Bagikan Artikel Ini:

Zaman sekarang, belajar bahasa Inggris adalah kewajiban dan merupakan satu mata pelajaran wajib ada di sekolah. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa internasional.

Namun, bagaimana caranya anak belajar dengan mudah sedangkan di rumah bahasa sehari-hari menggunakan bahasa daerah atau bahasa Indonesia?

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Online Mudah dan Menyenangkan
 

Belajar Bahasa Inggris

Untungnya, zaman sudah berkembang begitu pesat dan teknologi kian maju. Ingin belajar bahasa Inggris tidak perlu lagi ribet. Anda bisa mengajarkan anak bahasa Inggris dengan mudah dengan beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Duolingo: Learn Languages Free

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini sangat populer karena metode belajarnya mirip permainan dan sudah diunduh oleh 200 juta pengguna. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau Apps Store. Aplikasinya sangat ramah pemula dan sudah ada lebih dari 30 jenis bahasa yang dimasukkan dalam database aplikasi. Tampilannya ramah pengguna serupa game online dan bisa disesuaikan menurut gaya belajar dan aktivitas Anda.

Duolingo akan mengajarkan Anda terkait kosakata, frasa, ejaan, tata bahasa, kalimat, hingga percakapan dalam bahasa asing. Pembelajarannya dilengkapi dengan gambar dan audio. Audio ini akan membantu anak dalam pengucapan bahasa Inggris. Anak juga bisa mengikuti tes yang disediakan untuk mengetahui sudah menguasai materi sebelumnya atau belum. Bisa disebut juga review akan hasil belajar Anda.

Laporan ini akan diperbaharui setiap minggunya. Materi yang diajarkan juga bisa Anda simpan secara offline sehingga bisa dibuka kembali.

2. English For Kids-Kids Games

Untuk anak-anak usia dini sampai SD, ada aplikasi pintar belajar bahasa Inggris dengan mudah dan efektif yaitu English for Kids, yang dibalut dalam permainan anak.

Anak akan diajarkan mengenal alfabet, buah-buahan, sayuran, warna, angka, dan tentunya masih banyak lagi lainnya. Didukung gambar berwarna yang menarik untuk anak, aplikasi ini tidak memberikan banyak bahasa untuk anak alias hanya bahasa penting yang dipelajari di sekolah.

Selain dari materi, metode belajarnya yang mengusung belajar sambil bermain menjadikan aplikasi ini digemari anak-anak.

Jika dilihat secara keseluruhan isi aplikasi, aplikasi ini memiliki 9 topik utama yang dekat dengan anak-anak. Topik tersebut adalah alfabet, angka, warna, sayuran, buah, transportasi, rumah, karir atau profesi, dan hewan.

3. LingoDeer

LingoDeer menjadi aplikasi belajar online bahasa Inggris atau bahasa asing lain yang interaktif. Aplikasi gratis ini tersedia di android dan iOS. Pengguna bisa berinteraksi secara sistematis, terstruktur, dan kontekstual.

Dengan metode ini, pengguna bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya akan pelajaran yang diberikan. Utamanya, Anda akan diajarkan untuk membaca, menulis kosakata, dan mendengarkan audio bahasa asing untuk pelafalan.

Desainnya intuitif. Banyak tema yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari ditawarkan dalam aplikasi. Tujuannya agar pengguna memahami kosakata yang mudah terlebih dahulu sebelum ke pembelajaran yang lebih sulit.

4. Game Anak: Belajar Bahasa Inggris

Masih dengan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak yang mengusung metode belajar sambil bermain, kali ini ada Game Anak: Belajar Bahasa Inggris. Di sini, anak akan diajarkan bahasa Inggris dengan menyenangkan, bahkan bisa juga bernyanyi.

Banyak lagu dalam bahasa Inggris untuk dinyanyikan anak. Untuk mempermudah anak dalam menyanyikan dan menghafalnya, disediakan gambar menarik dan juga lirik lagunya.

Untungnya lagi, lagu disediakan dalam format MP3 audio sehingga anak bisa memutar ulang lagu tersebut tanpa jaringan. Sambil bernyanyi, anak akan lebih mudah mengenal kosakata bahasa Inggris baru dan mengucapkannya.

5. Speak English Conversation

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Apakah kamu mencari aplikasi belajar bahasa Inggris yang akan meningkatkan skill public speaking Anda? Jika ya, pilihan paling tepat ada di aplikasi Speak English Conversation.

Anda akan lebih banyak mendengar obrolan dalam bahasa Inggris, menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris dari obrolan yang didengarkan, dan mengobrol dengan mesin penjawab ketika Anda mengobrol dengan mesin. Anda juga bisa merekam obrolan Anda.

