Bagikan Artikel Ini:

Tahukah anda jika kasus obesitas pada anak kian melonjak di Indonesia? Data dari Kemenkes menunjukkan bahwa 1 dari 5 anak pada rentang usia mulai 5 sampai 12 tahun mengalami obesitas. Jika buah hati anda cenderung mempunyai berat badan berlebih, khasiat jeruk nipis sebagai metode diet turunkan BB mungkin dapat membantu.

Bahaya Obesitas pada Anak

Bagaimana anak dapat disebut kegemukan atau obesitas? Menurut WHO (World Health Organization), obesitas terjadi saat lemak terakumulasi secara tidak normal/berlebihan pada tubuh.

Efek sampingnya bisa cukup berbahaya untuk kesehatan. Ini antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, sampai asma. Ternyata anak yang obesitas juga berpeluang lebih besar untuk mengalami patah tulang serta radang sendi.

Kegemukan faktanya juga dapat berdampak pada kesehatan psikis anak karena mereka rentan menjadi sasaran bullying teman atau bahkan saudaranya. Akibatnya, kepercayaan diri mereka bisa tergerus serta mengalami trauma yang terbawa hingga dewasa kelak.

Karena itu Bunda dan Ayah, jangan lalai selalu mengecek berat badan buah hati Anda apakah ideal dengan usia dan tinggi tubuhnya. Jika dirasa si Kecil cenderung mengalami kegemukan, Anda bisa memodifikasi menu makanan mereka dengan menambahkan jeruk nipis.

Siapa sangka buah yang rasanya masam ini mempunyai khasiat luar biasa untuk membantu menurunkan berat badan pada orang dewasa dan anak-anak.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Turunkan Berat Badan

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) atau beberapa orang ada yang menyebut jeruk pecel dapat tumbuh dengan mudah di Indonesia. Tidak heran harganya pun terbilang terjangkau dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai kuliner asli Tanah Air.

Dilansir dari NilaiGizi.com dalam 100 gram BDD (Berat Dapat Dimakan) terkandung nutrisi:

  • Energi 44 kkal
  • Protein 0.50 gram
  • Lemak 1.20 gram
  • Karbo 10 gram
  • Vitamin C 22%
  • Tembaga 13%
  • Fosfor 4%

Anda juga mungkin sudah sering mendengar bahwa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dapat membantu diet. Ini bukanlah mitos karena berdasarkan penelitian ilmiah kandungan jeruk nipis berkontribusi positif bagi pencernakan kita, terutama menurunkan bobot tubuh. Simak penjelasannya.

1. Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Semakin banyak vitamin C yang kita konsumsi ternyata dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Ini karena vitamin C dapat menunjang pembakaran lemak dalam tubuh hingga sebanyak 30%.

Dengan semakin berkurangnya tumpukan lemak dan massa tubuh maka penurunan berat badan dapat berlangsung lebih cepat.

Sekarang tahukah Anda jika konsumsi jeruk nipis berdiameter sekitar 5 cm menyediakan hingga 32% kebutuhan harian kita akan vitamin C? Kandungan vitamin C yang tinggi juga membantu mencegah dan meringankan gejala flu serta mempercepat penyembuhan pilek.

Memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang membantu penyembuhan luka.

2. Mengenyangkan Perut Lebih Lama

Selain vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan serat larut dan tak larut yang dapat memperpanjang proses pencernaan makanan pada lambung. Akibatnya anak merasa kenyang dalam waktu lama dan tidak tergiur untuk ngemil kudapan yang tinggi gula dan kalori.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selain terkait pencernaan adalah dapat menguatkan sistem imunitas tubuh anak secara efektif. Ini karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi dan berkhasiat untuk membentengi sel tubuh dari kerusakan akibat efek buruk radikal bebas.

3. Memperlancar dan Menyehatkan Pencernaan

Apakah si kecil kerap mengalami konstipasi atau sulit BAB? Mungkin inilah yang jadi biang keladi kegemukannya. Karena faktanya sembelit yang terjadi dalam waktu yang lama dapat memicu peningkatan bobot tubuh. Tidak heran jika anak-anak yang mengalami obesitas cenderung berperut buncit.

Masalah ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang berkhasiat memaksimalkan kinerja kolon (salah satu bagian dari usus besar). Ini karena kandungan serat pada jeruk nipis dapat merangsang pengosongan isi usus besar dalam waktu yang lebih singkat.

