Bagikan Artikel Ini:

Jahe adalah tanaman rimpang yang menjadi salah satu jenis rempah yang paling penting bagi masyarakat Indonesia. Rimpang memiliki arti umbi yang memiliki bentuk seperti jemari yang menggembung bagian tengahnya dan memiliki ruas-ruas. Tanaman dengan nama latin zingiber officinale ini dikenal sejak dulu memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Jahe

Menurut catatan sejarah, tanaman jahe berasal dari daerah India dan menyebar ke seluruh Asia seperti Jepang, Tiongkok, Timur Tengah, Asia Tenggara hingga Indonesia melalui perdagangan internasional pada jaman dulu. Sejak bangsa Eropa menguasai daratan Asia, tanaman satu ini juga menjadi populer di Eropa. Tanaman yang termasuk dalam jenis tanaman obat ini memiliki rasa yang khas yaitu pedas. Rasa pedas ini disebabkan oleh kandungan utama jahe yaitu senyawa keton tepatnya bernama zingeron. Tanaman yang bisa tumbuh tegak hingga mencapai ketinggian 1 meter atau 100 cm ini bisa hidup selama bertahun-tahun. Bahkan tanaman ini sangat mudah untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Salah satu jenis tanaman jahe yang akhir-akhir ini mendapatkan popularitas akibat merebaknya pandemi COVID-19 adalah jahe merah. Khasiat jahe merah bisa digunakan untuk mengatasi penyakit yang mengganggu pernafasan seperti pneumonia atau paru-paru basah, meringankan sakit tenggorokan dan gejala batuk, hingga mampu meringankan penyakit Asma. Selain itu, jenis tanaman herbal ini juga memiliki banyak khasiat lain yaitu meredakan sakit kepala, meringankan penyakit kardiovaskular, menjaga daya tahan tubuh, hingga bisa menjadi bahan makanan untuk diet. Tidak hanya itu, tanaman satu ini sangat aman bila dikonsumsi oleh balita hingga anak-anak. Untuk mengetahui apa saja manfaat jahe bila dikonsumsi oleh anak-anak, simak informasi selanjutnya.

10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Anak

Untuk orang dewasa, minum teh jahe saat udara dingin ataupun saat kondisi badan tidak baik merupakan hal yang sangat menenangkan. Hal ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak Anda. Meskipun kemungkinan besar anak-anak Anda tidak menyukai rasanya yang pedas, jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mereka. Untuk memperkenalkan tanaman satu ini kepada anak-anak, Anda bisa secara perlahan memasukkan bumbu dapur ini ke dalam makanan mereka. Jangan secara langsung memaksa mereka untuk mengkonsumsi jahe. Selain bisa menimbulkan ketakutan dan trauma, hal ini juga bisa mengganggu pencernaan mereka.

Ada hal yang perlu Anda garis bawahi jika Anda ingin memberikan tanaman ini dalam bentuk minuman. Pastikan anak Anda sudah berumur lebih dari 2 tahun. Beberapa penelitian dimana salah satunya adalah University of Maryland Medical Center, menyebutkan bahwa jahe tidak boleh dikonsumsi oleh bayi. Alasannya adalah bayi belum memerlukan asupan gizi lain selain air susu ibu atau susu formula. Jika Anda memaksakan memberikan minuman ini kepada bayi, bisa berakibat fatal pada sistem pencernaannya. Jika anak Anda mengalami masalah kesehatan, lebih baik Anda berdiskusi dengan dokter anak Anda. Yang jelas, tanaman satu ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas. Dan berikut adalah 10 manfaat Jahe untuk kesehatan anak Anda:

1.    Mengurangi Gas dalam Perut

Anak-anak sangat rentan terhadap masalah pencernaan, salah satunya perut kembung. Perut kembung diakibatkan oleh terlalu banyaknya gas yang terdapat di dalam perut. Dengan menambahkan parutan jahe ke dalam air anak Anda, masalah gas dalam perut bisa diatasi.

2.    Memperbaiki Fungsi Organ Hati

Untuk menjaga fungsi organ hati dan melindunginya dari kerusakan akibat penumpukan racun, Anda bisa memberikan teh jahe kepada anak Anda.

