Bagikan Artikel Ini:

Teknologi memang tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita, tak terkecuali anak-anak. Teknologi seperti smartphone, tablet hingga komputer bisa dikenalkan sejak dini pada anak-anak. Hal ini penting untuk orangtua lakukan agar anak tidak sampai salah dalam menggunakan teknologi terutama komputer.

Lalu, bagaimana cara memperkenalkan teknologi komputer pada anak usia dini?

Artikel kali ini akan membahas cara terbaik mengenalkan anak pada komputer yang perlu orangtua ketahui. Dengan begitu, anak dapat merasakan lebih banyak dampak positif dari penggunaan komputer dibanding dampak negatifnya. Tidak perlu berlama-lama, ini dia info selengkapnya.

Kapan Waktu Paling Tepat Mengenalkan Anak pada Komputer?

Ada waktu yang paling tepat dimana kamu sebagai orang tua mulai bisa mengenalkan anak dengan teknologi komputer. Kapan tepatnya? Yaitu pada saat anak sudah cukup besar untuk memahami apa itu komputer, usia paling ideal yaitu 3 tahun.

Di usia 3 tahun proses pengenalan komputer masih harus selalu dipandu orang dewasa. Kamu bisa memandu tangan anak menggunakan keyboard dan mouse.

Jika usia 3 tahun menurut kamu terlalu dini untuk kenal komputer, kamu bisa menunggu hingga anak masuk sekolah di usia 4 hingga 6 tahun. Di usia pra-sekolah, anak masih harus dipandu dan dipantau oleh orang dewasa saat menggunakan komputer.

Bagaimana Cara Mengenalkan Komputer pada Anak Usia Dini?

Bagaimana Cara Mengenalkan Komputer pada Anak Usia Dini - Sekolah Prestasi Global

Tidak ada salahnya mengenalkan anak dengan komputer di usia dini. Hanya saja, kamu perlu melakukan beberapa pendekatan atau cara agar anak bisa memanfaatkan komputer optimal dan dengan tujuan yang benar.

1. Menjelaskan pada Anak Manfaat dari Teknologi Komputer

Cara pertama pengenalan komputer, kamu bisa mulai dengan menjelaskan apa saja faedah atau manfaat komputer untuk manusia. Berikan contoh-contoh yang familiar bagi anak mengenai pemanfaatan komputer.

Misalnya, dokter memanfaatkan komputer untuk memeriksa kondisi pasien. Contoh lain, komputer membantu Ayah untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, dan contoh lainnya.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat dari teknologi komputer, anak juga akan paham bahwa komputer mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan dan membantu kehidupan manusia dalam banyak aspek.

Anak yang paham dengan manfaat baik dari komputer akan lebih termotivasi untuk lebih mengenal komputer dan termotivasi ingin mempelajari hingga mahir dalam menggunakan komputer.

2. Memberi Pemahaman pada Anak Mengenai Cara Kerja Komputer

Mengajari anak mengenai cara kerja komputer menjadi metode terbaik untuk pembelajaran komputer untuk anak usia dini. Kamu bisa mulai dengan menjelaskan cara menghidupkan dan mematikan komputer.

Cara membuka dan menutup program atau software. Tunjukkan pada anak cara menggerakkan mouse. Kamu bisa melakukan modifikasi untuk mengatur kecepatan mouse agar lebih lambat sehingga anak mudah mengontrolnya.

Pilihkan anak mouse yang pas di genggaman anak agar lebih mudah digerakkan untuk navigasi menu di tampilan layar komputer. Selanjutnya kamu bisa mengajarkan anak cara menggunakan keyboard.

Kamu bisa mengajarkan cara mengetik huruf dan berbagai jenis tanda baca. Jelaskan pula kegunaan tombol penting seperti “enter”, “backspace”, “esc”, dan tombol penting lainnya.

Agar lebih mudah kamu bisa menggunakan keyboard yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan tombol yang lebih besar dan kode warna yang berbeda untuk pengalaman belajar lebih menyenangkan.

3. Mengajarkan Keterampilan Dasar Komputer yang Penting Dikuasai Anak

Ada beberapa keterampilan dasar komputer yang penting yang bisa anak gunakan saat mereka sekolah. Di era teknologi seperti saat ini, tidak jarang tugas sekolah dan tugas pekerjaan rumah harus diselesaikan menggunakan komputer.

