Bagikan Artikel Ini:

Memilih sekolah yang berkualitas tentu menjadi prioritas setiap orang tua, terlebih ketika anak memasuki jenjang SMP. Pasalnya, pendidikan dasar menjadi investasi jangka panjang bagi masa depan anak, sehingga kualitas sekolah SMP juga harus diperhatikan dengan baik.

Demi memperoleh pendidikan yang berkualitas, tak jarang orang tua rela mengeluarkan biaya yang tinggi. Namun, apakah kualitas pendidikan sekolah selalu berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan? Apakah orang tua yang tidak mampu mengeluarkan biaya tinggi tidak berhak memperoleh sekolah yang berkualitas?

Tentu saja, kualitas pendidikan ini bersifat relatif. Artinya, belum tentu sekolah yang baik menurut si A juga baik menurut si B. Semua itu bergantung kebutuhan anak juga. Meskipun begitu, orang tua tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih sekolah. Apa sajakah itu?

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sekolah Anak

Mengingat pendidikan merupakan investasi jangka panjang orang tua kepada anak, tentu kita tidak dapat memilih sekolah secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih sekolah untuk anak menurut Islam, di antaranya seperti:

1. Visi Misi Sekolah

Visi misi sekolah menjadi poin penting yang benar-benar harus Anda perhatikan. Pasalnya, dari visi misi ini akan menentukan bagaimana kurikulum sekolah tersebut. Selain itu, juga akan berpengaruh pada sistem pembelajaran sekolah.

Pilihlah sekolah yang memiliki visi misi yang sejalan dengan pandangan dan tujuan pendidikan Anda untuk si kecil. Tak hanya itu, visi misi sekolah juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak.

2. Kualitas Guru

Kredibilitas guru dalam mengajar menjadi satu hal yang harus Anda perhatikan. Pada umumnya, sekolah dengan reputasi yang baik akan memiliki guru-guru yang berkualitas dan kredibel.

Namun, sebisa mungkin, pilihlah sekolah dengan guru yang memiliki metode pembelajaran mendekati gaya belajar anak. Hal ini memungkinkan anak agar lebih nyaman dan semangat selama proses pembelajaran.

Anda dapat mencari tahu mengenai hal ini dengan meminta testimoni pada kerabat atau teman yang pernah menyekolahkan anaknya di sana. Tanyakan bagaimana metode si guru dalam mengajar. Apakah guru cukup sabar dalam menghadapi anak-anak dan lain sebagainya.

3. Sarana yang Memadai

Kualitas sebuah sekolah tak hanya nampak dari bangunannya yang mewah saja, tetapi juga memiliki sarana dan fasilitas yang memadai. Setiap kebutuhan siswa dalam menunjang pembelajaran dan mengembangkan kemampuannya, baik dalam segi emosi, kognitif, maupun motorik tersedia dengan baik.

Untuk itu, perhatikan dengan baik fasilitas apa saja yang disediakan oleh sekolah tersebut. Pastikan juga mereka memiliki fasilitas tambahan seperti toilet, kantin, dan tempat bermain yang aman, bersih, dan juga nyaman.

4. Lokasi

Baik tinggal di desa maupun di kota, Anda juga perlu memperhatikan lokasi sekolah. Pertimbangkan betul-betul jarak sekolah dengan tempat tinggalmu. Sebisa mungkin, pilihlah sekolah yang tidak terlampau jauh dari tempat tinggal.

Selain itu, perhatikan juga apakah rute menuju sekolah sering mengalami kemacetan atau tidak. Jangan biarkan perjalanan menuju sekolah justru membuat anak merasa lelah di jalan akibat kemacetan yang panjang atau jarak yang terlalu jauh.

5. Biaya Sekolah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, besarnya biaya sekolah tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas dari sekolah tersebut. Tak sedikit sekolah yang memiliki kualitas bagus membebankan biaya yang sedikit. Jadi, Anda tak perlu terlalu berpatok pada biaya yang mahal saat hendak memilih sekolah yang berkualitas untuk anak.

Anda juga perlu menyesuaikan kemampuan dan ketersediaan anggaran. Jangan lupa untuk memperhitungkan juga biaya-biaya lain yang mungkin muncul selama anak bersekolah. Seperti misalnya, biaya renang, ekstrakulikuler, dan lain sebagaimana.

6. Kurikulum Sekolah

Masing-masing sekolah tentu akan memiliki kurikulum yang berbeda. Ada kalanya mereka menggunakan kurikulum pendidikan nasional, internasional, atau bahkan nasional plus. Selain itu, ada juga yang menambahkan kurikulumnya dengan unsur keagamaan.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan dengan baik kurikulum sekolah tersebut. Pilihlah sekolah yang menerapkan kurikulum yang Anda rasa pas dengan karakter anak dan tujuan pendidikan Anda.

