Bagikan Artikel Ini:

Memang tidak mudah beradaptasi dengan keadaan yang datang secara tiba – tiba. Seperti saat ini virus Corona datang menyerang dan terpaksa semua lini kena imbasnya. Saat virus Corona masuk ke Indonesia pertama kali, langkah langkah strategis segera diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah persebaran virus tersebut. Salah satu kebijakan yang dilakukan hingga saat ini adalah menghentikan proses belajar mengajar di sekolah dan menggantikannya dengan sistem belajar online di rumah. Anak anak yang belum memiliki kemampuan nalar sebaik orang dewasa tentu bingung akan hal tersebut. Khususnya anak anak yang masih duduk di bangku sd tentunya kurang paham dengan situasi yang terjadi pada mereka.

Memberikan pemahaman secara tepat dan sederhana sangat berguna bagi anak – anak, karena virus Corona yang sudah menjadi pandemi ini rentan menyerang anak – anak. Pengetahuan anak tentang bahaya Corona dapat membantu mereka agar tidak ikut terkena imbas dari virus tersebut. Disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan. Menjelaskan tentang virus Corona kepada anak kecil harus dibuat sejelas mungkin. Tujuannya agar anak tidak takut dan juga tidak panik saat mengetahuinya. Para ahli meyakini bahwa dengan menjelaskan virus Corona kepada anak, dapat membuat anak lebih berhati – hati dan bisa melindungi diri dengan baik. Buat anda yang memiliki menjelaskan virus Corona kepada si buah hati, berikut 6 tips mudah menjelaskan Corona untuk anak anak.

 

1. Tanyakan Kepada Anak Pengetahuan Mereka Tentang Corona

 
Anak anak biasanya tidak mudah memperhatikan penjelasan orangtua mereka. Salah satu cara agar anak mau mendengarkan adalah dengan membuat mereka tertarik terlebih dahulu. Walaupun tidak ditanggapi dengan serius, anak pasti sesekali menaruh perhatian terhadap Corona. Rasa ingin tahu mereka sebenarnya tinggi terhadap virus Corona tersebut. Oleh karena orang tua perlu membagikan pemahaman mereka kepada anak. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menanyakan kepada anak terlebih dahulu pemahaman mereka tentang virus Corona. Apa yang mereka dengar dari teman – teman mereka, apa yang mereka tangkap dari televisi tentang Corona dan yang lainnya.

Dengan menanyakan hal tersebut maka anda akan mendapatkan gambaran sejauh mana pengetahuan anak tentang virus Corona tersebut. Selain itu anda juga akan tahu apakah informasi yang diketahui oleh si buah hati tepat atau keliru. Jika informasi yang diperoleh anak merupakan informasi yang keliru, maka anda harus meluruskannya dengan benar agar si anak tidak kebingungan dan tidak bertindak secara salah. Anak di atas umur 10 tahun biasanya sudah memiliki pemahaman sendiri tentang virus Corona. Oleh karena itu jangan sampai anak memiliki pemahaman yang salah tentang Corona. Lebih baik segera membekali anak dengan informasi akurat tentang Corona serta cara pencegahan Corona yang baik. Semakin cepat anak memahami pentingnya mewaspadai Corona maka akan semakin baik.
 

2. Cari Referensi Akurat Tentang Virus Corona

 
Sebelum anda menjelaskan kepada anak tentang bahaya virus Corona dan cara untuk mencegahnya, maka anda juga perlu terlebih dahulu agar membekali diri dengan informasi yang akurat tentang Corona. Perbanyak membaca referensi dari sumber – sumber terpercaya, agar anda mampu menerapkan langkah – langkah yang diperlukan. Virus Covid – 19 tersebut merupakan hal baru yang terjadi di dunia, oleh karena itu cukup sulit menemukan cara penanganan yang paling efektif. Saat ini informasi tentang cara mencegah virus Corona juga masih simpang siur. Jika anda salah menangkap informasi atau menyerap informasi yang keliru, hal ini tentunya bisa berdampak buruk di kemudian hari. Oleh karena itu sebelum anda memberikan pengertian ke anak, lebih baik bekali diri dengan informasi akurat.

Jika anda sudah paham dengan virus Corona serta cara pencegahannya, maka pilah informasi tersebut dan tentukan informasi mana yang perlu disampaikan kepada anak anak. Saat menjelaskan virus Corona kepada anak, hal yang sangat penting ditekankan adalah cara mencegah virus tersebut. Gunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh anak – anak. Bisa dengan ilustrasi atau juga gambar yang menarik. Sampaikan kepada anak tentang bahaya virus Corona, dampak virus Corona, serta cara melindungi diri dari virus Corona. Pemahaman yang jelas dan akurat akan menumbuhkan niat dan kesadaran dalam diri anak untuk melindungi diri dari virus Corona. Jangan menggunakan virus Corona untuk menakuti anak, karena hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi psikis anak.
 

