Bagikan Artikel Ini:

Di taman kanak kanak saat ini anak tidak hanya akan diajak untuk bermain tapi juga akan diajak untuk belajar mengenai beberapa hal penting. beberapa hal yang dipelajari anak di taman kanak-kanak ini antara lain adalah :

Belajar Mengenai Huruf 

Hal pertama yang udah pasti akan dipelajari oleh anak ketika berada di taman kanak-kanak adalah mengenai huruf. Huruf adalah salah satu hal dasar yang wajib di pelajari anak. dalam belajar, hal dasar yang diperlukan anak adalah membaca, menulis dan berhitung. Oleh karena itu, sebagai sebuah sekolah persiapan, taman kanak-kanak menjadi salah satu tempat untuk belajar untuk mengenal huruf.

Selain itu, anak-anak yang masuk ke sekolah dasar saat ini sudah di wajibkan untuk bisa membaca. Hal inilah yang menyebabkan dari teman kanak-kanak sudah harus benar-benar dikenalkan cara untuk membaca dasar yang dimulai dengan belajar huruf. Dalam masa teman kanak-kanak ini anak akan diajarkan baik huruf besar maupun huruf kecil.

Bukan hanya pengenalan. Selain memberikan pengenalan pada anak mengenai huruf, dalam teman kanak-kanak juga akan diajarkan pada anak agar anak bisa melafalkan huruf-huruf tersebut sehingga nantinya bisa berkembang menjadi sebuah kata.

Dalam pembelajaran di taman kanak-kanak. Proses pengenalan huruf dan kata sederhana sebaiknya tidak hanya dilakukan disekolah tapi juga di rumah bersama dengan orang tua. akan tetapi pembelajaran huruf bagi anak di rumah tidak harus seperti di taman kanak-kanak, ada bisa menyisipkan pelajaran di tengah permainan anak sehingga ia menjadi lebih senang dalam mempelajari huruf ini.

Selain mempelajari dengan cara bermain. Cara lain yang tidak kalah menarik dan efektif digunakan untuk belajar huruf bersama anak adalah dengan membaca buku cerita bersama. Hal ini merupakan salah satu hal yang diungkapkan oleh salah satu ahli membaca dari sekolah dasar di new York yaitu Susan Quinn.

Membaca buku cerita bersama adalah salah satu hal yang baik yang bisa digunakan untuk membantu anak belajar membaca dengan lebih mudah. dengan membaca buku cerita bersama, anak bisa lebih fokus dalam mengenal huruf dan kata sederhana.

Nah, jadi jika anda ingin membantu anak untuk belajar, pastikan anda memilih buku cerita yang menarik untuk anak dan juga memiliki kata-kata yang sederhana ya. selain itu, usahakan untuk membantu anak belajar dengan dengan lebih mudah dengan membacanya dengan lantang dan menggunakan artikulasi yang jelas.

Selain mengajari anak membaca, membaca buku bersama juga merupakan salah satu aktivitas yang bisa digunakan untuk mengenalkan anak dengan budaya membaca. Budaya membaca ini merupakan budaya yang akan membantunya kelak agar lebih produktif di kemudian hari.

Aktivitas Menulis 

Selanjutnya hal lain yang akan di pelajari di sekolah taman kanak kanak adalah tulis menulis. Setelah anak mengenal huruf maka step selanjutnya adalah menulis huruf tersebut. mengenalkan anak dengan cara menulis akan membantu ia mengingat lebih mudah. di taman kanak-kanak sistem pengajaran menulis akan dilakukan dengan cara mengajarkan anak menulis huruf-huruf dengan kata sederhana seperti bobo, bobo, caca, cici dan kata sederhana lainnya. kata-kata sederhana ini nantinya akan diminta untuk diulang-ulang sehingga membuat anak menjadi lebih mudah mengingat huruf tersebut dan cara menulisnya.

