Bagikan Artikel Ini:

Bermain menjadi cara anak untuk belajar seperti permainan spot the difference. Jika Anda belum tahu, permainan spot gambar adalah permainan untuk mencari perbedaan diantara 2 gambar yang hampir sama. Game mencari gambar bisa dimainkan oleh siapa saja bahkan oleh toddler sekalipun.

Permainan ini bisa membantu untuk melatih kemampuan otak baik kemampuan logis ataupun kreativitas, Untuk tahu lebih lengkapnya, apa saja manfaat dari permainan spot the difference bagi tumbuh kembang anak, simak informasi di artikel ini.
 

Manfaat Aktivitas Games Mencari Gambar

Manfaat Aktivitas Games Mencari Gambar - Sekolah Prestasi Global
 

1. Meningkatkan Kepekaan Anak

Pada dasarnya, anak-anak akan melihat orang dan kondisi yang ada di sekelilingnya. Anak-anak akan mengobservasi dan melihat secara jeli apa yang ada di sekitarnya. Mulai dari keluarganya hingga benda dan kondisi yang ada di sekitarnya. Dari observasi yang dilakukan tersebut, ada banyak hal baru yang bahkan anak-anak kurang mengerti. Misalnya mengapa jeruk yang masih mentah berwarna hijau dan yang sudah matang warnanya kuning. Pertanyaan sederhana seperti contoh tersebut, pengetahuan ataupun kepekaan anak akan teruji.

Untuk mengasah kemampuan anak seperti kepekaan, orang dewasa di sekitarnya seperti orang tua, memiliki peranan yang vital. Misalnya saat memainkan game mencari gambar Anda bisa menjadi pendamping. Baik sebagai orang yang merahkan anak untuk mendapatkan petunjuk ataupun mengkonfirmasi jawaban yang salah. Berikan anak waktu untuk mencari perbedaan antara 2 gambar atau 2 benda yang Anda sediakan. Anak-anak akan mencari sendiri perbedaan gambar sesuai dengan petunjuk yang Anda berikan. Namun, tetap sesuaikan jenis permainan spot the difference dengan kemampuan anak ya.

Misalnya anak yang masih berusia 3 tahun, jangan diberi gambar yang rumit. Berikan gambar sederhana dan berikan petunjuk untuk mencari perbedaannya. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi seperti, “Wah, hebat!” kepada anak.

Dalam bermain menemukan permainan, Anda tidak hanya bisa menggunakan gambar namun juga bisa mengamati kondisi sekitar. Dengan begitu Anda bisa melatih kepekaan anak, bermain sambil mengobservasi apa yang ada disekitarnya dan mendapatkan manfaat berikut:

  • Membantu anak untuk mengenali perbedaan antara hal yang satu dengan yang lainnya sehingga membantu membangun identitas sosialnya sendiri.
  • Membantu menurunkan bias (ketimpangan pandangan) dan rasis. Tentu manfaat ini akan maksimal ketika orang dewasa juga berperan dengan baik. Misalnya dengan memandu anak, mengenai gambar tertentu atau jika menemui gambar orang dengan warna kulit yang berbeda.

Dari hal kecil tersebut, Anda bisa menjelaskan lebih panjang terkait dengan perbedaan mengapa warna kulit orang bisa berbeda. Jika tidak, anak akan menyimpulkan sendiri perbedaan yang ditemukan dan itu tentu akan kurang baik efeknya untuk anak.
 

2. Tes Kesabaran Anak

Manfaat permainan mencari perbedaan juga bisa membantu untuk melatih kesabaran anak sejak dini. Kenapa kesabaran anak wajib untuk dilatih? Ini karena kesabaran akan membantu anak dalam menghadapi masalah di kehidupannya nanti. Kesabaran yang terbentuk dengan baik akan membantu anak untuk bersosialisasi dan membentuk karakter. Jika kesabaran tidak dibentuk sejak kecil, anak akan cenderung tumbuh menjadi seseorang yang mudah marah dan tantrum.