7. Jam Belajar

Jam belajar di masing-masing sekolah juga bisa jadi berbeda-beda. Ada yang lebih banyak jam belajar di sekolahnya, ada juga yang lebih sedikit. Yang lebih sedikit ini biasanya orang tua akan memiliki peran yang besar dalam mendukung pembelajaran.

Anda dapat menyesuaikan jam belajar sekolah dengan kemampuan Anda atau dengan karakter dan kebutuhan anak. Apakah anak memiliki tipe yang lebih bisa berkonsentrasi di sekolah, atau justru di rumah.

8. Sistem Open House

Terkadang, ada juga beberapa sekolah yang membuka sistem open house. Sistem ini dimaksudkan agar orang tua dapat melakukan kunjungan ke sekolah dan melihat sekolah tersebut secara langsung. Biasanya, hal ini akan bermula beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru.

Dengan adanya sistem open house, selain dapat melihat kondisi sekolah secara langsung, Anda juga dapat melihat bagaimana cara mengajar guru-gurunya. Jika diperbolehkan, Anda dapat meminta agar anak Anda juga dapat berinteraksi dengan para pengajar.

9. Kondisi Lingkungan Sekolah

Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan bagaimana lingkungan sekolahnya. Jangan sampai anak merasa tidak nyaman belajar dan tidak bersemangat hanya karena lingkungannya kurang mendukung.

Lingkungan sekolah yang dimaksud di sini meliputi suasana sekolah, kebersihan, keamanan, ketertiban, kedisiplinan, dan karakter murid-muridnya. Sebaiknya, pilih sekolah yang memiliki budaya membangun dan saling men-support anatara satu sama lain.

10. Keinginan Anak

Sebagus apapun kualitas suatu sekolah jika tidak sesuai dengan keinginan anak, maka akan percuma. Maka dari itu, selalu jadikan keinginan anak sebagai salah satu dasar pertimbangan Anda.

Anda dapat mendengar terlebih dahulu bagaimana keinginan anak dan berusaha mencari sekolah yang cocok. Namun, jika keinginan anak ternyata kurang sesuai dengan harapan Anda, Anda dapat mengajaknya diskusi dan memberi pengertian. Tawarkan juga keinginan Anda siapa tahu anak mau untuk mengikutinya.

Meski Anda kini sudah mengetahui beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih sekolah anak, mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana sih kriteria sekolah yang bagus itu.

Kriteria Sekolah SMP yang Bagus

Menurut Prof. Arief Rachman, M.Pd, selaku ketua harian Komnas Indonesia untuk Indonesia menyebutkan jika sekolah yang bagus memiliki suasana belajar yang menyenangkan. Di samping itu juga beberapa kriteria lain, seperti misalnya:

    • Semua warga sekolahnya melaksanakan dan dapat memahami visi misi sekolah
    • Memiliki pemimpin yang terampil, punya kemauan dan kemampuan dalam memajukan sekolah
    • Kegiatan di sekolah sangat beragam dan saling mendukung
    • Setiap guru memiliki perencanaan pembelajaran yang baik
    • Orang tua memiliki peran aktif dalam berbagai aktivitas sekolah
  • Memiliki beberapa program positif yang yang mana orang tua dan juga siswa mendukung penuh
  • Adanya monev secara terprogram dan berkelanjutan guna melakukan perbaikan dan kemajuan
  • Sekolah dapat memahami dan melaksanakan hak maupun kewajiban siswa dengan baik
  • Setiap stakeholder, baik siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, atau bahkan pegawai sekolah terlibat langsung demi kemajuan sekolah

Itulah tadi beberapa poin yang menjadi kriteria apakah sekolah tersebut bagus atau tidak. Namun, sekali lagi, kualitas suatu sekolah bersifat relatif. Artinya, bisa jadi kriteria di atas tidak sesuai dengan keinginan Anda atau kebutuhan anak.

Yang terpenting, selalu perhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya saat hendak memilih sekolah anak dalam Islam. Nah, jika ingin menyekolahkan anak yang bernuansa Islam apakah sama?

Tentu saja sama. Namun, agar tidak bingung, berikut kami berikan juga beberapa tips memilih sekolah SMP berbasis Islam.

Tips Memilih Sekolah SMP Berbasis Islam

Sebagian orang tua mungkin lebih memprioritaskan anaknya untuk masuk ke sekolah dengan basis Islami. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan agama menjadi pilihan orang tua agar anaknya tumbuh sebagai anak yang soleh dan solehah.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih sekolah berbasis Islami bagi anak.