Serat bekerja dengan membantu kolon menyerap air serta melembutkan feses sehingga BAB pada anak jadi lebih lancar. Manfaat inilah yang menyebabkan munculnya istilah detox jeruk nipis.

Rasa masam pada buah juga berfungsi untuk mendukung proses pemecahan makanan oleh air liur agar kinerja pencernaan jadi lebih ringan. Dengan begitu kesehatan pencernaan anak juga jadi lebih terjaga sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat terserap lebih sempurna.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jeruk nipis juga mengandung polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang dapat mencegah akumulasi lemak tak sehat dalam tubuh. Selain itu polifenol juga mampu mempertahankan berat badan agar tak mudah naik.

5. Mendukung Pengikisan Kalori saat Berolahraga

Konsumsi jeruk nipis segar dan olahraga teratur adalah kombinasi yang efektif untuk mengatasi obesitas pada buah hati. Ini karena kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat meningkatkan pembakaran kalori saat anak tengah aktif berolahraga.

Saran Penyajian Jeruk Nipis untuk Diet

Saran Penyajian Jeruk Nipis untuk Diet - Sekolah Prestasi Global

Photo by Mateusz Feliksik on Unsplash

Walaupun jeruk nipis dapat membantu diet penurunan berat badan dengan efektif, namun konsumsinya juga jangan sampai berlebihan. Ini karena buah berkulit hijau tersebut membawa sifat asam yang dapat memicu gangguan pencernaan.

Jumlah jeruk nipis yang disarankan untuk tujuan diet adalah tak lebih dari 2 sampai 3 buah yang berukuran kecil.

Tidak ada waktu spesifik untuk mengkonsumsinya sehingga buah hati dapat minum air perasan jeruk nipis pada pagi, siang, atau sore hari. Sebaiknya sajikan minuman jeruk nipis dengan sedotan agar tak langsung bersentuhan dengan gigi karena beresiko merusak enamel atau lapisan luar gigi.

Sebagai referensi Anda, begini cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar agar berat badan cepat turun.

  • Pelaku pola makan food combining menjadikan air perasan jeruk nipis sebagai asupan pertama mereka di pagi hari. Tak hanya berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, minuman tersebut juga berfungsi sebagai tonik untuk menyegarkan organ hati.
  • Campuran perasan jeruk nipis dengan air hangat juga dapat membersihkan sisa metabolisme pada saluran cerna, serta menstimulasi pencernaan.

Cara membuat ramuan ini juga cukup mudah. Siapkan segelas kecil air hangat lalu tuangkan air perasan jeruk nipis dan aduk. Tidak perlu menambahkan pemanis seperti gula atau madu pada minuman.

  • Jeruk nipis juga dapat dicampurkan pada secangkir teh hijau hangat tanpa gula dan hidangkan kepada putra-putri Anda sebelum bersantap. Manfaat minuman ini adalah dapat membantu melunturkan lemak berlebih dalam tubuh.
  • Infused water adalah minuman kekinian yang terlihat estetik sehingga dapat menarik minat anak untuk mengkonsumsinya. Anda tinggal memasukkan potongan-potongan jeruk nipis ke dalam botol transparan lalu simpan dalam lemari es.

Bekalkan infused water tersebut saat anak pergi ke sekolah, jalan-jalan, atau bermain dengan teman-temannya.

  • Alih-alih mayonaise manis dan kaya lemak, mulai sekarang ganti dressing salad buah favorit si kecil dengan air perasan jeruk nipis. Beberapa hidangan sehat juga cocok diberikan tambahan sari jeruk nipis demikian, seperti hidangan salmon panggang.
  • Pada siang hari yang terik Anda bisa membuatkan minuman sari jeruk nipis segar untuk si Kecil yang kegerahan. Agar lebih menggugah selera Anda dapat menambahkan sedikit madu murni.

Manfaat jeruk nipis dan madu jika dikonsumsi teratur adalah dapat mempercepat penurunan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh.

Tips agar Diet Jeruk Nipis Bisa Efektif

Tips agar Diet Jeruk Nipis Bisa Efektif - Sekolah Prestasi Global

Photo by Adrià Crehuet Cano on Unsplash

Hanya mengandalkan konsumsi jeruk nipis saja tentu sulit untuk mencapai hasil diet yang memuaskan. Agar program penurunan berat badan buah hati berhasil, sebaiknya imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat sesuai rekomendasi Kemenkes

1. Cegah Anak Makan Sambil Nonton TV

Jangan membiasakan buah hati menonton televisi sambil makan atau mengudap. Kebiasaan ini cenderung membuat anak makan terlalu banyak karena sulit mengontrol porsi makannya saat tengah konsentrasi menikmati tayangan televisi.