Lalu bagaimana dengan pembelajaran di rumah? untuk anak yang sudah memasuki tahap menulis, ibu juga wajib membantu anak untuk mendorong keinginannya untuk belajar menulis dengan cara membuat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan. untuk membuat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membeli kertas dengan gambar yang disukai anak dan juga menyiapkan bolpen atau pensil warna warni untuk membuat anak lebih bersemangat.

Ketika anda memiliki ketertarikan untuk belajar dengan hal ini, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberikannya apresiasi. Apresiasi ini bisa berupa memberikannya makanan yang ia sukai dan juga bisa memajang hasil tulisan yang dimilikinya. memajang hasil tulisan yang dimiliki oleh anak akan membuat anak menjadi lebih termotivasi untuk melakukan aktivitas menulis ini. anda bisa memajang tulisan anak ini di dinding atau bisa juga memanjangnya di pintu kulkas dengan menggunakan magnet. Tidak merusak dan tetap membuat anak anda merasa senang karena usahanya dihargai bukan?

Aktivitas Mengenal Angka dan Mengenai Hitungan

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan ketika ada di taman kanak-kanak adalah aktivitas mengenal angka dan menghtung. Selain bisa membaca, anak yang sudah masuk ke dalam sekolah dasar juga diwajibkan bisa melakukan hitungan dasar. oleh karena itu, dalam taman kanak-kanak harus diajari trik menghitung dasar. di sekolah taman kanak-kanak anak-anak setidaknya bisa menghitung dengan jumlah 30 objek. Artinya anak bisa mengurutkan angka dari 1 hingga 30.

Selain diajarkan untuk mengenal angka dari 1 hingga 30, hal lainnya yang akan di lakukan di taman kanak-kanak adalah mempelajari hitungan dasar. hitungan dasar ini biasanya adalah hitung untuk penjumlahan dan juga pengurangan sederhana dengan angka di bawah 10.

Untuk pembelajaran di rumah, ibu bisa mencoba mengajak anak untuk menghitung segala sesuatu yang bisa di lakukan. contohnya menghitung piring yang sedang di cuci, menghitung pakaian yang sedang di jemur atau menghitung mainan yang sedang dimainkannya. Memasukkan pembelajaran dengan cara-cara seperti ini akan membantu anak untuk mengenal angka dan menghitung dengan lebih mudah.

Mengenai Bentuk 

Pembelajaran selanjutnya yang umum diberikan oleh taman kanak-kanak adalah pembelajaran untuk mengenai bentuk. Bentuk ini bisa di lihat dari gambar sekolah taman kanak kanak dan juga dari objek asli. dalam pembelajaran bentuk ini anak akan di berikan pengertian mengenai bentuk-bentuk geometri yang bisa ditemukannya. Mulai dari lingkaran, persegi, dan juga bangun dengan n segi lainnya.

Di taman kanak-kanak, guru akan membantu anak belajar dengan menggunakan alat peraga dan memberikan contoh mengenai alat-alat atau benda yang ada di sekitarnya. Biasanya anak juga akan diminta untuk mengelompokkan benda berdasarkan dengan bentuknya. untuk ibu yang membantu anak belajar di rumah hal ini juga bisa di lakukan untuk membantu anak mengenal bentuk dengan lebih mudah. ibu bisa mengumpulkan benda-benda di rumah dan memberikan pertanyaan tebakan pada anak mengenai bentuk-bentuk benda tersebut. selain itu, ibu juga bisa memasukkan ilmu mengenai benda ini pada keseharian anak seperti meminta tolong anak untuk mengambilkan tutup gelas yang memiliki bentuk bundar atau mengambilkan piring plastik dengan bentuk bundar atau bentuk lain yang ingin ibu ajarkan pada anak.

Ya, belajar memang tidak selalu harus berhadapan dengan buku dan membutuhkan konsentrasi khusus. anda juga bisa menyelipkan hal-hal ini dalam keseharian anak sehingga anak bisa lebih mudah menerapkan karena ia belajar sekaligus mengaplikasikan.