1. Pertimbangkan Tujuan Orang Tua

Mengapa hal ini menjadi salah satu hal penting yang harus menjadi pertimbangan? Sebab, tak sedikit orang tua masih menganggap sekolah dengan basis agama tidak terlalu penting. Sementara bagi orang tua yang menginginkan anaknya agar dapat sukses dunia dan akhirat akan memahami pentingnya pendidikan berbasis agama.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Orang Tua

Saat memilih sekolah yang berbasis Islami, selalu sesuaikan dengan kemampuan orang tua, baik itu dari segi fisik maupun finansial.

Umumnya, biaya sekolah dengan basis ilmu agama sedikit lebih mahal karena yang mengelola adalah pihak swasta. Meski begitu, terkadang tersedia juga program beasiswa bagi siswa berprestasi atau kurang mampu.

3. Perhatikan Guru Dan Kurikulum Sekolah

Anda sebaiknya juga memperhatikan kurikulum yang digunakan dan kualitas gurunya. Perhatikan juga bagaimana guru mengajar dan cara mengenalkan ibu agama pada anak. Agar, Anda juga dapat turut memantau perkembangan anak dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak.

4. Tinjau Kondisi Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah juga menjadi hal yang penting untuk Anda tinjau dengan baik. Hal ini juga termasuk suasana sekolah, kebersihan, kedisiplinan, dan juga karakter murid-muridnya. Sebisa mungkin, pilihlah sekolah yang memiliki iklim dan budaya saling support antara murid, ustadz, ustadzah, maupun stakeholder yang lain.

5. Dengar Keinginan Anak

Jangan lupa untuk selalu mendengar keinginan anak. Pastikan apakah anak benar-benar ingin belajar ilmu agama lebih mendalam atau tidak. Jika rasa keinginan itu belum tumbuh, Anda dapat coba memberinya pengertian betapa ilmu agama sangat penting bagi kebaikan dan kebutuhan anak.

Penutup

Mengingat pendidikan sekolah menjadi investasi jangka panjang orang tua bagi anak, tentu dalam pemilihannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa hal tersebut di antaranya yaitu visi misi sekolah, kurikulum, sarana prasarana, kualitas guru, dan lain-lain.

Di Prestasi Global, kami selalu berusaha memberikan yang terbaik agar pendidikan anak dapat terjamin dengan baik. Dengan begitu, anak akan tumbuh dengan karakter yang baik, tak hanya memiliki prestasi yang baik saja.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke sosial media Anda! Agar kita sama-sama dapat memberikan anak pendidikan yang baik dengan memperhatikan beberapa hal yang mungkin akan berpengaruh pada kualitas sekolah SMP si anak.

Baca Juga : Penanaman Pendidikan Moral Terhadap Anak Usia Remaja

Apa faktor paling penting dalam memilih sekolah untuk anak?

Sebagus apapun kualitas suatu sekolah jika tidak sesuai dengan keinginan anak, maka akan percuma. Maka dari itu, selalu jadikan keinginan anak sebagai salah satu dasar pertimbangan Anda. Anda dapat mendengar terlebih dahulu bagaimana keinginan anak dan berusaha mencari sekolah yang cocok. Namun, jika keinginan anak ternyata kurang sesuai dengan harapan Anda, Anda dapat mengajaknya diskusi dan memberi pengertian. Tawarkan juga keinginan Anda siapa tahu anak mau untuk mengikutinya.

Bagaimana menentukan sekolah yang kurikulum nya bagus agar dapat mendidikan anak yang sesuai dengan kemauan orangtua?

Masing-masing sekolah tentu akan memiliki kurikulum yang berbeda. Ada kalanya mereka menggunakan kurikulum pendidikan nasional, internasional, atau bahkan nasional plus. Selain itu, ada juga yang menambahkan kurikulumnya dengan unsur keagamaan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan dengan baik kurikulum sekolah tersebut. Pilihlah sekolah yang menerapkan kurikulum yang Anda rasa pas dengan karakter anak dan tujuan pendidikan Anda.

Mengapa Visi Misi Sekolah penting untuk diperhatikan dalam memilih sekolah anak?

visi misi ini akan menentukan bagaimana kurikulum sekolah tersebut. Selain itu, juga akan berpengaruh pada sistem pembelajaran sekolah. Pilihlah sekolah yang memiliki visi misi yang sejalan dengan pandangan dan tujuan pendidikan Anda untuk si kecil. Tak hanya itu, visi misi sekolah juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak.

(Visited 30 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us