Bagikan Artikel Ini:

Anak merupakan rezeki dari Allah SWT yang tak terkira. Kehadiran seorang buah hati di tengah – tengah keluarga memang membuat hari – hari semakin menyenangkan. Melihat tumbuh kembang si kecil adalah momen yang tidak bisa dilupakan dan diulang kembali. Kecerian si kecil memang menjadi obat pelipur lara. Terlebih bagi sang ayah yang seharian sibuk bekerja, pulang ke rumah disambut senyuman si kecil memang membuat tenaga kembali pulih.

Namun bagaimana kalau kecerian si kecil tiba – tiba hilang karena sakit. Tentu hari – hari juga jadi semakin kelabu. Masalah anak sakit tidak hanya cukup berobat saja, tetapi berdoa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan kesembuhan. Pasalnya, segala penyakit dan kesembuhan memang datangnya dari Allah SWT. Lantas, bagaimanakah doa untuk anak sakit?

Berikut ini kami turut menyajikan kumpulan doa untuk anak yang sedang sakit agar bisa segera mendapatkan kesembuhan. Kebanyakan doa yang dipanjatkan merupakan amalan – amalan doa dari para Nabi, terutama Nabi Muhammad SAW.

Membaca Al-Fatihah

Diantara banyak surat yang diturunkan oleh Allah SWT, Al-Fatihah menjadi salah satu surat istimewa. Bagaimana tidak, surat ini selalu dibaca setiap sholat, mulai dari awal hingga akhir, saat dzikir sekalipun. Manfaat dari membaca Al-Fatihah sendiri sangat banyak. Nabi Muhammad SAW bersabda “Barang siapa yang membaca Al-Fatihah, maka dirinya sama dengan membaca sepertiga isi Al-Quran (pahalanya), Al-Fatihah merupakan pembukaan untuk orang – orang mukmin.”

Salah satu keistimewaan membaca Al-Fatihah adalah bisa menjadi doa untuk anak sakit. Al-Fatihah bisa dibacakan saat anak sedang sakit. Bacakan saja, surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali pada anak yang sedang sakit.

Tidak hanya itu saja, khasiat membaca Al-Fatihah juga menjadi doa untuk sakit mata dan gigi. Caranya, cukup bacakan surat Al-Fatihan sebanyak 40 kali pada secangkir gelas yang berisi air, kemudian air di dalamnya diusapkan pada kedua belah tangan, kaki, muka hingga seluruh badan. Barulah diminum, Insya Allah kesembuhan bisa didapatkan.

Selain itu, surat Al-Fatihan bisa ditulis dengan huruf terpisah dan dileburkan dengan air suci kemudian diminumkan pada anak yang sedang sakit, maka Allah akan memberikan hidayah berupa kesembuhan.

Doa kesembuhan dari Nabi Muhammad

Amalan doa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad bisa dengan cara menyebutkan langsung nama orang yang sedang sakit. Inilah salah satu doa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash seperti yang diriwatkan oleh Imam Muslim. Hanya saja, saat melafalkan doa untuk anak yang sedang sakit ini, bacaan Sa’ad bisa diganti dengan nama si kecil.

“Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan”

Artinya: Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.

Tidak hanya doa meminta kesembuhan saja, menyertakan doa meminta ampunan dosa dan perlindungan agama dan raga saat si kecil sedang sakit juga bisa dilakukan. Salah satu doa yang dibacakan oleh Nabi Muhammad SAW saat menjenguk sahabat-Nya, Salman Al-Farisi RA seperti yang diriwatkan oleh Ibnu Sunni adalah sebagai berikut ini.

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika”

Artinya: Wahai (sembari menyebutkan nama si kecil yang sedang sakit), semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu, mengampuni segala dosamu dan mengafiatkanmu dalam segala hal agama dan fisik sepanjang hidupmu.

