Bagikan Artikel Ini:

Salah satu bentuk stimulus untuk mendukung perkembangan anak adalah smell sensory play. Aktivitas ini merupakan permainan sensori yang memiliki tujuan melatih indera penciuman.

Permainan sensori adalah cara sempurna untuk mengeksplorasi dan melatih panca indera anak. Melalui ulasan ini, kami akan memberikan beberapa ide aktivitas dan juga penjelasan mengenai manfaatnya.

Harapannya agar para orang tua tidak fokus pada aktivitas sensorik yang terbatas pada sentuhan saja. Mengingat touching sensory menjadi aktivitas yang paling mudah implementasinya.

Ide Aktivitas untuk Menstimulasi Indera Penciuman

Aktivitas touching sensory mungkin paling menarik bagi anak. Mereka bisa menyentuh banyak benda. Tapi, Anda juga bisa mengajak mereka belajar sambil bermain menggunakan indera penciumannya.

Apa saja rekomendasi aktivitas untuk bermain dengan indera penciuman?

1. Smell It and Guess

Aktivitas pertama adalah tebak-tebakan. Namun, anak harus menutup mata saat melakukan permainan ini. Beberapa orang mengenal aktivitas ini sebagai blindfold sniff test.

Anda bisa mengumpulkan beberapa jenis bahan. Mulai dari bahan makanan, bumbu dapur, atau apapun yang punya bau agak kuat. Pastikan bahan yang Anda gunakan untuk permainan sensori ini aman untuk anak-anak cium ya.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan bahan berikut:

  • Es krim
  • Bawang putih
  • Lemon
  • Durian
  • Stroberi
  • Semangka
  • Bubuk kopi
  • Seledri
  • Rempah-rempah
  • Sabun mandi

Setiap bahan sebaiknya Anda tempatkan di wadah berbeda. Biarkan anak mencium baunya tanpa menyentuh tekstur si bahan. Untuk buah, Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu agar mudah untuk digunakan.

2. Fun With Smelling Bottles

Permainan sensori ini bisa Anda terapkan untuk anak segala usia. Berbeda dengan aktivitas sebelumnya, mata anak tak perlu tertutup. Karena di sini, mereka perlu indera penglihatan untuk menyelesaikannya.

Caranya mudah sekali. Kumpulkan beberapa botol kecil kosong di rumah. Tak harus baru, namun pastikan kondisinya bersih, steril, dan aman digunakan.

Isi tiap botol dengan minyak esensial berbagai aroma. Misalkan bunga lavender, rose, dan lain-lain. Pemilihan aroma bunga ini cocok bagi anak yang punya alergi serbuk bunga.

Namun, tak hanya aroma bunga. Anda juga bisa mengganti dengan aroma lain seperti kunyit, tea tree, kayu manis, ekstrak vanila, dan lain-lain.

Selanjutnya Anda bisa memilih salah satu kegiatan di bawah ini untuk menyelesaikan permainan:

  • Cocokkan Aroma

Untuk cara ini, Anda harus membuat setiap aroma ada di 2 botol berbeda. Jadi, misalkan Anda pakai 4 aroma, maka siapkan 8 botol.

Berikan tanda di 4 botol pertama dan kedua untuk membedakan. Kemudian, tandai di bagian bawah botol untuk mendapatkan aroma yang cocok.

Biarkan anak mencium aroma. Minta mereka cocokkan aroma yang sama. Di akhir permainan, lihat jawaban mereka benar atau tidak dengan melihat tanda di bawah botol.

  • Gunakan Gambar

Siapkan gambar dari tiap aroma yang ada di botol. Biarkan anak mencium satu botol.

Lalu minta mereka tebak gambar mana yang sesuai dengan aroma tadi. Setali tiga uang, Anda bisa memanfaatkan permainan ini untuk smell sensory dan visual sensory.

3. Tea Bag Matching Game

Tea bag adalah salah satu penghuni dapur yang memiliki banyak varian rasa. Mulai dari teh hijau, melati, jasmine, mawar, jahe, dan lain-lain. Manfaatkan varian rasa ini untuk bermain dengan anak.

Pertama, persiapkan beberapa aroma tea bag yang berbeda. Setiap aroma ada 2 kantong teh ya. Letakkan kantong teh pertama di dalam bungkusnya dan kantong teh kedua di wadah lain.

Biarkan anak mencium tea bag yang ada di dalam pembungkusnya. Kemudian, minta mereka mencari pasangan teh tersebut di kumpulan teh yang Anda letakkan di wadah lain.

