Bagikan Artikel Ini:

Al Quran, adalah sumber kehidupan, pedoman hidup, dan petunjuk. Bukan hanya untuk umat muslim, namun tidak sedikit juga penganut agama lain selain Islam yang menjadikan Kitab Suci Al Quran sebagai rujukan untuk berbagai penelitian. Pasalnya, Al Quran bisa membuat kebingungan yang ditimbulkan jadi lebih terarah dan semua soalan terjawab.

Ada banyak sekali surat pilihan di dalam Al Quran yang dimanfaatkan oleh umat muslim dan non muslim. Mulai dari obat, penenang jiwa, pemecah masalah, solusi kehidupan, dan lain sebagainya. Maka, sangat tidak heran orang yang mengamalkan isi Al Quran hidupnya akan jadi lebih tentram dan damai.

Sejatinya, semua surat di dalam Al Quran yang merupakan wahyu Allah memiliki keistimewaan. Salah satu surat tersebut ialah surat Al Fatihah, yang dipercaya menjadi sumber dari solusi untuk semua masalah. Sesuai dengan artinya, yakni pembukaan surat Al Fatihah dijadikan sebagai awal pemula atas segala sesuatu pekerjaan baik.

Bukan hanya memiliki isi dengan arti cantik, akan tetapi surat ini juga mempunyai sejumlah manfaat lainnya. Manfaat surat al fatihah sangat banyak, tak terhitung. Namun kali ini akan dibahas beberapa saja di antara khasiat khasiat tersebut.

Mengingat, surat Al Fatihah adalah surat paling penting keberadaannya di dalam Al Quran, dimana surat ini terletak di awal bagian Al Quran saat kita membukanya. Tidak jarang, kelompok tertentu akan menjadikan surat ini sebagai pembuka dan penutup suatu acara.

Bahkan, Rasulullah sendiri pun menyatakan tidak akan sah shalat seorang muslim tanpa membaca surat Al Fatihah. Hal ini tentu saja dikarenakan surat Al Fatihah adalah rukun shalat dan wajib untuk dikerjakan. Dengan kata lain, surat satu ini memiliki kedudukan cukup penting di dalam shalat, atau bahkan hampir di setiap kegiatan baik lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, bahwa surat Al Fatihah mempunyai banyak sekali keistimewaan dan keuntungan bagi setiap umat muslim yang membacanya. Berikut ini akan dijabarkan sekilas seputar rahasia surat al fatihah. Silakan simak ulasan di bawah ini:

bacaan doa sehari-hari

1. Digugurkan Semua Dosanya

Layaknya umat biasa, tentu tidak luput dari dosa. Bahkan, kita bisa dengan mudahnya melakukan atau menumpuk dosa setiap harinya. Baik itu dosa yang kita lakukan secara sengaja maupun tidak disengaja.

Sama halnya dengan dosa, menggugurkan dosa pun terbilang tidak terlalu sulit untuk kita lakukan. Allah Maha Pengampun, setiap taubat dan ampunan yang kita pinta tentu saja akan dikabulkan, asal kita memintanya dengan sungguh sungguh. Tergolong itu dosa kecil dan besar, tetap akan mendapat ampunan dari Allah, kecuali murtad.

Berbagai cara telah Allah tetapkan dan diajarkan Rasulullah untuk memohon ampun kepada Allah. Salah satunya ialah dengan cara membaca surat Al Fatihah. Membaca surat Al Fatihah secara rutin dengan yakin dan ikhlas, Insya Allah akan menggugurkan semua dosa. Maka, tidak heran lagi jika surat ini mendapat posisi penting dalam bacaan shalat.

2. Diterima Seluruh Amalan

Apakah anda takut kebaikan atau amalan yang anda lakukan tidak akan diterima oleh Allah Subhanallahu Ta’ala? Jangan khawatir, anda bisa lebih sering membaca surat Al Fatihah dengan rutin dan ikhlas.

Khasiat membaca surat al Fatihah akan membuat Allah menerima semua amalan yang anda lakukan di dunia ini. Jangan pernah sekali kali meragukan janji Allah melalui wahyu wahyu Nya di dalam Al Quran. Maka, perbanyaklah membaca surat Al Fatihah, niscaya semua amalan anda akan diterima oleh Allah.

