Bagikan Artikel Ini:

Games anak terbaik sangat dibutuhkan karena permainan erat kaitannya dengan dunia anak sehingga sebagai orang tua pastinya wajib untuk menyeleksi jenis permainan seperti apakah yang memang paling tepat.

Memberikan Sesi Permainan Kepada Anak Itu Perlu

 

Memberikan Sesi Permainan Kepada Anak Itu Perlu

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang maksimal. Maksimal dalam perkembangan otaknya, fisik maupun interaksi sosialnya. Dan pastinya untuk mewujudkan hal ini orang tua harus jeli dalam mendidik agar tumbuh kembang anak semakin maksimal.

Sebenarnya di jaman modern seperti sekarang ini tak perlu terlalu bingung karena sudah banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada anak. Salah satunya adalah melalui permainan. Permainan mungkin identik dengan hal yang tidak bermanfaat, namun sebenarnya melalui permainan ini juga bisa diselipkan nilai edukasi.

Bisa jadi banyak orang tua yang merasa was – was jika sang anak terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain baik bermain dengan teman sebaya maupun melakukan permainan pada ponsel atau gadget lainnya. Namun sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Asalkan bisa mengatur polanya serta memilih jenis permainan yang tepat maka agenda bermain tak akan sia – sia.

Lagi pula bermain sangat penting untuk anak. Anak bisa mengenal beragam jenis permainan baru untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kreatifitas dan daya pikirnya. Yang dibutuhkan hanyalah peran orangtua dalam memilih jenis permainan seperti apakah yang paling tepat.

Untuk itulah sebagai orang tua harus bisa memastikan Games edukasi anak terbaik agar permainan yang dimainkan sang anak tak hanya sekedar sebagai permainan saja namun juga bisa menambah nilai edukasi di dalamnya.

Peran Orang Tua dalam Memilih Jenis Permainan untuk Anak

 

Peran Orang Tua dalam Memilih Jenis Permainan untuk Anak

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Dijaman serba modern dan digital seperti saat ini mau tak mau orang tua harus ikut andil dalam menyeleksi apapun yang dikerjakan oleh sang anak. Apalagi di masa tumbuh kembang anak adalah masa yang rawan karena keinginannya untuk mengetahui hal – hal yang baru. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang tua harus bisa memastikan bahwa lingkungan dan segala hal yang ada disekitar anak adalah baik dan memberikan impact yang positif.

Apalagi saat ini gadget bukan lagi hal yang aneh dimana semua orang dan semua umur menggunakannya. Dan biasanya anak – anak menggunakan gadget ini untuk menonton film ataupun bermain game. Banyak sekali Game anak offline yang tersedia sehingga semakin memudahkan anak dalam memilih jenis permainan seperti apakah yang disukai.

Namun disinilah letak peran orang tua. Sebagai orang tua sebisa mungkin arahkan anak untuk memilih jenis permainan yang tepat. Pilihlah jenis permainan yang dapat menambah nilai edukasi anak, mengasah kreatifitas serta meningkatkan cara berpikir anak.

Dan yang paling penting lagi adalah dimana para orang tua harus mengatur jadwal kapan anak bisa bermain dan kapan anak bisa belajar serta berinteraksi sosial. Jangan sampai terlalu asik bermain gadget, anak sampai lupa bersosialisasi dengan keluarga dan teman sebayanya. Permainan sederhana untuk anak-anak memang bisa dipilih untuk memberikan hiburan disela kegiatan anak, namun pastikan pula bahwa permainan tersebut juga bersifat edukatif. Sehingga sangat penting untuk mengumpulkan rekomendasi Permainan anak yang mendidik.

Rekomendasi Permainan Anak yang Bernilai Edukasi

 

Rekomendasi Permainan Anak yang Bernilai Edukasi

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Semua orangtua pasti pernah mengalami susahnya mengatur anak. Dimana ketika anak sudah terlalu asik bermain, pada akhirnya susah untuk diakhiri. Padahal sudah waktunya untuk melakukan hal lain seperti belajar, makan, mandi atau yang lainnya.

Hal ini yang cukup menjadi dasar agar semua orang harus bisa membuat anak terbiasa melakukan semua hal sesuai dengan porsinya. Atau bisa juga disiasati dengan cara melakukan beragam permainan yang bisa sekaligus menjadi media belajar. Dengan begitu sekali bermain, anak bisa sambil belajar.

