Bagikan Artikel Ini:

Manfaat air hangat untuk mandi ternyata cukup banyak pada anak. Seperti diketahui kegiatan mandi cukup merepotkan terutama untuk balita, tetapi balita maksimal harus mandi 2 kali dalam sehari.

Apalagi untuk negara seperti Indonesia yang mempunyai iklim tropis, bayi boleh mandi setiap hari. Mandi air hangat sangat baik untuk bayi salah satunya karena kulitnya yang cukup sensitif dan mudah kering.

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Si Kecil

Anda tentu tidak ingin hal-hal buruk terjadi ketika anak sedang mandi. Maka dari itu pemilihan warm water adalah cara yang pas agar mandi si kecil lebih nyaman. Berikut beberapa benefit yang bisa anak dapatkan ketika mandi dengan warm water.

1. Relaksasi

Kesehatan tubuh buah hati sejak dini harus orang tua perhatikan. Bahkan ketika mandi, air untuk memandikannya juga harus orang tua perhatikan.

Lebih baik Anda sebagai orangtua memilih warm water untuk mandi anak karena punya manfaat untuk otot-otot anak. Memandikan buah hati dengan air hangat membuat anak lebih rileks. Karena meskipun tidak punya banyak kegiatan, tapi anak membutuhkan waktu santai.

Relaksasi bisa Anda lakukan dengan memandikan buah hati menggunakan warm water. Dan membiarkan anak menikmati waktunya di baby bathtub bayi. Warm water ini baik untuk mengendorkan otot-otot anak dan membuatnya beristirahat sejenak.

Sekaligus memandikan buah hati dengan warm water membuat peredaran darah lebih lancar, sebab bisa melepaskan persendian anak yang tegang. Setelah mandi biasanya anak akan segar kembali.

Karena segar dan tidak kegerahan, maka buah hati bisa melakukan aktivitas lain atau tidur lebih nyaman sesudah mandi.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

Apakah anak Anda cukup rewel ketika malam hari pada waktunya tidur? Jika iya, mungkin anda bisa mencoba untuk meningkatkan suhu air ketika anak sedang mandi saat sore.

Pertama untuk membuat buah hati rileks saat memandikannya dengan air hangat cukup penting agar membuatnya tidur nyenyak. Anda tenang saja meski membersihkan tubuh dengan warm water, suhu turun kembali normal setelah anak keluar dari bathtub-nya.

Perubahan suhu ini ternyata cukup penting karena akan memberikan sinyal ke otak buah hati bahwa ini waktu yang tepat untuk tidur nyenyak. Bahkan buah hati yang membersihkan tubuh dengan warm water cenderung bisa tidur lebih lama dan bangun lebih pagi.

Tentu ini akan memberikan kesegaran dan kesehatan yang lebih meningkat pada si kecil.

3. Revitalisasi Kulit Anak

Karena kesehatan anak perlu dijaga maka mandi air hangat merupakan cara yang tepat untuk membantu revitalisasi kulit anak. Tentu anda tahu bahwa selain sensitif, kulit balita juga cenderung lembut dan halus.

Maka dari itu penting untuk menjaga kelembutan dan kehalusan kulit bayi dengan memandikannya menggunakan warm water. Anda bisa memandikan balita menggunakan air hangat selama 10 menit dan rasakan manfaatnya.

Setelah memandikan buah hati menggunakan air yang lebih hangat, ternyata kulit balita lebih lembut. Proses penyerapan lotion atau pelembab untuk buah hati lebih mudah pada kulitnya.

Untuk kulit balita yang cenderung mudah sekali kering, menggunakan air hangat ini tentu bisa jadi solusi yang bagus. Jangan lupa memilih lotion dan juga pelembab balita yang aman serta memang mudah menyerap pada kulit buah hati.

4. Membantu Dalam Penyembuhan Otot Dan Persendian

Apakah Anda memiliki anak yang aktif bergerak? Untuk anak yang sangat aktif cenderung mudah terjatuh seperti terpeleset misalnya. Anak yang terpeleset tentu mengalami nyeri pada beberapa sendinya.

Sementara menggunakan pijat bayi, bisa cukup merepotkan karena balita cenderung rewel. Untuk pertolongan pertama Anda bisa memandikan balita dengan warm water karena punya benefit untuk merilekskan otot bayi.

Jika balita baru terjatuh cukup parah dan terpeleset, air hangat tidak hanya membuatnya rileks tapi bisa menyembuhkan bagian persendian. Selain itu air hangat saat mandi bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Namun tentu saja baby massage sangat penting ketika balita bisa saja alami cedera. Warm water hanya menjadi terapi penyembuhan balita atau pertolongan pertamanya.