4. Dinosaur Smelly Swamp Sensory Bin

Dinosaurus adalah salah satu karakter yang banyak disukai anak-anak. Manfaatkan ini untuk mengenalkan mereka pada berbagai jenis aroma.

Siapkan bahan yang diperlukan:

  • Wadah/kontainer yang agak besar
  • Rempah dan daun-daun beraroma yang bisa Anda gunakan (mint, rosemary, kemangi, dan lain-lain)
  • Mainan dinosaurus

Susun rempah dan daun-daun di dalam wadah. Buat layaknya kebun atau hutan kecil dengan pepohonan dari daun hijau dan bebatuan dari rempah.

Ajak anak menjalankan karakter dinosaurus dengan menghancurkan dedaunan untuk makanan mereka. Kemudian injak bebatuan dari rempah. Aktivitas ini akan membuat rempah dan daun tadi mengeluarkan aroma.

Sambil bermain, ajak anak menebak aroma bahan-bahan yang Anda gunakan dalam permainan sensori ini.

5. Misteri Play Dough Beraroma

Play Dough - Sekolah Prestasi Global

Photo by Julietta Watson on Unsplash

Permainan ini tak kalah seru dengan sensory play sebelumnya. Anda hanya perlu dua bahan saja. White play dough dan aroma makanan tertentu. Untuk play dough, Anda bisa membuatnya sendiri agar lebih aman untuk anak.

Anda bisa menggunakan resep ini atau mencari resep sendiri di internet. Di Youtube ada banyak pilihan menarik kok, jangan khawatir.

Setelah play dough jadi, bagi menjadi beberapa bagian. Lanjutkan dengan mencampur masing-masing aroma ke play dough tadi.

Jika Anda menggunakan minyak esensial, mungkin tidak akan merubah warna play dough. Namun, penggunaan pewarna makanan alami cenderung mengubah warna.

Pilihannya Anda bisa menutup mata anak ataupun tidak saat bermain. Sama halnya dengan permainan sebelumnya, anak harus mencium aroma setiap play dough dan menebak aromanya.

Ajak anak diskusi untuk mengingat apakah mereka pernah makan atau minum sesuatu dengan aroma tadi. Atau mungkin mereka pernah mencium aroma tersebut di suatu tempat.

6. Melukis dengan Bubuk Rempah

Bermain dengan warna adalah favorit anak segala usia. Apalagi jika Anda membiarkan mereka berkreasi sendiri. Manfaatkan momen ini untuk menstimulasi indera penciuman mereka.

Ajak mereka melukis menggunakan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat. Contohnya bubuk jahe, lada, ketumbar, kayu manis, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana bisa rempah tadi digunakan untuk melukis?

Benar, Anda membutuhkan media lain untuk mencampur rempah sebelum bisa anak gunakan melukis.

Kabar baiknya, Anda bisa memanfaatkan plain yoghurtataupun edible glue sebagai medianya. Bahan utama untuk membuat edible glue ini adalah tepung terigu, cuka, gula pasir, dan air matang.

Campurkan semua bahan hingga merata. Lalu masak dengan api sedang sampai mengental. Dinginkan sebelum menggunakan.

Kemudian, pisah plain yoghurtatau edible glue ke dalam wadah kecil. Masukkan bubuk rempah ke masing-masing wadah. Beri anak kertas kosong dan kuas. Biarkan mereka berkreasi untuk melukis.

Jangan lupa untuk mengajak diskusi mengenai aroma yang muncul dari tiap warna. Permainan ini tak hanya bisa merangsang indera penciuman saja. Tapi juga perasa dan penglihatan anak.

7. Lotion Sensory

Permainan kedua bisa Anda lakukan dengan bantuan lotion. Produk ini hampir pasti dimiliki setiap rumah. Ada lotion yang beraroma dan tidak. Khusus dalam permainan ini, gunakan yang beraroma.

Ingat, Anda tak perlu membeli lotion baru. Gunakan saja lotion yang ada di rumah. Jika perlu, Anda bisa meminjam lotion dari beberapa anggota rumah untuk mendapatkan berbagai aroma.

Untuk melakukan permainan ini, Anda bisa:

  • Mengoleskan lotiondi tangan Anda atau anggota keluarga lain dan biarkan anak mencium aromanya. Minta mereka untuk tebak dan jelaskan seperti apa aromanya.
  • Tuangkan lotionke dalam wadah kecil dan biarkan anak mencium dan menebak.
  • Tutup mata anak dan biarkan mereka mencium bau setiap lotionlangsung dari botolnya.

