Bagikan Artikel Ini:

Mendoakan orang tua merupakan salah satu sifat dari seorang anak soleh. Mendoakan orang tua tidak harus setelah meninggal dunia. Pada saat masih hidup pun dianjurkan untuk mendoakan. Ada banyak doa untuk kedua orang tua dalam Al-Qur’an maupun hadist.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, ada tiga perkara yang akan tetap dirasakan pahalanya oleh seseorang yang telah meninggal dunia. Salah satunya adalah doa anak soleh. Oleh karena itu mengajarkan anak untuk mendoakan orang tua menjadi salah satu kewajiban untuk pembentukan akhlak dan karakter anak yang sholeh.
 

Doa Anak untuk Kedua Orang Tua

Kebaikan dan kasih sayang orang tua terhadap anak tidak bisa dihitung dan dibalas. Islam mengajarkan kepada ummatnya untuk berbuat baik kepada kedua orang tua sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surah Al-Israa ayat 23. Di dalam ayat tersebut tercantum perintah untuk berbuat baik kepada orang tua hingga mereka berusia lanjut, tidak berkata kasar dan tidak boleh menjawab kata ‘ah’. Perintah untuk berkata-kata yang sopan. Adapun berdoa menjadi salah satu adab memuliakan orang tua, baik ketika masih hidup maupun setelah meninggal. Apa saja doa yang bisa dilakukan oleh anak untuk orang tua?

6 Doa untuk Kedua Orangtua - Sekolah Prestasi Global
 

1.Doa Mohon Ampunan untuk Orang Tua

Doa memohon ampunan kepada orang tua ini sangat populer dan mudah dihafal oleh anak. Doa kedua orang tua rabbighfirli waliwaalidayya ini bahkan sering dibacakan anak-anak untuk pujian dan salawat di masjid-masjid. Doa ini diucapkan pada saat kondisi orang tua masih hidup.

Bunyi doa mohon ampunan untuk orang tua adalah:

Allahumaghfirlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku. Kasihanilah mereka seperti mereka menyayangiku sewaktu kecil. Doa ini bisa dibaca kapan saja, tetapi lebih diutamakan dibaca pada saat usai melaksanakan salat. Ajarkan Anak membaca doa ini setiap selepas salat.
 

2.Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

Kondisi orang tua tidak selalu sehat. Anak-anak bisa diajarkan untuk membaca doa secara khusus agar orang tuanya yang sedang sakit segera disembuhkan oleh Allah swt.

Bunyi doa orang tua sakit yang bisa dibacakan oleh seorang anak adalah:

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.”

Artinya: Ya Allah, Tuhan manusia dan alam semesta. Hapuskanlah segala kesusahan serta berikanlah ia kesembuhan. Engkaulah Tuhan yang Maha Menyembuhkan. Tak ada kesembuhan melainkan semuanya berasal dari Mu, serta kesembuhan yang tak meninggalkan penyakit.
 

3. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Mengalami Sakit Parah

Demikian Islam memberikan kemuliaan kepada seorang anak untuk mendoakan orang tuanya dalam berbagai kondisi, termasuk dalam kondisi sakit yang benar-benar dalam kondisi parah. Tidak hanya usaha manusiawi yang diperlukan saat orang tua sedang sakit, tetapi juga sangat penting melakukan usaha-usaha ukhrowi seperti melalui doa. Saat orang tua sedang mengalami sakit yang benar-benar parah dan mungkin secara kalkulasi manusia sulit untuk sembuh, sebagai anak bisa membacakan doa sebagai berikut:

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli.”
Artinya: Ya Allah berikanlah kesembuhan atas dirinya jika itu menjadi kebaikan bagi dirinya, dan cabutlah nyawanya apabila kematian menjadi jalan terbaik baginya.

 

4. Doa kepada Orang Tua dan Saudaranya

Dalam Islam seorang anak bukan hanya bisa mendoakan kedua orang tuanya, tetapi saudara-saudara lain dari orang tuanya pun bisa didoakan.