3. Berikan Penjelasan yang Membuat Anak Tenang dan Tidak Ketakutan

 
Salah satu hal yang paling penting dipahami adalah bagaimana caranya agar anak tidak ketakutan saat mendapatkan informasi tersebut dan membuatnya tetap tenang menghadapi Corona. Sikap waspada memang perlu dalam menghadapi Corona tetapi jika sudah dikuasai oleh rasa takut maka hal ini bisa menimbulkan efek negatif. Tidak salah menjelaskan dampak buruk dari virus Corona, tetapi jangan sampai dampak tersebut disampaikan dengan cara yang menakutkan. Salah satu hal yang cukup penting agar anak bisa tetap tenang menghadapi Corona adalah dengan memberikan contoh yang baik. Anda sebagai orang tua juga tidak boleh cemas atau panik, karena jika anak melihat orang tuanya cemas, maka si anak juga akan mengikutinya.

Anak cenderung mengikuti perilaku orang tua mereka, oleh karena itu anda harus memberikan contoh yang sigap, waspada, dan tetap tenang dalam menghadapi Corona. Cara memberikan penjelasan dengan benar tanpa membuat anak takut adalah dengan memberikan penjelasan yang sifatnya positif . Misalnya menjelaskan bahwa Corona bisa dicegah, corona bisa disembuhkan, dan yang lainnya. Yang terpenting anak paham bahwa Corona sesuatu yang membahayakan tetapi bisa dihindari dengan melakukan langkah langkah pencegahan yang benar. Jika anak paham tentang Corona, maka mereka bisa bertindak sendiri untuk melakukan pencegahan tanpa perlu diberitahukan lagi.

 

4. Minta Bantuan Orang Lain Untuk Menjelaskannya Kepada Anak

 
Jika misalnya anda kurang mampu menjelaskan kepada anak dengan bahaya yang sederhana, maka salah satu tips buat orangtua adalah anda bisa meminta bantuan orang yang lebih ahli untuk menyampaikannya. Misalnya meminta bantuan guru sekolah anak, meminta bantuan dokter dan para ahli lainnya. Terkadang anak lebih mudah mendengarkan penjelasan orang lain dari pada orang tua mereka sendiri. Biasanya anak anak yang sudah sekolah lebih patuh kepada guru mereka di sekolah dari pada kepada orang tua mereka sendiri. Jika ini terjadi pada buah hati, maka meminta bantuan guru sekolah untuk menjelaskannya kepada anak adalah salah satu cara. Guru sekolah juga biasanya lebih bisa menjelaskan kepada anak dengan bahasa yang sederhana.

Selain meminta bantuan guru, anda bisa meminta dokter juga. Biasanya anak juga mudah memahami perkataan seorang dokter dari pada perkataan orang tua sendiri, karena anak menganggap bahwa dokter orang yang menarik. hal hal yang menarik perhatian mereka membuat mereka lebih mudah mencerna serta memahaminya dengan baik. Dokter juga pastinya lebih tahu cara penanganan/ pencegahan agar tidak tertular virus corona. Oleh karena itu sebaiknya minta bantuan orang yang lebih ahli agar bisa menyampaikan informasi yang tepat kepada anak tentang cara pencegahan virus Corona.
 

5. Ajari Anak Cara Mencegah Virus Corona

 
Hal yang sangat penting anda jelaskan kepada si buah hati adalah cara mencegah virus corona. Penjelasan tentang bahaya dan dampak corona bisa dibuat dengan sederhana saja. Yang paling penting dilakukan adalah menjelaskan kepada anak cara untuk mencegahnya serta mengajak anak agar mencegah corona sedini mungkin. Anda perlu membuat ajakan yang menarik agar anak mau mengikutinya dengan suka hati. Hal – hal yang sangat penting dijelaskan kepada anak dalam mencegah virus corona seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker, tidak menyentuh wajah, mencegah kebersihan, tidak keluar rumah bermain, dan yang lainnya. Anda juga perlu mencontohkan hal tersebut setiap saat agar anak juga mau mengikutinya.

Misalnya saat anak hendak menyentuh makanan, lebih baik mengajak anak mencuci tangan dengan sabun daripada menyuruhnya untuk mencuci tangan. Ajakan akan membuat anak bersemangat, sedangkan perintah akan membuat anak merasa terintimidasi. Oleh karena itu lebih baik memberikan contoh yang tepat untuk anak dari pada menuntutnya untuk melakukan hal yang benar. Sangat penting juga untuk mengingatkan dan mengawasi anak agar tidak menyentuh mulut. Jika anak anda memiliki kebiasaan sering menyentuh mulut atau memasukkan jari ke dalam mulut, maka ingatkan anak untuk tidak melakukannya lagi. Jelaskan kepada anak bahwa virus Corona mudah tersebar melalui mulut, sehingga dengan penjelasan tersebut, anak nantinya bisa menjaga tangan agar tidak menyentuh mulut.
 

