Bagikan Artikel Ini:

Masalah perut kembung tentu bisa terjadi pada siapa saja. Sebagai masalah perut yang paling umum, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Penanganan dan juga pengalaman orang yang kembung bisa berbeda. Pada anak – anak kembung ini juga bisa jadi hal yang biasa dialami. Tapi pada anak, kembung bisa lebih tidak mengenakan.

Anda bisa saja pernah melihat si anak rewel, tidak mau makan dan mengeluh karena perutnya kencang karena kembung. Perut kembung pada anak ini tentu lebih tidak nyaman dibandingkan orang dewasa. Jika orang dewasa, mereka bisa menahan rasa tidak nyaman ini. Tapi bagi anak, rasa tidak nyaman terkadang tidak bisa ditahan.

Apa Sebenarnya Perut Kembung Ini?

Jika anak Anda bertanya masalah kembung ini apa sebenarnya, tentu Anda perlu menjawab. Kebanyakan orang juga masih sering salah seputar masalah perut ini. Perut kembung pada anak dan orang dewasa terjadi saat kondisi perut dipenuhi gas. Gas ini berasal dari saluran pencernaan dan hasil dari penyerapan nutrisi makanan. Umumnya gas yang terbentuk ini bisa keluar secara natural, tapi jika jumlahnya banyak pada waktu yang sama, perut bisa terasa tidak nyaman, keras dan mengembang.

Kondisi perut kembung yang umum adalah hasil pencernaan natural. Tapi jangan salah, kembung juga bisa jadi tanda masalah perut yang lebih serius jika berlangsung berkepanjangan. Jadi jika Anda sudah berusaha dan mencoba banyak cara mengobati perut kembung tapi masalahnya tidak sembuh, segera periksakan ke dokter.

Hal – Hal yang Bisa Menyebabkan Kembung Pada Anak

Masalah kembung pada anak adalah hal yang bisa dibilang akan sering terjadi. Berbeda dengan orang dewasa yang kondisi tubuhnya sudah lebih kuat dan berkembang, anak terutama yang masih kecil belum memiliki kekuatan tubuh yang baik untuk mengatasinya.

Karena tubuh masih dalam masa berkembang, kebanyakan anak akan lebih sering mengalami kembung. Tapi masalah kembung ini bukan berarti tiba – tiba muncul. Bagi Anda yang ingin tahu penyebab perut kembung pada anak, berikut adalah beberapa penyebab tersebut:

  • Menelan udara terlalu banyak saat makan ataupun beraktivitas. Terkadang anak bisa makan sambil bermain ataupun berlari di ruangan, hal ini bisa jadi jalan masuk udara ke pencernaan secara sedikit demi sedikit. Jika sudah menumpuk banyak dan tidak dikeluarkan, tentu perut anak akan mengalami kembung.
  • Mengunyah makanan terlalu cepat. Anak – anak tentu memiliki pace makan yang bisa lebih cepat daripada orang dewasa. Saat si anak ingin cepat bermain misalnya, mereka pasti terburu – buru. Mengunyah makanan dengan cepat membuat pola mengambil nafas juga cepat, hal ini akan membuat udara juga bisa ikut termakan dalam prosesnya.
  • Mengkonsumsi makanan bergas. Banyak jenis makanan bisa menimbulkan gas di pencernaan secara alami. Makanan ini antara lain seperti kubis, lobak, kembang kol, bawang, brokoli serta kacang – kacangan.
  • Terlalu banyak minum soda. Minuman yang mengandung soda tentu saja memiliki kandungan gas. Karena hal ini minuman soda sering menstimulasi sendawa. Tapi saat gas tidak keluar, hal ini bisa menyebabkan kembung di pencernaan.
  • Tanda – tanda penyakit tertentu. Di dunia ini banyak masalah perut dan pencernaan yang bisa menimbulkan efek kembung. Tentu saja hal ini tidak terbatas pada masalah di usus, bisa saja masalah tubuh dingin dan masuk angin menyebabkan kembung. Tapi rata – rata penyakit yang menyebabkan kembung adalah sembelit, sumbatan pada usus, intoleran pada laktosa serta penyakit Crohn.

