Bagikan Artikel Ini:

Masalah anak tidak mau sekolah merupakan masalah lazim yang dialami oleh para orang tua. Hampir seluruh orang tua pernah mengalami hal ini. Untuk menghadapi anak tidak mau sekolah memang tidak mudah, sebagai orang tua Anda harus tahu cara yang jitu.

Psikolog Irma Agustina Andriani dari Klinik Psikologi Ruang Tumbuh mengatakan, anak mogok sekolah sangat wajar. Biasanya anak usia 5 sampai 11 tahun akan mengalami mogok sekolah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anxiety Disorders Association of America, sebanyak 5% anak usia 5 sampai 6 tahun mengalami mogok sekolah. Kasus mogok sekolah anak usia 10 sampai 11 tahun lebih besar yakni 28%.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua tidak perlu panik ketika anak tidak mau berangkat sekolah. Namun Anda juga tidak bisa mendiamkan hal ini, harus ada tindakan yang harus Anda lakukan.

Cara Mengatasi Anak Mogok Sekolah

Ada beberapa cara mengatasi anak mogok sekolah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Kenali Penyebab Anak Tidak Mau Sekolah

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi anak yang mogok sekolah adalah mengenali penyebabnya. Ada banyak penyebab yang membuat anak tidak mau sekolah, salah satunya adalah masalah dengan teman.

Mempunyai masalah dengan teman sebaya bisa membuat anak enggan untuk pergi ke sekolah. Anak akan merasa cemas ketika ada masalah dengan teman dan salah satu cara yang anak lakukan adalah menghindarinya dengan enggan bersekolah.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya anak enggan ke sekolah adalah pelajaran yang sulit. Pelajaran yang semakin sulit dan anak tidak memahaminya bisa menjadi faktor anak enggan ke sekolah. Faktor guru pengajar juga bisa menjadi salah satu penyebab anak tidak mau sekolah.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak tidak mau bersekolah. Masalah tekanan atau stres di sekolah juga bisa memicu anak untuk enggan bersekolah.

2. Bicarakan dengan Anak Tanpa Menggurui

Menghadapi Anak Tidak Mau Sekolah - Sekolah Prestasi Global

Photo by DisobeyArtPhotography On Envato Elements

Untuk mengetahui apa penyebab anak enggan bersekolah bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak.

Anda harus membicarakan secara baik-baik dengan anak masalah sekolah. Mulai dengan menanyakan alasan anak tidak ke sekolah.

Orang tua yang mempunyai komunikasi baik dengan anaknya akan cepat mendapatkan informasi langsung dari anak. Namun terkadang anak tidak mau bercerita karena takut Anda marah atau karena lain hal. Oleh karena itu, bicarakanlah secara baik-baik dengan anak.

Buatlah anak Anda merasa nyaman dan percaya ketika bercerita dengan Anda. Dengan demikian anak akan selalu terbuka dan membicarakan apa saja masalahnya.

Setelah Anda mengetahui penyebab kenapa anak enggan bersekolah, lanjutkan dengan memberikannya motivasi. Anda harus memberikan nasehat yang mudah dicerna oleh anak.

Hindari kesan menggurui kepada anak, ajaklah anak untuk bercerita dan sharing layaknya sebagai sahabat. Dengan cara ini anak akan lebih terbuka dan bisa menerima semua saran dan nasehat Anda.

3. Buatlah Aturan Ketika Anak Tidak Mau Sekolah

Cara lainnya untuk mengatasi anak yang tidak mau sekolah adalah dengan membuat aturan ketika anak tidak mau sekolah. Misalnya saja anak tidak boleh bermain gadget jika tidak sekolah. Anda juga bisa membatasi waktu bermain anak ketika dia enggan bersekolah.

Aturan lainnya yang bisa Anda berlakukan misalnya saja tidak memberikan uang saku. Tidak memberikan uang saku sekolah ini cukup efektif membuat anak menyesal tidak sekolah. Anda juga bisa memberikan aturan memotong uang saku sekolah untuk hari berikutnya jika tidak mau berangkat sekolah.

Jika anak beralasan tidak mau sekolah karena sakit, Anda bisa memberikan aturan untuk langsung minum obat atau pergi ke dokter. Mengharuskan anak untuk istirahat total di rumah juga bisa Anda lakukan jika anak beralasan sakit.

Buatlah aturan-aturan yang membuat anak menjadi menyesal kenapa ia tidak berangkat sekolah. Dengan aturan-aturan ini anak mungkin akan jera dan berpikir ulang ketika enggan bersekolah.

