Bagikan Artikel Ini:

Bagi Anda yang memiliki anak usia TK tentu tahu bagaimana pentingnya menyiapkan makanan untuk si kecil yang akan berangkat ke sekolah. Bekal anak TK menjadi penting mengingat asupan nutrisi dan gizi masih sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang.

Kondisi semakin dilema saat si kecil termasuk yang sulit makan. Kreativitas orang tua diperlukan untuk memastikan anak mau makan di sekolah sehingga nutrisinya tercukupi dan siap menerima pelajaran.

Bagi orang tua yang masih bingung memilih menu yang lezat dan sehat yang disukai anak, berikut ini kami akan ulas beberapa pilihan menu yang bisa Anda pilih untuk bekal si kecil:

1. Fillet Ikan Campur Wortel

Fillet ikan merupakan sumber nutrisi protein yang dibutuhkan si kecil untuk aktivitas berpikir di sekolah. Rasanya yang gurih biasanya disukai oleh anak-anak. Tepung sebagai sumber karbohidrat sangat pas dipadukan dengan ikan yang mengandung protein.

Tak cukup dengan karbo dan protein saja, Anda bisa juga mencampur fillet tersebut dengan sayur wortel untuk memperkaya nutrisi vitamin dalam makanan bekal si kecil tersebut.

Jadi walaupun si kecil tidak mau makan nasi dengan berbagai lauknya, kebutuhan nutrisi dari cemilan fillet ikan campur wortel ini sudah cukup lengkap.

2. Telur Omelet

13 Ide Bekal Anak TK yang Lezat dan Menyehatkan-2

Menu telur bisa menjadi pilihan variasi dari menu protein untuk bekal si kecil. Olahan telur cukup banyak, bisa telur rebus, telur mata sapi, telur orak-arik atau telur omelet yang memiliki campuran nutrisi lebih lengkap.

Telur omelet dilengkapi dengan sayuran untuk nutrisi si kecil yang lebih sehat. Jenis telur yang digunakan usahakan telur ayam kampung yang lebih sehat dan lebih nikmat. Selain itu juga bisa divariasikan dengan telur puyuh agar anak-anak tidak bosan.

Agar anak tidak jenuh dengan menu telur pastikan penyajian makanannya bervariasi. Bisa juga dipadukan dengan roti gulung sosis dengan telur dadar yang lebih lezat.

Kandungan protein pada telur sangat dibutuhkan si kecil sebagai sumber energi berpikir selama di sekolah.

Selain itu telur juga mengandung nutrisi vitamin B12 dan vitamin D. Kebutuhan nutrisi anak-anak membutuhkan vitamin tersebut.

3. Minuman Susu

Bekal anak TK 4 Sehat 5 Sempurna yang tak boleh Anda lupakan adalah susu. Jangan lupa membawakan bekal susu kepada anak TK. Asupan susu sangat penting bagi si kecil, terlebih bagi anak-anak yang sulit makan.

Susu yang mengandung protein, vitamin D, dan kalsium menjadi minuman yang harus dibawakan sebagai bekal anak selain air putih.

Hindari membawakan minuman lain yang mengandung pewarna yang tidak sehat. Ganti dengan susu dengan kandungan nutrisi yang lebih sehat dan menjadi kebutuhan utama untuk tumbuh kembang si kecil.

4. Sayuran

Variasikan menu bekal si kecil setiap harinya dan jangan lupa menyuguhkan menu sayuran pada menu hariannya.

Bagaimana cara menyuguhkan menu sayur yang lebih menarik bagi anak? Pertama pilihlah jenis sayur yang sudah familiar dengan aneka warna yang dipotong kecil-kecil.

Misalnya wortel rebus dipotong kecil, labu jipang dipotong kecil dan direbus, variasikan dengan kentang, brokoli atau kembang kol. Sajikan ukuran yang lebih kecil sehingga si kecil lebih mudah memakannya.

Selain itu, penyajian model bento juga membantu anak bisa tertarik dengan sayur. Usia TK memang menjadi tantangan bagi orang tua untuk mengajarkan anak menyukai sayur. Kreasi orang tua dibutuhkan agar anak bisa tertarik dan mau mencoba sayuran.

5. Nasi Gulung Ikan Sayur

Makan nasi putih biasa tentunya sudah sangat sering dilakukan anak-anak. Lama-lama anak-anak akan cepat bosan apalagi jika menu lauk yang Anda sajikan itu-itu saja dan tidak bervariasi.