Bagaimana melatih kesabaran dengan bermain spot the difference? Caranya adalah Anda menyiapkan 2 gambar yang hampir sama. Sesuaikan kerumitan gambar dengan usia dan kemampuan anak Anda bisa memberikan kelonggaran untuk anak balita misalnya tidak ada batasan waktu kapan selesai. Untuk percobaan pertama, Anda bisa menyiapkan hadiah atau reward untuk anak. Misalnya jika bisa menemukan 5 perbedaan, anak akan dibelikan jajanan kesukaan.

Di percobaan pertama ini, Anda bisa melihat apakah kira-kira anak mampu untuk menemukan setidaknya 1 perbedaaan. Anda juga bisa melihat apakah anak cukup sabar untuk menemukan perbedaan yang ada di gambar. Dengan begitu, Anda bisa menentukan trik atau strategi agar kesabaran anak tetap terasah dengan cara yang menyenangkan. Kemudian Anda bisa aplikasikan di percobaan kedua.

Jika selama permainan berlangsung anak tampak bosan, Anda bisa mencoba mengalihkan perhatiannya. Misalnya dengan memberikan petunjuk kepada anak sambil mengobrol atau bisa menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan gambar tersebut. Ketika anak sudah berhasil, Anda perlu mencobanya lagi. Coba ajak untuk bermain lagi dan lagi agar anak terbiasa. Jika perlu, Anda dapat memberikan tantangan untuk anak Anda saat sedang bermain spot the difference.

Misalnya, anak baru boleh untuk bermain setelah Anda selesai ke kamar mandi. Sedangkan Anda meletakkan 2 gambar yang hampir sama serta reward, seperti coklat di depan anak. Cara ini akan membantu untuk lebih melatih kesabaran anak.
 

3. Mengasah Kecepatan Melihat dan Memahami

Ketika bermain mencari perbedaan gambar untuk anak TK, secara langsung, Anda membantu untuk mengasah kecepatan penglihatan pada anak. Bukan hanya itu, namun Anda juga melatih koordinasi antara tangan dan mata. Saat anak mencari perbedaan antara 2 gambar, anak akan melihat dan meneliti gambar yang ada menggunakan indera penglihatannya. Kemudian anak akan melingkari perbedaan dengan pensil atau menunjuk dengan tangan.

Lalu, kenapa mengasah penglihatan ini perlu untuk dilakukan? Ini karena keterampilan dalam memproses apa yang dilihat akan sangat membantu untuk perkembangan anak. Misalnya saat anak memahami materi yang akan diterima di sekolah. Hal yang perlu Anda ketahui adalah ketrampilan melihat anak tidak hanya sebatas melihat saja. Visual processing skill juga berkaitan dengan persepsi dan pemahaman dari apa yang dilihat. Jika kemampuan melihat anak tidak diasah sejak kecil, anak cenderung akan kesusahan saat mengenali atau memahami yang dilihat.

Apabila dibiarkan terus menerus sedangkan anak dituntut harus terus belajar dan memahami hal baru, maka anak akan stress. Akibatnya bisa berpengaruh pada kesehatan anak sendiri misalnya menjadi mudah sakit atau down. Sedangkan jika Anda mencoba melatih anak dengan spot the difference, anak tidak hanya akan diasah melihat dengan cepat namun juga memahami. Misalnya saat menemukan gambar yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut tentu akan membantu mengembangkan dan mempertajam kemampuan penglihatan dan pemahaman yang sudah dimiliki. Bahkan kemampuan verbal anak juga bisa meningkat. Caranya adalah dengan mengajak bicara kepada anak saat bermain. Seperti, menanyakan kepada anak bentuk atau benda apa yang berbeda dari permainan tersebut.
 