Doa kesembuhan untuk Nabi Ayyub

Nabi Muhammad SAW juga membacakan doa ini untuk kesembuhan Nabi Ayyub dan keluarganya. Beliau mengusapkan tangan kanan beliau sembari membaca doa:

“Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa’uka, syifa’an laa yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah Tuhan Manusia, musnahkanlah segala rasa sakit ini. Berikanlah kesembuhan, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa saat anak sakit panas

Penyakit panas pada anak memang tidak menyenangkan. Pasalnya, tidur anak tidak tenang dan anak menjadi sering rewel. Doa untuk anak yang sedang sakit panas yang bisa diamalkan adalah sebagai berikut ini:

“Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari”

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Agung. Saya berlindung kepada-Mu Yang Maha Besar atas segala kejahatan keringat yang bisa mendidihkan darah dan kejahatan dari panas api neraka.

Doa saat anak sakit batuk dan pilek 

Tidak hanya penyakit panas saja, batuk dan pilek menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang si kecil, terlebih saat musim hujan. Pasalnya, memang sistem imun si kecil yang belum sekuat orang tua. Doa untuk anak sakit batuk dan pilek yang bisa amalkan adalah sebagai berikut ini.

“Asalulallahu ‘Azhiim robbul ‘arsyil ‘szhiim ayyasyfiyak”

Artinya: Aku memohon kepada Allah, Tuhan Yang Maha Besar. Tuhan Yang Memiliki Arasy, Maha Agung, semoga Dia bisa memberikan kesembuhan untukmu. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Dalam riwayat Attimidzi, Alhakim dan Abu Dawud juga disebutkan bahwa Ibnu Abbas Ra pernah mendengar Nabi Muhammad membacakan doa tersebut saat menjenguk orang sakit. Nabi Muhammad bersabda bahwa saat orang sedang mendekati ajal, hendaklah membacakan doa trsebut sebanyak 7 kali agar Allah memberikan kesembuhan atas penyakitnya.

Doa saat anak sakit gigi

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, bisa dengan meletakan jari pada gigi yang sakit. Kemudian doa untuk anak saat sakit gigi adalah membaca Al-Fatihah, lanjutkan dengan berdoa sebanyak 7 kali:

“Ya Allah, musnahkanlah keburukan dan kekejian yang didapati olehnya dengan doa Nabi-Mu yang Al-amin (jujur) serta tetap berada di sisi-Mu.”

 

Doa saat anak sakit mata

Untuk masalah sakit mata pada anak bisa juga mengamalkan surah Al-Fatihah. Selain itu, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa barangsiapa yang ingin menyembuhkan kabur atau rabun (kelemahan pandangan), maka bisa dilakukan dengan memandang bula pada awal bulan pertama, apabila tidak terlihat atau terhalang dengan awan dan lain sebagianya bisa dilakukan pada malam kedua, jika masih tidak bisa, bisa dilakukan pada malam – malam seterusnya.

Jika sudah kelihat, maka bisa langsung menyapukan kedua tangan kanannya pada bagian mata sembari membaca Al-Fatihah sebanyak 10 kali. Baru setelah itu mengamalkan doa untuk anak yang sedang sakit mata dengan doa seperti ini sebanyak 7 kali:

“Al-Fatihah merupakan doa mujarab untuk setiap – tiap penyakit yang datang karena rahmat Mu ya Allah yang lagi Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang”

Barulah mengucapkan “Ya Rabbi” sebanyak 5 kali.

Terakhir cukup memanjakan doa berikut ini sebanyak satu kali saja:

“Ya Allah berikanlah kesembuhan, karena Engkaulah Maha Menyembuhkan, Ya Allah berilah kesehatan, karena Engkaulah yang Maha Menyehatkan.”

Doa kesembuhan untuk penyakit berat

Makna dari penyakit berat itu sendiri merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Bahkan kesempatan untuk kesembuhan sangat kecil sekali. Mungkin saat anak sedang menderita sakit berat menjadi ujian terberat bagi orang tua. Walaupun begitu, keajaiban tentu saja ada. Saatnya, orang tua mengamalkan doa untuk anak yang sedang sakit berat berikut ini.

“Allahumma ahyihi mā kānat al-hayātu khairan lahu, wa tawaffahu idzā kānāt al-wafātu khairan lahu”

Artinya: Ya Allah, Hidupkanlah dirinya jika kehidupan memang lebih baik, matikanlah dirinya jika kematian memang lebih baik.