Anda bisa menyuguhkan menu bekal nasi yang berbeda dengan cara disajikan dalam bentuk nasi gulung yang diisi dengan lauk ikan atau ayam dipadukan dengan sayur. Buat ukuran yang tidak terlalu besar sehingga anak lebih mudah menyantap dan menghabiskannya.

Tampilan makan yang unik seperti ini akan membuat anak tertarik dan mau mencobanya. Selain itu makanan unik ini juga akan membuat anak bangga di depan teman-temannya. Tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

6. Nasi Bola-Bola Sayur

13 Ide Bekal Anak TK yang Lezat dan Menyehatkan-3

Bosan dengan nasi gulung, Anda bisa mencoba menu nasi bola-bola yang dicampur dengan sayur. Jenis sayur yang bisa Anda gunakan untuk campuran nasi misalnya bayam dan wortel yang dipotong halus sehingga bisa menyatu dengan nasi.

Sayur tersebut bisa lebih dulu Anda tumis hingga matang dengan bumbu lalu dicampur dengan nasi dan dibuat bentuk bulat-bulat. Cara ini membantu Anda mengajarkan makan sayur kepada anak Anda. Pastikan ukuran sayur kecil dan bisa menyatu dengan nasi agar lebih mudah dibentuk.

Padukan nasi bola-bola tersebut dengan protein seperti ikan fillet, ayam goreng atau telur yang diolah sesuai selera si kecil.

7. Nugget Ayam Sayur

Anak-anak umumnya menyukai menu ayam dan lebih suka jika dibawakan bekal ayam setiap hari. Ayam goreng biasanya menjadi menu favorit anak usia TK. Lalu bagaimana caranya agar komposisi nutrisi si kecil bisa seimbang?

Pertama usahakan tetap memberikan variasi protein jangan hanya dari ayam saja tetapi juga bisa dari ikan untuk protein hewani yang dikonsumsi. Bila si kecil tetap bersikeras menyukai ayam, maka coba variasikan olahan ayam sehingga lebih tinggi komposisi gizinya.

Bagaimana caranya? Membuat nugget ayam yang dicampur dengan aneka sayur akan membuat komposisi gizi ayam bisa lebih lengkap. Anak-anak yang suka makan ayam kadang-kadang enggan makan sayur. Maka nugget ayam sayur bisa menjadi alternatif makanan untuk melengkapi gizi sayur yang dibutuhkan.

Nugget yang sehat untuk anak adalah nugget yang Anda buat sendiri dengan campuran bahan-bahan bergizi yang lebih terjamin.

Hindari penggunaan penyedap saat membuat nugget dan upayakan rasanya menjadi lezat karena penggunaan bumbu alami yang dapat menciptakan rasa dan aroma yang lebih khas pada nugget yang dibuat.

8. Variasi Masakan Ayam

Menu bekal anak TK yang cukup favorit selanjutnya adalah ayam. Sudah menjadi fakta umum jika anak-anak menyukai ayam goreng. Lebih suka ayam dibanding ikan. Jika anak menyukai ayam, maka cobalah membuat variasi olahan yang lebih kaya dengan gizi.

Salah satunya misalnya ayam cah paprika dan sayur lainnya. Ayam dicampur dengan sayuran segar yang lebih kaya kandungan nutrisinya.

Potong kecil-kecil ukuran ayam dalam sayur, termasuk sayurnya pun ukurannya perlu diatur agar anak-anak lebih mudah menyantap dan menghabiskan makannya.

9. Roti Gulung Sosis

Bila ingin membawakan anak cemilan untuk di sekolahnya, maka roti gulung sosis yang dilapisi telur bisa jadi pilihan cemilan.

Komposisi telur, roti dan sosis cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yakni karbohidrat, protein, dan vitamin lainnya.

Bila saat pagi Anda tak sempat memasak banyak makanan untuk bekal si kecil, maka roti gulung sosis bakar yang dilapisi telur dadar akan menjadi cemilan bergizi yang membantu kebutuhan nutrisi harian anak di sekolah.

10. Telur Dadar Kentang

Bila si kecil susah makan nasi, maka Anda bisa membuat olahan telur dadar kentang yang dicampur sayur. Rasa telur yang sudah dicampur kentang tersebut akan lebih khas sekaligus mengenyangkan.

