Bagikan Artikel Ini:

Bermain dengan mainan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Ini kenapa, sebagai orang tua Anda harus memilih mainan yang tepat untuk anak-anak di rumah. Pilihlah mainan netral gender untuk anak. Untuk mainan netral gender untuk anak sendiri ada banyak jenisnya.

Kebanyakan orang tua biasanya membedakan antara mainan anak perempuan dan anak laki-laki. Secara tidak langsung hal ini berpengaruh pada perkembangan anak. Sebagai referensi untuk Anda yang ingin membeli mainan netral gender untuk si kecil di rumah. Beberapa mainan ini bisa masuk dalam list yang harus Anda beli.

1. Peralatan Menggambar

hiburan anak - Sekolah Prestasi Global

Photo by Peter Olexa on Unsplash

Setiap anak kecil suka menggambar, meski itu hanya berupa coretan abstrak tanpa bentuk yang benar-benar jelas. Ini mengapa peralatan menggambar menjadi mainan netral gender yang pertama, baik anak laki-laki maupun perempuan pasti suka kegiatan yang satu ini.

Untuk si kecil yang suka mencoret-coret sembarangan, Anda bisa menyalurkan kegemarannya ini dengan memberikan peralatan menggambar padanya. Baik itu pensil warna, krayon, cat air, ataupun spidol si kecil pasti menyukainya. Terlebih karena warna yang ada beragam.

Tapi Anda juga harus memperhatikan pembelian peralatan menggambar yang sesuai dengan usia si kecil, pastikan juga Anda mengawasi anak-anak saat mereka bermain dengan peralatan menggambar mereka. Untuk berjaga-jaga agar si kecil tidak memasukan peralatan menggambarnya ke dalam mulut mereka.

Baik anak laki-laki maupun perempuan, biarkan mereka bermain bersama. Karena ini termasuk mainan netral gender maka tidak ada salahnya membiarkan mereka bersenang-senang bersama.

2. Instrumen Musik

mainan netral gender - Sekolah Prestasi GlobalPhoto by Jelleke Vanooteghem on Unsplash

Sejak dalam kandungan si kecil sudah bisa mendengar suara. Ini mengapa instrumen musik termasuk mainan netral gender. Karena setiap anak tentunya menyukai musik.

Memberikan mainan musik pada anak memberikan banyak manfaat pada tumbuh kembang anak. Bermain instrumen alat musik bisa merangsang kreativitas pada anak-anak mampu meningkatkan kemampuan kognitif si kecil dan juga melatih perkembangan indera anak salah satunya indra pendengaran.

Memberikan mainan instrumen musik pada si kecil membuat si kecil mengenal jenis suara baru yang sebelumnya tidak pernah ia dengar. Setiap alat musik memiliki suara yang berbeda suara piano mainan akan berbeda dengan suara Drum kecil.

Biarkan si kecil bermain dan memainkan instrumen musik sesukanya agar kemampuan motoriknya berkembang dengan baik dan ana pun menjadi gembira dengan apa yang dilakukannya.

3. Replika Bangunan

Mainan netral gender yang berikutnya adalah replika bangunan atau sering disebut sebagai mainan rumah-rumahan. Dengan mainan yang satu ini anak akan diajak untuk mengembangkan kemampuan imajinasi yang dimilikinya. Mereka bisa membuat dan membangun rumah-rumahan sesuai keinginan mereka.

Permainan bangunan yang satu ini selain bisa dimainkan anak dalam segala usia juga mampu mengembangkan kemampuan motorik halus yang dimiliki oleh anak. Kemampuan anak untuk memecahkan suatu masalah juga akan dilatih dengan mainan yang satu ini.

Replika bangunan yang terbentuk dari susunan kayu ini mampu membantu anak untuk melatih kegigihannya dan juga kepercayaan diri yang ada dalam dirinya. Mainan ini juga menjadi salah satu mainan edukasi untuk anak.

4. Mainan Miniatur Hewan

Meski kebanyakan orang tua beranggapan jika mainan miniatur hewan hanya untuk anak laki-laki nyatanya hal ini salah. Mainan miniatur hewan menjadi mainan netral gender yang bisa anak-anak mainkan bersama, baik perempuan atau laki-laki.

Bagi si kecil yang sangat menyukai hewan, memberinya mainan miniatur hewan adalah pilihan yang tepat. Mainan miniatur hewan menjadi mainan yang akan membuat si kecil sibuk dengan imajinasinya.

Belum lagi pengetahuan si kecil tentang hewan akan semakin bertambah mainan ini juga membantu untuk menambah pengetahuan anak Anda tentang jenis-jenis hewan yang ada.

