Bagikan Artikel Ini:

Doa adalah tumpuan dari setiap umat Islam. Hal ini disebabkan karena doa adalah hal yang akan menghubungkan manusia dengan Allah sehingga apapun yang dikatakannya dapat didengar oleh Allah. Selain itu, hanya Allah yang tahu takdir dari manusia dan memiliki kemampuan untuk mengubah hati. Oleh karena itu, ketika anda ingin apapun, maka doa pada Allah adalah usaha terbaik yang bisa anda lakukan. Termasuk doa untuk anak agar anak menjadi sholeh.

Masa depan anak tergantung pada anak sendiri, tapi dibaliknya ada doa orang tua yang akan didengar oleh Allah. Untuk anda yang ingin anak anda menjadi anak yang sholeh, maka berikut ini adalah kumpulan doa yang bisa anda panjatkan untuk anak anda.

Doa untuk anak dari contoh para nabi

Isra Miraj - Sekolah Prestasi Global

Photo by Fahrul Azmi on Unsplash

Doa pertama yang akan kami berikan sebagai contoh untuk doa pada anak anda adalah doa dari para nabi. Beberapa doa nabi yang digunakan untuk mendoakan anaknya adalah doa dari nabi Zakaria dan juga doa dari Nabi Ibrahim.

  • Doa untuk anak dari Nabi Zakaria

Doa untuk anak dari Nabi Zakaria adalah doa yang digunakan untuk memohon pada Allah SWT agar anaknya menjadi anak yang baik. Doa ini bisa anda lihat di Qs. Al Imron: 38. Doa ini memiliki arti bahwa Nabi Zakaria memohon anak yang baik dari sisi Allah SWT dan meminta doanya di dengar karena Allah SWT adalah Allah yang maha mendengar. Doa ini adalah salah satu doa yang dipanjatkan oleh nabi Zakaria yang pada awalnya merupakan nabi yang tidak memiliki anak. Karena kesetiaannya dalam berdoa pada Allah SWT untuk meminta anak yang baik, kemudian Allah SWT menganugerahkan anak pada pasangan Nabi Zakaria dan isterinya.

  • Doa untuk anak dari nabi Ibrahim

Selanjutnya adalah doa untuk anak dari nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi yang besar. Beliau merupakan salah satu nabi yang paling di kasihi oleh Allah karena ketaatan yang dimilikinya. Bahkan ibadah haji yang diadakan saat ini merupakan salah satu ibadah yang digunakan untuk memperingati ketakwaan beliau terkait dengan ujian berupa persembahan anak yang diberikan Allah SWT pada beliau padahal ia memiliki rasa cinta yang besar pada anaknya yang dilahirkan oleh isterinya di kala sudah berusia senja. Hal inilah yang menyebabkan doa untuk anak dari nabi Ibrahim sangat tepat untuk diikuti.

Dalam doanya, Nabi Ibrahim tidak meminta berlebihan pada Allah. Beliau bahkan meminta hal yang menjadi dasar dalam kehidupan, yaitu meminta Allah SWT menjadikan anak dan cucunya sebagai orang-orang yang tepat mendirikan shalat. Sebuah doa yang sangat bijaksana untuk tetap menjaga anak cucunya agar selalu berada di jalan yang lurus. Doa ini adalah doa yang wajib di utarakan oleh setiap orang tua yang ingin anaknya menjadi anak yang sholeh. Mengenai pelafalan doa ini, anda bisa membukanya dari Qs. Ibrahim : 40.

Doa untuk anak agar anak beriman dan bertakwa

Mengantarkan orang tua menuju

Selanjutnya adalah doa-doa yang akan membantu anda untuk menjadikan anak beriman dan bertakwa. Doa ini adalah doa yang bisa anda temukan di surat Al Furqon ayat 74. Dalam ayat ini anda bisa meminta Allah SWT untuk memberikan kepada anda istri dan juga keturunan yang menyenangkan hati. Ya, dari kalimat ini bisa diketahui bahwa surat dan doa ini adalah doa yang dibutuhkan oleh setiap laki-laki yang siap untuk menikah. Selain meminta jodoh yang terbaik dan keturunan yang terbaik sehingga dapat menyenangkan hati.