Rasulullah SAW juga pernah mengamalkan doa tersebut saat menjenguk sahabatnya. Banyak yang bilang doa di atas juga merupakan doa mengharapkan kematian.

Doa kesembuhan segala penyakit

Doa untuk anak sakit ini juga menjadi salah satu doa yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini merupakan doa yang ditujukan untuk mendapatkan kesembuhan dari segala penyakit. Sebuah riwayat Iamam Bukhari dari Ibnu Abbas Ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW membacakan doa ini saat menjenguk orang badui yang sedang sakit deman. Untuk bacaan doanya seperti berikut ini.

“Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu”

Artinya: Semoga sakit yang diderita tidak apa – apa, semoga kesucian didapatkan atas kehendak Allah.

Membaca Sholawat Tibbil Qulub

Sebagai seoerang muslim membaca sholawat juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memberikan kesembuhan. Doa untuk anak sakit bisa dilakukan dengan membaca sholawat tibbil qulub. Sholawat ini dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil dan anak tidak mudah terserang penyakit. Baca saja 10 kali sholawat tibbil qulub sembari menyentuh tubuh anak yang sedang sakit. Amalkan bacaan ini setiap hari hingga anak berangsur – angur pulih.

Untuk bacaan Sholawat Tibbil Qulub adalah sebagai berikut ini:

“Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Quluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadiyaaihaa wa’alaa aalihi washohbihi wabaarik wasallim”

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi besar Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan. Penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinat mata serta cahayanya yang merupakan makanan utama jasmani dan rohani. Semoga sholawat dan salam tersampaikan pula kepada keluarga serta para sahabat beliau.

Doa untuk ruqiyah 

Amalan doa ruqiyah juga bisa diterapkan ketika anak sedang tidak enak badan. Bisa jadi, sakit yang diderita merupakan sakit yang tidak biasa alias sakit karena godaan jin. Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad membaca doa yang satu ini saat meruqiyah salah seorang sahabat beliau.

“Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta”

Artinya: Tuhan segala umat manusia, hilangkanlah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu ada. Tidak ada yang bisa mengangkatnya kecuali kehendak dari Kau.

Itulah kumpulan doa untuk anak yang sedang sakit. Sebenarnya orang tua tidak perlu khawatir saat anak sedang sakit. Lakukan saja pengobatan sebagaimana mestinya yang dilakukan. Untuk masalah kesembuhan serahkan kepada Allah SWT yang Maha Agung. Sakit yang datang merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umatnya.

Dengan memberikan sakit, maka sebagai umat manusia tentu diajarkan untuk semakin bersyukur dan meminta segala pertolongan Allah saat dilanda musibah. Amalkan beberapa doa untuk anak sakit di atas agar mendapatkan kesembuhan. Pasalnya, keajaiban pasti datang kepada hamba-Nya yang berusaha dan berdoa. Tetap berserah diri dan serahkan segala urusan kesembuhan pada Allah SWT.

Kesimpulan :

Apa doa saat anak sakit panas ?

“Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari” Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Agung. Saya berlindung kepada-Mu Yang Maha Besar atas segala kejahatan keringat yang bisa mendidihkan darah dan kejahatan dari panas api neraka.

Apa Doa saat anak sakit batuk dan pilek ?

“Asalulallahu 'Azhiim robbul 'arsyil 'szhiim ayyasyfiyak” Artinya: Aku memohon kepada Allah, Tuhan Yang Maha Besar. Tuhan Yang Memiliki Arasy, Maha Agung, semoga Dia bisa memberikan kesembuhan untukmu. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Apa Doa saat anak sakit gigi ?

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, bisa dengan meletakan jari pada gigi yang sakit. Kemudian doa untuk anak saat sakit gigi adalah membaca Al-Fatihah, lanjutkan dengan berdoa sebanyak 7 kali: “Ya Allah, musnahkanlah keburukan dan kekejian yang didapati olehnya dengan doa Nabi-Mu yang Al-amin (jujur) serta tetap berada di sisi-Mu.”

 

(Visited 2.358 times, 26 visits today)
WhatsApp WhatsApp us