Bagikan Artikel Ini:

Aktivitas sederhana tetapi memiliki manfaat jangka panjang yang bagus untuk pendidikan anak adalah mengajarkan anak membaca sejak dini. Buku cerita anak baik yang dibaca oleh anak maupun yang dibacakan oleh orang tua akan memberikan manfaat kecerdasan dan pembentukan karakter di masa akan datang. Kak Ario Zidni selaku pendongeng mengatakan, anak-anak yang dibacakan buku pada usia dini akan mengalami perbedaan karakter dan pengetahuan dibandingkan yang tidak dibacakan atau membaca setidaknya pada lima hingga enam tahun kemudian.

Konten bagus yang ada di dalam buku akan meresap dan membentuk karakter anak di masa akan datang. Buku dengan konten Islami menjadi salah satu pilihan buku yang penting dibaca atau dibacakan oleh orang tua kepada anak. Nah, berikut ini kami merekomendasikan Anda untuk membaca 10 buku cerita Islami yang sangat cocok untuk putra-putri Anda, apa saja?

1. Muhammad Teladanku (MUTE)

Muhammad Teladanku (MUTE) merupakan buku paket bertema Rasulullah yang diterbitkan oleh Penerbit Sygma di Bandung. Penulisnya adalah tim dari penerbit tersebut. Dijual dengan harga jutaan rupiah, buku ini memiliki nilai pelajaran keislaman yang sangat bagus untuk anak-anak. Buku cerita Islami Muhammad Teladanku berisi tentang kisah-kisah kehidupan Rasulullah yang disuguhkan dengan bahasa anak usia pembaca lancar. Membaca buku ini akan lebih baik jika didampingi dengan orang tua atau dewasa untuk memperjelas setiap kisah yang ada di dalam buku.

Mengenal Rasulullah dan kehidupannya, mengajarkan cinta kepada Rasulullah, menanamkan kekaguman kepada Rasulullah sangat bisa dilakukan dengan memberikan bacaan buku ini kepada anak-anak. Penanaman akidah kepada anak adalah bagian dari parenting Islami yang salah satunya bisa dilakukan melalui buku-buku usia anak yang mendukung. Seperti halnya yang dilakukan di Sekolah Prestasi Global, memberikan pengetahuan cerita-cerita siroh keislaman kepada anak-anak untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Islam dan memperkokoh akidah sejak dini.

2. Nabi Sayang Sahabat

nabi sayang sahabat

Buku Islami selanjutnya berjudul Nabi Sayang Sahabat yang ditulis oleh Eka Wardhana dari Penerbit Sygma Daya Insani. Hampir sama dengan buku Muhammad Teladanku, hanya saja buku ini dikhususkan untuk anak usia membaca dini (usia 0 hingga 6 tahun). Anak-anak yang baru bisa membaca sangat cocok membaca buku tersebut.

Bagaimana akhlak dan kehidupan Rasulullah digambarkan dengan kalimat-kalimat singkat dan gambar buku yang menarik sehingga memudahkan anak memahami pesan yang ada dalam buku tersebut. Upaya menanamkan cinta kepada Rasulullah, mengimani Rasulullah sangat mungkin Anda lakukan dengan memberikan buku-buku berisi konten keislaman seperti buku Nabi Sayang Sahabat tersebut.

3. Buku Seri Halo Balita

Picture book untuk anak usia membaca dini yang cukup bagus salah satunya adalah paket buku Halo Balita yang diterbitkan oleh Mizan. Ditulis oleh Nizar, buku ini memiliki berbagai seri dengan tema-tema sederhana untuk pembentukan karakter islami pada anak. Beberapa seri Islami yang cocok diberikan kepada anak Anda antara lain seri sayang Allah, memakai jilbab, belajar puasa, serta belajar wudhu dan salat.

Karakter Islami semacam ini sangat penting ditanamkan pada anak sejak dari usia dini. Beberapa sekolah seperti halnya Prestasi Global dalam kurikulum pendidikannya juga fokus pada pembentukan karakter anak yang lebih aplikatif dan mendasar. Hal ini akan semakin bagus jika didukung dengan bahan bacaan anak yang berkualitas dan mendukung pembentukan karakter seperti yang ditanamkan di pendidikan formal sekolah.

4. Buku Komik Muhammad Al-Fatih

Buku cerita anak Islami selanjutnya yang cukup direkomendasikan untuk anak-anak adalah komik Muhammad Al-Fatih. Buku ini sangat cocok digunakan untuk memperkenalkan tokoh dan pahlawan Islam yang cukup terkenal, yakni Muhammad Al-Fatih yang dikenal sebagai penakluk Konstantinopel.

Buku yang ditulis oleh Handri Satria dan juga Sayf Muhammad Isa ini memiliki visual gambar yang lebih dominan dibandingkan tulisan sehingga lebih menarik minat perhatian anak-anak untuk membacanya. Komik bagi sebagian anak dipandang lebih menarik dengan warna gambar yang lebih dominan.