3. Mudah Segala Urusan 

Keistimewaan dan khasiat lain dari membaca surat Al Fatihah adalah mempermudah segala urusan. Tidak perlu risau terhadap sebuah persoalan yang akan anda hadapi. Cobalah mulai dengan membaca surat ini, Insya Allah semua niat baik anda akan tercapai sempurna.

Membaca surat Al Fatihah memang diyakini mampu melancarkan semua urusan dan masalah. Maka, adalah proses tepat jika pada sebuah acara akan diawali atau dibuka dengan membaca surat Al Fatihah secara bersama.

bacaan doa sehari-hari

4. Selamat Lidah Dari Api Neraka 

Tahukah anda, bahwa mulut, tepatnya lidah merupakan jembatan bagi seseorang menuju jalan neraka. Maka, sangat wajar jika ada pepatah mengatakan “mulutmu, harimaumu”. Dengan lidah, kita bisa ke surga dan dengan lidah pula kita bisa masuk neraka.

Peliharalah lidah dengan sering sering membaca surat Al Fatihah. Surat ini akan menjaga setiap pembacanya untuk terbakar dari panasnya api neraka saat hari kiamat kelak. Tentu membaca surat Al Fatihah minimal 5 kali sehari tidak terlalu berat untuk dilakukan, bukan?

5. Terhindar Dari Kemurkaan Allah SWT 

Semua umat muslim di seluruh dunia, pasti berusaha untuk menghindar satu hal, yakni, kemurkaan Allah SWT. Karena apa? Karena jika telah dimurka, maka hidup di dunia sudah tidak lagi berarti dan keberkahan hidup pun tidak akan didapatkan lagi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghindari kemurkaan Allah SWT adalah dengan membaca surat Al Fatihah lebih sering dan memohon ampunan dari Allah sebagai Sang Pengampun. Keutamaan surat Al Fatihah satu ini memang paling diharapkan oleh semua umat muslim.

6. Bisa Bertemu Dengan Allah SWT 

Siapa yang tidak ingin berjumpa dengan Allah SWT sebagai sang pencipta? Pastilah semua umat muslim memimpikan hal itu, bukan? Bertemu dengan Allah merupakan doa setiap umat di permukaan bumi ini.

Bagaimana kah caranya agar bisa berjumpa dengan Allah? Ada banyak jalan yang bisa ditempuh, mulai dari mengerjakan semua kewajiban yang diperintahkan, menjauhi semua larangan Allah, hingga dan satu lagi yakni membaca surat Al Fatihah. Membaca surat pilihan ini akan membawa seseorang termasuk anda bertemu secara mudah dengan Allah SWT saat hari kiamat nanti.

7. Bebas Dari Azab dan Siksa Kubur 

Sepertinya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin tersiksa ketika meninggal dan berada di dalam alam kubur. Pastilah anda dan kita semua menginginkan bisa tidur enak dan terbebas dari siksaan saat di kubur, bukan? Rasanya sungguh menyakitkan dan tidak bisa membayangkan harus terkena siksaan Allah setiap saatnya.

Nah, khasiat membaca surat Al Fatihah secara rutin dan ikhlas akan membantu terlepas dari siksaan dan azab kubur ketika meninggal. Sering seringlah membaca surat Al Fatihah dengan yakin dan hati ikhlas, Insya Allah janji Allah tentang melepaskan dari siksa kubur itu jadi nyata.

8. Mendapatkan Derajat Lebih Tinggi Ketika di Surga Allah SWT

Tidak dapat dipungkiri, semua umat Islam di permukaan bumi ini mengharapkan ridha Allah untuk masuk ke dalam surga Nya. Bukan hanya bisa masuk surge karena mengerjakan semua titah Allah dan menjauhkan larangan Nya. Akan tetapi, membaca surat Al Fatihah juga akan membantu mengangkat derajat saat berada di dalam surga dibandingkan pendudukan surga lain yang tidak sering membaca surat ini.

Bisa masuk surga dan memperoleh derajat tinggi yang diberikan oleh Allah SWT, adalah dambaan setiap insan di dalam bumi ini. Untuk itu, berusahalah menjadi umat patuh dan perbanyaklah membaca surat Al Fatihah.

