Bagikan Artikel Ini:

Informasi yang berkaitan dengan Islami saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk aplikasi di ponsel pintar. Sebagai hasilnya, para orang tua dapat memanfaatkan berbagai aplikasi Anak Islam untuk proses pemahaman agama pada anak yang lebih.

Terkadang, beberapa aplikasi yang ada di ponsel kurang tepat digunakan untuk muslim, terutama bagi anak yang masih di bawah umur. Menyikapi hal itu, para pengembang aplikasi mulai menyiapkan aplikasi-aplikasi yang disesuaikan dengan syariat sehingga aman digunakan. Penasaran apa saja aplikasinya? Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasinya untuk Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Play Store ataupun App Store.

Aplikasi Terbaik untuk Anak Muslim

1. Marbel

Marbel merupakan aplikasi berjenis pendidikan yang dikhususkan untuk anak yang berada di usia 2-8 tahun . Marbel sendiri merupakan istilah singkatan dari kata ‘’Mari Belajar’’. Di sini, Anda dapat menemukan banyak aplikasi belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti beberapa marbel berikut.

  • Marbel Doa Anak Muslim

Di aplikasi ini terdapat lebih dari 36 doa dalam level ringan yang cukup mudah untuk dibaca dan dihafalkan oleh anak. Keseluruhan dari 36 doa itu juga merupakan doa yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari,. Seperti doa sebelum makan, masuk kamar mandi, ganti pakaian, dan lain-lain.

Aplikasi yang sederhana berupa game ini diharapkan dapat melatih anak dalam menghafalkan doa secara interaktif dan efektif karena tampilannya yang menyenangkan. Terdiri dari fitur hafalan doa, game Puzzle untuk mengasah pikiran anak, dan juga ketelitian.

  • Marbel Sholat

Marbel Shalat diharapkan bisa membantu anak dalam belajar sholat. Di dalamnya dilengkapi dengan bacaan dan tata cara sholat sampai 5 waktu sekaligus.

Jika ingin belajar tapi langsung dalam praktik, aplikasi ini juga menyediakan fitur narasi yang membuat anak bisa belajar dengan hanya mendengarkan instruksi. Secara keseluruhan, aplikasi yang dirancang inovatif dan menyenangkan ini merupakan gabungan antara gambar+suara narasi+animasi lucu yang bisa menjadi contoh untuk anak.

  • Marbel Mengaji

Dengan target usia 5-8 tahun, aplikasi marbel ini cocok untuk anak yang ingin belajar lebih giat dan interaktif kaitannya dengan mengaji. Mulai dari belajar huruf-huruf hijaiyah, harokat hijaiyahnya, serta berbagai tanda baca yang sangat diperlukan di dalam mengaji agar tidak salah makna kata dan kalimat.

  • Marbel Anak Soleh

Pengenalan ajaran Islam melalui media buku dirasa kurang menyenangkan? Padahal, pengajaran Islam sejak anak masih berusia dini akan memudahkannya belajar tentang Islam lebih baik ketika menginjak baligh. Hal ini dikarenakan anak sudah terbiasa.

Nah, aplikasi marbel anak soleh dapat dijadikan sebagai salah satu sarana belajar yang bagus. Untuk memudahkan anak dalam proses memahami materi, marbel menyediakan fitur suara pendukung agar semakin mudah dan menyenangkan untuk dipelajari.

  • Marbel Wudhu

Wudhu merupakan salah satu komponen penting sebelum melakukan sebuah ibadah, terutama ibadah sholat. Berhubung wudhu adalah sesuatu yang penting, marbel memberikan solusi menyenangkan agar anak lebih mudah dalam mempelajari tata cara berwudhu yang baik dan benar.

Aplikasi ini juga membantu anak dalam doa-doa wudhu, baik sebelum atau sesudah wudhu. Anak bisa langsung belajar sambil praktek wudhu ditemani aplikasi ini karena Marbel Wudhu sudah dilengkapi dengan narasi pendukung. Dengan begitu, anak tidak perlu terus-menerus menatap layar ponsel.

  • Marbel Juz Amma

Selain Marbel mengaji, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Marbel Juz Amma sebagai media belajar anak setelah dirasa mahir dalam membaca ayat-ayat Al Qur’an. Selain itu, Marbel Juz Amma juga bisa membantu anak dalam belajar menghafal ayat-ayat Allah.

Tampilan aplikasinya yang menyenangkan dan selalu ada pembaharuan sistem membuat aplikasi ini berjalan lebih optimal dalam membantu anak serta membuat anak merasa nyaman berlama-lama untuk belajar bareng.