Mengenal Warna 

Warna juga merupakan salah satu hal yang akan di pelajari oleh anak di taman kanak-kanak mereka. mengenal warna pada dasarnya bukan hal yang sulit bagi anak karena pada dasarnya anak-anak memang menyukai warna-warna. oleh karena itu tidak akan sulit bagi anda untuk mempelajarinya. Bagi orang tua yang ingin mengenalkan anak pada warna juga tidak perlu menunggu taman kanak-kanak tapi bisa juga dilakukan selagi program TK.

Mengenal Waktu 

Setelah anak mengenal angka, maka hal selanjutnya yang akan dikenalkan pada anak adalah mengenai waktu. ya, jika belum mengenal angka maka akan sulit bagi anak untuk mengenal waktu. akan tetapi jika sudah mengenal angka maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mempelajarinya.

Pada dasarnya, konsep waktu sudah dikenal anak dengan memasukkannya ke taman kanak-kanak. Pada saat anak masuk ke taman kanak-kanak, anak akan belajar mengenai kapan ia berangkat dan kapan ia pulang. Misalnya ia berangkat jam 8 pagi dan pulang jam 12 siang. Konsep waktu adalah salah satu pelajaraan yang disukai anak. hal ini disebabkan karena masalah waktu ini adalah masalah yang sering digunakan oleh orang dewasa. Ya, anak memang menyukai apapun yang orang dewasa lakuna. Oleh karena itu, akan lebih mudah juga bagi anak anda untuk mengerti masalah waktu ini.

Di sekolah anak akan diajarkan untuk membaca jam secara teoritis, nah untuk latihan di rumah, anda bisa menggunakan jam sebagai pembatas aktivitas untuk membuat anak lebih mudah mengenal konsep ini. contohnya adalah mengajak anak mandi ketika sudah jam 3 sore atau jam 4 sore. Meminta anak shalat pada jam 3 untuk shalat ashar.

Selai itu anda juga bisa membantu anda untuk mengenai waktu dari segi pengelompokannya, yaitu pagi, sore, malam, besok, lusa, kemarin dan juga hari ini. konsep waktu ini merupakan konsep waktu yang akan dipelajari anak dalam interaksi anak dengan orang di lingkungannya.

Membantu Belajar Mengenai Musim 

salah satu materi taman kanak kanak yang juga perlu dipelajari oleh anak-anak adalah mengenai musim. Anda bisa memberikan contoh musim-musim yang ada di Indonesia. untuk mengenal musim di Indonesia, anak akan lebih mudah mengenali ciri-cirinya. Sayangnya saat ini perbedaan musim tiap tahun tidak mudah untuk di bedakan. Karena batasannya sekarang ini sudah cukup kabur.

Selain belajar mengenai musim di Indonesia, ada juga bisa mengajak anak untuk belajar mengenai musim di luar negeri. musim di luar negeri terkadang lebih menarik terutama di negara-negara yang memiliki 4 musim. Dari pengenalan musim ini anda juga bisa mulai mengenalkan anak mengenai pembelajaran yang berhubungan dengan siklus terbentuknya air hujan dan bahkan salju pada anak anda. mempelajari hal-hal yang baru sudah pasti akan membuat anak menjadi lebih tertarik dan fokus untuk belajar.

Pembalajaran di atas adalah pembelajaran yang dilakukan di taman kanak-kanak dan bisa juga dilakukan di rumah. mengetahui materi dari pembelajaran ini diharapkan orang tua lebih peka. Sesungguhnya ketika masih anak-anak, anak harus lebih fokus pada latihan untuk kemampuan komunikasi mereka bukan menulis dan membaca. Oleh karena itu, orang tua harus lebih sigap dan lebih paham apakah anda sudah mampu atau belum untuk masuk ke taman kanak-kanak guna belajar pelajaran untuk anak TK seperti yang disbeutkn di atas. jika anak memang belum mampu maka tidak apa-apa taman kanak-kanak di undur terlebih dahulu hingga usianya 4 hinggaa 5 tahun. akan tetapi jika anak memang sudah mampu maka masuk ke taman kanak-kanak juga bukan masalah.

 

(Visited 11 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us