Jadi, penting untuk membekali anak beberapa keterampilan komputer berikut.

a. Mengetik

Keterampilan menggunakan keyboard jadi hal utama yang anak butuhkan saat sekolah nanti. Keterampilan mengetik sangat baik diajarkan sejak usia dini karena di usia tersebut kemampuan motorik anak sedang berkembang. Jadi, anak dengan cepat menguasai keterampilan mengetik di usia dini.

Kamu bisa mengajarkan sendiri cara mengetik dengan keyboard atau belajar dengan menggunakan program atau aplikasi khusus seperti Typing Club, permainan Jungle Junior dan bisa pula dengan software seperti Typing Instructor for Kids 5.0.

b. Email

Ketika anak beranjak dewasa, mereka mungkin perlu memanfaatkan alat komunikasi elektronik seperti Email. Email bisa anak gunakan untuk tetap berhubungan dengan temannya, email juga bisa anak gunakan untuk mengirim tugas ke guru sekolah.

Setelah anak sudah mahir membaca dan menulis, ada baiknya untuk mengajarkan mereka cara menggunakan Email. Setelah anak paham, orangtua tetap perlu memantau Email anak terutama kotak masuk dan kotak keluar Email anak.

c. Pencarian Online

Di usia sekolah, anak-anak umumnya akan menggunakan internet untuk mencari informasi terkait tugas sekolah. Agar anak tidak salah mencari informasi, sebagai orangtua kamu harus memberi contoh bagaimana cara menggunakan mesin pencari seperti Google.

Ajari anak bagaimana mencari situs terpercaya agar anak tidak mengambil informasi dari web yang kurang kredibel. Pastikan untuk selalu memeriksa riwayat penelusuran anak untuk memastikan anak tidak menyalahgunakan mesin pencari.

Setelah anak dapat bekerja secara mandiri dalam menggunakan mesin pencari, tetaplah dampingi anak untuk berdiskusi dan bertukar ide terkait informasi apapun yang anak dapat dari pencarian online.

4. Mengalokasikan Waktu yang Tepat untuk Bermain Komputer

Salah satu dampak negatif dari teknologi seperti komputer yang dikhawatirkan orang tua yaitu adanya efek kecanduan pada anak, dimana anak hanya ingin beraktivitas di depan komputer sepanjang hari.

Agar anak tidak mengalami hal tersebut, orangtua perlu mengalokasikan waktu yang tepat untuk bermain komputer. Buatlah kesepakatan bersama anak tentang waktu yang membolehkan mereka bermain komputer. Dengan begitu, anak tidak terlalu bergantung dengan teknologi komputer.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membatasi waktu penggunaan komputer yaitu dengan memanfaatkan fitur Parental Control yang ada pada Windows 7. Di fitur ini kamu bisa memasang atau menyetel limit waktu penggunaan komputer. Kamu juga bisa menentukan hari jam kapan anak dapat menggunakan komputer.

5. Memilih Aplikasi atau Software Komputer yang Memang Ditujukan untuk Anak-anak

Setelah anak tahu cara mengoperasikan komputer, saatnya untuk mengenalkan mereka beberapa aplikasi atau software komputer yang cocok untuk usia anak. Untuk media belajar sekaligus hiburan, kamu bisa menggunakan software pendidikan untuk anak pra-sekolah atau TK.

Berikut beberapa rekomendasi software untuk metode pembelajaran komputer yang bisa jadi pilihan kamu.

a. Game World of Zoo

Game yang cukup populer ini mengajarkan dan mengenalkan anak dengan berbagai jenis hewan dan mengenalkan suara hewan. Game ini menyediakan beberapa fitur menarik. Seperti, anak bisa merancang dan mendesain kebun binatangnya sendiri, terdapat 90 jenis hewan di game ini.

Terdapat fitur dimana anak bisa menjalin hubungan antar hewan untuk mendapatkan kepercayaan dan cinta dari hewan yang anak pelihara di kebun binatang. Anak juga bisa meneliti setiap hewan lebih lanjut.

b. Game Edukasi Anak Lengkap

Game yang satu ini merupakan game karya anak bangsa yang tentunya berbahasa Indonesia. Dalam game Edukasi Anak Lengkap ini tersedia berbagai jenis permainan edukasi. Game ini akan mengenalkan anak dengan huruf, angka, warna, dan lain sebagainya.