Jika Anda bisa menjaga si anak agar penyebab di atas lebih terkontrol, tentu saja masalah kembung anak bisa diatasi. Cara menghilangkan kembung pada anak yang paling awal adalah pencegahan. Jadi selama Anda bisa mencegah, penyebab di atas, masalah ini tidak akan membuat anak Anda menderita.

Cara – Cara Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Jika Anak mengalami masalah kembung, ada beberapa cara mengobati perut kembung pada anak yang bisa dicoba. Berikut ini adalah bahasan pengobatan yang meliputi pertolongan awal, perawatan dan juga tindakan pra-kembung:

Menghindari Bahan Makanan yang Menyebabkan Gas

Jika Anda ingin menghindari masalah kembung pada anak, ada baiknya melakukan pencegahan dengan menghindari makanan penyebab gas seperti kubis, lobak dan beberapa bahan lain yang sudah dibahas sebelumnya.

Makanan yang di bahas di atas tentunya memiliki gizi baik jadi sayang jika tidak dikonsumsi anak. Untuk tetap memastikan makanan bergizi seperti brokoli dan kacang – kacangan bisa dikonsumsi aman tanpa masalah kembung, Anda perhatikan saja besaran jumlahnya. Jika sedikit dan dengan ukuran tertentu, bahan makanan ini tentu aman dikonsumsi.

Atur Konsumsi Minuman Anak

Minuman bersoda tentu sudah jelas bisa menyebabkan kembung, tapi tahukan Anda bahwa minuman lain yang mengandung sukrosa dan fruktosa berlebih juga bisa menyebabkan gas di saluran pencernaan? Karena itu, pastikan minuman anak baik sebelum mengkonsumsinya.

Masalah kembung juga bisa dihasilkan karena konsumsi minuman yang banyak di waktu yang singkat. Pastikan si anak minum secara teratur tapi tidak terlalu banyak. Minum banyak pada anak kecil bisa juga berpotensi menyebabkan ngompol jika tidak hati – hati.

Ingatkan Si Anak Untuk Mengunyah dengan Baik

Memakan makanan secara terburu – buru memiliki potensi menyebabkan udara ikut tertelan. Untuk menghindari masalah perut kembung pada anak karena hal ini, lebih baik akarkan si anak untuk mengunyah makan dengan benar. Pastikan juga si anak diam saat makan, karena bermain dan lari – lari saat disuapi makan, hal ini juga berpengaruh sama dengan mengunyah cepat saat makan.

Pastikan Si Kecil Banyak Minum Air Putih

Meminum air putih memang tidak secara langsung bisa jadi cara menghilangkan kembung pada anak, tapi sebagai tindakan pencegahan, hal ini baik dilakukan. Air putih yang cukup setiap harinya memiliki efek memperlancar pencernaan. Jadi masalah konstipasi dan resiko kembung bisa berkurang karena gas mudah dikeluarkan.

Memberikan Kompres Pada Perut Anak

Jika Anak mengeluh mengalami rasa sakit di perut karena kembung, pertolongan pertama perut kembung pada anak yang bisa dilakukan adalah memberikan kompres. Memberi water bag yang diisi air hangat dan ditempelkan pada area perut bisa membantu mengurangi rasa sakit. Suhu yang hangat ini juga membantu gas di perut mengembang dan akhirnya keluar dari tubuh si anak.

Jika Anda sudah melakukan hal – hal di atas tapi kembung si anak tetap sering terjadi dan susah hilang, pastikan langsung hubungi dokter untuk pengecekan. Hal ini lebih penting lagi saat si anak juga mengalami sakit lain seperti demam, berkeringat dingin ataupun kram perut.

Berbagai Makanan yang Bisa Digunakan Untuk Masalah Kembung Anak

Jika Anda ingin lebih cepat meredakan rasa kembung pada perut anak secara alami, ada beberapa jenis makan yang secara natural membantu mengeluarkan gas ini. Bahan makanan yang akan dibahas di bawah ini, juga berguna bagi masalah kembung orang dewasa. Jika penasaran, langsung saja dibahas pada bagian berikut ini:

Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan badan tentu sudah dipercaya sejak dulu. Mengkonsumsi kunyit secara rutin bisa membantu pencernaan mengeluarkan gas dengan lancar. Untuk konsumsinya, Anda bisa campurkan kunyit ini sebagai bumbu masakan yang dikonsumsi anak. Menu seperti soto, opor dan gulai ada yang bisa menggunakan kunyit dan tentunya baik dikonsumsi oleh anak.