Lalu seperti apakah jenis permainan yang seru, menarik namun juga bisa memberikan nilai edukasi pada anak?

1. Balloon Pops

Memecahkan balon pastinya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak. Permainan ini bisa membantu anda para orang tua untuk mengajarkan anak tentang pengenalan warna. Dengan kata lain, anda bisa mengajarkan anak untuk mengenal beragam warna melalui game yang pastinya lebih menyenangkan.

2. Coloring & Learn

Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi semua anak – anak. Orang tua tak perlu khawatir banyak buku atau tembok akan dicoret – coret karena anda bisa mengalihkannya melalui sebuah game yang diberi nama Coloring & Learn. Melalui permainan ini, anak bisa mengasah kreativitasnya dengan mewarnai gambar – gambar yang disediakan.

Selain seru layaknya bermain, game ini pastinya juga membantu anak berkreasi mewarnai gambar sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu agenda belajar mewarna bisa di skip berkat permainan yang satu ini.

3. Belajar Warna & Suara

Selanjutnya rekomendasi permainan edukasi untuk anak adalah Belajar Warna & Suara. Pengenalan warna ini selain menambah pengetahuan juga akan meningkatkan daya ingat anak dalam hal macam – macam warna.

4. Belajar Membaca Lancar

Selain mewarnai, belajar membaca adalah sebuah keharusan yang wajib diajarkan kepada anak. Hanya saja biasanya anak akan cepat bosan jika hanya belajar saja. Untuk itulah hadir permainan berupa aplikasi yang dinamakan Belajar Membaca Lancar ini.

Aplikasi yang satu ini bisa diandalkan ketika anda memiliki anak usia 5 tahun keatas yang memang sudah mulai mengenal pengucapan kata. Di aplikasi ini terdapat pengenalan cara baca yang lengkap baik konsonan maupun vokal.

5. Belajar Menulis Huruf & Angka

Berikutnya referensi Games anak terbaik adalah Belajar Menulis Huruf & Angka. Permainan yang satu ini akan membantu anak dalam meningkatkan kualitas motorik, kinerja tangan serta kreatifitas tangan agar dapat menulis dengan baik. Tak perlu banyak buku atau kertas karena melalui permainan ini saja anak bisa belajar menulis sepuasnya.

6. Game Edukasi Anak Lengkap

Jika anda mengingin jenis game yang lengkap untuk anak, maka Game Edukasi Anak Lengkap adalah jawabannya. Melalui game ini anda bisa membantu anak dalam mengasah daya ingatnya. Mengingat angka, huruf, warna, nama – nama binatang, buah dan lain sebagainya.

Anda tak perlu lagi menumpuk banyak buku untuk mengajarkan beberapa hal karena cukup dengan satu aplikasi saja anda bisa mengajarkan anak untuk mengenal beberapa hal sekaligus, tergantung kebutuhannya.

7. Cerita Anak

Selain memberikan Games edukasi anak yang kental dengan suasana belajar, sesekali anda juga harus menyelipkan cerita didalamnya. Anak – anak pasti menyukai yang namanya dongeng bukan? Namun anda tak perlu membeli banyak buku untuk memberikan dongeng yang menarik untuk anak.

Aplikasi yang satu ini menawarkan sebuah dongeng yang menceritakan khas cerita Indonesia dengan narasi dan gambar yang menarik untuk anak. Apalagi aplikasi ini dapat diunduh secara gratis sehingga sangat terjangkau bukan?

8. Game Edukasi & Lagu Anak Offline

Selain bercerita, mengenalkan lagu – lagu anak juga penting. Aplikasi game Edukasi & Lagu Anak ini terbilang cukup lengkap. Game anak offline ini memang menyediakan beragam jenis lagu anak dimana lirik didalamnya tentu menyisipkan nilai edukasi seperti pengenalan huruf, angka, warna dan lain sebagainya. Ditambah game ini bisa dimainkan secara offline sehingga tak perlu memakan banyak kuota.

9. Belajar Al Quran & Suara Untuk Anak

Di Usia anak – anak tentunya agak sedikit tricky agar anak bisa menurut atau mengikuti apa yang diperintahkan. Untuk masalah belajar dan mengaji tentu harus disiasi agar tidak membosankan bagi anak. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan anak mengaji melalui sebuah aplikasi permainan.