6. Learn English-6000 Words-Fun Easy Learn

Ada cara baru dan mudah untuk belajar bahasa Inggris secara online dengan Fun Easy Learn. Aplikasi ini akan mengajarkan pada anak Anda untuk berbicara English secara cepat dan tentunya mengasyikkan.

Anak bisa memilih satu dari 7 permainan yang disediakan. Selain menghibur, anak juga mendapatkan edukasi terkait bahasa Inggris. Di dalamnya juga terdapat tiga level kesulitan, menyesuaikan kemampuan Anda.

Ada level untuk pemula, lalu menengah, dan lanjutan. Kelebihan lainnya terdapat pula manajer tinjauan yang membuat Anda maupun anak mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman akan pelajaran bahasa Inggris.

7. LingQ

Sama seperti aplikasi Fun Easy Learn, LingQ juga memiliki 3 level pembelajaran. Pertama, basic atau dasar. Kedua, intermediate atau menengah. Terakhir level advanced atau lanjutan.

Setelah memilih salah satu level, pastikan memilih level sesuai dengan kemampuan. Anda akan diminta untuk memilih satu dari beberapa tema yang disuguhkan.

Aplikasi ini sangat menitikberatkan pada pembelajaran mendengarkan atau listening. Anda akan mempelajari kosakata baru dari percakapan yang direkam, tentunya audio cerita terbaru.

Setelahnya ada beberapa pertanyaan yang harus anak jawab. Kelebihan lainnya, aplikasi ini tidak hanya berpatok pada bahasa Inggris saja tetapi juga ada bahasa asing lainnya. Sebut saja Mandarin, Perancis, Jepang, Korea, dan lain-lain. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di android saja.

8. Hello English

Hello English tersedia untuk android dan iOS dan bisa digunakan untuk pembelajaran online maupun offline. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi populer belajar bahasa Inggris. Dalam aplikasi tersedia 475 materi pembelajaran. Untuk kosakatanya sekitar sepuluh ribu kata.

Materi pembelajarannya pun diambil dari berbagai sumber, mulai dari berita, game interakti, video, diskusi dengan guru, artikel, ebook, dan audio. Tenang, ada juga bahasa asing lainnya, sebanyak 22 bahasa.

Di sini juga ada game multiplayer yang memungkinkan Anda untuk bermain bersama pengguna lain yang tersebar di berbagai negara.

9. Busuu

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya ada Busuu. Baik android maupun iOS bisa mengunduhnya. Aplikasi ini dipakai lebih dari 90 juta pengguna.

Perancang aplikasi ini adalah ahli bahasa. Konsepnya menggabungkan antara pengajar dan interaksi manusia yang dihubungkan oleh AI canggih.

Kecanggihan AI yang dimilikinya bisa menerjemahkan bahasa yang digunakan pengguna ke 12 bahasa. Untuk pembelajarannya meliputi membaca, menulis, mengeja, dan berbicara.

Tujuan pembelajaran tersebut berguna untuk meningkatkan frasa, kosakata, dan tata bahasa yang dimiliki pengguna sehingga makin cakap dalam berbicara bahasa Inggris atau bahasa asing lain.

Busuu juga menyertakan sedikit pembelajaran tentang aksen bahasa Inggris dan bisa juga digunakan offline sehingga ketika tidak ada jaringan mendukung, anak tetap bisa belajar.

10. Speak English Fluently

Namanya saja sudah bisa meyakinkan Anda jika dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mahir dan fasih berbahasa Inggris. Kelebihan aplikasi ini, ada banyak bacaan dan obrolan yang bisa diterapkan.

Lebih dari itu, setiap harinya materi pembelajarannya berbeda-beda sehingga Anda akan mendapat pelajaran baru. Ada juga praktik listening dari percakapan yang didengarkan dari bot dalam aplikasi.

Aplikasi ini dikembangkan dengan aksen Inggris Amerika sehingga cocok buat Anda yang ingin belajar aksen tersebut. Yang sangat disayangkan, tidak tersedianya opsi aksen lain.

11. English Speaking Practice

Jika di Speaking English Fluently Anda akan diajarkan terkait aksen Amerika maka di aplikasi ini, tersedia aksen bahasa lain seperti British. Kekurangannya, aplikasi ini hanya memberikan pembelajaran terkait percakapan harian.

Apabila Anda ingin belajar idiom, membaca, dan lainnya sebaiknya pilih aplikasi lain.

Meskipun begitu, English Speaking Practice sangat bagus untuk anak yang ingin melatih kemampuan berbahasa Inggris secara harian. Kelebihan lain, terdapat opsi business speaking yang bisa membantu Anda yang ingin bekerja di luar negeri.