  • Marbel Spesial Ramadhan

Siapa sih yang tidak bahagia ketika anak sudah mulai belajar berpuasa? Dalam mendukung keinginan anak tersebut, Marbel juga hadir dalam edisi spesial Ramadhan. Di sini, anak-anak akan diajak belajar banyak hal mengenai berpuasa. Mulai dari niat puasa, niat puasa Ramadhan, dan tentang puasa lainnya.

Selain hal-hal yang berkaitan dengan ibadah puasa, Marbel Ramadhan juga membantu anak dalam belajar ibadah-ibadah sunnah yang baik dilakukan saat bulan puasa. Seperti Sholat tarawih, zakat, sedekah, dan tentu saja tentang sholat Idul Fitri.

  • Marbel Asmaul Husna

Asmaul husna yang jumlahnya hampir menyentuh angka 100 memang secara umum akan susah dihafalkan jika tidak terbiasa menghafalkannya. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai mengajarkan kepada anak tentang belajar asmaul husna menggunakan aplikasi ini.

Tentu saja aplikasi ini menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam belajar mengingat nama-nama besar Allah. Apalagi aplikasi ini dilengkapi fitur suara sehingga anak diharapkan menjadi lebih semangat dalam belajar menghafalkan asmaul husna.

2. Lagu Anak Islami – Barokah Studio

Tidak hanya lagu genre pop dan dangdut, berbagai lagu Islami juga sebaiknya diperkenalkan kepada anak-anak sejak masih kecil. Selain belajar secara langsung dengan buku, aplikasi lagu anak Islami ini dapat membantu anak dalam proses mempelajari agama.

Di Play store, aplikasi lagu anak muslim yang dapat didengarkan secara offline ini sangat populer, bahkan unduhannya saja sudah mencapai lebih dari 50.000 kali. Di dalamnya terdapat berbagai pembelajaran sejarah, etika, rukun Islam dan rukun iman, serta 25 nama-nama nabi dan rasul.

3. Game Tajwid Petualangan

Termasuk jenis permainan tema petualangan, game anak Islami ini bisa membuat anak semakin semangat dalam mempelajari hukum bacaan dalam Al-Quran.

Seiring dengan perubahan waktu, belajar mengenai ilmu agama pun juga tidak selalu harus menggunakan buku, tapi juga dengan kecanggihan teknologi. Game ini memiliki tampilan yang menarik serta terdiri dari beberapa level kota. Mulai dari Kota Gresik untuk idgham bigunnah sampai Kota Lamongan untuk tajwid ikhfa.

Di setiap misi levelnya, anak akan diajak untuk memahami perintah dan memberikan contoh mengenai hukum bacaan. Secara tidak langsung, anak akan mempelajarinya. Ukuran game ini pun cukup ringan, hanya 10 MB saja.

4. Video Lagu Anak Islam

Saat ini, konten anak Islami seperti video lagu juga semakin mudah ditemukan. Salah satunya melalui aplikasi video lagu anak Islam yang satu ini. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini bahkan dapat memutarkan audio secara offline

Di dalam aplikasi ini, terdapat berbagai pilihan lagu dengan tema Islami yang mudah diajarkan kepada anak Anda. Untuk ukuran aplikasinya sendiri memakan ruang sebesar 57 MB.

5. Muslim Kids Educational Games – Kids Learn Islam

Ingin mengajarkan agama Islam kepada anak sekaligus belajar bahasa Inggris dan bermain game? Aplikasi ini mungkin bisa dipertimbangkan. Dalam aplikasi ini, anak akan diajarkan untuk memasukkan konsep-konsep dasar Islam dengan tampilan dan game seru, sehingga anak tidak mudah bosan.

Muslim kids educational games ini memiliki berbagai fitur. Salah satunya membantu anak memulai perjalanan spiritual agama Islam dengan cara yang mudah. Selain itu, berbagai misi di dalam game, serta bahasa Inggris membantu mengembangkan pengetahuan dan memori otak pada anak.

6. Nussa dan Rara – Lagu Anak Muslim

Siapa yang suka nonton animasi Nussa & Rara di TV? Anak-anak bisa bertemu mereka lewat aplikasi lagu anak Islami bernama “Nussa & Rara – Lagu Anak Muslim’’, lho.

Di dalam aplikasi ini, anak dapat memutar berbagai jenis lagu Islami, mulai dari alif ba’ ta, Asmaul husna, sampai 25 Nama Nabi dan Rasul.

 

Aplikasi ini membawakan berbagai fitur menarik seperti salah satunya fitur auto play yang artinya bisa memutar lagu secara terus menerus. Selain itu, lagu-lagu yang ada di sini juga dapat didengarkan secara offline atau tanpa koneksi internet. Mudah digunakan dan dapat memutar lagu tanpa harus selalu membuka aplikasi.