5. Peralatan Seni dan Kerajinan Tangan

Untuk si kecil yang mudah bosan dengan mainan yang ada, Anda bisa memberikannya peralatan seni dan mainan kerajinan tangan. Mainan yang masuk dalam kategori ini seperti lilin mainan warna-warni yang bisa membuat berbagai bentuk sesuai keinginan si kecil atau pun kertas lipat seperti origami.

Mainan netral gender yang satu ini akan menjadi hiburan anak yang tepat. Karena si kecil bisa membuat apapun sesuai dengan keinginannya sendiri menggunakan tangan mereka. Tentu anak Anda tidak akan mudah bosan dengan mainan yang satu ini.

Anda juga bisa ikut bergabung bermain dengan anak-anak dengan mengajak mereka membuat kapal terbang menggunakan kertas origami atau membuat prakarya menggunakan lilin mainan. Hal ini tentu akan menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak Anda.

6. Mainan Alat Kesehatan

Menjadi rekomendasi yang ke enam mainan alat kesehatan termasuk dalam mainan netral gender. Kebanyakan anak-anak sering mengatakan ini sebagai mainan dokter-dokteran. Satu anak menjadi pasien dan anak yang lain bertindak sebagai dokter yang akan memeriksa pasien.

Mainan ini tepat untuk anak laki-laki dan perempuan main bersama-sama. Keduanya juga bisa bergantian berperan sebagai pasien dan juga dokter.

Selain itu, mainan yang satu ini bisa membantu Anda untuk melatih anak-anak agar tidak takut saat harus pergi kerumah sakit. Ini karena si kecil tidak lagi asing dengan alat-alat yang akan dokter gunakan untuk memeriksa si kecil. Anda secara tidak langsung juga membantu si kecil menjadi lebih berani.

7. Mainan Peralatan perkakas

Meski mainan perkakas identik untuk anak laki-laki nyatanya mainan yang satu ini masuk dalam kategori mainan netral gender. Kacamata khusus, paku, palu, dan obeng mainan menjadi mainan yang tidak hanya anak laki-laki sukai tapi juga anak perempuan.

Mainan yang satu ini membantu Anda sebagai orang tua mengenalkan berbagai perkakas yang ada pada anak-anak. Selain itu, secara tidak langsung Anda juga mengajarkan jika anak-anak tidak bisa sembarangan bermain dengan perkakas yang sebenarnya mengingat bahaya yang mungkin terjadi.

8. Mainan Peralatan Dapur

Anda mungkin langsung berfikir jika ini menjadi mainan yang cocok dan hanya boleh menjadi mainan untuk anak perempuan. Tapi nyatanya, mainan peralatan dapur termasuk mainan netral gender.

Kenapa demikian? Ini karena memasak nantinya akan menjadi basic skill yang harus anak miliki. Maka itu mainan peralatan dapur menjadi mainan yang tepat untuk anak Bukan hanya sekedar pekerjaan yang hanya boleh anak perempuan lakukan.

Nyatanya sekarang banyak juga pria atau laki-laki yang memiliki pekerjaan sebagai koki. Maka itu pandangan buruk tentang mainan ini harus Anda hilangkan. Biarkan si kecil bermain dengan gembira, berikan mainan peralatan dapur yang berwarna-warni.

Mainan yang satu ini juga membantu Anda mengenalkan pada anak tentang peralatan dapur untuk memasak.

9. Peralatan Bersih-bersih

Sapu, alat pel, dan juga pengki bisa Anda berikan untuk anak Anda. selain menjadi mainan yang menyenangkan untuk anak, hal ini juga sebagai upaya untuk mengajari anak sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kebersihan rumah.

Dengan mainan netral gender yang satu ini Anda telah berhasil mengajarkan si kecil untuk bertanggung jawab dengan kebersihan lingkungan. Ini juga melatih anak untuk mengerti pentingnya merapikan dan meletakkan kembali mainan yang baru selesai si kecil mainkan.

10. Permainan Board Game

Permainan yang termasuk dalam kategori board games adalah permainan ular tangga maupun monopoli. Mainan ini menjadi rekomendasi mainan netral gender. Mainan ini menjadi mainan yang bisa Anda mainkan bersama keluarga Anda.

Selain menyenangkan mainan board games juga memiliki manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil.

Tips Memilih Mainan Anak

Memilih mainan untuk anak tentu tidak boleh sembarangan. Cara paling mudah Anda bisa mencari label SNI pada mainan yang ingin Anda beli. Sebab mainan dengan label SNI sudah melalui pengujian dan mendapat Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro).