Permainan yang satu ini akan membantu para orang tua untuk mengajarkan mengaji kepada anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Tampilan aplikasi dibuat sangat menarik sehingga akan menarik minat anak untuk melihat. Apalagi aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara yang akan membantu anak lebih mudah dalam pengucapan saat belajar mengaji.

10. Edukasi Anak Muslim Lengkap

Rekomendasi permainan Line yang cocok diterapkan untuk Anda yang beragama muslim adalah Edukasi Anak Muslim Lengkap. Melalui aplikasi ini anda bisa mengajarkan banyak hal baik doa – doa maupun termasuk gerakan sholat. Didalamnya terdapat doa – doa harian, tata cara berwudhu dan sholat serat surat – surat pendek. Lengkap sekali bukan?

Mengajarkan agama tak hanya bisa dilakukan di masjid dan sekolah saja, bahkan di rumah dan dimanapun anda berada bisa langsung membuka aplikasi yang satu ini untuk mengajarkan agama kepada anak.

11. Permainan Matematika Untuk Anak

Mengajarkan anak untuk berhitung juga sangat perlu karena bagaimanapun menginjak usia yang semakin bertambah Pastinya anak harus bisa dan memang perlu diajarkan matematika. Namun tentunya anda harus jeli dalam memilih media untuk mengajarkan matematika kepada anak. Cara terbaik yang bisa dipilih adalah dengan melalui sebuah permainan.

Permainan Matematika Untuk anak ini Memang secara keseluruhan mengajarkan matematika kepada anak namun dibalut dengan tampilan dan cara yang menarik sehingga ketika anak belajar matematika melalui aplikasi ini justru akan membuat suasana belajar semakin menyenangkan sehingga anak tidak akan cepat merasa bosan.

12. Hewan Puzzle

Bermain puzzle tentu sangat menyenangkan bagi anak. Permainan sederhana untuk anak-anak ini mungkin terdengar biasa, namun jika diperhatikan lebih jelas lagi sebenarnya menyusun puzzle bisa melatih anak untuk kreatif. Melalui puzzle anak akan dilatih untuk mengasah otak, menyelesaikan rangkaian puzzle agar bisa membentuk gambar yang sempurna.

Game Hewan Puzzle ini didesain dengan tampilan yang seru dan menarik sehingga sangat cocok untuk dimainkan oleh anak – anak. Apalagi cara memainkannya juga sangat mudah sehingga tak perlu merasa khawatir lagi.

Jika melihat beberapa rekomendasi diatas bisa disimpulkan bahwa ternyata memang banyak sekali game khusus anak – anak yang tak hanya sekedar permainan saja namun juga menyisipkan nilai edukasi. Sehingga bagi anda yang kebetulan sedang kewalahan mengatur jadwal belajar anak, tak ada salahnya jika mendownload beberapa jenis permainan diatas.

Dengan bantuan permainan maka agenda belajar tidak akan membosankan sehingga anak akan lebih tenang dan mengikuti apa yang anda inginkan. Walaupun melalui sebuah aplikasi permainan namun secara tidak langsung, permainan tersebut juga menjadi media belajar bagi anak. Sangat menarik bukan?

Jadi tunggu apalagi? Segera download permainan edukasi anak terbaik sekarang juga. Salah satu brand Permainan anak yang mendidik adalah bernama Prestasi Global.

Mengapa memberikan Sesi Permainan Kepada Anak Itu Perlu?

Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang maksimal. Maksimal dalam perkembangan otaknya, fisik maupun interaksi sosialnya. Dan pastinya untuk mewujudkan hal ini orang tua harus jeli dalam mendidik agar tumbuh kembang anak semakin maksimal. Sebenarnya di jaman modern seperti sekarang ini tak perlu terlalu bingung karena sudah banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada anak. Salah satunya adalah melalui permainan. Permainan mungkin identik dengan hal yang tidak bermanfaat, namun sebenarnya melalui permainan ini juga bisa diselipkan nilai edukasi. Bisa jadi banyak orang tua yang merasa was – was jika sang anak terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain baik bermain dengan teman sebaya maupun melakukan permainan pada ponsel atau gadget lainnya. Namun sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Asalkan bisa mengatur polanya serta memilih jenis permainan yang tepat maka agenda bermain tak akan sia – sia. Lagipula bermain sangat penting untuk anak. Anak bisa mengenal beragam jenis permainan baru untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kreatifitas dan daya pikirnya. Yang dibutuhkan hanyalah peran orangtua dalam memilih jenis permainan seperti apakah yang paling tepat. Untuk itulah sebagai orang tua harus bisa memastikan Games edukasi anak terbaik agar permainan yang dimainkan sang anak tak hanya sekedar sebagai permainan saja namun juga bisa menambah nilai edukasi di dalamnya.