Berikut doa yang bisa dibaca setelah salat:

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati. Wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya:
“Ya Allah ampunilah segala dosaku, dosa kedua orang tuaku. Kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka mengasihani aku di waktu kecil. Demikian juga untuk seluruh kaum muslimin muslimat. Semua orang-orang beriman baik laki-laki maupun perempuan, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, serta ikutkanlah di antara kami dan mereka kebaikan-kebaikan Mu. Ya Tuhanku, berikanlah ampunanmu, kasihilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih memiliki belas kasih. Tida ada daya dan upaya melainkan atas segala pertolongan Mu.”
 

5. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Setelah orang tua meninggal, maka seorang anak tetap wajib mendoakan orang tuanya sebagai bentuk kesholehan. Doa anak sholeh menjadi amal jariah bagi orang tuanya dan merupakan penerang di alam kubur.

Apa doa yang bisa dibaca oleh seorang anak saat orang tuanya sudah meninggal? Berikut bunyinya:

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.
Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya:
“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat, bebaskanlah, serta lepaskanlah kedua orangtuaku. Berilah kemuliaan tempat tinggalnya, berilah jalan yang luas bagi masuknya, bersihkanlah orang tuaku dengan air jernih lagi sejuk, bersihkanlah orang tuaku dari berbagai kesalahan seperti baju putih yang bersih dari hal yang kotor. Berikanlah kedua orangtuaku tempat tinggal yang lebih baik dibandingkan tempat tinggal yang mereka tinggalkan, keluarga yang lebih baik dibandingkan keluarga yang mereka tinggalkan. Masukkanlah orang tuaku ke dalam surga serta lindungilah mereka dari siksa kubur, fitnah serta siksa api neraka.”
 

6. Doa Agar Terhindar dari Hisab yang Pedih di Hari Kiamat

Di dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang berisi tentang doa. Salah satunya doa seorang anak kepada orang tua. Dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 41 disebutkan tentang doa agar Allah mengampuni dosa-dosa kedua orang tua seorang anak pada hari kiamat.

Doa ini bisa dibaca setelah melakukan salat atau pada waktu kapan saja, yakni waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Bagaimana bunyi doa tersebut?

Robbanaghfirlii waliwaalidayya walilmukminiina yauma yaquumul hisaab
Artinya: Ya Allah ya Tuhanku, berilah ampunan kepadaku dan kedua orang tuaku, serta orang-orang mukmin pada saat hari perhitungan (kiamat).

 

Doa Orang Tua kepada Anak

Selain doa untuk orang tua sesuai sunnah yang sudah disebutkan di atas, orang tua juga memiliki kewajiban mendoakan anaknya. Saat orang tua ingin memiliki anak yang sholeh, maka perlu memperbanyak doa untuk sang anak. Agar memiliki anak yang bisa mendoakan orang tuanya, maka orang tua harus lebih dulu mendoakan anaknya agar menjadi anak yang sholeh. Selain itu, doa orang tua dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan sebagai salah satu doa yang makbul setelah doa orang yang sedang safar dan dizalimi.

6 Doa untuk Kedua Orangtua - Sekolah Prestasi Global

Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Baihaqi juga disebutkan hal serupa yakni ada tiga jenis doa yang tidak akan ditolak oleh Allah swt yakni doa orang yang sedang berpuasa, doa seorang musafir dan doa orang tua kepada anaknya. Berikut ini beberapa doa orang tua untuk anak yang bisa dibaca kapan saja, terutama setelah melaksanakan salat. Berikut beberapa doa tersebut:

1.Doa Agar Memiliki Anak yang Taat Beribadah

Nabi Ibrahim membacakan doa berikut ini untuk Ismail anaknya. Doa tersebut dicantumkan dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 40 yang berbunyi:

Robbij’alnii muqiimassholati wa minzurriyatii, robbanaa wataqobbal du’a
Artinya: Ya Allah, jadikanlah aku dan semua anak cucuku sebagai orang-orang yang tetap mendirikan salat, Ya Rabb kumohon perkenankanlah doaku.

