Bagikan Artikel Ini:

Apakah Anda sedang mencari shampo anak yang berkualitas? Jika iya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Menjaga kebersihan badan si kecil memang menjadi kewajiban setiap orangtua. Kebersihan anak harus diperhatikan mulai dari rambut hingga ujung kaki. Sebagai orangtua, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati.

Termasuk dalam memilih shampo untuk membersihkan kepala dan rambut anak. Tahukah Anda ternyata shampo merupakan salah satu produk kebersihan anak yang paling sering dibeli.

Hal ini karena hampir sebagian anak melakukan keramas dua kali sehari. Pastinya, ketika keramas mereka menggunakan shampo agar kepala menjadi lebih bersih.

Namun, dalam memilih shampo untuk anak tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Rambut dan kulit kepala anak yang lembut harus dijaga dengan baik agar tetap sehat.

Selain itu, menggunakan shampo ternyata juga bisa menjadi trik untuk mengajak anak menjadi rajin mandi.

Lalu, bagaimana cara memilih shampo yang tepat untuk anak-anak?

1. Gunakan Shampo Khusus untuk Anak

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi si kecil shampo khusus anak. Jangan samakan penggunaan shampo untuk orang dewasa dan untuk si kecil.

Hal ini karena kandungan shampo untuk anak berbeda dengan apa yang Anda gunakan sehari hari. Penggunaan shampo orang dewasa cukup keras apabila diaplikasikan ke kulit kepala anak.

Shampo anak tentu telah memiliki formulasi khusus untuk membuat si kecil menjadi nyaman.

Salah satunya ialah untuk mencegah mata perih apabila busa shampo masuk ke mata anak-anak. Penggunaan shampo anak juga mencegah terjadinya iritasi pada kulit kepala anak yang memang lebih sensitif.

Oleh karena itu, ketika hendak membeli shampo pilihlah shampo yang memang khusus untuk anak-anak.

2. Pilih Shampo yang Ringan dan Lembut

Seperti Anda ketahui, kulit kepala anak-anak jauh lebih sensitif daripada kulit kepala orang dewasa. Rambut mereka tak mampu untuk menahan tingkat keasaman tertentu seperti rambut orang dewasa.

Apabila anak berusia dibawah 2 tahun, maka pilihlah shampo yang memiliki PH netral. Kelenjar minyak dan keringat pada kulit anak belum bisa berfungsi secara sempurna dan optimal.

Jika anak menggunakan shampo dengan PH yang tinggi atau terlalu rendah justru akan memutuskan ikatan protein rambut. Akibatnya, rambut si kecil akan menjadi rusak.

Penggunaan shampoo dengan PH sekitar 5 mampu untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk pada kulit kepala anak. Tentunya, dengan tidak merusak kulit kepala bayi.

3. Hindari Bahan Bahan Tertentu

3. Hindari Bahan Bahan Tertentu

Pilihlah shampo dengan formula ringan dan tidak mengandung bahan bahan yang terlalu berat.

Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa bahan pada shampo yang tidak baik untuk kulit kepala anak. Bahan bahan tersebut ialah silikon dan sulfat yang ternyata bisa merusak rambut dalam jangka waktu panjang.

Hindari penggunaan bahan kimia yang terlalu banyak dalam produk shampo.

Perhatikan pula apakah shampo mengandung alkohol atau tidak. Alkohol pada shampo dapat membuat kulit kepala anak menjadi kering bahkan bisa menyebabkan ruam pada kulit kepala.

Untuk mengetahui kandungan dari shampo, Anda bisa melihatnya di tabel yang biasanya berada pada belakang kemasan produk.

4. Pilih Shampo dengan Bahan Alami

Karena anak lebih mudah sensitif dan iritasi daripada orang dewasa, maka pemilihan produk pun harus hati hati.

Akan lebih aman apabila anak menggunakan shampo yang memiliki kandungan alami dan minim bahan kimia.

Keuntungan dari menggunakan shampo yang mengandung bahan alami ialah mampu menutrisi rambut dengan baik. Selain itu, shampo ini juga tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan.

Terlebih terdapat penelitian yang mengatakan bahwa kemungkinan beberapa produk seperti shampo dan kondisioner memiliki zat aditif kimia.

Sebagai orang tua, Anda perlu memperhatikan hal ini dan mengganti shampo anak dengan produk yang mengandung bahan alami.

