Bagikan Artikel Ini:

Seperti yang kita ketahui saat anak dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Namun, sebagai orang tua tentunya tidak mampu untuk selalu mengawasi apa saja yang dimakan anak saat di sekolah. Keterbatasan waktu dari orang tua tersebut sebenarnya sedikit membahayakan seperti yang kita tahu saat ini jajanan yang beredar di lingkungan tidak terjamin kualitasnya. Berbagai kasus sering terjadi diantaranya ditemukan pewarna tekstil yang digunakan sebagai pewarna makanan, pengawet mayat pun juga digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Padahal, kita tentunya tahu hal ini tidak layak untuk ditambahkan dalam makanan. Seorang anak yang terjamin nutrisinya tentunya akan lancar dalam kegiatan belajar maupun bersosialisasi. Tidak bisa dipungkiri dibalik banyak jajanan yang tidak layak konsumsi, anda tetap bisa menemukan berbagai jajanan sehat untuk anak dengan penuh kejelian.

Umumnya anak usia sekolah seringkali mengkonsumsi makanan ringan anak – anak yang tentunya mengandung banyak pengawet buatan. Selain pentingnya pengawasan dari orang tua, pihak sekolah sebagai rumah kedua seorang anak biasanya juga memberikan edukasi bagi anak untuk tidak jajan sembarangan atau dengan membawa bekal ke sekolah. Seorang anak yang membawa bekal ke sekolah akan memiliki lebih banyak keunggulan, diantaranya ikatan psikologis yang terjalin antara orang tua dan anak akan semakin dekat serta bahan yang digunakan sudah tentu aman dan tentunya berkualitas. Jadi, apa saja resep jajanan anak sekolah untuk bekal si kecil yang sehat dan tentunya mudah dibuat di rumah?

1. Telur Gulung Mozzarella

Telur Gulung Mozzarella

Saat ini telur gulung kembali menjadi primadona, namun jika membeli di luar anda tidak bisa memastikan apakah minyak yang dipakai untuk menggoreng masih dalam kondisi baik dan baru atau sudah digunakan berkali – kali. Resep telur gulung ini sangat mudah, bunda hanya perlu menyiapkan telur, bawang putih halus, garam, lada bubuk, kaldu ayam, air matang, sosis, tusuk sate dan bisa juga ditambahkan keju mozarella untuk menarik minat anak mengonsumsinya. Saat bahan – bahan sudah siap, cara membuatnya pun amat mudah. Tusuk sosis dengan tusukan sate, campurkan sisa bahan dengan alat bantu corong lalu panaskan minyak dan tuangkan kocokan telur secukupnya kemudian gulung dengan tusukan sate. Angkat jika warna sudah tampak keemasan serta tambahkan mozarela di atasnya.

2. Kue Cubit

Kue Cubit

Jajanan ini pun kembali diminati, cara membuatnya pun cukup mudah. Anda juga bisa menggunakannya sebagai resep makanan ringan untuk dijual di sekolah. Bahan yang diperlukan dalam membuat kue cubit yakni, 150 gram tepung terigu, 1 sendok teh baking powder, 2 sendok teh bubuk matcha, 1 butir telur, 100 ml susu cair plain, 8 sendok makan gula putih, vanilla dan oreo serta meses untuk toping. Campurkan semua bahan kecuali bubuk matcha hingga adonan terasa licin, lalu bagi adonan menjadi dua, kemudian campur salah satu adonan dengan bubuk matcha dan panaskan cetakan yang selanjutnya diolesi dengan mentega. Adonan kemudian dituang dalam cetakan lalu dimasak dengan api kecil. Kemudian tunggu adonan setengah matang dan taburi dengan topping sesuai selera

3. Martabak Mini

martabak mini

Siapa yang tidak menyukai kudapan mungil nan manis ini? Semua anak pasti suka, apalagi jika ditambahkan dengan topping menarik seperti keju ataupun meses. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah dijumpai, yakni tepung terigu, gula pasir, baking powder, ragi instan, garam, baking soda, telur, susu kental manis, mentega yang telah dicairkan dan air. Cara membuatnya pun amat mudah, anda hanya perlu mencampurkan semua bahan ke dalam loyang kemudian ditambahkan air dan ragi lalu didiamkan agar mengembang. Adonan kemudian ditambahkan telur yang telah dikocok dan adonan siap dicetak serta dihias dengan topping lalu disajikan ataupun dapat ditempatkan dalam wadah bekal untuk anak sekolah. Selain sehat karena dibuat sendiri di rumah, tentunya martabak mini ini pun akan mengenyangkan.