Jika Anda ingin membeli mainan untuk anak Anda maka ada baiknya Anda mengikuti tips memilih mainan anak berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Usia dan Karakter Anak

Anda dapat melihat pada kemasan mainan yang Anda beli. Untuk anak usia berapa mainan itu. Memberikan mainan yang sesuai usia dan karakter anak juga berpengaruh pada perkembangan si kecil.

2. Baca Petunjuk Mainan dan Selalu Awasi Si Kecil Saat Sedang Bermain

Sebelum Anda memberikan mainan untuk si kecil baca terlebih dahulu petunjuk yang ada pada kemasan mainan. Pastikan jika mainan tersebut tidak berbahaya untuk anak. Anda juga harus selalu mengawasi si kecil saat bermain jangan sampai Anda lengah.

3. Cek dan Bersihkan Mainan Secara Teratur

Periksalah secara teratur apa ada sesuatu yang dapat membahayakan si kecil menempel pada mainan yang ada? Jangan lupa untuk membersihkan mainan secara teratur agar si kecil terhindar dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada mainannya.

4. Hindari Mainan Berdaya Listrik atau Mainan Magnet Untuk Anak – Anak

Jangan berikan anak mainan yang memiliki daya listrik ataupun mainan magnet ini karena dapat berbahaya untuk keselamatan si kecil. Selain itu masih banyak jenis mainan lain yang bisa Anda pilih selain dua jenis mainan berbahaya ini.

5. Jangan Berikan Anak Mainan yang Berbahaya Untuk Mereka

Seperti point nomor empat hal ini memiliki makna yang tidak jauh berbeda jangan berikan mainan yang dapat membahayakan keselamatan anak. Anda harus memberikan mainan yang aman untuk si kecil mainkan.

Penutup

Memilih mainan netral gender tentu tidak sulit karena ada banyak pilihan yang bisa Anda beli. Selain itu anda juga tetap harus memperhatikan keselamatan si kecil saat membeli mainan untuknya. Jangan berikan mainan yang berbahaya untuk si kecil.

Anda juga harus selalu memperhatikan si kecil saat bermain. Berikan juga mainan yang dapat merangsang kemampuan kognitif pada anak.

Sama seperti pentingnya memilih mainan netral gender untuk anak yang tepat dengan tumbuh kembang si kecil. Sebagai orang tua yang baik Anda tidak bisa sembarangan memilih sekolah untuk anak Anda.

Pilihlah sekolah yang tepat dengan nuansa yang nyaman dan juga suasana yang mendukung untuk perkembangan anak Anda. Kami di Prestasi Global akan membantu anak Anda untuk mengembangkan kemampuan yang si kecil miliki.

Kami menerapkan cara-cara agama islam dalam mengajarkan anak-anak dalam proses belajar. Dengan suasana yang nyaman dan bersahabat. Kemampuan anak Anda akan berkembang dengan lingkungan yang mendukung seperti Prestasi Global.

Baca Juga: 18 Permainan Anak Jaman Dulu yang Membantu Mengasah Kecerdasan Otak Anak Perbedaan Kualitas Otak Anak Jaman Dulu dan Sekarang

Apa saja mainan yang bisa masuk ke dalam list untuk di beli?

Banyak sekali daftar mainan yang dapat menjadi koleksi untuk di beli, misalnya ,eralatan menggambar, instrumen musik, replika bangunan, mainan miniatur hewan, Peralatan Seni dan Kerajinan Tangan, dan masih banyak lagi. Mainan diatas merupakan contoh jenis mainan netral gender untuk hiburan anak dirumah.

Jelaskan tentang permainan board games yang menjadi salah satu mainan netral gender untuk hiburan anak dirumah?

Permainan yang termasuk dalam kategori board games adalah permainan ular tangga maupun monopoli. Mainan ini menjadi rekomendasi mainan netral gender. Mainan ini menjadi mainan yang bisa dimainkan bersama keluarga. Selain menyenangkan mainan board games juga memiliki manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil.

Apa yang menjadikan permainan peralatan bersih-bersih menjadi mainan netral gender?

Sapu, alat pel, dan juga pengki bisa di berikan untuk anak. selain menjadi mainan yang menyenangkan untuk anak, hal ini juga sebagai upaya untuk mengajari anak sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kebersihan rumah. Dengan mainan netral gender yang satu ini maka telah berhasil mengajarkan si kecil untuk bertanggung jawab dengan kebersihan lingkungan. Ini juga melatih anak untuk mengerti pentingnya merapikan dan meletakan kembali mainan yang baru selesai si kecil mainkan.

(Visited 97 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us