7. Cerdas Cermat Islam

Butuh soal-soal yang dapat membantu Anda menilai apakah anak sudah memahami pengetahuan tentang Islam? Bernama “Cerdas Cermat Islam’’, aplikasi inidapat digunakan oleh anak untuk bermain sekaligus belajar.

Sejalan dengan nama yang diberikan ada aplikasi Cerdas Cermat Islami, Anak akan diuji menggunakan beberapa soal. Soal yang ada di aplikasi ini pun beraneka ragam dan paling lengkap. Di sini Anda bisa menemukan soal agama mulai dari madrasah hingga materi ujian nasional.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah banyaknya kuis interaktif yang tidak kalah lengkap dengan aplikasi lainnya. Apalagi ditambah dengan fitur bantuan suara dan gambar yang menarik. Fitur ini tentu saja diharapkan membuat anak betah untuk belajar mengerjakan kuis Islami.

8. Lagu Sholawat Anak Full Offline

Sama seperti pengetahuan Islam lainnya, sholawat kepada Nabi Muhammad SAW juga penting dan dianjurkan untuk diajarkan sejak kecil. Dilengkapi latar belakang gambar yang menarik, diharapkan anak menjadi lebih senang untuk belajar dan menghafalkan berbagai sholawat nabi.

Aplikasi ini menyediakan banyak lirik lagu sholawat yang dapat didengarkan secara offline atau tanpa koneksi internet. Terlebih lagi, aplikasi ini juga tidak dikhususkan untuk anak-anak saja, tapi juga untuk semua kalangan.

9. Asah Otak Anak Muslim

Dengan tampilan menarik, aplikasi untuk anak SD berupa game seru ini berfungsi untuk mengasah kemampuan berfikir anak. Sama seperti tujuannya, aplikasi ini diharapkan mampu membantu melatih konsentrasi dan daya ingat dengan membawakan tema Islami.

Permainan ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Seperti permainan mengingat, permainan mengingat dan menebak, dan permainan mengatur gambar. Permainan asah otak anak muslim ini pun dibanjiri pujian dari penggunanya karena selain membantu mengasah otak, juga sangat menghibur. 

10. Kisah 25 Nabi dan Rasul Untuk Anak – KABI

KABI merupakan sebuah aplikasi interaktif tentang kisah para nabi dan rasul dalam Islam. Cocok untuk mengajarkan kepada anak terkait kisah dan perjuangan para nabi sebagai sarana membangun keimanan sang anak.

Tidak perlu khawatir, aplikasi kisah 25 nabi dan rasul untuk anak ini mengambil informasi dari berbagai sumber terpercaya. Dengan penggabungan konsep interaksi, aplikasi, animasi, suara, dan ponsel membuat anak semakin tertarik dan nyaman untuk belajar tentang para nabi.

11. Game Anak Sholeh

Game anak muslim yang satu ini berisi dongeng dan ratusan mini game di dalamnya, sehingga anak tidak akan mudah bosan. Aplikasi game ini juga menggabungkan konsep belajar pendidikan karakter sambil bermain menjadi satu.

Di dalamnya terdapat tata cara sholat, cara berwudhu, belajar huruf hijaiyah, kisah nabi, doa untuk anak-anak, dan masih banyak lagi. Namun, untuk sementara ini game anak sholeh belum dapat di akses di android versi 9 Pie ke atas.

Sudah saatnya belajar agama lebih interaktif, informatif dan menyenangkan sebagai bentuk dari kemajuan teknologi. Berbagai aplikasi dan game seru sejauh ini kualitasnya sudah semakin baik dan semakin mudah untuk dipelajari.

Beberapa rekomendasi aplikasi anak Islam di atas memang dikemas dengan baik dan menyenangkan. Bahkan, di Prestasi Global sendiri juga menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi ini untuk membantu murid dalam memahami dan mencintai agama Islam.

Apa saja aplikasi belajar Marbel yang disesuaikan dengan kebutuhan?

-Marbel Doa Anak Muslim -Marbel Sholat -Marbel Mengaji -Marbel Anak Soleh -Marbell Wudhu -Marbel Juz Amma -Marbel Spesial Ramadhan -Marbel Asmaul Husna

Bagaimana misi yang ada pada Game Tajwid Petualangan?

Di setiap misi levelnya, anak akan diajak untuk memahami perintah dan memberikan contoh mengenai hukum bacaan. Secara tidak langsung, anak akan mempelajarinya.

Apa tujuan dari aplikasi Asah Otak Anak Muslim ?

game aplikasi Asah Otak Anak Muslim ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berfikir anak, aplikasi ini diharapkan mampu membantu melatih konsentrasi dan daya ingat dengan membawakan tema Islami.

(Visited 167 times, 3 visits today)
WhatsApp WhatsApp us