4. Sosis Mie

Sosis Mi

Perpaduan sosis dan mi merupakan duo maut yang disukai setiap anak. Bahan yang digunakan pun mudah ditemui di sekitar anda. Bahannya antara lain mie instan, sosis, minyak dan saus tomat. Mi instan direbus hingga matang lalu lilitkan mie ke dalam potongan sosis. Goreng sosis yang telah terbelit dengan mie hingga berwarna coklat keemasan. Hasilnya bisa disajikan dengan saus.

5. Makaroni telur

Makaroni telur

Baru – baru ini jajanan makaroni telur atau yang umum dikenal dengan maklor kembali bersinar. Anak – anak mulai dari usia SD bahkan hingga SLTA senang menikmati kudapan ini. Jika anda ingin memastikan kudapan yang dikonsumsi oleh anak anda terjaga kualitasnya. Anda dapat membuat kudapan ini sendiri. Bahan yang anda perlukan antara lain, makaroni, telur, minyak, saus cabai, saus tomat, bawang putih halus, minyak ikan sayur, mentega dan merica bubuk. Makaroni terlebih dahulu direbus kurang lebih 10 menit. Setelah cukup matang, makaroni kemudian ditiriskan. Wajan yang telah berisi minyak panas serta mentega selanjutnya digunakan untuk menumis bawang putih halus hingga tercium bau harum. Setelah itu ditambahkan garam, merica bubuk dan telur lalu campurkan dengan makaroni kemudian orak – arik semua bahan agar tercampur rata dan dapat ditambahkan saus tomat dan saus keju. Makaroni telur yang sudah ditaburi dengan keju pun siap disajikan.

6. Es mambo

Es mambo

Kudapan yang satu ini cocok disajikan saat cuaca sedang terik. Kudapan yang tak lekang waktu ini bahkan hingga saat ini masih menjadi kudapan favorit di kalangan anak sekolah. Tentu anda harus was- was jika anak anda sering membeli ini dari sumber yang tidak anda ketahui. Alangkah lebih baik jika anda mampu membuat hidangan ini sendiri. Bahan – bahan yang diperlukan pun cukup sederhana yakni, susu cair rasa cokelat, cokelat bubuk, tepung maizena, gula pasir dan air matang. Campurkan tepung maizena dengan cokelat bubuk dan aduk rata lalu tambahkan segelas air sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan susu cair, gula dan 1 liter air. Setelah semuanya tercampur, didihkan diatas api kecil angkat dan kemudian diamkan hingga suhunya menghangat. Masukkan adonan ke dalam cetakan es dan bekukan dalam freezer.

7. Mie Lidi

Mi Lidi

Selain jajanan yang telah disebutkan di atas, mi lidi juga kembali menjadi kudapan favorit berbagai kalangan usia. Kerenyahan dan kegurihannya yang menyebabkan kudapan ini dirindukan banyak orang. Jika anda khawatir terhadap mi lidi yang beredar di luaran, anda dapat membuatnya sendiri dengan berbagai bahan – bahan sederhana antara lain, tepung berprotein tinggi, baking powder, air, penyedap rasa, tepung sagu, putih telur dan garam secukupnya. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan kecuali telur dan mengaduk hingga semuanya rata. Setelah itu anda dapat mengocok putih telur yang kemudian akan ditambahkan ke adonan tepung untuk selanjutnya diuleni hingga adonan tercampur rata. Setelah itu anda dapat menambahkan sedikit air dan mendiamkannya hingga 15 menit untuk menunggu baking powdernya beraksi. Jika sudah, anda dapat menggiling adonan menggunakan alat penggiling dan memotongnya menjadi kurang lebih 8 cm dan menggorengnya dalam api sedang hingga matang. Anda juga dapat menambahkan perasa seperti bubuk balado maupun bubuk cabe.