4. Walaupun Tidak Sekolah Ajak Anak Untuk Tetap Belajar

Mogok Sekolah Anda Bisa Lakukan Ini untuk Anak - Sekolah Prestasi Global

Photo by poungsed_eco On Envato Elements

Ada cara lain yang mungkin efektif untuk mengatasi anak yang mogok sekolah. Cara ini yaitu mengharuskan anak untuk tetap belajar di rumah ketika tidak sekolah.

Jika anak mogok untuk sekolah dengan alasan yang tidak jelas, Anda bisa mengajak anak untuk tetap belajar di rumah. Anda bisa mendampingi anak untuk mempelajari pelajaran hari ini.

Untuk Anda yang bekerja bisa meminta tolong saudara atau kerabat untuk menemani anak belajar di rumah. Membuat aturan tetap belajar di rumah walaupun tidak sekolah cukup efektif. Selain membuat anak tetap belajar juga membuat anak merasa menyesal tidak sekolah.

5. Berikan Barang Keperluan Sekolah Sesuai Kesukaan Anak

Menghadapi anak mogok sekolah memang tidaklah mudah, Anda sebagai orang tua harus mempunyai trik khusus agar anak mau bersekolah. Salah satu trik yang cukup ampuh adalah dengan memberikannya keperluan sekolah sesuai dengan kesukaannya.

Sekarang ini sudah banyak alat tulis dengan motif yang unik dan lucu. Anda bisa memberikan anak keperluan sekolah dengan motif kartun yang ia sukai. Misalnya saja anak Anda suka dengan kartun Shaun The Sheep, belikanlah peralatan sekolah motif kartun ini.

Dengan cara ini anak akan merasa senang dan merasa diperhatikan sehingga semangat untuk bersekolah. Anda juga bisa mengajak anak untuk membeli peralatan sekolah bersama. Dengan demikian anak bisa memilih keperluan sekolah yang ia sukai.

Selain keperluan sekolah, Anda juga bisa membelikan anak mainan yang ia inginkan.

Namun Anda juga tidak boleh melakukan hal ini setiap saat anak tidak mau sekolah. Cara ini hanya untuk memberikan motivasi agar anak mau bersekolah. Jika cara ini terus Anda lakukan dikhawatirkan akan membuat anak tumbuh kurang baik. Anak akan memanfaatkan hal ini ketika ia ingin sesuatu.

6. Selalu Temani Anak Di Rumah

Menghadapi Anak Tidak Mau Sekolah - Sekolah Prestasi Global

Photo by poungsed_eco On Envato Elements

Ketika anak tidak mau sekolah Anda harus menemaninya di rumah. Hal ini perlu Anda lakukan agar menjaga komunikasi yang baik dengan anak.

Selain itu, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari penyebab kenapa anak tidak mau berangkat sekolah. Mendampingi anak selama di rumah juga perlu Anda lakukan setiap harinya. Ajaklah anak untuk berkomunikasi dengan berbincang sederhana.

Anda bisa meminta anak untuk menceritakan kesehariannya selama di sekolah atau ketika sedang bermain. Melalui cara ini anak akan merasa diperhatikan dan menjadi lebih dekat dengan Anda sebagai orang tua.

7. Jangan Langsung Judge Anak Pemalas

Banyak orang tua yang langsung men-judge anaknya sebagai anak pemalas karena enggan bersekolah. Hal ini harus Anda hindari, pada dasarnya anak tidak pernah malas untuk belajar. Sejak ia dilahirkan anak selalu belajar, mulai dari belajar berjalan, berbicara, dan lain sebagainya.

Kak Seto, ketua komisi perlindungan anak Indonesia mengatakan jika anak enggan sekolah maka bukan salah anaknya. Dalam diri anak pada dasarnya selalu ingin tahu dan terus belajar. Jika anak enggan sekolah maka harus dipertanyakan dan cari tahu penyebabnya.

Jadi jangan sampai Anda langsung menilai anak sebagai anak malas ketika ia tidak mau sekolah. Anda harus mencari tahu penyebab yang membuatnya tidak mau berangkat. Bisa jadi ada masalah di sekolah atau anak merupakan korban bullying teman-temannya.

Hindari juga untuk memarahi atau mengomel sepanjang hari ketika anak tidak sekolah. Omelan Anda justru akan membuat anak stres dan tertekan. Mungkin saja anak mau berangkat sekolah setelah Anda marahi, namun ia berangkat sekolah karena terpaksa.