3.    Menjaga Kesehatan Jantung

Tanaman herbal dan sering dijadikan bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Bahkan kandungan aktif yang dimiliki bisa mengontrol kekentalan Darah dan menjaga peredaran oksigen dalam darah. Hal ini secara langsung juga mempengaruhi kinerja jantung dimana metabolisme sel-sel balita Anda terjaga. Selain itu, resiko kram pada otot jantung bisa diminimalisir.

4.    Menyembuhkan Masalah pada Pencernaan

Masalah pencernaan pada balita dan anak-anak biasanya secara umum disebut sakit perut. Namun sakit perut ini bisa bermacam-macam jenisnya seperti perut kembung, dispepsia, kolik dan sebagainya. Sebuah buku yang berjudul Nature Cure for Children menyebutkan bahwa dengan memberikan setengah sendok kecil air jeruk nipis yang dicampur dengan perasan jahe sekitar seperempat sendok makan bisa meringankan dan menyembuhkan bermacam-macam masalah pencernaan.

5.    Mengurangi Masalah Mabuk Gerakan atau Mual

Apakah anak Anda sering mengalami mual bahkan muntah saat berkendara? Atau apakah anak Anda mengalami gejala motion sickness atau mabuk gerakan?. Untuk mengurangi muntah dan meningkatnya asam perut, Anda bisa menambahkan sedikit jahe ke dalam makanan atau minuman anak Anda. Sebaiknya berika beberapa saat sebelum perjalanan dimulai.

6.    Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Tanaman satu ini terkenal karena memiliki kandungan biokimia yang bisa mengendalikan dan mengatasi bakteri penyebab demam yaitu rhinovirus. Jika gejala demam, batuk dan pilek terjadi secara bersamaan, Anda bisa memberikan air bekas rebusan jahe kepada anak Anda. Hal ini bisa meredakan masalah penyumbatan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

7.    Mengurangi dan Mengobati Batuk Rejan

Pertusis atau yang lebih sering dikenal dengan nama batuk rejan Adalah sebuah penyakit saluran pernafasan yang menyerang paru-paru. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi bakteri. Anda harus berhati-hati jika penyakit ini menjangkit anak Anda karena penyakit ini masuk ke dalam jenis penyakit menular dan mematikan. Mengingat daya tahan tubuh anak masih berkembang dan belum sempurna, membuat mereka lebih rentan terkena batuk rejan dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk mengurangi gejalanya, Anda bisa mencampurkan rebusan Biji fenugreek sekitar setengah sendok makan dan air perasan jahe sekitar satu sendok makan.

8.    Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda menghadapi masalah dimana anak Anda tidak memiliki nafsu makan, Anda bisa memberikan jahe untuk mengatasi masalah ini. Salah satu manfaat tanaman herbal ini adalah memperbaiki sistem pencernaan anak dan meningkatkan nafsu makan dengan meningkatkan produksi getah perut dan air liur.

9.    Membunuh Bakteri Jahat

Jika anak Anda sangat aktif dan suka bermain di luar ruangan, maka anak Anda cukup rentan terkontaminasi bakteri dan virus jahat. Bahkan tidak jarang ada banyak balita yang suka memasukkan benda asing ke dalam mulut mereka. Anda bisa mengurangi pengaruh bakteri dan virus jahat ini dengan memberikan makanan dan minuman yang mengandung tanaman ini. Jenis-jenis bakteri yang bisa diatasi oleh jahe adalah salmonella, streptococcus, dan e. coli.

10.   Meringankan Influenza dan Bronkitis

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang teruji mampu mengatasi dan mengobati influenza. Senyawa yang ada pada tanaman ini bisa melegakan hidung dan tenggorokan dengan melemaskan otot-otot pada saluran nafas anak Anda. Sedangkan sesak nafas atau bronkitis adalah masalah pernafasan yang diakibatkan oleh peradangan membran mukosa. Untuk meringankan masalah ini, Anda bisa membuat minuman jahe dengan menambahkan satu sendok madu.

