Bagikan Artikel Ini:

Setiap orang tua pastinya mendambakan anak-anaknya bisa hidup bersih dan sehat. Tak heran jika kini banyak orangtua mulai menerapkan pola hidup sehat agar anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara yang dilakukan setiap orangtua untuk menerapkan pola hidup sehat bagi anak-anaknya pun berbeda-beda. Mulai dari berolahraga secara rutin seperti bersepeda hingga menerapkan diet yang sehat.

Manfaat Penerapan Pola Hidup Sehat

Banyak manfaat dari kebiasaan melakukan pola hidup sehat pada anak. Bahkan, jika dijalankan secara rutin, hal itu akan memberikan banyak kegunaan bagi anak kelak di kemudian hari. Dari sekian banyak manfaat menerapkan pola hidup sehat pada anak, terutama sekali adalah menjaga daya tahan tubuh (imunitas) anak agar tidak mudah terkena penyakit.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, seorang anak juga akan terpacu energi dan semangatnya ketika melakukan aktivitas. Energi baru itu bisa diperoleh dari penerapan pola makan yang teratur, bergizi, dan seimbang. Selain itu, tak kalah penting, pola hidup sehat dapat membantu mengontrol berat badan. Pastinya, dengan berat badan yang terkontrol, anak Anda akan terhindar dari bahaya obesitas.

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Orangtua selalu ingin mengajarkan anak-anak untuk mulai hidup sehat. Anda bisa memilih cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Berikut 12 cara yang bisa dilakukan.

1. Memberi Contoh

Cara terbaik untuk mengajari anak dalam menerapkan hidup sehat adalah dengan memberikan contoh kepada mereka. Tidak mudah bagi orangtua untuk menyuruh anak menerapkan pola hidup sehat tanpa memberikan contoh konkrit kepada mereka. Memulai pola hidup sehat harus dimulai dari orangtua. Tanpa disuruh pun jika Anda sudah memberikan contoh nyata, mereka akan mengikuti apa yang Anda lakukan.

Misalnya, Anda mengajak mereka berolahraga, makan makanan yang higienis dan bergizi, banyak minum air putih, dsb. Ini beberapa contoh kebiasaan yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Anak akan melihat yang Anda lakukan dan pastinya akan mengikuti kebiasaan Anda. Yang Anda contohkan itu sekaligus untuk lebih merekatkan hubungan Anda dan anak-anak. Hal ini penting bahwa untuk memulai menerapkan pola hidup sehat harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga.

2. Menyiapkan Makan Bersama

Menyiapkan makan bersama juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menerapkan pola hidup sehat. Konkritnya, coba libatkan anak-anak – laki-laki dan perempuan semua bergerak – untuk memasak makanan sehat di dapur. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan mereka untuk memilih bahan makanan yang bersih dan sehat.

Selain membiarkan anak-anak memilih sendiri makanan yang akan dimakan, Anda juga bisa menjelaskan secara perlahan tentang kandungan gizi yang terkandung dalam makanan yang hendak dikonsumsi. Tidak hanya kandungan gizi, Anda juga perlu memberitahu kepada anak-anak tentang bahaya suatu makanan. Misalnya, makanan yang banyak mengandung gula tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi karena bisa memicu penyakit diabetes, dsb.

3. Sarapan Bersama

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa dilakukan dengan cara mengajak keluarga untuk menikmati sarapan bersama. Karena alasan kesibukan kerja, banyak orangtua yang tidak sempat menikmati sarapan pagi di rumah.

Padahal, sarapan bersama bisa menjadi media untuk saling berbagi dan bercerita tentang makanan yang sedang dikonsumsi. Sarapan bersama tidak hanya untuk mencegah lapar. Lebih dari itu, bisa mengurangi stress karena seluruh anggota keluarga berkumpul dalam satu meja.

4. Santai Di Meja Makan

Jangan pernah meremehkan ketika berada satu meja di ruang makan. Meja makan merupakan tempat paling cocok untuk santai bersama keluarga. Sambil menikmati hidangan favorit, Anda sebagai orangtua bisa bercerita tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi. Kehangatan Anda bersama keluarga akan terus terjaga dengan makan bersama. Hal itu secara tidak langsung Anda telah mengajarkan kepada mereka tentang hidup sehat.