Jahe

Tumbuhan akar – akaran ini memiliki kandungan bernama zingibain yang mampu menimbulkan rasa hangat pada pencernaan. Saat dikonsumsi, rasa hangat ini akan membantu gas di pencernaan mengembang dan terdorong keluar. Rasa hangat yang ditinggalkan jahe ini juga bisa mengurangi rasa sakit akibat kembung pada anak. Tapi karena jahe ini memiliki rasa pedas dan pahit, anak mungkin menolak mengkonsumsinya. Jadi pastikan menyeduh bahan herbal ini dengan beberapa bahan manis seperti madu, jeruk nipis dan gula merah agar si anak lebih menikmatinya.

Timun

Timun sudah terkenal memiliki kandungan quercetin yang bertugas sebagai antioksidan. Jika dikonsumsi, timun ini membantu mengempiskan perut begah dan pembengkakan dalam saluran pencernaan. Untuk konsumsi pada anak, Anda bisa membuatnya menjadi jus ataupun menyediakannya dengan makan langsung jika anak Anda bersedia.

Seledri

Sayuran hijau ini mampu menjadi obat pertolongan pertama perut kembung pada anak. Anda cukup menyeduh daun seledri ini dan meminumkannya pada anak. Air hangat dan kandungan di dalam seledri akan membantu mengontrol gas dalam pencernaan agar mudah keluar. Jika mengkonsumsi seledri ini secara rutin, anak Anda juga terbantu terhindar dari masalah pencernaan. Seledri terkenal bisa menetralkan racun di tubuh dan membuangnya. Jadi racun tidak akan bertahan lama di pencernaan dan membuat masalah jika minum atau makan seledri ini.

Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki kandungan kalium yang banyak. Bagi yang tidak tahu, zat ini bisa menetralkan kandungan sodium akibat banyaknya konsumsi makanan asin. Jika memiliki kadar sodium tinggi, pencernaan bisa jadi tidak lancar dan hal ini berpotensi menyebabkan kembung. Bagi anak, pisang juga bisa jadi sumber serat yang membantu masalah pencernaan.

Semangka

Buah semangka terkenal memiliki kandungan kalium yang bisa memperlancar masalah pencernaan akibat kebanyakan makanan asin seperti pada pisah. Selain itu, semangka ini juga memiliki sifat diuretic yang membantu ginjal bekerja membuang air seni. Pada anak, buang air kecil bisa menstimulasi pencernaan untuk mengeluarkan kelebihan gas dan cairan di tubuh. Jadi tentu saja mengkonsumsi buah ini secara rutin bisa menghindarkan masalah kembung.

Yogurt

Dalam bahan yogurt, Anda akan temukan kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan. Berbeda dengan susu, yogurt yang diolah dari bahan tersebut lebih mudah diserap oleh pencernaan. Untuk anak, yogurt ini juga sering tersedia dengan banyak rasa yang nikmat. Jadi pastikan si anak mengkonsumsinya setiap hari agar terhindar dari masalah kembung. Yogurt ini juga bisa disajikan dengan buah – buahan yang membantu pencernaan di atas. Jadi pasti khasiatnya bagus dan juga bisa jadi camilan enak untuk anak.

Bagaimana menurut Anda seputar bahasan mengenai perut kembung pada anak di atas? Bahasan ini tentu terkesan simple bagi orang – orang yang sudah sering mengalami kembung. Tapi bagi mereka yang ingin memastikan kondisi anak cepat sembuh dan tidak terkena kembung sama sekali, bahasan tersebut pasti berguna. Mudah – mudahan info ini bisa Anda manfaatkan demi kesehatan si kecil. Terima kasih sudah membaca!

 

Kesimpulan

Mengapa perut kembung pada anak lebih tidak nyaman dibanding orang dewasa?

Karena orang dewasa dapat menahan rasa tidak nyaman sedangkan anak-anak tidak.

Apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan perut kembung?

Menelan udara terlalu banyak, mengunyah makanan terlalu cepat, mengkonsumsi makanan bergas, dan terlalu banyak minum soda.

Apa saja makanan yang dapat mengatasi masalah perut kembung?

Jahe, timun, kunyit, seledri, pisang, semangka, dan yogurt.

 

(Visited 171 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us