Bagikan Artikel Ini:

Salah satu kisah nabi yang penting untuk diceritakan pada anak adalah kisah nabi yusuf. Pasalnya dalam cerita ini ada makna kekeluargaan yang sangat dalam yang baik untuk diceritakan pada anak. lalu bagaimana ceritanya? Berikut ini adalah ulasannya.

Asal usul keluarga Nabi Yusuf

Nabi yusuf adalah anak dari nabi yakub. Beliau adalah salah satu dari anak kesayangan yang dimiliki oleh nabi yakub. Nabi yusuf punya memiliki wajah yang tampan dan rupawan, ia juga memiliki 11 saudara. Keluarga ini tinggal di salah satu desa kecil yang ada di Mesir. Kisah bermula dari rasa sayang nabi yakub pada Nabi Yusuf yang lebih dari saudaranya yang lain sehingga menyebabkan saudaranya iri.

Salah satu mimpi Nabi Yusuf

Dalam kisahnya, diceritakan bahwa Nabi Yusuf pernah bermimpi bahwa beliau melihat 11 bintang yang tunduk padanya. Mimpi ini kemudian diceritakan pada ayahandanya yaitu nabi Yakub. Nabi yakub mengartikan bahwa Nabi Yusuf suatu hari akan menjadi seorang yang besar sehingga membuat saudaranya termasuk ayahnya tunduk padanya. Meski begitu, Nabi Yakub meminta nabi yusuf untuk menyembunyikan hal ini dari saudara-saudaranya.

Rancana jahat saudara Nabi Yusuf

Rasa sayang yang menurut saudara nabi yusuf diberikan secara tidak adil oleh nabi Yakub pada nabi yusuf menyebabkan saudaranya kesal dan pada akhirnya membuat rencana jahat. Rencana ini dilakukan untuk menyingkirkan nabi yusuf dari hidup mereka selamanya. Rencana dimulai dengan mengajak Nabi Yusuf untuk mengembala, setelah itu Nabi Yusuf dimasukkan dalam sumur dan ditinggalkan, saudara Nabi Yusuf berharap Nabi Yusuf akan mati di dalam sumur itu.

Setelah meninggalkan Nabi Yusuf di sumur, saudara Nabi Yusuf pulang dan menceritakan cerita palsu pada Nabi yakub. Dikatakan bahwa Nabi Yusuf telah mati karena diserang oleh serigala. Hal ini menyebabkan duka mendalam pada nabi yakub, beliau menangis selama berhari-hari dan pada akhirnya beliau mengalami kebutaan.

Nabi Yusuf dan kafilah 

Dalam pembuangan ternyata Nabi Yusuf tidak mati sesuai dengan yang direncanakan oleh saudaranya. Beliau mendapatkan rahmat dan perlindungan dari Allah SWT sehingga dapat bertahan di dalam sumur dan bertemu dengan kafilah yang melewati sumur tersebut. kafilah ini adalah orang-orang yang sedang dalam perjalanan ke Mesir untuk melakukan perdagangan. Dalam perjalanan tersebut mereka merasa haus sehingga mereka mampir ke sumur tempat Nabi Yusuf dibuang.

Saat akan menimba air di sungai, pada kafilah kemudian melihat ada orang di dalam sumur tersebut. mereka kemudian mengeluarkan orang yang merupakan nabi Yusuf tersebut keluar sumur. Sayangnya, kafilah yang menemukan Nabi Yusuf ini tidak menolong Nabi Yusuf dengan cuma-cuma, alih-alih melepaskannya, pada kalifah malah membawa Nabi Yusuf ke Mesir untuk dijual sebagai budak.

Nabi Yusuf dan zulaika 

Ternyata, cobaan yang didapatkan oleh Nabi Yusuf tidak selesai hanya dengan di perlakukan dengan buruk oleh saudaranya. Tapi juga mendapatkan perlakuakn buruk dari orang yang menolongnya yaitu dengan menjualnya sebagai budak di Mesir. Setelah dijual ke Mesir, Nabi Yusuf kemudian bekerja sebagai budak di rumah Raja Al Aziz. Raja Al Aziz memiliki seorang istri bernama Zulaika. Zulaika lambat laun menyukai Nabi Yusuf karena parasnya yang tampan. Karena menyukainy, Istri dari Al Aziz terus mendekati dan menggoda Nabi Yusuf. Sayangnya Nabi Yusuf tidak tergoda sedikit pun dengan wanita yang bukan mukhrimnya, hal ini membuat Zulaika merasa kesal dan menfitnah Nabi Yusuf telah menggodanya. pada akhirnya bab mengenai kisah nabi yusuf singkat ini diakhiri dengan masuknya Nabi Yusuf ke dalam penjara karena fitnah dari istri Al Aziz tersebut.