5. Hindari Makanan Tidak Sehat

Mengajak anak-anak makan bersama di dalam satu meja juga dapat menghindarkan mereka dari makan makanan yang tidak sehat dan higienis. Meja makan juga bisa menjadi tempat untuk menjaga anak-anak dari kebiasaan hidup tidak sehat. Anda secara tidak langsung akan menjadi anak-anak lebih suka makan di rumah ketimbang beli makanan di luar yang belum terjamin kebersihannya. Kesehatan anak harus menjadi prioritas, sehingga menghindarkan anak dari makanan tidak sehat menjadi suatu keniscayaan.

6. Pola Makan Yang Baik

12 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Berada satu meja makan merupakan saat yang paling tepat untuk mengatur pola makan agar anak-anak tetap terjaga kesehatannya. Anak harus diajarkan bagaimana hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang baik dan seimbang. Mengkonsumsi makanan yang baik sangat penting bagi tumbuh kembangnya seorang anak. Pola hidup sehat melalui makanan sehat tidak hanya menjaga pertumbuhan anak namun dapat juga mencegah suatu penyakit.

Ada banyak manfaat dari penerapan pola makan yang baik, diantaranya dapat menjaga berat badan. Hal ini sekaligus untuk menghindari anak mengalami obesitas. Dan, dalam jangka panjang, imunitas anak pun akan semakin baik.

7. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Tak kalah penting, salah satu cara menerapkan pola hidup sehat pada anak adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Sebagai orangtua, Anda harus memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya mengkonsumsi air putih yang cukup bagi tubuh. Setiap tubuh membutuhkan cairan yang cukup dan itu hanya bisa dipenuhi dengan minum air putih secukupnya.

Cairan sangat penting bagi tubuh. Anak yang kekurangan air putih akan mengalami dehidrasi, yang pada gilirannya bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh serta mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi. Yang paling penting dari kecukupan cairan dalam tubuh akan menjadikan anak mudah menerima pelajaran di sekolah karena bisa berkonsentrasi dengan baik.

8. Jaga Anak Tetap Aktif

Setelah selesai menikmati hidangan makan bersama di meja makan keluarga. Kini saatnya Anda perlu mengajak anak-anak untuk menjaga tubuh tetap aktif. Ini adalah cara efektif untuk menerapkan pola hidup sehat. Beberapa kegiatan yang cocok untuk menjaga anak tetap aktif seperti bernyanyi, menari, berlari, hingga kegiatan melompat-lompat.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, Anda telah membuat anak terbiasa untuk melakukan kegiatan yang bersifat latihan fisik dan mental sekaligus. Bahkan, untuk anak usia dini disarankan bisa melakukan kegiatan fisik minimal selama 2 jam dalam sehari.

9. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Menjaga anak tetap aktif juga bisa dilakukan dengan beraktivitas olahraga secara teratur. Ada banyak jenis olahraga yang cocok untuk anak. Jadi olahraga tidak selalu diartikan sebagai kegiatan yang memerlukan tenaga berat. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga yang menyenangkan. Sebut saja ada bersepeda, berenang, hingga jogging. Sisi positifnya mengajak anak berolahraga sejak kecil, anak akan terbiasa untuk hidup sehat sejak dini. Dia akan selalu menerapkan pola hidup sehat sehingga tidak mudah terserang suatu penyakit.

10. Istirahat Yang Cukup

Ini menjadi bagian paling sulit bagi orangtua untuk mengajak anak memulai hidup sehat. Mengajak anak untuk istirahat, misalnya tidur siang, itu tidak mudah. Apalagi, mengajak anak yang super aktif dan ingin selalu bermain-main. Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua agar anak mau menuruti perintahnya? Untuk saat ini, tantangan paling berat bagi orangtua adalah penggunaan handphone dan peralatan gadget lainnya.