Terdapat pula game memori yang mengasah otak anak. Game edukatif ini juga dilengkapi lagu anak-anak dengan suara dan juga teks. Pokoknya, dalam satu game ini sudah sangat komplit berisi permainan dan juga edukasi buat anak-anak.

c. Coloring Book

Software PC khusus untuk anak-anak selanjutnya, ada Coloring Book. Sesuai namanya game ini bisa menjadi media untuk belajar mewarnai untuk si buah hati. Terdapat beragam sketsa gambar yang bisa anak pilih untuk diwarnai.

Untuk mewarnai gambar, anak tinggal membubuhkan warna sesuai dengan imajinasi dan keinginan mereka.

Selain mengenalkan anak dengan berbagai jenis warna dan bentuk, game ini bisa berguna untuk mengasah kreatifitas anak. Coloring Book kompatibel untuk Windows 7, Windows 8, Windows Vista, Windows 10, dan Windows XP.

d. Maze Book

Game Maze Book yang mengajak anak menemukan jalan keluar dari labirin. Tidak hanya menghibur, game ini mampu mengasah kemampuan evaluatif dan keterampilan problem solving yang penting untuk anak.

Terdapat banyak level dalam game ini dengan bentuk labirin berbeda-beda di tiap levelnya. Terdapat pula level dengan tingkat kesulitan yang berbeda sehingga anak bisa menyesuaikan dengan kemampuannya.

Manfaat Teknologi Komputer bagi Anak

Manfaat Teknologi Komputer bagi Anak - Sekolah Prestasi Global

Ada banyak manfaat yang bisa anak peroleh dari menguasai keterampilan komputer sejak dini. Diantaranya:

● Komputer mendukung perkembangan otak anak. Anak menjadi lebih kreatif dan imajinatif. Anak juga belajar mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah, serta menganalisa pilihan.

Dengan bermain komputer, aspek kognitif anak akan cepat berkembang dan terasah dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan komputer saat belajar memiliki performa akademik lebih baik

● Komputer mampu memberi motivasi dan semangat dalam belajar. Anak lebih cenderung menyukai belajar menggunakan teknologi karena tampilannya lebih menarik dan tidak membosankan.

● Komputer melatih kemampuan spasial yang merupakan kecerdasan yang terkait dengan kecerdasan gambar dan visualisasi. Kemampuan spasial akan berhubungan dengan kemampuan matematika yang tentunya sangat dibutuhkan ketika anak sekolah nantinya.

● Melatih kemampuan bahasa terutama bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Hal ini menjadi mungkin karena kebanyakan software atau aplikasi menggunakan bahasa Inggris untuk setiap instruksi dan petunjuk yang ditampilkan.

Dengan sering menggunakan software tersebut, kata-kata berbahasa Inggris akan terekam dan tersimpan dalam memori otak anak.

● Membantu perkembangan kepribadian dan sosial anak. Dengan bermain komputer, anak menjadi lebih berani menghadapi tantangan, lebih kompetitif, serta lebih percaya diri.

● Membantu perkembangan indera pada anak. Bermain game di komputer melatih koordinasi mata dan tangan. Selain itu, juga menstimulasi motorik halus terutama daya rangsang anak agar lebih kreatif.

Di samping dampak positif yang bisa anak peroleh dari menggunakan komputer, Anda juga tidak boleh lengah dengan dampak negatifnya. Seperti munculnya efek kecanduan menggunakan komputer. Di sinilah kemudian peran Anda untuk menyeimbangkan aktivitas bermain komputer dengan aktivitas lainnya.

Kelima cara memperkenalkan komputer pada anak yang telah banyak kita bahas bisa menjadi pedoman terbaik bagi Anda sebagai orang tua. Manfaat yang banyak dari penggunaan komputer pada anak membuat para orang tua tidak perlu ragu atau khawatir lagi ketika anak bermain komputer.

Baca Juga : Blended Learning Jadi Solusi Pembelajaran Selama Pandemi

Kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan anak dengan teknologi komputer?

Ada waktu yang paling tepat dimana kamu sebagai orang tua mulai bisa mengenalkan anak dengan teknologi komputer. Kapan tepatnya? Yaitu pada saat anak sudah cukup besar untuk memahami apa itu komputer, usia paling ideal yaitu 3 tahun.

Apa saja keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai oleh anak?

a. Mengetik
b. Email
c. Pencarian Online

Apa saja aplikasi atau software kompter yang ditujukan untuk anak - anak?

a. Game World of Zoo
b. Game Edukasi Anak Lengkap
c. Coloring Book
d. Maze Book

(Visited 109 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us