak bergerak.

Anak yang banyak bergerak akan menjadi lebih sehat. Karena peredaran darah mengalir dengan lancar. Di TK atau PAUD anak-anak bermain sambil melompat, merangkak, berlari, mendaki dan lainnya.

Aktivitas fisik tersebut sangat penting bagi kesehatan anak. Badan akan jadi lebih segar dan bugar jika dilakukan setiap hari.

2. Mengembangkan Motorik Anak

Saat anak Anda menginjak usia 2 tahun belum bisa menggunakan pensil dengan benar. Bahkan untuk sekedar memegangnya saja masih merasa kesulitan.

Ketika masuk TK atau PAUD ada guru yang membimbing secara intensif sehingga kemampuannya semakin meningkat. Anak Anda jadi bisa menggambar, menulis dan mewarnai.

Kemampuan motorik anak tidak bisa berkembang tanpa adanya latihan secara rutin dan terus menerus. Untuk itu jika Anda memang tidak bisa memberikan waktu lebih untuk anak, maka menyekolahkan ke TK atau PAUD adalah solusi terbaik.

3. Mengembangkan Komunikasi Anak

Di sekolah anak Anda akan bertemu dengan banyak teman-teman seusianya. Secara tidak langsung mereka sambil berkomunikasi baik ketika bermain atau sewaktu proses belajar mengajar berlangsung.

Aktivitas ini dapat membantu anak untuk mengembangkan komunikasinya. Sehingga anak dapat belajar bagaimana menyampaikan kalimat dan kata dengan baik.

4. Mengembangkan Kemandirian Anak

Fungsi sekolah TK dan PAUD dapat juga menumbuhkan tingkat kemandirian pada anak. Di sekolah anak Anda dituntut untuk melakukan hampir semua kegiatan sendiri.

Contoh kegiatan mandiri yang dilakukan anak adalah melepas celana sewaktu ke toilet, makan, melepas kaos kaki dan sepatu dan lainnya. Di sekolah TK dan PAUD juga dibimbing untuk melakukan hal sederhana secara mandiri.

5. Mengembangkan Bakat Terpendam Anak

Manfaat sekolah PAUD dan TK juga dapat mengembangkan bakat terpendam apa yang dimiliki seorang anak. Cara yang dilakukan bisa dengan mencoba berbagai kegiatan sehingga lama-kelamaan akan diketahui bakat anak.

Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat anak ini sangat penting sekali diketahui agar tahu arah hidup dan pekerjaan yang cocok untuk usia dewasanya kelak.

6. Mengembangkan Kedisiplinan Anak

Sekolah TK dan PAUD juga dapat mengembangkan kedisiplinan anak. Di sekolah anak-anak dibiasakan dengan tata tertib yang sudah dibuat sekolah dan harus dipatuhi semua warga sekolah.

Jika melanggar maka akan mendapatkan sanksi. Kebiasaan seperti ini bisa meningkat kedisiplinan pada anak dan tujuan akhirnya anak dapat menerapkannya dalam kesehariannya.

7. Mengembangkan Daya Cipta Anak

Tujuan anak sekolah TK dan PAUD bisa juga untuk mengembangkan daya cipta si anak. Di sekolah akan diajarkan oleh guru pembimbing bagaimana membuat mainan dari kertas, merangkai dan menyusun balok dan lainnya.

Kegiatan seperti ini dapat memicu kekreatifitasan anak sehingga dapat memunculkan daya cipta pada anak. Selama kegiatan anak bebas berimajinasi dan berkarya sesuai dengan kemampuan si anak.

8. Meningkatkan Keterampilan Emosional dan Sosial

Keterampilan sosial sangat diperlukan untuk anak terutama kelak saat nanti sudah dewasa. Di sekolah anak-anak juga dilatih dalam mengontrol emosi mereka sehingga lebih terkontrol lagi.

Anak kecil akan merasa lebih nyaman ketika berbaur dengan anak seusianya. Teman-teman di TK dan PAUD akan saling berinteraksi satu sama lain dan menjalin komunikasi. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan emosional dan sosial anak.

9. Mengembangkan Keterampilan Berbahasa dan Berbicara

Selama berada di dalam kelas dan proses belajar mengajar, bahasa yang digunakan adalah formal. Selama proses ini tidak semua anak bisa berbicara dengan baik dan benar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada guru yang siap memberikan bimbingan dan arahan.