Usahakan seminimal mungkin tidak menggunakan minyak. Tipiskan ukuran telur dadar agar kentangnya cukup matang. Kentang sebaiknya direbus lebih dulu bukan digoreng. Lumat kentang yang sudah dihaluskan dengan telur lalu kocok. Masak seperti martabak tipis-tipis lalu potong-potong dan dimasukkan ke dalam wadah bekal.

Anda bisa menambahkan irisan wortel, daun bawang, paprika atau yang lainnya untuk memperkaya nutrisi telur dadar tersebut.

11. Rolade Tahu Sayur Telur

Selain kentang, bahan dasar menu untuk bekal anak ke sekolah yang bisa Anda olah adalah tahu. Rolade tahu yang dicampur dengan sayur dan telur juga menjadi pilihan menu sehat yang menarik bagi anak TK.

Komposisi tahu, telur, dan sayur cukup kaya dengan nutrisi protein hewani, nabati dan sumber vitamin dari sayur yang digunakan. Potong bulat-bulat rolade tahu sayur dan telur, letakkan di wadah bekal anak.

Rolade ini bisa dikonsumsi untuk cemilan sekaligus makan berat jika anak enggan makan nasi. Jangan lupa bawakan bekal susu untuk menyempurnakan nutrisi yang dikonsumsi.

12. Nasi Bento Sederhana

Menu makanan anak TK yang menarik dan kemungkinan besar akan disukai anak adalah nasi bento. Anda perlu belajar bagaimana membuat bentuk nasi bento dari menu sederhana yang ada di rumah. Sayur, telur, nasi, mie, dan lainnya bisa Anda kreasikan menjadi menu makanan dengan tampilan yang menarik selera anak.

Potongan sayur dan buah bisa dibentuk sedemikian rupa, model telur atau potongan daging ikan maupun sapi bisa ditambahkan untuk membuat tampilan nasi bento lebih menarik di mata anak.

13. Mie Sayur

Banyak anak yang suka dengan menu mie dan tidak mau makan nasi. Jangan memberikan menu mie instan yang tidak sehat, tetapi cobalah menggunakan bahan mie sayur aneka warna yang biasanya dibuat tanpa pengawet dengan campuran bahan sayuran yang kaya nutrisi.

Mie wortel biasanya berwarna kuning, mie bayam berwarna hijau, mie ubi jalar berwarna ungu, dan warna-warna lainnya sesuai dengan warna dasar sayur yang digunakan. Anda bisa memilih warna mie seperti warna yang pada umumnya ada di pasaran. Olahan mie ini tetap Anda padukan dengan menu protein baik nabati atau hewani dan serat yang kaya vitamin.

Dalam satu pekan pastikan bekal yang Anda berikan bervariasi. Jangan monoton itu-itu saja memberikan pilihan menu dan sajian. Anak-anak akan bosan, malas makan dan merasa tidak percaya diri di hadapan teman-temannya. Anak-anak akan tumbuh sehat dan siap menerima pembelajaran dengan kurikulum berkualitas.

Bila Anda selama ini sudah serius mempersiapkan bekal anak TK Anda setiap hari dengan menu-menu berkualitas, pastikan juga pendidikan si kecil di sekolah yang berkualitas. Sekolah Prestasi Global siap mendidik putra-putri Anda yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas dengan kurikulum yang lebih lengkap antara pembelajaran materi agama dan umum.

Baca juga: 18 Manfaat Sekolah TK dan PAUD untuk Anak

Apa saja 4 Sehat 5 Sempurna?

4 Sehat 5 Sempurna terdiri dari nasi atau makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu.

Bagaimana untuk bekal anak yang tidak menyukai nasi?

Orang tua bisa memberikan menu mie, namun jangan mie instan yang tidak sehat. Tetapi cobalah menggunakan bahan mie sayur aneka warna yang biasanya dibuat tanpa pengawet dengan campuran bahan sayuran yang kaya nutrisi.

Apakah ada menu cemilan untuk anak?

Tentu saja ada. Bila ingin membawakan anak cemilan untuk di sekolahnya, maka roti gulung sosis yang dilapisi telur bisa jadi pilihan cemilan.Komposisi telur, roti dan sosis cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yakni karbohidrat, protein, dan vitamin lainnya.

(Visited 464 times, 6 visits today)
WhatsApp WhatsApp us