5. Menjaga Suhu Tubuh Dan Kulit

Anak terutama pada balita punya suhu tubuh yang cenderung tidak stabil. Maka dari itu memandikannya dengan warm water bisa membuat tubuh balita tetap stabil dan akan meninggalkan sensasi hangat.

Kulit adalah organ terluar yang sangat berarti untuk perlindungan tubuh balita. Sehingga menggunakan warm water bisa lebih membantu untuk pengaturan suhu tubuh, pertukaran zat dan juga menjaga kecukupan cairan tubuh buah hati.

Karena itu penting juga untuk memilih warm water berkualitas bagi bayi. Misalnya dengan menggunakan water heater yang memiliki kualitas air bagus yang anti karat.

6. Membuat Rambut Lebih Halus

Membuat Rambut Lebih Halus - Sekolah Prestasi Global

Pada orang dewasa mencuci rambut menggunakan air sedikit panas cukup membahayakan karena bisa merusak akar rambut. Pada anak-anak justru berbeda, karena anak disarankan untuk mandi dengan air hangat. Sebabnya tentu saja komposisi rambut pada anak dan orang dewasa sangat berbeda.

Terutama untuk anak dengan jenis rambut keriting dan kering, penggunaan warm water bisa membantu membuka jalannya pori-pori kepala. Tentu saja ketika keramas, pemilihan jenis sampo juga efektif.

warm water juga sangat efektif untuk membilas rambut buah hati agar lebih halus dan berkilau. Apalagi untuk Anda yang sering mengoleskan minyak rambut pada anak. Air hangat membantu membilas rambut anak lebih mudah.

7. Perawatan Dengan Minyak Esensial

Agar kegiatan memandikan buah hati jadi lebih berkualitas maka anda perlu menambahkan minyak esensial pada air hangat di bathtub. Ini sangat membantu terutama bagi buah hati yang memiliki kulit kasar.

Beberapa tetes minyak essensial bisa membuat kulit anak menjadi lebih lembab.

Ada beberapa pilihan minyak yang baik untuk mandi. Seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan juga minyak almond.

Ketiganya bisa membuat kulit buah hati cenderung lebih mudah lembab. Cara pemakaiannya juga sangat mudah, yaitu minyak langsung teteskan pada air hangat di bathtub.

Setelah kira-kira minyak sudah tercampur di air, maka waktunya memandikan buah hati.

Suhu Air Yang Tepat Untuk Mandi Dengan Air Hangat

Setelah mengetahui manfaat memandikan buah hati dengan warm water untuk anak, tentu Anda bertanya-tanya berapa suhu air yang tepat untuk mandi.

Ternyata karena kulit bayi cukup sensitif dengan air panas sehingga sangat penting untuk melihat suhu air yang tepat.Sebaiknya ketika anak mandi tidak menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin, kulit balita cenderung lebih tipis dari orang dewasa.

Suhu air yang tepat adalah antara 37 derajat Celcius dan 38 derajat Celcius. Ini adalah sama dengan tubuh normal manusia.

Suhu yang normal seperti ini membuat balita tetap aman saat mandi dan tubuhnya juga tetap rileks.

Cara terbaik untuk mendapatkan warm water yang suhunya adalah dengan memasukkan air dingin terlebih dahulu ke bak mandi. Lalu kemudian campurkan dengan air panas.

Cara pencampuran ini bisa membantu Anda mendapatkan warm water. Untuk anak yang masih sangat balita, tidak disarankan untuk memandikan buah hati di bawah keran warm water.

Hal ini bisa membahayakan karena suhu air bisa tiba-tiba berubah dan anak bisa saja tersiram air panas. Kulit bayi yang terlalu tipis akan langsung melepuh saat tersiram air panas walau hanya sedetik.

Anda bisa memastikan apakah suhu air sudah pas atau belum sebelum memasukkan buah hati ke bak mandi. Caranya tentu saja dengan menggunakan termometer. Setiap rumah tentu memiliki termometer, apalagi ketika baru memiliki baby.

Tetapi ketika anda tidak memiliki termometer, cara yang tepat adalah dengan memeriksa air menggunakan siku. Siku adalah cara terbaik untuk pengukuran suhu tubuh sementara tangan kurang maksimal dalam mengukur suhu.

Mandi Air Hangat vs Mandi Air Dingin Pada Anak, Mana Yang Lebih Aman?