Bagaimana Peran Orang Tua Dalam Memilih Jenis Permainan Untuk Anak?

Dijaman serba modern dan digital seperti saat ini mau tak mau orang tua harus ikut andil dalam menyeleksi apapun yang dikerjakan oleh sang anak. Apalagi di masa tumbuh kembang anak adalah masa yang rawan karena keinginannya untuk mengetahui hal – hal yang baru. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang tua harus bisa memastikan bahwa lingkungan dan segala hal yang ada disekitar anak adalah baik dan memberikan impact yang positif. Apalagi saat ini gadget bukan lagi hal yang aneh dimana semua orang dan semua umur menggunakannya. Dan biasanya anak – anak menggunakan gadget ini untuk menonton film ataupun bermain game. Banyak sekali Game anak offline yang tersedia sehingga semakin memudahkan anak dalam memilih jenis permainan seperti apakah yang disukai. Namun disinilah letak peran orang tua. Sebagai orang tua sebisa mungkin arahkan anak untuk memilih jenis permainan yang tepat. Pilihlah jenis permainan yang dapat menambah nilai edukasi anak, mengasah kreatifitas serta meningkatkan cara berpikir anak. Dan yang paling penting lagi adalah dimana para orang tua harus mengatur jadwal kapan anak bisa bermain dan kapan anak bisa belajar serta berinteraksi sosial. Jangan sampai terlalu asik bermain gadget, anak sampai lupa bersosialisasi dengan keluarga dan teman sebayanya. Permainan sederhana untuk anak-anak memang bisa dipilih untuk memberikan hiburan disela kegiatan anak, namun pastikan pula bahwa permainan tersebut juga bersifat edukatif. Sehingga sangat penting untuk mengumpulkan rekomendasi Permainan anak yang mendidik.

Seperti apakah jenis permainan yang seru, menarik namun juga bisa memberikan nilai edukasi pada anak?

1. Balloon Pops Memecahkan balon pastinya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak. Permainan ini bisa membantu anda para orang tua untuk mengajarkan anak tentang pengenalan warna. Dengan kata lain, anda bisa mengajarkan anak untuk mengenal beragam warna melalui game yang pastinya lebih menyenangkan. 2. Coloring & Learn Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi semua anak – anak. Orang tua tak perlu khawatir banyak buku atau tembok akan dicoret – coret karena anda bisa mengalihkannya melalui sebuah game yang diberi nama Coloring & Learn. Melalui permainan ini, anak bisa mengasah kreativitasnya dengan mewarnai gambar – gambar yang disediakan. Selain seru layaknya bermain, game ini pastinya juga membantu anak berkreasi mewarnai gambar sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu agenda belajar mewarna bisa di skip berkat permainan yang satu ini. 3. Belajar Warna & Suara Selanjutnya rekomendasi permainan edukasi untuk anak adalah Belajar Warna & Suara. Pengenalan warna ini selain menambah pengetahuan juga akan meningkatkan daya ingat anak dalam hal macam – macam warna. 4. Belajar Membaca Lancar Selain mewarnai, belajar membaca adalah sebuah keharusan yang wajib diajarkan kepada anak. Hanya saja biasanya anak akan cepat bosan jika hanya belajar saja. Untuk itulah hadir permainan berupa aplikasi yang dinamakan Belajar Membaca Lancar ini. Aplikasi yang satu ini bisa diandalkan ketika anda memiliki anak usia 5 tahun keatas yang memang sudah mulai mengenal pengucapan kata. Di aplikasi ini terdapat pengenalan cara baca yang lengkap baik konsonan maupun vokal. 5. Belajar Menulis Huruf & Angka Berikutnya referensi Games anak terbaik adalah Belajar Menulis Huruf & Angka. Permainan yang satu ini akan membantu anak dalam meningkatkan kualitas motorik, kinerja tangan serta kreatifitas tangan agar dapat menulis dengan baik. Tak perlu banyak buku atau kertas karena melalui permainan ini saja anak bisa belajar menulis sepuasnya.

(Visited 55 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us