Selain meminta isteri dan keturunan yang baik, dalam surat ini juga anda bisa meminta pada Allah SWT untuk menjadikan diri anda sebagai imam atau pemimpin dari orang-orang yang bertakwa. Artinya, selain meminta jodoh dan keturunan, doa ini juga bisa digunakan untuk memohon keturunan dan jodoh anda menjadi orang yang bertakwa pada Allah SWT. Doa yang sangat baik bukan?

Doa untuk memohon keturunan yang saleh

Doa selanjutnya berasal dari Qs . Al Ahqoof : 15. Doa ini merupakan doa yang dimohonkan pada Allah SWT untuk memberikan anak yang saleh. Dalam doa ini anda juga bisa meminta doa agar anda menjadi seorang yang selalu bersyukur dan juga agar beramal saleh. Permintaan ini tidak hanya untuk anda tapi juga untuk anak anda dan juga pada orang tua anda. Doa ini bisa digunakan untuk doa untuk anak perempuan yang saleh ataupun doa untuk anak laki-laki yang saleh.

Doa meminta ahli waris yang baik

Selanjutnya adalah doa untuk meminta ahli waris yang baik. Bagi anda yang merupakan seorang pria mampu seorang wanita yang masih sendiri maka anda bisa meminta keturunan yang baik dengan memanjatkan doa dari surat Qs. Al Anbiya (21) : 89. Selain digunakan untuk meminta anak yang saleh, doa dari surat ini juga bisa digunakan untuk meminta rezeki berupa jodoh yang. Doa ini pada dasarnya adalah doa yang digunakan untuk meminta Allah untuk tidak membiarkan anda hidup sendiri dan memberikan ahli waris yang paling baik untuk anda.

Doa agar anak mengenal Islam dengan baik dan benar

Menentramkan Hati

Tidak ada doa yang lebih baik dari orang tua daripada doa agar anak menjadi sholeh dan meminta agar anak bisa memahami agama mereka dengan benar. Salah satu doa yang bisa anda berikan pada anak agar anak memiliki pemahaman agama yang benar adalah doa dari HR. Bukhari. Surat ini memiliki artian bahwa anda meminta pemahaman terhadap urusan agama untuk seseorang dan juga ta’wil. Hal ini bisa ditujukan untuk anak sehingga doa ini bisa digunakan untuk mendoakan anak agar ia mampu memahami agama dengan baik dan benar sehingga tidak mudah salah jalan.

Doa agar anak patuh pada perintah Allah SWT

Selanjutnya adalah doa yang digunakan untuk memohon kepatuhan anda pada Allah. Doa ini adalah doa yang bisa diamalkan dari Qs. Al Baqarah ayat 128. Dalam surat ini anda akan meminta untuk menjadikan diri anda dan pasangan anda sebagai orang yang tunduk dan taat terhadap perintah Allah, selain itu doa ini juga digunakan untuk memohon agar Allah juga menjadikan anak dan cucuk sebagai orang yang tunduk pada Allah SWT saja. Doa ini juga merupakan doa untuk memohon agar selalu dibimbing sehingga tidak salah arah. Jika salah, maka doa ini juga bisa digunakan untuk memohon pertobatan.

Tidak ada yang lebih baik dari contoh yang diberikan orang tua pada anak. Jadi selain mendoakan anak dengan cara ini, anda juga harus meminta Allah untuk membimbing anda agar selalu menjadi orang yang taat dan menjadi contoh bagi anak anda sebagai orang yang taat pada perintah Allah SWT

Doa agar anak lembut hatinya

Doa untuk anak sholeh salah satunya adalah doa untuk melembutkan hati anak. Anak tidak akan selalu menurut dengan perintah kedua orang tuanya. Hal ini disebabkan karena anak terkadang memiliki pemahaman dan keinginan sendiri sehingga terkadang akan keras kepala dan juga egois. Ketika hal ini terjadi, maka salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah mendoakannya dengan menggunakan surat Asy Syura ayat 19.

Surat ini adalah salah satu surat yang digunakan untuk memohon kebaikan dan belas kasihan serta rezeki. Ingat bahwa kepatuhan anak adalah salah satu rezeki bagi orang tua. Oleh karena itu, menggunakan doa ini untuk melembutkan hati anak akan sangat tepat untuk dilakukan.