Melalui buku seperti ini bisa ditanamkan semangat perjuangan anak-anak dalam membela agamanya sejak kecil. Meneladani perjuangan para tokoh sejak kecil sehingga anak-anak bisa memiliki idola yang jelas berasal dari para pejuang agamanya sendiri.

5. Buku 64 Sahabat Teladan Utama

Buku yang ditulis oleh tim Syaamil ini berisi tentang kisah para sahabat Nabi dengan berbagai keistimewaan akhlak yang ditampilkan. Kisah para sahabat ini menjadi salah satu sumber pembelajaran bagi anak-anak untuk mengenalkan para sahabat Rasulullah yang juga menjadi tauladan dalam berislam dan melakukan amal perbuatan.

Materi dalam buku tersebut sangat membantu upaya pembentukan akhlak atau karakter yang ditanamkan kepada anak. Cara seperti inilah yang banyak dilakukan di beberapa sekolah favorit yang menekankan pada pembentukan akhlak Islami anak-anak. Salah satunya yang diterapkan di sekolah Prestasi Global. Di sini pembentukan karakter Islami didorong dengan beragam cara, salah satunya melalui bacaan-bacaan anak yang berkualitas.

6.Doa Sehari-Hari untuk Anak

Rekomendasi buku anak selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai panduan menanamkan nilai-nilai karakter Islami pada adalah buku serri Doa Sehari-hari for Kids yang diterbitkan oleh Pelangi Mizan. Buku yang ditulis oleh Asep Jaidin ini berisi panduan sebanyak tiga puluh lima doa-doa sehari-hari yang biasa dihafalkan oleh anak. Memudahkan bagi orang tua untuk membiasakan anak berdoa dalam segala aktivitas yang terlihat sederhana sekalipun.

Mengajarkan anak berdoa di segala aktivitas merupakan bagian dari pendidikan akhlak Islami sekaligus menanamkan pemahaman akidah kepada anak sejak usia dini. Anak-anak mungkin akan mudah menghafal doa, tetapi dengan bantuan buku yang memiliki visual akan dapat meningkatkan daya ingat anak lebih kuat dan membekas dalam ingatan.

7. Si Bedil

Si Bedil merupakan cerita anak dalam bentuk komik yang tersedia versi cetak dan digitalnya. Bila Anda sedang mencari ebook cerita Islami maka Si Bedil ini cukup layak untuk Anda berikan kepada anak-anak. Komik dengan tokoh si Bedil menggambarkan banyak karakter anak sehari-hari yang kadang melakukan kesalahan tetapi bisa memperbaikinya.

Misalnya saja di dalam komik ini disuguhkan bagaimana seorang yang melakukan kesalahan dan sedang dalam keadaan penuh masalah memohon dan berdoa kepada Allah untuk diberikan solusi. Melalui visual gambar yang dominan dan alur cerita yang menarik, pesan pembentukan karakter Islami dari cerita dalam komik ini akan sampai kepada anak-anak dengan cara menyenangkan.

Anak tidak akan merasa ditekan untuk disuruh melakukan ini dan itu oleh orang tua maupun pendidik, mereka dengan sadar akan melihat contoh perilaku yang dilakukan oleh tokoh di dalam komik. Cerita dalam bentuk komik juga dinilai lebih menarik bagi anak-anak karena memiliki visualisasi gambar yang dominan, karakter tokoh yang lebih khas dan membekas sehingga pesan kebaikan yang ingin disampaikan di dalam cerita lebih mudah masuk ke pikiran anak dengan cara yang menyenangkan.

8.Senangnya Menghafal Al-Qur’an

Mengajarkan anak dekat dengan Al-Qur’an sejak dini juga bisa dilakukan melalui buku cerita. Senangnya Menghapal Al-Qur’an merupakan kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh Rizky Khansa Najibah dan diterbitkan oleh Indiva Media Kreasi dalam produk buku Penulis Cilik Lintang. Melalui buku ini anak-anak akan diajarkan bagaimana asyiknya dekat dan belajar Al-Qur’an yang menyenangkan. Al-Qur’an menjadi salah satu sumber pembelajaran akhlak bagi anak-anak.

Mengajarkan anak Al-Qur’an sejak dini bukan hanya untuk membantu anak rajin dan mau beribadah membaca atau menghafal Al-Qur’an, tetapi juga bagian dari cara untuk membentuk akhlak anak-anak agar lebih baik dan terjaga dari keburukan. Hal semacam inilah yang diterapkan di sekolah-sekolah Islam unggulan seperti Prestasi Global. Anak-anak dididik dekat dengan Al-Qur’an bukan hanya sebatas menghafal atau bisa membaca, tetapi bagaimana agar nilai Al-Qur’an tersebut bisa melekat dalam diri anak-anak.