Beberapa contoh bahan alami yang aman dan memiliki banyak manfaat ialah minyak kelapa dan shea butter. Kedua bahan alami ini mampu memelihara dan membersihkan rambut dengan maksimal.

Selain itu minyak kelapa juga bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal.

5. Ketahui Kondisi Rambut Anak

5. Ketahui Kondisi Rambut Anak

Sama seperti orang dewasa, setiap anak juga memiliki kondisi rambut dan kondisi kulit kepala yang berbeda. Kondisi yang berbeda ini tentu juga mempengaruhi jenis shampo yang cocok untuk anak-anak.

Cara mengetahui shampo yang cocok ialah dengan mengenali kondisi kepala dan rambut Anak. Kondisi ini bisa mempengaruhi pemilihan shampo khusus untuk anak.

Apakah rambut mereka kasar atau mudah kering?

Pilihlah shampo yang bisa memberikan kelembutan untuk rambut anak dan mencegah rambut rusak.

Selain itu, Anda juga bisa memilih wewangian shampo yang tepat agar rambut si kecil tetap wangi seharian. Pilihlah wangi yang segar dan tahan lama sehingga rambut anak tetap wangi meskipun banyak bergerak.

Pada umumnya wewangian yang cocok untuk anak-anak ialah wangi buah yang segar.

6. Ketahui Alergi Kecil

Memilih produk untuk si kecil memang harus memperhatikan banyak hal agar anak bisa menggunakan produk tersebut dengan aman.

Anda harus mengetahui apakah Anak memiliki alergi terhadap bahan bahan tertentu.

Anak kecil bisa mengalami alergi terhadap bahan kimia yang terdapat pada produk sehari hari termasuk shampo.

Jika anak memang memiliki alergi tertentu, maka Anda harus memilih produk yang tepat dan tidak mengandung bahan pemicu alergi.

Apabila anak ternyata menggunakan produk dengan bahan yang bisa memicu alergi, maka tubuh mereka akan bereaksi terhadap alergi tersebut.

Reaksi alergi bermacam macam mulai dari gatal gatal, ruam hingga kulit kemerahan.

7. Perhatikan Kandungan Fragrance Shampo

Tentu saja hal lain yang penting dalam sebuah produk shampo ialah wewangian. Shampo dengan wangi yang segar akan lebih menarik, bukan?

Tetapi, Anda harus memperhatikan fragrance atau aroma dari shampo anak-anak. Memang tidak semua shampo menjelaskan apa bahan yang mereka gunakan untuk membuat aroma shampo.

Sebagai orang tua, Anda harus bersikap hati hati dan sebisa mungkin mencari tahu apa bahan yang digunakan. Jika bahan aroma untuk shampo anak menggunakan bahan sintetis, hal ini akan membahayakan kesehatan anak.

Oleh karena itu, carilah shampo yang menggunakan bahan alami untuk memberikan aroma yang segar.

8. Ampuh Membersihkan Rambut

Anak-anak memang cukup aktif dan suka bergerak atau bermain bersama teman dan saudara.

Anak yang aktif akan mengeluarkan keringat berlebih dan minyak pada kulit kepala. Terlebih, apabila anak bermain di luar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari.

Kulit kepala dan rambut anak tentu akan kotor dan perlu dibersihkan dengan maksimal. Selain cara mandi dan keramas yang tepat, Anda perlu menggunakan shampo yang tepat.

Pilihlah shampo untuk anak yang memang efektif untuk membersihkan rambut hingga kulit kepala.

Sehingga, setelah anak mandi dan mencuci rambut mereka bisa kembali bersih dan segar.

9. Tidak Membuat Pedih Mata Anak

Ketika mandi atau keramas, seringkali anak tidak bisa diam. Orangtua harus ekstra sabar dan hati hati untuk membersihkan tubuh mereka.

Termasuk ketika mengaplikasikan shampo ke rambut, perhatikan pula busa yang dihasilkan oleh shampo tersebut.

Pilihlah shampo yang aman dan tidak membuat mata anak menjadi perih ataupun pedih. Jangan sampai ketika busa shampo mengenai wajah dan mengenai mata.

Hindari penggunaan shampo yang membuat mata anak menjadi perih dan iritasi. Sebaiknya, gunakan shampo yang lebih aman dan tidak menimbulkan rasa pedih di mata anak.

