Bagikan Artikel Ini:

Tak bisa keluar rumah dan anak sudah mulai bosan? Ada banyak kegiatan bersama anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebagian besar diantaranya bahkan tak memerlukan alat khusus yang perlu dibeli. Tidak perlu teori parenting yang berat untuk mengajak anak bermain. Hal yang perlu Anda sediakan adalah waktu dan perhatian untuknya. Beberapa ide permainan mungkin butuh alat khusus, tapi yang lain bisa dilakukan nyaris tanpa persiapan. Anak-anak selalu menyukai hal yang baru. Maka saat Anda kehabisan ide, lakukan beberapa kegiatan berikut ini. Bukan hanya membuat mereka sibuk, berbagai aktivitas ini bisa menstimulasi mereka agar jadi semakin cerdas.

 1. Memasak

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Bagi Anda memasak mungkin sudah jadi keseharian. Namun bagi anak-anak, ini adalah hal yang seru! Buat pengalaman masak yang berbeda dengan mencoba resep baru dengannya. Atau Anda bisa juga berperan sebagai instruktur masak yang membacakan instruksi pada resep. Anak akan berusaha mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dengan seksama.

Membuat kue kering bisa menjadi pilihan bagi anak-anak usia dini. Mereka bisa diajak mencetak atau membentuk adonan. Mereka juga akan belajar dan ingin tahu bagaimana kue yang tadinya empuk saat berupa adonan berubah menjadi keras.

Kegiatan ini sangat bermanfaat. Tidak hanya meningkatkan kedekatan Anda dengan si kecil, secara tidak langsung dia akan melatih fokus sambil belajar matematika dan bahasa. Bonusnya, Anda akan mencicipi masakan buatannya!

2. Membuat Karya Seni

Melukis, menggambar, dan mewarnai adalah kegiatan yang selalu disukai anak. Namun jika ingin melakukan sesuatu yang beda, memanfaatkan berbagai media untuk membuat karya seni.

Anda bisa memanfaatkan batu-batu, cangkang telur, atau sendok kayu untuk media lukis. Vas atau mug lama yang jarang terpakai juga bisa menjadi alternatif.

Selain itu, Anda juga bisa membuat karya seni lain, seperti melipat kertas origami, membuat gantungan kunci, dan sebagainya. Ini akan jadi aktivitas seru untuk anak yang tak terlupakan

3. Berolahraga

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Saat berada di luar rumah mungkin si kecil biasa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang cukup menyita energi. Jangan hilangkan kebiasaan ini, dan lakukan bersama di rumah. Mulailah olahraga seru dengan keluarga secara rutin. Anda bisa menari, senam, yoga, hoola hoop. Sesekali, jogging dan bersepeda keliling kompleks akan membuat tubuh lebih segar dan stress berkurang.

4. Membaca

Manfaatkan momen kebersamaan di dalam rumah untuk meningkatkan minat baca anak. Untuk anak-anak yang belum bisa membaca, Anda bisa meluangkan waktu untuk membacakan buku secara nyaring. Ini akan mendorong mereka untuk suka membaca dan tertarik pada buku. Untuk anak-anak yang sudah bisa membaca, sediakan perpustakan mini di rumah. Alokasikan waktu khusus untuk membaca bersama, lalu minta mereka menceritakan apa yang baru selesai dibaca.

5. Bermain Drama (Role Play)

Bermain drama atau role play bisa dilakukan dengan anak-anak sejak mereka mulai berbicara. Pada anak-anak usia dini, drama sederhana bisa dilakukan dengan berpura-pura menjadi pedagang dan pembeli. Anda juga bisa mengajaknya dalam drama acara talkshow dimana dia menjadi pembawa acara atau narasumbernya.

Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda mulai bisa mengajarkan story telling. Mereka akan suka belajar memainkan intonasi suara saat menceritakan sesuatu. Ajak mereka menyiapkan semua hal, mulai dari kostum dari baju-baju yang ada di rumah, hingga properti sederhana seperti boneka. Anda juga bisa mencari naskah skenario sederhana di internet dan mengajak anak-anak untuk memerankannya. Rekam drama tersebut agar bisa menjadi kebanggaan anak-anak.