2. Doa Agar Memiliki Anak yang Terjaga Aqidahnya 

Masih tercantum dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 35, doa ini dibaca oleh Nabi Ibrahim untuk menjaga anak keturunannya dari menyembah berhala. Seperti diketahui Nabi Ibrahim diperintahkan membasmi berhala pada masanya.
Doa yang dibacakan Nabi Ibrahim tersebut berbunyi:

Robbij’al hadzal balada aminaw wajnubnii wa baniyya anna’budal asnaam
Artinya: Ya Allah, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan jauhkanlah aku dan anak cucuku dari menyembah berhala.

 

3. Doa Agar Memiliki Keturunan yang Menjadi Cahaya Mata

Tak cukup hanya dengan memiliki keturunan, keturunan tersebut pun hendaknya menjadi cahaya mata bagi orang tuanya. Nyaman dipandang, menyejukkan dan menjadi kebaikan bagi kedua orang tuanya. Di dalam Al-Qur’an doa untuk memiliki keturunan yang menjadi cahaya mata tercantum dalam Al-Qur’an surah Al-Furqan ayat 74 yang berbunyi:

Walladzina yaquuluuna robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yuniwwaja’lna lilmuttaqiina imaamaa

Artinya: Sungguh orang-orang yang berkata, ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan yang menjadi cahaya mata (qurrata a’yun). Dan jadikanlah kami sebagai pemimpin untuk orang-orang yang taqwa. (Qs. Al-Furqon: 74). Mendoakan orang tua bagi anak memiliki banyak keutamaan. Bukan hanya untuk kebaikan orang tuanya, berdoa juga menjadi jalan pahala menuju surga. Berdoa adalah bagian dari zikir, maka siapa yang memperbanyak zikir ia akan mendapat ketenangan dan pahala.

Mendoakan orang tua bagi anak juga dapat membantu memperlancar rezeki, sebab ridhanya Allah didasarkan pada keridhaan orang tuanya. Kehidupannya akan dijauhkan dari perkara sulit. Bagi orang tua memiliki anak yang rajin mendoakan orang tuanya akan memberi kebaikan plus yang sangat berarti. Namun, kebiasaan mendoakan orang tua ini perlu dilatih dan dibiasakan. Anak-anak perlu diajarkan hafalan doa yang bisa diamalkan kapan saja terutama setelah waktu salat.

Ingin memiliki anak yang selalu terbiasa membaca doa-doa untuk orang tuanya setelah salat? Cobalah memasukkan anak Anda ke sekolah Prestasi Global. Sekolah ini menawarkan jenjang KB, TK, dan SD dengan kurikulum yang melahirkan generasi religius, enterpreneur, kreatif, dan peduli lingkungan. Mengembangkan life skill dan teknologi informasi, Termasuk kegiatan ramah lingkungan yang ditawarkan.

Secara konsisten Presatsi Global menawarkan nilai-nilai seperti integritas, empati, disiplin, menghormati, dan ketangguhan kepada peserta didiknya. Sekolah Islam modern ini menekankan pada penerapan keilmuan agama sehari-hari secara lebih aplikatif. Mengajarkan anak untuk melakukan hal-hal seperti salat, membaca Al-Qur’an hingga berdoa bukan hal yang mudah. Bergabunglah di Prestasi Global, anak-anak Anda akan mampu membaca dan mengamalkan secara rutin doa untuk kedua orang tua dalam Al-Qur’an.
 

Manfaat Membacakan Doa Kepada Orang Tua

1.Menjadi amalan mulia bagi anak. 2.Mendapatkan ridho Allah. 3.Mendapatkan kemudahan.

7 Manfaat Do’a Akhir

1.Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. 2.Do’a adalah sebab untuk mencegah bala’ bencana. 3.Do’a itu amat bermanfaat dengan izin Allah. 4.Do’a adalah sebab kuat dan semakin mendapatkan pertolongan menghadapi musuh. 5.Do’a adalah sebagai peredam murka Allah

4 Cara Menghafal Alquran dengan Cepat

1.Meluruskan Niat 2.Mencari Waktu Yang Tepat Untuk Menghafal 3.Membuat Jadwal Hafalan 4.Konsisten

(Visited 691 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us