Di sekolah TK dan PAUD juga akan diajarkan berbagai macam lagu sehingga bisa menambah kosakata yang dimiliki si anak. Selain itu kegiatan bermain sambil belajar juga bisa meningkatkan keterampilan berbahasa dan keterampilan pada anak.

10. Memahami Nilai Penting Kehidupan

Nilai penting kehidupan banyak sekali yang bisa dipelajari. Terkadang untuk masalah ini bukan hanya anak yang perlu belajar tapi orang tua juga penting untuk mengetahuinya.

Masih banyak orang tua yang belum mengetahui nilai penting kehidupan ini. Contoh nilai kehidupan adalah seperti nilai kebenaran, sopan santun, kasih sayang, ketuhanan dan lainnya.

11. Mempersiapkan Mental Anak

Anak kecil memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang pemberani, penakut dan pemalu. Nah, di sekolah TK dan PAUD anak akan dilatih yang tadinya pemalu jadi percaya diri, yang penakut dilatih agar menjadi pemberani.

Terutama nanti saat sudah memasuki tingkatan sekolah yang diatasnya seperti sekolah dasar (SD), anak akan lebih siap berteman dengan teman baru dan lingkungan baru.

Anak juga sudah siap dalam menerima pembelajaran formal seperti berhitung, membaca dan menulis. Tujuannya agar begitu masuk SD sudah bisa langsung mengikuti pelajaran dengan baik.

12. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Manfaat Sekolah TK dan PAUD untuk Anak-3

Contoh dari keterampilan kognitif ini adalah kemampuan anak dalam mengatasi segala masalah yang dihadapinya. Tanpa bimbingan yang ekstra dan rutin tidak mudah untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisa dan memahami masalah yang dihadapi.

Untuk itu sekolah TK dan PAUD sangat direkomendasikan sekali bagi orang tua. Anak yang bisa mengatasi masalah sendiri tidak terlalu bergantung dengan orang tua.

Keterampilan kognitif ini mendukung anak untuk selalu mandiri dan tidak manja. Ketika ada permasalahan yang dihadapi selalu berusaha mencari solusinya sendiri. Paling tidak bisa mengontrol dan tidak langsung menangis.

13. Mengajarkan Anak Tentang Keanekaragaman

Indonesia memiliki berbagai macam bahasa, suku, bangsa dan budaya. Selain itu sifat dan karakter yang dimiliki setiap orang memiliki keanekaragaman. Hal ini perlu diketahui oleh setiap anak sejak usia dini.

Contoh paling mudahnya adalah tentang keanekaragaman manusia, ada pria dan wanita. Mengenal berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan. Pada sekolah TK dan PAUD ini anak Anda akan diajarkan semua itu.

Jadi secara tidak langsung pengetahuan anak akan semakin kaya dan luas wawasannya. Di rumah Anda tinggal mengulang saja apa yang diberikan di sekolah. Karena jika pelajaran ini hanya dilakukan sendiri di rumah sangat sulit untuk bisa dipahami anak.

14. Membantu Anak Menemukan Mimpi Mereka

Di sekolah TK dan PAUD anak akan diceritakan apa saja profesi yang ada di dunia ini. Ketika anak sudah mulai memahaminya maka guru akan bertanya mimpi setiap anak tersebut.

Tentu anak kecil masih bingung dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru. Dari sini guru berusaha membimbing agar anak bisa lebih memahami dengan mimpi mereka tersebut.

Anak yang sudah tahu mimpinya sejak usia dini akan jauh lebih giat dan semangat dalam belajar. Mimpi juga bisa dilihat dari bakat dan kemampuan masing-masing anak. Tugas guru adalah melihat bakat anak dan coba untuk membimbing anak mewujudkannya.

15. Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi Religius

Jika Anda menginginkan anak Anda memiliki pribadi yang religius maka bisa menyekolahkan di TK dan PAUD yang memiliki kurikulum agama islam. Anda bisa melihatnya dengan budaya atau kebiasaan sekolah.

Misal sebelum masuk mengucapkan salam, sebelum makan berdoa, ketika masuk toilet dahulukan kaki kiri dan berdoa serta budaya penting lainnya.