Anak yang berangkat sekolah karena terpaksa akan berakibat buruk bagi dirinya. Jadi pastikan anak tidak tertekan dan tidak terpaksa untuk berangkat sekolah.

8. Ajak Anak Untuk Mengikuti Kegiatan Sekolah

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar anak mau sekolah adalah mengajak anak untuk mengikuti kegiatan sekolah. Tentu di sekolah ada kegiatan ekstrakurikuler bukan? Berikanlah anak semangat atau motivasi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ini.

Untuk memberi motivasi, Anda bisa bercerita tentang pengalaman Anda ketika mengikuti kegiatan sekolah. Cerita yang menarik dan memotivasi dari Anda bisa memicu semangat anak untuk mengikutinya.

Anda juga bisa bercerita keasyikan ketika mengikuti kegiatan sekolah atau ekstrakurikuler. Arahkan anak Anda untuk mengikuti kegiatan yang ia sukai atau yang menjadi hobi dia.

Kegiatan ini bisa menjadi pemicu semangat anak untuk bersekolah. Tidak hanya itu, kegiatan ekstrakurikuler juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak.

9. Hindari Kondisi Nyaman Di Rumah Ketika Anak Tidak Mau Sekolah

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar anak mau berangkat sekolah adalah membuatnya menjadi tidak nyaman di rumah ketika tidak bersekolah. Hal ini bisa Anda lakukan jika penyebab anak tidak mau berangkat sekolah karena kemalasannya.

Anda bisa memberlakukan peraturan jika tidak sekolah anak tidak bisa bermain keluar rumah. Pembatasan selama tidak berangkat sekolah ini bisa membuat anak merasa jera dan menyesal tidak sekolah.

Anda juga bisa memberikan hukuman atau peringatan yang tegas ketika anak berulang kali tidak mau sekolah tanpa alasan yang jelas. Cara ini efektif untuk membuat anak jera tidak berangkat sekolah.

10. Pastikan Anak dalam Keadaan Bahagia Ketika Akan Tidur

Ada cara lain lagi yang bisa Anda lakukan agar anak mau dan semangat berangkat sekolah. Cara ini adalah memastikan anak bahagia sebelum dia tidur.

Suasana hati yang bahagia sejak dia mau istirahat bisa membantu menaikkan mood anak ketika bangun pagi. Anak yang tidur dalam keadaan bahagia akan mudah untuk dibangunkan. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih semangat dalam mengawali harinya untuk bersekolah.

Anda sebagai orang tua harus menjaga mood anak agar tetap bahagia. Dengan mood yang bagus anak juga akan senang untuk menjalani harinya.

11. Konsultasikan dengan Guru atau Psikolog

Jika masalah anak tidak mau berangkat sekolah sudah sangat berat dan sulit untuk Anda atasi maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah konsultasi. Anda bisa berkonsultasi dengan guru sekolah anak. Konsultasi dengan guru bisa menjadi salah satu media untuk mengetahui perkembangan anak.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi kenapa anak enggan sekolah melalui guru. Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog anak untuk mengatasi masalah mogok sekolah anak.

Sebagai orang tua tentunya Anda harus bijak dalam menghadapi anak tidak mau sekolah. Hindari untuk menggunakan kekerasan dan omelan ketika anak enggan sekolah. Lakukan pendekatan dan cari tahu penyebabnya agar Anda bisa mengatasi masalah ini, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi yang baik dengan anak.

Baca Juga: Blended Learning Jadi Solusi Pembelajaran Selama Pandemi

Apa penyebab anak mogok sekolah?

Penyebab anak mogok sekolah yaitu, mempunyai masalah dengan teman sebaya bisa membuat anak enggan untuk pergi ke sekolah, pelajaran yang semakin sulit dan anak tidak memahaminya bisa menjadi faktor anak enggan ke sekolah, faktor guru pengajar juga bisa menjadi salah satu penyebab anak tidak mau sekolah dan masalah tekanan atau stres di sekolah juga bisa memicu anak untuk enggan bersekolah.

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk membuat aturan ketika anak mogok sekolah?

Orang tua dapat membuat aturan ketika anak mogok sekolah yaitu anak tidak boleh bermain gadget ataupun tidak memberikan uang saku

Apa yang dapat dilakukan orang tua saat menemani anak di rumah?

Orang tua dapat meminta anak untuk menceritakan kesehariannya selama sekolah atau saat bermain

(Visited 72 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us