12. Babbel

Babbel ini mirip dengan Duolingo, bedanya Babbel lebih fokus pada conversation dan vocabulary. Tapi keduanya memiliki kualitas yang sama, pilih saja yang cocok dengan gaya belajar Anda.

Materi pembelajarannya pun disesuaikan dengan level yang dipilih pengguna, mulai dari basic atau dasar, intermediate, dan advanced.

Materinya yang excellent membuatnya menjadi aplikasi premium alias membutuhkan pembayaran untuk mendapatkan materi pembelajarannya. Meski begitu, harganya worth it di kantong.

13. Memrise

Memrise menawarkan pembelajaran bahasa Inggris yang fleksibel. Ada banyak guru online yang bisa Anda pilih. Jadi, ingin belajar dengan guru siapa atau mempelajari materi apa, aplikasi ini menjadi jawabannya.

Aplikasi ini sangat berbeda dengan aplikasi lain. Di sini, Memrise tidak menyediakan materi tetapi pembicara natif dalam aplikasilah yang menyediakan materi tersebut untuk Anda.

Memrise tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Anda tidak akan diminta membayar, Memrise-lah yang akan membayar guru tersebut untuk Anda.

Memrise sangat cocok dan pas untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris tetapi bingung harus memulai dari mana. Interface yang diusung sangat simple.

Pengguna juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain sehingga bisa belajar bahasa Inggris bersama-sama. Untuk tingkat pembelajarannya sendiri ada 30.

14. Lingualy

Buat anak atau Anda yang suka dengan metode pembelajaran membaca, aplikasi Lingualy sangat memperhatikan penguasaan materi reading penggunanya. Untuk itu, Lingualy menjadi fasilitator untuk menguasai skill ini.

Bahan bacaan yang disediakan tersedia dalam beberapa level, ada yang ringan hingga sulit. Didalamnya juga tersedia bahasa lainnya, bukan hanya bahasa Inggris. Ada juga bahasa Jerman, Korea, Spanyol, dan lain sebagainya.

15. Rosetta Stone

Di Apps Store atau Google Play Store ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa dipilih, salah satunya Rosetta Stone. Di sini, Anda akan mempelajari grammar dengan lebih mudah.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak maupun dewasa. Interface-nya juga simple dan ada ribuan kata untuk memperkaya vocabulary Anda.

Aktivitas yang ditawarkan tergolong menyenangkan, seperti tebak kata, menyusun kata, dan lain sebagainya. Ada juga pembelajaran bahasa asing lain, sehingga Anda bisa memaksimalkan kemampuan, bukan hanya di bahasa Inggris saja.

Daftar 15 aplikasi belajar bahasa Inggris di atas bukan hanya cocok untuk anak-anak, tetapi juga orang tua atau yang sudah tahap lanjut, remaja atau dewasa. Materinya lengkap dan mampu menambah pengetahuan akan kosakata dan kemahiran dalam berbahasa Inggris.

1. Apa saja rekomendasi aplikasi untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris dengan mudah?

Anda bisa mengajarkan anak bahasa Inggris dengan mudah dengan beberapa aplikasi di bawah ini. 1. Duolingo: Learn Languages Free 2. English for Kids-Kids Games 3. LingoDeer 4. Game Anak: Belajar Bahasa Inggris 5. Speak English Conversation 6. Learn English-6000 Words-Fun Easy Learn 7. LingQ 8. Hello English 9. Busuu 10. Speak English Fluently 11. English Speaking Practice 12. Babbel 13. Memrise 14. Lingualy 15. Rosetta Stone

2. Apa yang sangat menarik pada aplikasi English for Kids-Kids Games?

Untuk anak-anak usia dini sampai SD, ada aplikasi pintar belajar bahasa Inggris dengan mudah dan efektif yaitu English for Kids, yang dibalut dalam permainan anak. Anak akan diajarkan mengenal alfabet, buah-buahan, sayuran, warna, angka, dan tentunya masih banyak lagi lainnya. Didukung gambar berwarna yang menarik untuk anak, aplikasi ini tidak memberikan banyak bahasa untuk anak alias hanya bahasa penting yang dipelajari di sekolah.

3. Apa yang menarik dari aplikasi LingoDeer?

LingoDeer menjadi aplikasi belajar online bahasa Inggris atau bahasa asing lain yang interaktif. Aplikasi gratis ini tersedia di android dan iOS. Pengguna bisa berinteraksi secara sistematis, terstruktur, dan kontekstual. Dengan metode ini, pengguna bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya akan pelajaran yang diberikan. Utamanya, Anda akan diajarkan untuk membaca, menulis kosakata, dan mendengarkan audio bahasa asing untuk pelafalan.

(Visited 367 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us