Nabi Yusuf dan Raja Mesir 

Nabi Yusuf yang mendapatkan fitnah keji ini masuk ke penjara, meski ada banyak cobaan bertubi-tbi tapi Nabi Yusuf tetap setia dan selalu berdoa pada Allah. Nabi Yusuf ini dipenjara di penjara istana pusat sehingga lebih dekat dengan kerajaan Mesir. Suatu malam, raja Mesir bermimpi cukup aneh. Raja Mesir tersebut melihat :

  • 7 ekor sapi gemuk yang dimakan oleh 7 ekor sapi kurus
  • 7 bulir gandum hijau
  • 7 bulir gandum kering.

Mimpi dari raja Mesir ini membuatnya waspada dan khawatir. Terlebih lagi, setelah ia mengerahkan seluruh tenaga tafsir mimpi yang ada di kerajaan tidak ada satu pun petugas tafsir mimpi dari kerajaan yang mampu memberikan tafsir mimpi ini dengan jelas. Hal ini membuatnya menjadi makin gundah karena ketakutan.

Suatu hari rekan 1 sel dari Nabi Yusuf yang sering mendengarkan Nabi Yusuf menafsirkan mimpi, menyampaikan hal ini pada petugas. Kemahiran dari Nabi Yusuf ini dalam menafsir mimpi pada akhirnya sampai ke telinga raja. Mendengar hal ini raja kemudian mengundang Nabi Yusuf yang merupakan seorang narapidana ke istana untuk mendengarkan tafsir mimpinya.

Nabi Yusuf pada akhirnya datang ke istana dan mendengarkan kegelisahan dari raja Mesir tersebut. setelah mendengarkan mengenai mimpi yang dimiliki oleh raja Mesir ini, Nabi Yusuf memberikan tafsir dari mimpi tersebut. menurut Nabi Yusuf dalam mimpi ini 7 ekor sapi gemuk dan 7 bulir gandum hijau melambangkan kemakmuran sedangkan 7 sapi kurus dan 7 bulir gandum kering melambangkan masa paceklik.

Artinya, negara Mesir akan segera melalui 7 tahun masa subur dan kemudian 7 tahun masa paceklik. Dengan tafsiri ini, Nabi Yusuf juga memberikan saran pada raja untuk bersiap dalam menghadapi paceklik di masa mendatang dengan menyimpan kelebihan bahan pangan yang di dapatkan selama 7 tahun di masa subur yang di alami oleh negara tersebut.

Mendengar tafsir mimpi dari Nabi Yusuf ini raja Mesir menjadi lebih lega dan pada akhirnya memberikan tugas bagi Nabi Yusuf untuk melakukan pengelolaan bahan pangan yang akan disimpan sebagai cadangan untuk menghadapi masa paceklik tersebut. setelah 7 tahun berlalu, ternyata tafsir mimpi yang di ungkapkan oleh nabi yusuf benar-benar terjadi dan singkat cerita tentang nabi yusuf ini seluruh tempat di Mesir mengalami kekeringan dan kekurangan bahan pangan.

Pertemuan kembali Nabi yusuf dan saudaranya 

Setelah tafsir mimpi yang dilakukan oleh yusuf menjadi kenyataan maka tidak ada satu jengkalpun bagian dari Mesir yang mampu menghasilkan bahan pangan tidak terkecuali di daerah tempatnya tinggal dahulu. hal ini menyebabkan kerajaan Mesir menjadi salah satu tujuan bagi orang-orang dari seluruh negeri untuk mendapatkan bahan pangan mereka.

Keluarga dari nabi yusuf yang juga mengalami masalah kekeringan ini pada akhirnya juga datang ke Mesir untuk mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan. karena Nabi Yusuf bertugas sebagai pengelola bahan pangan yang di perintahkan langsung oleh raja, maka ia juga melakukan pengawasan terhadap pengelolaan bahan pangan yang dibeli oleh rakyat. Dalam menjalankan tugas ini Nabi Yusuf tidak sengaja melihat saudara-saudaranya datang untuk membeli bahan pangan tersebut.

Meski sangat tergetar hatinya, Nabi Yusuf tetap berusaha tabah. Lewat orang lain, nabi yusuf meminta saudaranya untuk membawa anak terakhir dari nabi yakub jika ingin membeli bahan pangan dari kerajaan. nama anak nabi yusuf ini adalah benyamin.

Sepeninggalan Nabi Yusuf, Benyamin menjadi anak yang benar-benar di sayangi oleh Nabi Yakub. Ia bahkan tidak diperbolehkan ikut dan harus tinggal di rumah bersama dengan Nabi Yakub karena takut kehilangan anak tersebut seperti Nabi Yakub kehilangan Nabi Yusuf. Hal inilah yang menyebabkan benyamin tidak ikut serta dalam pembelian bahan pangan ini. Mau tidak mau saudara-saudara dari Nabi Yusuf ini kemudian pulang dengan tangan hampa dan menceritakan hal ini pada Nabi Yakub.