Sekolah TK dan PAUD yang berbasis islam dalam kesehariannya selalu melakukan kebiasaan atau sunah rasul termasuk para gurunya. Anak juga akan diajarkan materi agama dan dongeng tokoh muslim seperti nabi-nabi.

16. Mengajarkan Nilai-Nilai Positif

Sekolah TK dan PAUD proses belajar mulai tahapan awal. Mulai sejak dini diajarkan bagaimana menjalin interaksi dengan baik, saling menghargai, saling menghormati dan lainnya.

Materi di TK dan PAUD itu ringan tidak terlalu berat. Anak akan diajarkan hal-hal yang ringan. Selama proses pembelajaran mereka diajak bermain sambil belajar. Jadi mood anak bisa tetap terjaga dan belajar menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Selama di sekolah anak akan selalu dibimbing dan diarahkan oleh guru bagaimana cara bertata krama, bagaimana bersikap kepada teman, guru dan orang tua, serta diajarkan untuk memiliki sikap sopan santun.

Dengan bekal perilaku yang baik diharapkan anak tidak terjebak kedalam pergaulan bebas kelak ketika dewasa. Sekarang ini marak sekali penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang. Dengan bekal pendidikan sejak dini bisa meminimalisir dewasanya memiliki sifat buruk.

17. Belajar Memberi Dan Menerima

Saat anak bermain dengan teman sebayanya bisa sambil belajar bagaimana cara memberi dan menerima. Ketika memiliki makanan lebih sedangkan temannya tidak memiliki maka bisa memberikan ke temannya.

Begitu juga sebaliknya teman yang tidak membawa atau memiliki makanan bisa menerima pemberian dari temannya. Bukan hanya tentang masalah makanan saja tapi lebih luas lagi menerima dan memberi dalam hal perlakuan teman ke diri anak.

18. Mengembangkan Otak Kanan

Di sekolah banyak sekali media pembelajaran yang bisa mengasah otak kanan si anak. Anak akan diajarkan menggambar, bernyanyi, berolahraga, bermain musik, komunikasi dengan teman yang bisa mengembangkan otak kanan si anak.

Anak juga akan diajarkan belajar bahasa asing sehingga bisa menambah kosa kata si anak. Bahasa asing dapat berfungsi mengaktifkan bagian otak anak Anda sejak dulu belum dapat berbicara.

Beberapa bahasa dapat meningkatkan jalinan saraf otak anak bisa tetap dalam kondisi baik dan terjaga. Hal ini terjadi seiring dengan pasokan darah ke otak yang meningkat.

Kesimpulan

Jadi tidak ada lagi kata ragu dan percuma untuk menyekolahkan anak ke TK atau PAUD. Beragam manfaat sekolah TK dapat Anda rasakan. Jika dihitung biaya yang dikeluarkan tidak ada apa-apanya dibanding besarnya manfaatnya.

Nah, jika Anda bingung rekomendasi sekolah TK dan PAUD terbaik, alangkah baiknya jika mencoba daftar di Sekolah Prestasi Global. Sekolah ini sudah terbukti mencetak lulusan yang berilmu, berakhlak dan berprestasi di semua bidang. Jadi yuk sekolah kan anak Anda di TK atau PAUD, jangan ragu lagi!

Baca juga: Mengenal Pola Asuh Permisif Serta Dampaknya Bagi Anak

Apa saja manfaat sekolah TK dan PAUD?

Tubuh Anak lebih sehat, mengembangkan motorik anak, mengembangkan komunikasi anak, mengembangkan kemandirian anak, mengembangkan bakat terpendam anak, mengembangkan kedisiplinan anak, mengembangkan daya cipta anak.

Apakah sekolah dapat mempersiapkan mental anak?

Sekolah TK dan PAUD anak akan dilatih yang tadinya pemalu jadi percaya diri, yang penakut dilatih agar menjadi pemberani.

Bagaimana cara mengembangkan komunikasi anak lewat sekolah?

Di sekolah anak Anda akan bertemu dengan banyak teman-teman seusianya. Secara tidak langsung mereka sambil berkomunikasi baik ketika bermain atau sewaktu proses belajar mengajar berlangsung.

(Visited 223 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us