Mandi Air Hangat vs Mandi Air Dingin Pada Anak, Mana Yang Lebih Aman - Sekolah Prestasi Global

Meski banyak manfaat ketika membersihkan tubuh dengan air hangat untuk buah hati, beberapa orang percaya bahwa mandi air dingin tetap aman bagi si kecil. Apakah hal tersebut benar adanya?

Ternyata untuk anak yang masih kecil terutama pada balita, dengan temperatur 37 dan 38 derajat Celcius adalah suhu yang pas untuk mandi. Bahkan untuk ruangan sendiri perlu diatur saat bayi mandi, yakni tidak lebih dari 25 derajat Celcius.

Selain beberapa manfaat membersihkan tubuh dengan warm water yang sudah dijelaskan sebelumnya, ternyata mandi air hangat punya manfaat lain. Kotoran pada kulit balita jadi lebih mudah hilang.

Jadi anda tidak perlu menggosok terlalu kuat kulit si kecil yang cenderung sensitif dan tipis ketika mandi. Anak bisa saja Anda mandikan menggunakan air dingin tapi hanya boleh untuk usia 6 bulan keatas.

Karena pada usia dibawahnya anak belum punya pengaturan suhu yang sempurna. Hingga saat membersihkan tubuh menggunakan air dingin khawatir balita akan mudah menggigil.

Memandikan bayi dengan air dingin juga bisa mengkhawatirkan karena anak punya potensi untuk alami hipoksia dan hipoglikemia. Ciri-cirinya yaitu anak terlihat lesu dengan warna kulit yang pucat, anak mudah gelisah dan punya kesulitan bernapas.

Bahkan pada kasus yang lebih parah, memandikan anak dengan air dingin terlalu sering bisa memicu terjadinya SIDS. SIDS adalah Sudden Infant Death Syndrome mana dalam bahasa Indonesia disebut dengan kematian ranjang bayi.

Ciri-cirinya yaitu balita bisa meninggal mendadak dengan alasan yang tidak bisa dijelaskan padahal kondisinya tampak sehat. Tetapi tentu saja SIDS ini terjadi karena banyak faktor lainnya.

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa manfaat mandi air hangat bagi anak terutama pada bayi. Karena memandikan buah hati dengan warm water membuat anak lebih rileks, setelahnya anak akan segar dan aktif untuk melanjutkan aktivitas.

Anak setelah mandi akan merasakan segar dan tentu akan lebih produktif mengikuti pelajarannya di sekolah. Selain itu, perlu juga dukungan pendidikan yang baik dengan memasukkan anak ke sekolah berkualitas.

Misalnya dengan memasukkan anak ke sekolah Prestasi Global yang ada di Depok. Kami merupakan Sekolah Islam modern di daerah Depok. Dengan predikat Playgroup, TK, SD Islam terbaik di Depok dan Jakarta Selatan.

Kami memiliki misi yaitu sebagai Modern Islamic School dengan disiplin ilmu eksakta, sosial dan keagamaan. Untuk anak balita Anda bisa memilih program PG-TK yang fokus pada pengembangan diri anak usia dini di usia 3 sampai 6 tahun.

Sementara anak usia 6 sampai 7 tahun yang belum masuk usia sekolah, ikut KB-TK di mana di dalamnya membantu pengembangan potensi. Mulai dari ilmu disiplin, eksakta, keagamaan hingga sosial.

Baca Juga : 10 Tips Untuk Melatih Anak Jadi Pribadi Yang Mandiri

Apa saja manfaat mandi air hangat untuk si kecil?

1. Relaksasi
2. Meningkatkan Kualitas Tidur Malam
3. Revitalisasi Kulit Anak
4. Membantu Dalam Penyembuhan Otot Dan Persendian
5. Menjaga Suhu Tubuh Dan Kulit
6. Membuat Rambut Lebih Halus
7. Perawatan Dengan Minyak Esensial

Berapa suhu yang tepat untuk mandi dengan air hangat untuk si kecil?

Suhu air yang tepat adalah antara 37 derajat Celcius dan 38 derajat Celcius. Ini adalah sama dengan tubuh normal manusia. Suhu yang normal seperti ini membuat balita tetap aman saat mandi dan tubuhnya juga tetap rileks.

Apa bahaya dari memandikan balita dengan air dingin?

Memandikan bayi dengan air dingin juga bisa mengkhawatirkan karena anak punya potensi untuk alami hipoksia dan hipoglikemia. Ciri-cirinya yaitu anak terlihat lesu dengan warna kulit yang pucat, anak mudah gelisah dan punya kesulitan bernapas.

(Visited 29 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us