Benyamin ditahan di pusat kota Mesir 

Setelah menceritakan hal ini, maka mau tidak mau nabi yakub harus merelakan Benyamin ikut dengan saudaranya untuk mencari bahan pangan. Sampainya di kota, benyamin di panggil oleh Nabi Yusuf secara terpisah. Karena sudah tumbuh, benyamin juga tidak mengenali Nabi Yusuf yang merupakan kakaknya yang telah hilang.

Setelah mendapatkan bahan pangan, Nabi Yusuf kemudian memasukkan piala emas ke dalam tas dari benyamin. Hal ini menyebabkan Benyamin pada akhirnya harus tinggal di kota Mesir untuk ditahan. Hal ini menyebabkan saudara-saudaranya berduka dan menceritakan keadaan nabi yakub pada Nabi Yusuf yang tidak mereka kenal. Bahwa sepeninggalan anaknya, yaitu Nabi Yusuf, nabi yakub menjadi sedih, tidak berdaya dan menjadi buta. Mendengar hal ini, Nabi Yusuf kemudian memerintahkan saudaranya untuk meminta nabi Yakub datang ke ibu kota untuk menjemput Benyamin.

Pertemuan Nabi Yusuf dengan Nabi Yakub

Lagi-lagi saudara dari nabi yusuf pulang dengan membawa kabar buruk untuk ayah mereka. akan tetapi kali ini nabi Yakub masih memiliki harapan karena anaknya bisa pulang jika beliau datang ke Mesir. Singkat cerita Nabi Yakub akhirnya datang ke Mesir untuk mengunjungi putra terakhir yang dikasihinya. Hal ini mengantarkan Nabi yakub untuk bertemu dengan putranya yang dianggapnya telah tiada.

Karena matanya sudah rabun, maka Nabi yakub tidak bisa mengenali Nabi Yusuf. Merasa sedih dan tidak bisa menahan diri karena rasa rindunya,akhirnya Nabi Yusuf menceritakan siapa dirinya sebenarnya. akhirnya, Nabi Yusuf, Nabi yakub, benyamin dan keluarganya dipertemukan kembali sebagai sebuah keluarga. mereka kemudian tinggal di Mesir dengan bahagia.

Hikmah cerita

Dalam cerita tentang Nabi Yusuf ini, kita bisa belajar banyak hal. mulai dari kesetiaan Nabi Yusuf meski mengalami banyak cobaan hingga sifat pemaaf yang dimilikinya. meski Nabi Yusuf telah di perlakukan tidak baik oleh saudaranya, pada akhirnya Nabi Yusuf tetap memaafkan saudara-saudaranya tersebut dan mengajak mereka untuk hidup bersama dengan damai. Dalam kondisi ini Nabi Yusuf adalah orang yang sudah sukses dan menjadi orang kepercayaan dari Raja Mesir. Hal ini membuat Nabi Yusuf menjadi lebih hebat karena bahkan setelah di siksa dan menjadi orang besar ia mampu memaafkan saudaranya.

Selain itu, dalam kisah ini kita juga diajarkan untuk selalu mengutamakan dan mencintai keluarga. karena seburuk apapun kita, orang pertama yang akan menolong kita adalah keluarga kita sendiri. jadi tidak boleh melakukan hal yang buruk dengan keluarga. demiikian adalah kisah teladan nabi yusuf yang bisa diberikan, semoga menjadi cerita yang menghibur dan memberikan hikmah untuk pembelajaran.

 

Kesimpulan :

Kenapa cerita Nabi Yusuf menjadi salah satu kisah nabi yang Penting Di Ceritakan pada anak ?

Dalam cerita ini ada makna kekeluargaan yang sangat dalam yang baik untuk diceritakan pada anak.

Apa hikmah Kisah Nabi Yusuf untuk di ceritakan ke anak anak ?

Dalam cerita tentang Nabi Yusuf ini, kita bisa belajar banyak hal. mulai dari kesetiaan Nabi Yusuf meski mengalami banyak cobaan hingga sifat pemaaf yang dimilikinya. meski Nabi Yusuf telah di perlakukan tidak baik oleh saudaranya, pada akhirnya Nabi Yusuf tetap memaafkan saudara-saudaranya

Bagaimana Akhir kisah nabi yusuf ?

Nabi Yusuf, Nabi yakub, benyamin dan keluarganya dipertemukan kembali sebagai sebuah keluarga. mereka kemudian tinggal di Mesir dengan bahagia.

(Visited 2.534 times, 4 visits today)
WhatsApp WhatsApp us