2. Batasi Penggunaan Gawai

Anda perlu menetapkan batasan screen time alias penggunaan gawai untuk mengurangi kebiasaan rebahan sambil main hp.

3. Ajak Anak Aktif Bergerak di Luar Ruangan

Dorong putra-putri Anda untuk banyak beraktivitas di luar ruangan untuk membakar lemak di tubuh.

4. Hidangkan Sarapan Bergizi

Pastikan anak mendapatkan sarapan yang sehat agar kebutuhan energinya tercukupi untuk kegiatan paginya, misalnya sekolah. Pilih hidangan yang bernutrisi tinggi sekaligus mengenyangkan seperti roti gandum, buah potong, telur rebus, dan susu.

5. Hindari Jajan di Luar

Kurangi kebiasaan jajan dengan membawakan bekal makan siang dari rumah. Dengan begitu Anda bisa mengontrol asupan makanan si Kecil saat berada di luar rumah. Biasanya anak memang lebih suka menyantap snack atau kudapan yang rasanya lezat walaupun miskin nutrisi.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Anak-anak sebaiknya juga tak dibiasakan mengkonsumsi fast food, soda, makanan manis, gurih, dan berlemak sebagai biang keladi obesitas.

7. Tambahkan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Tambahkan lebih banyak sayur dan buah dalam menu harian si kecil. Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati Anda sehingga kesehatannya senantiasa terjaga. Sayuran dan buah segar juga kaya akan serat untuk menjaga kesehatan pencernaannya.

8. Biasakan untuk Makan Bersama

Sejak dini anak perlu dibiasakan bersantap bersama keluarga sehingga orangtua dapat memonitor asupan dan porsi makanannya setiap hari. Di masa pertumbuhan putra-putri Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat seimbang agar tahapan penting tersebut berlangsung optimal.

9. Olahraga

Selain itu anak juga perlu berolahraga secara teratur bukan semata-mata agar tidak kegemukan, tetapi juga untuk kesehatannya secara menyeluruh. Anda dapat mengajak si Kecil jalan-jalan atau berlari kecil di sekitar rumah. Bersepeda bersama juga bisa jadi alternatif olahraga keluarga yang seru.

Jika alasan anak malas olahraga karena tidak mau keringatan, Anda bisa mengajaknya untuk berenang. Alternatif lainnya adalah meminta anak memilih sendiri jenis olahraga yang ingin mereka coba atau pelajari.

Kesimpulan

Gaya hidup sehat, dukungan orangtua, serta ditambah khasiat jeruk nipis pasti akan membawa hasil yang menggembirakan dalam menurunkan berat badan putra-putri Anda.

Jika tahun ajaran yang akan datang si kecil sudah mulai bersekolah, pastikan anda memilih lembaga pendidikan yang tepat. Prestasi Global adalah Modern Islamic School yang menerapkan kurikulum pendidikan bernafaskan Islam.

Jangan ragu untuk menjadi bagian dari kami demi masa depan buah hati, generasi muda Indonesia berprestasi dan teguh memegang prinsip keislaman.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Mengaji

Apa manfaat jeruk nipis untuk turunkan berat badan anak?

Kandungan jeruk nipis berkontribusi positif bagi pencernaaan kita, terutama menurunkan bobot tubuh

Kandungan nutrisi apa saja pada jeruk nipis?

Energi 44 kkal, Protein 0.50 gram, Lemak 1.20 gram, Karbo 10 gram, Vitamin C 22%, Tembaga 13% dan Fosfor 4%

Apa hanya konsumsi jeruk nipis saja bisa mencapai hasil diet yang memuaskan?

Sebaiknya agar bisa mencapai hasil diet yang memuaskan imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat seperti : 1. Cegah anak makan sambil nonton tv 2. Batasi penggunaan hanphone 3. Ajak anak aktif bergerak di luar ruangan 4. Hidangkan sarapan bergizi 5. Hindari jajan di luar 6. Kurangi konsumsi makanan cepat saji 7. Tambahkan lebih banyak sayur dan buah 8. Biasakan untuk makan bersama 9. Olahraga

(Visited 98 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us