10. Shampo yang Memiliki Vitamin Tambahan

Dalam usia anak yang masih dalam proses pertumbuhan, orangtua perlu untuk memberikan yang terbaik. Termasuk dalam memilih shampo yang tepat untuk anak.

Ingin rambut anak sehat dan lebih tebal? Pemilihan shampo ternyata memiliki peran yang cukup penting.

Anda bisa memilih shampo yang mengandung vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut anak. Terdapat banyak vitamin yang bisa membuat rambut menjadi lebih lebat dan sehat.

Vitamin A mampu membantu pertumbuhan rambut serta berperan dalam produksi kelenjar minyak. Zinc mampu mencegah terjadinya rambut rontok serta merangsang pertumbuhan rambut.

Vitamin lainnya yang memiliki manfaat baik untuk rambut ialah Vitamin D, E, C dan zat besi.

11. Perhatikan Kandungan Pewarna

Ciri shampo yang cocok selanjutnya ialah bebas dari kandungan pewarna terutama pewarna buatan dan mengandung bahan kimia berlebih.

Pewarna pada shampo bisa menyebabkan kulit kepala iritasi dan merusak kulit kepala anak.

Oleh karena itu, sekali lagi perhatikan kandungan pada shampo yang Anda pilih untuk si kecil.

12. Pilih Shampo yang Mengandung Pelembab

Seiring dengan pertumbuhan si kecil, berbagai permasalahan rambut bisa saja mulai muncul.

Seperti kulit kepala yang kering, rambut yang kusut hingga rambut yang tak mudah diatur.

Sudah menggunakan shampo setiap keramas namun permasalahan ini tetap muncul?

Anda bisa mengganti shampo anak dengan kandungan pelembab yang tinggi. Kandungan pelembab yang cukup dapat mencegah terjadinya kulit kepala yang kering dan membuat rambut menjadi lebih halus.

Akhirnya, rambut anak akan lebih sehat dan mudah diatur.

13. Pilih Kemasan yang Praktis

13. Pilih Kemasan Yang Praktis

Terdapat berbagai jenis kemasan untuk shampo anak, Anda bisa memilih shampo yang memiliki kemasan yang praktis.

Ketika sedang memandikan anak, orangtua memang harus sigap untuk membersihkan tubuh anak.

Agar bisa melakukan semuanya dengan mudah maka pilihlah shampo dengan kemasan pump.

Kemasan ini sangat mudah karena Anda tidak perlu membuka tutup botol shampo. Cukup dengan menekan pump lalu shampo akan keluar dan Anda bisa langsung membersihkan rambut si kecil.

14. Harga yang Bersahabat

Hal terakhir yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih shampo untuk anak ialah harga. Pilihlah shampo yang memiliki harga terjangkau terlebih apabila anak membutuhkan shampo dengan jumlah yang lebih banyak.

Jika memungkinkan, Anda bisa memilih shampo yang memiliki kemasan isi ulang. Sehingga, setiap bulan Anda tidak perlu untuk membeli satu kemasan utuh botol.

Hanya dengan membeli kemasan ulang dan Anda bisa menghemat pengeluaran untuk shampoo.

Apakah shampo yang anak gunakan ini sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka? Atau mereka masih belum nyaman dengan shampo yang digunakan sehari hari?

Berikanlah anak produk yang berkualitas untuk membersihkan rambut mereka.

Lakukan tips dan cara di atas untuk menemukan shampo anak berkualitas untuk buah hati kesayangan.

Baca juga : 9 Cara Agar Anak Memiliki Sopan Santun dan Etika yang Baik

Sebutkan 3 cara memilih shampo yang tepat untuk anak-anak?

– Gunakan Shampo Khusus Untuk Anak – Ketahui Kondisi Rambut Anak – Tidak Membuat Pedih Mata Anak

Kandungan vitamin apa saja yang bisa membuat rambut menjadi lebih lebat dan sehat ?

Vitamin A mampu membantu pertumbuhan rambut serta berperan dalam produksi kelenjar minyak. Zinc mampu mencegah terjadinya rambut rontok serta merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin lainnya yang memiliki manfaat baik untuk rambut ialah Vitamin D, E, C dan zat besi.

Apa yang terjadi ketika shampo yang anak-anak pakai mengandung alkohol ?

Kulit kepala anak menjadi kering bahkan bisa menyebabkan ruam pada kulit kepala.

(Visited 74 times, 2 visits today)
WhatsApp WhatsApp us