6. Membuat Vlog

Saat berada di rumah, Anda bisa melakukan kegiatan bersama anak dengan membuat vlog. Ini akan melatih rasa percaya dirinya, sehingga ia tak takut berada di depan kamera. Membuat vlog juga dapat membantu anak memahami bahwa terciptanya sebuah video ternyata tidak instan. Mereka akan belajar makna bekerja keras dan lebih menghargai proses kreatif.

7. Bernyanyi

Nyalakan laptop lalu cari lagu yang Anda suka. Ajak si kecil memegang microphone atau benda apapun yang bisa dijadikan microphone mainan. Nyanyikan lagu anak yang ceria bersamanya, agar dia selalu ceria. Pada anak-anak yang lebih besar, proses ini bisa Anda lengkapi dengan memainkan alat-alat musik atau belajar membaca not lagu.

8. Beres-Beres Rumah

Anak-anak suka melakukan kegiatan yang dilakukan orang dewasa. Ini membuat mereka merasa lebih percaya diri. Maka salah satu cara mengisi waktu luang saat Anda dan anak berada di rumah adalah dengan melakukan beres-beres yang menyenangkan. Biarkan dia memegang sapu kecil yang sesuai dengan ukuran badannya, lalu sapu rumah bersamanya.

Ajak dia membawa lap dan cairan pembersih yang aman, lalu undang dia membersihkan permukaan meja. Untuk anak-anak yang usianya lebih besar, ajak ia merapikan tempat tidur. Anda juga bisa membersihkan kulkas atau kamar mandi bersamanya. Mereka juga akan suka melipat bajunya sendiri.

9. Bermain Permainan Tradisional

Banyak permainan tradisional yang mungkin akan menarik perhatian anak-anak. Petak umpet, dakon, lompat tali dengan jalinan karet gelang, kelereng, bola bekel, dan engklek, adalah beberapa permainan seru yang bisa dipilih. Permainan tradisional mampu meningkatkan fokus, mendorong jiwa kompetitif dan kolaboratif, serta mengajarkan anak untuk bersikap sportif. Aktivitas ini juga akan mengajarkannya tentang pentingnya menghargai aturan dan sifat jujur.

10. Bermain Board Games

Board game adalah permainan yang bisa melatih kreatifitas dan kemampuan otak untuk memikirkan strategi. Ada banyak board game di Indonesia yang bisa Anda pilih. Ada monopoli, ular tangga, halma, catur, othello, scrabble, dan masih banyak lagi. Dalam menentukan board games yang akan dimainkan bersama, pilih board game yang sederhana dan butuh waktu singkat untuk anak kecil. Misalnya ular tangga atau halma.

Untuk anak-anak yang lebih besar, catur dan othello yang butuh banyak strategi dan kemampuan memprediksi mungkin lebih sesuai. Monopoli bisa mengenalkan anak-anak pada dunia finansial. Sementara itu, scrabble bisa Anda gunakan untuk melatihnya memahami kosakata bahasa Inggris.

11. Berkemah

Kalau Anda suka berkemah, maka jangan tunggu kesempatan untuk melakukan kegiatan ini di tempat yang jauh. Ajak anak untuk mendirikan tenda di halaman rumah, dan membuat api unggun sederhana. Ceritakan kisah-kisah atau dongeng di dalam tenda agar mereka bersemangat bermain. Kalau punya alat barbeque, tak ada salahnya juga menggunakannya untuk memasak makanan saat berkemah.

12. Main Air

Hampir semua anak suka air. Maka kreasikan berbagai ide main air bersama ananda. Anda bisa memasukkan air yang sudah diwarnai dengan cat makanan ke dalam balon dan membuat bola-bola air. Lemparkan ke sisi tembok rumah di halaman untuk bersenang-senang. Main hujan-hujanan saat hujan turun atau berenang dengan kolam portable (dari plastik) juga bisa jadi pilihan.

13. Berkreasi dengan DIY

Salah satu kegiatan menyenangkan di rumah adalah menstimulasi kemampuan seni si kecil dengan membuat karya DIY. DIY memicu anak untuk berpikir kreatif dan solutif dan memanfaatkan barang-barang di sekitar mereka. Anda bisa membuat dekorasi rumah dari kayu dan kaleng bekas, membuat bunga dari kain, kotak tisu, dan juga bingkai foto. Meronce gelang dan kalung dari manik-manik untuk membuat aksesoris juga bisa menjadi pilihan. Anak-anak biasanya suka benda warna-warni, dan ini membuat mereka terinspirasi untuk membuat sesuatu. Manfaatkan semangat mereka untuk berkreasi dan menciptakan hal-hal yang bermanfaat.