Anda bisa memilih cara yang mana saja. Sesuaikan dengan kondisi di rumah.

8. Smell Fresh Scent from the Garden

Smell Fresh Scent from the Garden - Sekolah Prestasi Global

Photo by Paige Cody on Unsplash

Ingin mengenalkan anak dengan alam sekaligus merangsang indera penciuman mereka?

Anda bisa mencari waktu luang di hari libur. Saat cuaca cerah, ajak anak berkeliling di halaman rumah. Ada banyak tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk menstimulasi indera penciuman mereka.

Anda bisa memetik daun mint, rosemary, bunga, atau bahkan tanaman rempah yang ada di halaman. Tutup mata anak saat mereka mencium aroma. Buka mata mereka dan minta untuk menebak bau apa tadi.

Anda bisa membantu dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Seperti di mana mereka pernah mencium aroma tersebut, warnanya seperti apa dan lain-lain.

9. Spice Up Your Name

Ini adalah aktivitas seru untuk anak-anak preschool. Selain mengeksplor bau, anak-anak akan suka aktivitas ini karena bisa mendekorasi nama dengan berbagi rempah.

Beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk permainan ini adalah bubuk rempah, lem, spidol, dan lembaran kertas.

  • Langkah pertama, tulis nama anak di kertas dengan spidol
  • Lalu siapkan beberapa bubuk rempah di wadah kecil
  • Tunjukkan pada anak untuk menindih tulisan namanya dengan lem
  • Kemudian, ajarkan mereka untuk menebarkan bubuk rempah di atas tulisan yang telah dilem tadi (bisa pakai jari, sendok, atau alat bantu lain)
  • Jika sudah selesai, angkat kertas dan buang ekstra bubuk rempah yang tidak menempel di kertas ke tempat sampah

Pastikan untuk mengawasi anak-anak karena kemungkinan besar mereka akan penasaran dengan bubuk rempah. Rasa yang asing dan menyengat mungkin akan membuat mereka tidak nyaman.

Manfaat Aktivitas Smell Sensory Play Bagi Anak

Beberapa aktivitas smell sensory di atas tak hanya sekedar permainan saja. Lebih dari itu, sensory play punya manfaat besar bagi perkembangan anak. Apa saja manfaatnya?

1. Membangun Koneksi Otak

Permainan sensori akan menstimulasi indera anak. Koneksi antara neuron akan terbangun. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka semakin kuat koneksinya.

2. Membantu Menentukan Atribut Sensori

Apa yang paling penting dalam permainan sensori?

Semua jenis permainan di dalamnya akan melibatkan indera anak. Dengan begini maka anak secara bertahap akan bisa membedakan bau durian dan mangga.

Temuan-temuan baru dalam setiap permainan akan tersimpan di otak dan berguna untuk perkembangan anak di masa depan.

Secara tidak langsung ini juga bisa membantu mengembangkan dan meningkatkan fungsi memori.

3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Salah satu manfaat besar dari permainan sensori adalah mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Mereka mendapatkan banyak kosakata baru yang mungkin sama sekali belum pernah didengar.

Kesimpulan

Interaksi dengan lingkungan di sekitar mereka melalui indera penciuman, bisa membuat anak meraih skill baru. Keterampilan-keterampilan baru ini penting untuk landasan perkembangan anak nanti.

Staf pengajar yang luar biasa di Prestasi Global memahami pentingnya anak untuk mengeksplorasi panca inderanya. Ada banyak permainan sensori yang kami terapkan agar anak bisa bersenang-senang sekaligus belajar.

Rekomendasi smell sensory play di atas juga bisa Anda terapkan di rumah. Namun, pastikan untuk selalu mendampingi dan mengawasi anak.

Baca Juga : Cara Efektif Untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Bagaimana cara merangsang panca indera pada perkambangan anak?

Panca indera anak perlu dirangsang dengan berbagai hal. Salah satu bentuk stimulus untuk mendukung perkembangan anak adalah smell sensory play. Aktivitas ini merupakan permainan sensori yang memiliki tujuan melatih indera penciuman.

Apa saja manfaat aktivitas smell sensory play bagi anak?

Aktivitas smell sensory dapat membangun koneksi otak, membantu menentukan atribut sensori, meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Apa saja ide aktivitas untuk menstimulasi Iindera penciuman?

Smell it and guess, fun with smelling bottles, tea bag matching game, dinosaur smelly swamp sensory bin, misteri play dough beraroma, melukis dengan bubuk rempah, lotion sensory, smell fresh scent from the garden, spice up your name

 

 

(Visited 36 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us