Yang harus dilakukan orangtua adalah membatasi penggunaan handphone dan gadget. Sebagai orangtua, Anda perlu mengatur waktu kapan waktunya bermain dan kapan waktunya tidur siang. Dengan jadwal itu anak akan terlatih menerapkan pola hidup sehat.

11. Lingkungan Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa dimulai dari lingkungan yang sehat. Anda harus mengajari anak untuk mulai hidup sehat dengan mengajak dia selalu membersihkan tempat bermain. Mengingat kesukaan anak yang suka bermain, Anda sebaiknya selalu menjaga tempat di sekitar rumah selalu dalam keadaan bersih. Untuk kenyamanan anak bermain, sebaiknya Anda menanam pepohonan kecil agar terasa segar.

12. Minum Multivitamin

Bila perlu, agar anak bisa tumbuh dan kembang dengan baik, Anda memberi minum multivitamin kepada mereka. Namun, berilah multivitamin sesuai dengan kebutuhan mereka. Multivitamin bisa bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan anak Anda. Dengan meminum vitamin, misalnya, nafsu makan anak umumnya akan bertambah.

13. Tips Hidup Sehat

Sebagai bagian akhir dari artikel ini, kami dari Prestasi Global ingin memberikan tips hidup sehat yang bisa diterapkan untuk anak-anak Anda.

  1. Anda harus peduli terhadap kondisi kesehatan anak sejak kecil. Ini memang tidak mudah namun Anda harus melakukannya demi pertumbuhannya.
  2. Sebaiknya Anda tidak terlalu memaksa anak untuk memakan habis seluruh isi di dalam piring ketika perut dia sudah kenyang.
  3. Anda harus mengajak anak melakukan aktivitas olahraga yang menyenangkan, seperti bermain bola, dsb.
  4. Sebaiknya sejak dini Anda tidak membiasakan anak makan sambil menonton televisi.
  5. Menjadi orangtua, Anda harus tegas, termasuk membatasi penggunaan peralatan elektronik, seperti handphone, gadget, dsb.
  6. Untuk menghindari anak bosan makanan, cobalah buat variasi makanan, seperti makan sayur dan buah. Ini cara hidup sehat yang bisa Anda lakukan bersama anak.
  7. Agar anak bisa tidur pulas, sebaiknya Anda mengamankan segala peralatan gadget di malam hari. Jangan biarkan tidur anak terganggu oleh HP.
  8. Anda harus bisa memilih makanan ringan yang sehat untuk anak Anda, misalnya dengan memperhitungkan jumlah kalori dalam makanan.
  9. Jangan terlalu sering memberi hadiah permen, karena hal itu bisa merusak kesehatan gigi anak Anda.
  10. Meski masih anak-anak, sebaiknya Anda melibatkan mereka dalam setiap kegiatan keluarga, misalnya dengan cara masak bersama di dapur.
  11. Sebaiknya Anda tidak melarang anak memakan makanan “junk food”. Yang bisa Anda lakukan adalah mengawasi dan membatasinya sehingga makanan itu tidak sampai mengganggu kesehatannya.
  12. Anda harus memberi contoh yang baik. Sebagai orangtua, Anda harus menjadi teladan tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Itulah 12 cara yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat pada anak. Mulai sekarang, Anda harus membiasakan anak untuk bergaya hidup sehat, baik melalui pola makan yang benar dan seimbang, olahraga teratur, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 17 Kegiatan yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Rumah

apa manfaat terpenting dari menerapkan pola hidup sehat?

meningkatkan imunitas tubuh

Bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat kepada anak?

mengajak mereka berolahraga

Bagaimana cara agar anak tetap sehat tanpa memaksa kehendak anak?

menjaga anak agar tetap aktif adalah hal paling efektif untuk menerapkan pola hidup sehat

Bagaimana cara agar sikecil mau makan makanan yang sehat ?

Mengajak menyiapkan makanan sehingga si kecil merasa senang dan mau memakan makanan yang ia siapkan sendiri.

apa cara menerapan pola hidup sehat yang paling mudah?

menjaga agar tubuh tidak dehidrasi (kekurangan air )

(Visited 73 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us