Mendoakan anak merupakan salah satu hal yang wajib untuk anda lakukan. Anda yang berhati lembut akan membuat anda hidup dengan lebih mudah. Anak yang berhati lembut akan lebih mudah untuk diajari mengenai agama dan lebih menurut. Jika anak belajar agama dengan lebih baik maka anak bisa menjadi anak yang sholeh.

Doa memohon anak yang sholeh dari Qs Ash Shaaffaat : 100

Selanjutnya adalah doa memohon anak yang sholeh dari Qs, Ash Shaaffaat : 100. Dalam doa ini disebutkan anda bisa meminta anugerah dari Allah SWT kepada anda seorang anak yang termasuk dalam orang-orang yang sholeh.

Mendoakan anak menjadi orang yang saleh adalah salah satu investasi. Pasalnya anak sendiri adalah investasi akhirat kita. Ketika seseorang mati maka harta dan benda sudah tidak akan bermanfaat lagi. Yang tersisa adalah amal ibadah yang kita miliki dan juga anak saleh yang mendoakan kita saat kita sudah berada di dunia akhirat. Hal inilah yang menyebabkan doa kita untuk menjadikan anak kita sebagai anak yang sholeh bisa bisa menjadi investasi terbaik untuk kita sendiri.

Selain doa-doa di atas masih ada banyak lagi jenis doa yang bisa digunakan untuk untuk memohon anak yang sholeh di dalam Al Quran. Contohnya adalah doa yang digunakan untuk meminta anak yang sholeh maupun sholehah pada Allah SWT. Kita dapat memohon Allah SWT menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang mau dan mampu menghafal Al Quran dan menjalankan sunnah, paham dengan baik terhadap agamanya dan mendapatkan berkah dalam kehidupan di dunia dan di akhirat mereka. Serta doa yang digunakan untuk memohon berkah pada anak-anak yang anda miliki untuk menghindarkan mereka dari segala bahaya. Selain itu, doa ini juga bisa digunakan untuk memohon pada Allah SWT untuk memberikan taufik pada anak-anak anda untuk taat pada Allah SWT saja. Selanjutnya, dalam doa ini anda juga bisa meminta rezeki. Rezeki tersebut adalah rezeki berupa bakti anak pada anda sebagai orang tua mereka.

Meminta dalam doa adalah hal yang terbaik yang bisa anda lakukan. Hal ini disebabkan karena, doa adalah salah satu tumpuan hidup manusia. Manusia meminta dan Allah akan memberikannya. Akan tetapi pastikan ketika anda meminta dalam doa dapat Allah SWT anda juga mengamalkan perintah Allah sehingga anda sendiri bisa menjadi seorang yang saleh. Tidak ada contoh lain yang paling baik bagi anak anda untuk menjadi seorang yang saleh kecuali dari orang tuanya. Oleh karena itu, selain memanjatkan doa terbaik untuk anak, pastikan anda juga memperbaiki diri anda sebagai usaha untuk menjadikan diri anda layak mendapatkan anak sholeh yang doanya dapat menolong anda di akhirat kelak.

Kesimpulan

Surat apa yang menjelaskan tentang doa untuk anak agar anak beriman dan bertakwa?

Surat Al Furqon

Mengapa anak tidak selalu menurut dengan perintah kedua orang tuanya?

Karena anak terkadang memiliki pemahaman dan keinginan sendiri sehingga terkadang akan keras kepala dan juga egois

Jelaskan doa untuk anak dari contoh nabi Zakaria?

Doa untuk anak dari Nabi Zakaria adalah doa yang digunakan untuk memohon pada Allah SWT agar anaknya menjadi anak yang baik. Doa ini bisa anda lihat di Qs. Al Imron: 38. Doa ini memiliki arti bahwa Nabi Zakaria memohon anak yang baik dari sisi Allah SWT dan meminta doanya di dengar karena Allah SWT adalah Allah yang maha mendengar. Doa ini adalah salah satu doa yang dipanjatkan oleh nabi Zakaria yang pada awalnya merupakan nabi yang tidak memiliki anak. Karena kesetiaannya dalam berdoa pada Allah SWT untuk meminta anak yang baik, kemudian Allah SWT menganugerahkan anak pada pasangan Nabi Zakaria dan isterinya

(Visited 643 times, 3 visits today)
WhatsApp WhatsApp us