4. Mengasah Otak Kanan

Manfaat game mencari perbedaan gambar yang lain adalah membantu mengasah otak kanan. Seperti yang Anda tahu, bahwa manusia memiliki 2 bagian otak yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda. Jika otak kiri cenderung sebagai pengendali intelligent quotient yang berkaitan dengan angka, logika dan bahasa. Maka otak kanan berkaitan dengan emotional quotient, seperti kreativitas dalam melukis, bernyanyi, menari. Baik otak kiri maupun otak kanan, keduanya sama-sama perlu dioptimalkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan bermain spot the difference. Permainan ini dapat mengasah kemampuan otak kanan sehingga kemampuan kreativitas bisa berkembang. Apalagi, di usia 3 tahun pertama, kemampuan anak untuk menerima informasi dan mengasah kemampuan bisa lebih pesat. Kenapa spot the difference bagus untuk otak terutama otak kanan? ini karena saat anak Anda mencari perbedaan, anak akan melakukan pemikiran yang menyeluruh, menggunakan intuisi dan imajinasi. Dengan begitu, anak akan tahu apakah ada perbedaan atau tidak di kedua gambar yang diberikan tersebut.

Dalam mencari perbedaan ini, Anda bisa memberikan tantangan agar kemampuan otaknya semakin terasah. Namun, tetap sesuaikan dengan kemampuan anak ya, karena jika terlalu susah akan membuat anak enggan untuk bermain.

Bagaimana caranya memberikan tantangan? Anda bisa menggunakan gambar dari yang mudah ke sulit. Gambar yang mudah bisa diberikan untuk toddler sebagai pembelajaran. Sedangkan gambar yang agak sulit bisa digunakan untuk anak yang sudah terbiasa dan bisa memahami gambar tersebut.

Anda juga bisa meminta anak untuk memberikan warna pada gambar yang berbeda jika gambar yang Anda berikan tidak berwarna. Alhasil, anak tidak hanya akan berhasil untuk mengasah kreativitas, namun juga bisa mengekspresikan diri lewat warna yang diaplikasikan.
 

5. Belajar Ketelitian

Belajar Ketelitian - Sekolah Prestasi Global

Game mencari perbedaan tidak hanya membantu untuk mengasah kecepatan melihat namun juga mengasah ketelitian. Ini karena saat bermain mencari perbedaan gambar, anak akan memperhatikan. Bahkan hingga detail gambar tersebut. Tanpa ketelitian, anak tidak bisa mencari dan menemukan perbedaan gambar bahkan untuk gambar yang sederhana sekalipun.

Lalu, mengapa harus mengasah ketelitian? Ini karena ketelitian akan berpengaruh pada keberhasilan anak di masa depannya. Misalnya, dalam mengerjakan PR matematika, jika anak tidak teliti maka jawabannya akan salah sehingga nilainya menurun. Ketelitian juga akan membantu anak Anda untuk mempersiapkan sesuatu dengan lebih baik. Misalnya, anak Anda akan melakukan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Sebelum berangkat, tentu anak harus mempersiapkan barang apa yang wajib dibawa dan yang bisa ditinggalkan.

Jika anak tidak memiliki ketelitian yang baik, maka akan ada barang yang tertinggal, seperti peralatan mandi. Sedangkan jika anak teliti, maka resiko barang yang tertinggal juga akan lebih kecil. Bukan hanya itu, di dunia kerja, ketelitian juga wajib dimiliki oleh setiap orang terutama yang menyangkut mengenai data dan dana. Jika pekerja tersebut tidak teliti maka akan menyebabkan pekerjaan menjadi kacau.

Hal yang perlu diketahui adalah ketelitian seseorang tidak bisa diperoleh dengan cara yang instan. Perlu latihan dan juga waktu yang lama sehingga sifat dan sikap teliti tersebut dimiliki dan bisa bermanfaat di masa depan. Karena hal tersebut akan lebih baik jika Anda mengasah ketelitian anak sejak dini, misalnya dengan permainan spot the difference. Untuk pengenalan kepada anak, Anda bisa mencoba gambar yang mudah terlebih dahulu. Pilih gambar dengan tema yang paling disukai anak Anda agar anak Anda tertarik.

Setelah itu, seiring dengan kemampuan anak, Anda bisa memberikan gambar yang lebih rumit. Sebagai tantangan, Anda dapat memberikan batasan waktu. Jadi, dalam batasan waktu tersebut, Anda bisa tahu apakah anak Anda termasuk anak yang cukup teliti atau tidak.

Jadi, dengan bermain games mencari gambar, setidaknya Anda akan menemukan 5 manfaat yang sudah disebutkan di atas. Manfaat tersebut akan lebih maksimal lagi ketika sebagai orang tua Anda tetap mendampingi dan memberikan permainan ini sesuai dengan kesiapan anak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda ya.
 