9. Terhindar Dari Gangguan Jin dan Iblis 

Keutamaan dan manfaat bacaan Al Fatihah yang ke sembilan adalah mampu menghindar seorang pembaca dari gangguan jin juga iblis. Ketika hendak tidur di malam hari dan ingin terhindar dari gangguan jin, maka bacalah surat Al Fatihah sebanyak 3 kali. Insya Allah, tidur anda akan jadi lebih pulas dan tidak akan mendapat gangguan apa pun.

Ada banyak gangguan yang bisa anda alami saat dalam tidur. Mulai dari kelelahan di waktu siang hingga lupa berwudhu atau pun mencuci kaki, gosok gigi serta cuci muka. Maka, sebaiknya anda jangan lupa untuk membaca surat Al Fatihah yang diikuti oleh ayat Kursi agar bisa tidur lebih nyenyak.

Selain menjadi penjaga dan pengawal di waktu tidur, rupanya surat Al Fatihah diyakini juga sebagai obat penenang jiwa kala sedang istirahat. Maka, tidak heran jika surat satu ini cukup disarankan bahkan sunnah membacanya ketika hendak istirahat di malam hari.

10. Menjaga Rumah Dari Kebakaran 

Keutamaan dan keistimewaan lain yang bisa anda peroleh dengan sering membaca surat Al Fatihah di dalam rumah adalah menjaga rumah dari musibah, seperti kebakaran. Cobalah perbanyak baca surat Al Fatihah saat berada di dalam rumah guna menghindari rumah terkena musibah. Insya Allah, rumah akan selalu dijaga oleh Allah SWT karena sering mengingat Nya.

Tidak hanya itu saja, apabila sebuah rumah yang sering dibacakan surat Al Fatihah maka akan terhindar dan terlepas dari kefakiran dan berlimpah semua kebaikan. Bagaimana, apakah anda sudah membaca surat Al Fatihah hari ini?

11. Layaknya Bersedekah Emas di Jalan Allah 

Rasanya mustahil sosok umat bisa menyumbangkan sebatang emas. Tapi itulah janji Allah kepada siapa yang gemar membaca surat Al Fatihah. Keistimewaan membaca surat Al Fatihah sama artinya seperti bersedekah emas di jalan Allah. Emas yang anda sedekahkan untuk jalan Allah, maka tidak terbayang lagi balasan apa yang akan anda dapatkan dari itu semua. Pasti sangat mengembirakan, bukan?

12. Menutup Pintu Neraka

Dikatakan, membaca satu huruf dari Kitab Suci Al Quran akan memberikan satu sampa sepuluh kebaikan bagi orang membacanya. Namun, membaca satu ayat saja dari surat Al Fatihah akan menutup satu pintu neraka bagi anda yang membacanya. Oleh karena itu, sangat tepat jika surat Al Fatihah mendapat gelar sebagai surat penting kedudukannya.

Sepertinya bukan sebuah hal sulit bagi umat muslim untuk menghindari diri dari masuk neraka, bukan pula hal terlalu mudah bagi kita agar bisa masuk surga. Semua butuh yang dinamakan dengan ibadah, taat, tawakal, ikhlas hati, serta ridha dengan pemberian Allah. Untuk itu, selalulah baca surat Al Fatihah agar bisa mendapatkan apa yang anda harapkan.

13. Memperoleh Keberkahan Hidup 

Terakhir, doa surat Al Fatihah ialah mendapatkan keberkahan hidup. Merupakan surat pemula saat membuka Al Quran, maka senantiasa hidup jadi lebih baik dan berkah dengan membaca surat Al Fatihah lebih dulu sebelum memulai membaca Al Quran.

Semoga, kita bisa menjadi umat yang senantiasa mendapat lindungan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Mengapa Surah Al-Fatihah rata-rata dijadikan pembukaan pada suatu acara?

Karena Surah Al-Fatihah terletak di awal Al-Qur'an saat dibuka.

Mengapa ketika seorang muslim tidak sah shalatnya jika tidak membaca Surah Al-Fatihah?

Karena Surah Al-Fatihah adalah rukun shalat dan wajib untuk dikerjakan.

Apa yang terjadi jika seseorang telah dimurka?

Hidup di dunia sudah tidak lagi berarti dan keberkahan hidup pun tidak akan didapatkan lagi.

(Visited 2.275 times, 29 visits today)
WhatsApp WhatsApp us