14. Memelihara Hewan

Jika sebelum ini Anda sering di luar dan tidak punya waktu untuk memelihara hewan, barangkali inilah saatnya. Memelihara hewan akan mengajarkan banyak hal pada anak, seperti kedisiplinan dan tanggung jawab. Selain itu, hewan-hewan peliharaan akan membantu menurunkan stress, melepas penat, dan melatih kemampuan anak bersosialisasi dengan makhluk hidup di sekitarnya.

15. Berkebun

Anda punya lahan yang bisa ditanami? Jangan sia-siakan peluang ini. Ajak anak-anak untuk berkebun. Mulai mencangkul tanah, menanam benih, menyebar pupuk, dan sebagainya. Menanam tanaman yang pertumbuhannya cepat mungkin lebih baik untuk anak-anak, karena mereka bisa mengamati perubahannya setiap hari.

Meskipun kesannya sederhana, ternyata berkebun dapat mengembangkan kemampuan sensorik anak. Anak bisa memegang biji, bunga, merasakan tekstur tanah, dan sebagainya. Mereka juga mencium berbagai aroma tanaman yang berbeda. Selain sebagai stimulasi motorik, berkebun juga dapat meningkatkan kepedulian anak pada lingkungannya. Ini juga akan membantu anak melatih kesabaran dan meredakan stress.

16. Melakukan Percobaan Sains

Ada berbagai percobaan sains sederhana yang bisa dilakukan di rumah, misalnya seperti berikut ini:

  • Menggunakan air garam untuk membuat telur mengambang
  • Melelehkan es
  • Melelehkan coklat
  • Membuat pelangi
  • Mencampur minyak dan air
  • Membuat letusan gunung merapi dengan baking soda

Melakukan percobaan sains sederhana akan meningkatkan rasa ingin tahu anak dan membuatnya lebih berani melakukan sesuatu.

17. Menulis Cerpen, Buku Harian, dan Karya Sejenis

Menulis bisa menjadi sarana untuk menuangkan perasaan, meredakan stress, mengelola emosi, dan memperbaiki suasana hati. Ajak anak Anda menulis bersama, dan bantu dia menuangkan apa yang dirasakannya. Beberapa bentuk tulisan ini bisa menjadi inspirasi:

  • Buku harian
  • Surat kepada keluarga atau kerabat
  • Bullet journal
  • Cerita sederhana
  • Komik (jika anak juga suka menggambar)
  • Puisi
  • Cerita pendek

Setelah terbiasa menulis, anak-anak umumnya juga akan mengalami peningkatan kemampuan berbahasa. Ini akan berguna bagi peningkatan keterampilan bersosialisasi dengan orang lain. Tak hanya itu, kemampuan akademiknya juga otomatis akan terbantu karena ia sudah terlatih mengungkapkan ide.

Tips Memilih Aktivitas Bersama Anak di Rumah

Semua aktivitas tersebut bisa Anda lakukan di rumah bersama anak-anak. Pilihlah dari hal yang paling menyenangkan dan tidak membutuhkan banyak persiapan. Pada awalnya mungkin akan terasa canggung, tapi lama-lama Anda akan menyukainya.

Anak-anak selalu suka hal baru, maka gantilah aktivitasnya setiap beberapa waktu. Jangan takut bereksperimen karena saat Anda berpikir sesuatu tidak mungkin dilakukan, bisa saja sebenarnya itu sangat mudah. Kami di Prestasi Global bisa, maka Anda juga pasti bisa melakukan hal kreatif. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan bersama anak di rumah. Ciptakan memori yang indah dengannya, dan dia akan menjadi orang dewasa yang lebih baik pada masa depan. Selamat beraktivitas!

Baca Juga : Mengajarkan Anak Mengucapkan Maaf , Tolong, dan Terima Kasih Sejak Dini

kegiatan apa yang anak gemari untuk dilakukan bersama di rumah?

Bermain board games bersama teman, saudara dan orangtua nya

aktivitas apa yang bisa menstimulasi anak agar semakin cerdas?

bermain teka-teki sambil memecahkan masalah

Kegiatan apa yang harus di biasakan kepada anak ?

Beribadah bersama setidaknya seminggu sekali bersama sama agar menjadi kebiasaan yang baik.

(Visited 160 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us