Cara Membuat Wedang atau Teh Jahe untuk Anak

Wedang jahe atau minuman sari jahe adalah minuman tradisional khas Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta yang sudah menyebar di seluruh nusantara. Untuk masalah khasiat sudah tidak usah ditanyakan lagi karena minuman hangat satu ini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika musim pancaroba tiba dan cuaca menjadi lebih dingin, menyeruput minuman satu ini bisa menghangatkan badan Anda. Tidak Hanya itu, minuman ini juga bisa membantu Anda dalam merilekskan pikiran. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat minuman hangat ini. Berikut adalah 5 cara membuat wedang jahe yang mudah:

1.    Wedang Jahe Bakar

Untuk membuat minuman ini, bahannya sangat mudah yaitu hanya jahe, gula merah dan air panas. Untuk takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cara membuatnya pun sangat mudah. Langkah pertama adalah membakar jahe hingga semua permukaan kulitnya terbakar dan Anda bisa mencium baunya yang khas. Kemudian masukkan gula merah ke dalam cangkir atau gelas, jahe bakar yang sudah dimemarkan, kemudian siram dengan air panas.

2.    Wedang Jahe Lemon

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat minuman ini adalah jahe yang sudah diparut, sereh, lemon, madu dan teh hitam (jika ada). Untuk membuatnya sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu merebus semua bahan yang ada kecuali lemon. Saat rebusan bahan sudah matang dan mendidih, matikan kompor dan saring. Terakhir, tambahkan air perasan jeruk lemon yang disesuaikan dengan selera Anda.

3.    Wedang Jahe Teh

Bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik minuman ini adalah jahe, teh bubuk secukupnya, kapulaga, madu dan air. Caranya paling mudah dimana Anda hanya perlu merebus semua bahan hingga mendidih. Setelah matang, angkat rebusan bahan dan saring. Tunggu beberapa waktu untuk menikmatinya agar susu teh tidak terlalu panas.

4.    Wedang Jahe Sereh

Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat minuman yang menyehatkan ini, yaitu sereh secukupnya, air, gula merah, jahe, daun pandan (jika ada) dan sedikit garam. Proses pembuatannya sangat mudah. Rebus semua bahan dalam panci kecil atau teko, lalu tunggu hingga mendidih dan air dalam panci sedikit berkurang. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan. Anda bisa langsung meminumnya atau menunggunya hingga sedikit hangat.

5.    Wedang Susu Jahe

Untuk membuat minuman ini, Anda memerlukan beberapa bahan yaitu susu, jahe bersih yang sudah dimemarkan, gula merah yang diparut halus, cengkeh, gula pasir dan kayu manis. Takaran atau banyaknya bahan bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Cara membuatnya juga lumayan gampang. Pertama-tama, masukkan susu dan jahe ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih dengan api yang kecil. Aduk terus hingga rata dan jangan sampai menggumpal. Masukkan kayu manis dan cengkeh dan aduk sampai rata. Kemudian, masukkan gula pasir dan gula merah dan tunggu hingga tercampur rata. Terakhir, koreksi rasa sebelum dihidangkan.

Demikianlah ulasan artikel mengenai berbagai macam manfaat jahe untuk kesehatan anak Anda. Pastikan jika kondisi anak Anda semakin memburuk atau tidak terjadi perubahan, lebih baik Anda segera berkonsultasi ke dokter anak langganan Anda. Semoga bermanfaat.

Apa manfaat jahe untuk kesehatan anak ?

Mengurangi Gas dalam Perut , Memperbaiki Fungsi Organ Hati , Menjaga Kesehatan Jantung , Menyembuhkan Masalah pada Pencernaan , Mengurangi Masalah Mabuk Gerakan atau Mual , Menyembuhkan Batuk dan Pilek , Mengurangi dan Mengobati Batuk Rejan , Meningkatkan Nafsu Makan , Membunuh Bakteri Jahat , Dan Meringankan Influenza dan Bronkitis

Bagaimana cara membuat wedang jahe bakar ?

Langkah pertama adalah membakar jahe hingga semua permukaan kulitnya terbakar dan Anda bisa mencium baunya yang khas. Kemudian masukkan gula merah ke dalam cangkir atau gelas, jahe bakar yang sudah dimemarkan, kemudian siram dengan air panas.

Bagaimana cara membuat wedang susu jahe ?

Pertama-tama, masukkan susu dan jahe ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih dengan api yang kecil. Aduk terus hingga rata dan jangan sampai menggumpal. Masukkan kayu manis dan cengkeh dan aduk sampai rata. Kemudian, masukkan gula pasir dan gula merah dan tunggu hingga tercampur rata. Terakhir, koreksi rasa sebelum dihidangkan.

(Visited 219 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us