9. Saatnya Menjerit

Mizan memiliki banyak koleksi kumpulan novel anak Islami, salah satu novel yang sudah cukup lama berjudul Saatnya Menjerit. Novel ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari anak seperti di sekolah dan lingkungan pergaulannya dengan berbagai kondisi yang harus dihadapi. Kisah cerita yang mengalir sehingga lebih membuat anak nyaman untuk membacanya.

Anak-anak usia sekolah biasanya menyukai tema-tema persahabat, prestasi dan kompetisi, petualangan dan sejenisnya. Tema-tema umum semacam ini tetapi tetap dibalut dengan nilai-nilai pesan kebaikan juga bagian dari akhlak Islami yang bisa diambil dari bacaan novel anak.

10.Ola Si Kantong Kresek

Bila Anda ingin memberikan koleksi buku lama yang tetap memiliki nilai atau pesan Islami kepada anak bisa memilih novel Islami terbitan Mizan yang masih ada di pasaran saat ini. Salah satunya berjudul Ola Si Kantong Kresek. Diterbitkan tahun 2006, buku dalam bentuk novel anak ini menampilkan tokoh seorang anak usia sekolah dengan beragam aktivitas dan masalahnya sehari-hari. Anak-anak dengan usia serupa akan lebih tertarik untuk membaca kisah-kisah yang mungkin hampir mirip dengan kehidupan mereka.

Melalui cerita pesan akan lebih mudah sampai kepada anak dibandingkan dengan perintah secara lisan. Oleh karena itulah memberikan buku bacaan dengan pesan-pesan kebaikan yang kaya akan membuat anak-anak lebih mudah didorong pembentukan karakternya. Mereka akan ingat dengan sikap dan bagaimana reaksi tokoh dalam cerita saat menyelesaikan masalah. Sebagai orang tua pun akan lebih mudah mengingatkan pesan dalam cerita tanpa harus terkesan menggurui yang kadang-kadang menggunakan bahasa tak disukai anak.

Membacakan buku atau memberikan buku bacaan kepada anak perlu menjadi hal penting yang direncanakan, baik di sekolah oleh para pendidik maupun di rumah yang dilakukan orang tua. Sekolah dengan kurikulum berkualitas seperti Prestasi Global misalnya, melakukan cara-cara pembelajaran kreatif yang menyenangkan untuk membantu percepatan penanaman karakter Islami kepada anak. Memberikan buku-buku berkualitas untuk diambil nilai kebaikannya oleh anak termasuk materi-materi pembelajaran keislaman.

Demikian juga orang tua. Contoh dari orang tua menjadi hal penting yang akan ditiru anak. Anak yang suka membaca akan lahir dari lingkungan keluarga yang juga gila baca. Anak akan tertarik untuk membaca jika melihat orang tuanya juga memiliki buku koleksian untuk dibaca. Berapa banyak buku cerita anak yang tersedia di rumah Anda? Ganti mainan anak di rumah dengan buku-buku. Cara pintar Anda mendidik anak sekaligus investasi untuk masa depan anak yang lebih sukses dan berhasil baik di dunia maupun akhirat.

Baca juga: Dongeng Anak Islami Sebelum Tidur

Apa saja judul buku cerita islami untuk anak?

1.Muhammad Teladanku (MUTE) 2. Nabi Sayang Sahabat 3. Buku Seri Halo Balita 4. Buku Komik Muhammad Al-Fatih 5. Buku 64 Sahabat Teladan Utama 6. Doa Sehari-Hari untuk Anak 7. Si Bedil 8. Senangnya Menghafal Al-Qur’an 9. Saatnya Menjerit 10. Ola Si Kantong Kresek

Bagaimana cerita tentang buku Nabi Sayang Sahabat?

Buku Islami selanjutnya berjudul Nabi Sayang Sahabat yang ditulis oleh Eka Wardhana dari Penerbit Sygma Daya Insani. Hampir sama dengan buku Muhammad Teladanku, hanya saja buku ini dikhususkan untuk anak usia membaca dini (usia 0 hingga 6 tahun). Anak-anak yang baru bisa membaca sangat cocok membaca buku tersebut. Bagaimana akhlak dan kehidupan Rasulullah digambarkan dengan kalimat-kalimat singkat dan gambar buku yang menarik sehingga memudahkan anak memahami pesan yang ada dalam buku tersebut. Upaya menanamkan cinta kepada Rasulullah, mengimani Rasulullah sangat mungkin Anda lakukan dengan memberikan buku-buku berisi konten keislaman seperti buku Nabi Sayang Sahabat tersebut.

Bagaimana ceria buku yang berjudul Si Bedil?

Si Bedil merupakan cerita anak dalam bentuk komik yang tersedia versi cetak dan digitalnya. Bila Anda sedang mencari ebook cerita Islami maka Si Bedil ini cukup layak untuk Anda berikan kepada anak-anak. Komik dengan tokoh si Bedil menggambarkan banyak karakter anak sehari-hari yang kadang melakukan kesalahan tetapi bisa memperbaikinya.

(Visited 83 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us