8. Pizza Mini

Pizza Mini

Roti yang berasal dari prancis ini selalu menjadi incaran anak – anak karena dihiasi berbagai macam topping dan keju. Sekarang anda tidak perlu lagi repot – repot membeli pizza di restoran pizza dengan ukuran yang sangat besar. Anda mampu membuatnya sendiri dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Jika anda ingin membuatkan bekal untuk si kecil, maka cukupkanlah ukurannya pada ukuran mini. Walaupun tidak bisa dikatakan bahan – bahannya mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Namun, proses pembutannya pun tidak terlalu sulit. Bahan yang perlu anda siapkan diantaranya, susu cair plain, tepung terigu, gula pasir, telur, ragi instan, margarin, pasta tomat, keju cheddar, sosis sapi serta parsley. Pertama, anda perlu menghangatkan susu dan menambahkan ragi instan. Jika ragi sudah aktif yang ditandai dengan munculnya buih, maka anda bisa menambahkan tepung terigu, telur, dan gula lalu campurkan seluruh bahan dengan alat bantu mixer. Setelah tercampur rata maka diamkan adonan 15 menit agar adonan mengembang. Setelah cukup mengembang kemudian kempiskan adonan dan timbang dengan berat kurang lebih 30 gram. Adonan yang telah siap dapat dicetak di dalam cetakan pizza mini lalu tambahkan saus tomat, sosis sapi, keju dan parsley. Panggan pizza dalam oven dengan api bawah kurang lebih selama 15 menit hingga matang seluruhnya. Anda juga bisa memanggang kembali di atas api untuk memastikan bahwa pizza sudah matang seluruhnya.

9. Jamur crispy

Jamur crispy

Jamu merupakan sumber makanan sehat yang dapat diolah menjadi berbagai kudapan. Bahan yang dapat digunakan pun sangat mudah ditemukan. Anda hanya perlu jamur tiram dan minyak goreng. Untuk bahan tepung pencelup anda dapat membuat sendiri dengan bahan – bahan sederhana diantaranya, tepung terigu protein sedang, bawang putih, merica bubuk, garam, baking soda dan air es. Sedangkan untuk tepung pelapis anda cukup mencampurkan tepung terigu protein sedang, tepung maizena serta sedikit garam. Cara membuat jamur crispy juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong jamur tiram sesuai yang anda inginkan. Lalu halus bumbu seperti bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Lalu tambahkan garam, merica bubuk dan baking soda untuk penguat rasa. Dalam wadah yang lain, anda dapat menambahkan es ke adonan pencelup dan aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Celupkan jamur tiram satu per satu dan gulingkan jamur di atas tepung tepung pelapis, kemudian remas sedikit agar terbentuk gumpalan di permukaan jamur. Setelah selesai anda dapat menggoreng dalam minyak panas hingga warna permukaannya menjadi kuning kecokelatan sebagai tanda bahwa jamur sudah matang. Jamur crispy yang sudah matang dapat ditiriskan dan disajikan sesuai selera anda.

Sudah cukup banyak bukan ide jajanan sehat untuk anak? Selain itu anda juga dapat menjualnya di lingkungan sekolah.

 

Kesimpulan :

Apa saja jajanan sehat untuk anak yang bisa kita buat dirumah ?

1.Telur gulung 2.Kue cubit 3.Martabak mini 4.Sosis mie 5.Makaroni telur 6.Es mambo 7.Mie lidi 8.Pizza mini 9.Jamur crispy

Bagaimana cara membuat jamur crispy ?

Anda hanya perlu memotong jamur tiram sesuai yang anda inginkan. Lalu halus bumbu seperti bawang putih, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelup. Lalu tambahkan garam, merica bubuk dan baking soda untuk penguat rasa. Dalam wadah yang lain, anda dapat menambahkan es ke adonan pencelup dan aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Celupkan jamur tiram satu per satu dan gulingkan jamur di atas tepung tepung pelapis, kemudian remas sedikit agar terbentuk gumpalan di permukaan jamur. Setelah selesai anda dapat menggoreng dalam minyak panas hingga warna permukaannya menjadi kuning kecokelatan sebagai tanda bahwa jamur sudah matang.

Apa saja bahan bahan yang anda perlukan untuk membuat makaroni telur ?

Bahan yang anda perlukan antara lain, makaroni, telur, minyak, saus cabai, saus tomat, bawang putih halus, minyak ikan sayur, mentega dan merica bubuk

(Visited 217 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us