Baca Juga : 5 Cara Melatih Anak Berpikir Kritis yang Tidak Hanya Aktif Bertanya
 

Sebutkan 5 Manfaat Aktivitas Games Mencari Gambar!

1. Meningkatkan Kepekaan Anak 2. Tes Kesabaran Anak 3. Mengasah Kecepatan Melihat dan Memahami 4. Mengasah Otak Kanan 5. Belajar Ketelitian

Bagaimana cara Tes Kesabaran Anak?

Bagaimana melatih kesabaran dengan bermain spot the difference? Caranya adalah Anda menyiapkan 2 gambar yang hampir sama. Sesuaikan kerumitan gambar dengan usia dan kemampuan anak Anda bisa memberikan kelonggaran untuk anak balita misalnya tidak ada batasan waktu kapan selesai. Untuk percobaan pertama, Anda bisa menyiapkan hadiah atau reward untuk anak. Misalnya jika bisa menemukan 5 perbedaan, anak akan dibelikan jajanan kesukaan. Di percobaan pertama ini, Anda bisa melihat apakah kira-kira anak mampu untuk menemukan setidaknya 1 perbedaaan. Anda juga bisa melihat apakah anak cukup sabar untuk menemukan perbedaan yang ada di gambar. Dengan begitu, Anda bisa menentukan trik atau strategi agar kesabaran anak tetap terasah dengan cara yang menyenangkan. Kemudian Anda bisa aplikasikan di percobaan kedua. Jika selama permainan berlangsung anak tampak bosan, Anda bisa mencoba mengalihkan perhatiannya. Misalnya dengan memberikan petunjuk kepada anak sambil mengobrol atau bisa menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan gambar tersebut. Ketika anak sudah berhasil, Anda perlu mencobanya lagi. Coba ajak untuk bermain lagi dan lagi agar anak terbiasa. Jika perlu, Anda dapat memberikan tantangan untuk anak Anda saat sedang bermain spot the difference. Misalnya, anak baru boleh untuk bermain setelah Anda selesai ke kamar mandi. Sedangkan Anda meletakkan 2 gambar yang hampir sama serta reward, seperti coklat di depan anak. Cara ini akan membantu untuk lebih melatih kesabaran anak.

Bagaimana Mengasah Kecepatan Melihat dan Memahami Anak?

Saat anak mencari perbedaan antara 2 gambar, anak akan melihat dan meneliti gambar yang ada menggunakan indera penglihatannya. Kemudian anak akan melingkari perbedaan dengan pensil atau menunjuk dengan tangan. Lalu, kenapa mengasah penglihatan ini perlu untuk dilakukan? Ini karena keterampilan dalam memproses apa yang dilihat akan sangat membantu untuk perkembangan anak. Misalnya saat anak memahami materi yang akan diterima di sekolah. Hal yang perlu Anda ketahui adalah ketrampilan melihat anak tidak hanya sebatas melihat saja. Visual processing skill juga berkaitan dengan persepsi dan pemahaman dari apa yang dilihat. Jika kemampuan melihat anak tidak diasah sejak kecil, anak cenderung akan kesusahan saat mengenali atau memahami yang dilihat. Apabila dibiarkan terus menerus sedangkan anak dituntut harus terus belajar dan memahami hal baru, maka anak akan stress. Akibatnya bisa berpengaruh pada kesehatan anak sendiri misalnya menjadi mudah sakit atau down. Sedangkan jika Anda mencoba melatih anak dengan spot the difference, anak tidak hanya akan diasah melihat dengan cepat namun juga memahami. Misalnya saat menemukan gambar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Hal tersebut tentu akan membantu mengembangkan dan mempertajam kemampuan penglihatan dan pemahaman yang sudah dimiliki. Bahkan kemampuan verbal anak juga bisa meningkat. Caranya adalah dengan mengajak bicara kepada anak saat bermain. Seperti, menanyakan kepada anak bentuk atau benda apa yang berbeda dari permainan tersebut.

(Visited 13 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us