6. Tutup Percakapan Dengan Hati – Hati

 
Setelah anda menjelaskan kepada si buah hati tentang bahaya serta cara pencegahan virus corona maka sangat penting untuk memastikan anak merasa tenang dengan penjelasan yang anda berikan. Jangan tutup percakapan saat anak merasa takut atau khawatir, karena hal tersebut bisa menimbulkan dampak buruk pada anak. Jelaskan kepada anak bahwa Corona akan berakhir dan bisa dicegah dengan langkah yang benar. Buat anak agar tetap semangat beraktifitas seperti biasanya dan melakukan prosedur pencegahan yang baik. Dengan demikian maka bisa dipastikan keluarga anda akan terlindungi dari virus corona. Jika anda merasa takut atau gelisah terhadap virus corona sebaiknya anda langsung menenangkan anak dengan cara memeluk atau mengucapkan kata kata penghiburan untuk mereka.

Mungkin anak juga akan merasa bosan setelah terlalu lama di rumah akibat dari virus corona. Salah satu tips buat orangtua agar anak bisa tetap betah dirumah adalah dengan membuat suasana rumah jadi lebih menyenangkan. Tidak ada salahnya menuruti keinginan anak untuk bermain game saat di rumah, karena lebih baik tetap berada dirumah daripada berada di luar ruangan. Jika anda ngambek karena merasa terkekang terlalu lama di rumah, maka sebaiknya berikan lagi penjelasan sederhana untuk anak agar tetap waspada terhadap corona. Beberapa cara agar anak tetap betah di rumah adalah dengan melakukan berbagai kegiatan bersama – sama. Seperti berkebun bersama, menonton tv bersama, masak bersama, dan hal lainnya. Sebenarnya masa pandemi seperti saat ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.
 
Baca juga : Belajar Dirumah, Ini Dia 6 Tips Agar Belajar Dirumah Menyenangkan
 
 

Sebutkan Cara Orangtua Menjelaskan Covid – 19 Kepada Anak!

Cara Orangtua Menjelaskan Covid – 19 Kepada Anak, yaitu : 1. Tanyakan Kepada Anak Pengetahuan Mereka Tentang Corona 2. Cari Referensi Akurat Tentang Virus Corona 3. Berikan Penjelasan yang Membuat Anak Tenang dan Tidak Ketakutan 4. Minta Bantuan Orang Lain Untuk Menjelaskannya Kepada Anak 5. Ajari Anak Cara Mencegah Virus Corona 6. Tutup Percakapan Dengan Hati – Hati

Seperti apa Tutup Percakapan Dengan Hati – Hati ketika menjelaskan kepada anak tentang Covid-19?

Setelah anda menjelaskan kepada si buah hati tentang bahaya serta cara pencegahan virus corona maka sangat penting untuk memastikan anak merasa tenang dengan penjelasan yang anda berikan. Jangan tutup percakapan saat anak merasa takut atau khawatir, karena hal tersebut bisa menimbulkan dampak buruk pada anak. Jelaskan kepada anak bahwa Corona akan berakhir dan bisa dicegah dengan langkah yang benar. Buat anak agar tetap semangat beraktifitas seperti biasanya dan melakukan prosedur pencegahan yang baik. Dengan demikian maka bisa dipastikan keluarga anda akan terlindungi dari virus corona. Jika anda merasa takut atau gelisah terhadap virus corona sebaiknya anda langsung menenangkan anak dengan cara memeluk atau mengucapkan kata kata penghiburan untuk mereka. Mungkin anak juga akan merasa bosan setelah terlalu lama di rumah akibat dari virus corona. Salah satu tips buat orangtua agar anak bisa tetap betah dirumah adalah dengan membuat suasana rumah jadi lebih menyenangkan. Tidak ada salahnya menuruti keinginan anak untuk bermain game saat di rumah, karena lebih baik tetap berada dirumah daripada berada di luar ruangan. Jika anda ngambek karena merasa terkekang terlalu lama di rumah, maka sebaiknya berikan lagi penjelasan sederhana untuk anak agar tetap waspada terhadap corona. Beberapa cara agar anak tetap betah di rumah adalah dengan melakukan berbagai kegiatan bersama – sama. Seperti berkebun bersama, menonton tv bersama, masak bersama, dan hal lainnya. Sebenarnya masa pandemi seperti saat ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bagaimana menjelaskan kepada anak mengenai Cara Mencegah Virus Corona?

Hal yang sangat penting anda jelaskan kepada si buah hati adalah cara mencegah virus corona. Penjelasan tentang bahaya dan dampak corona bisa dibuat dengan sederhana saja. Yang paling penting dilakukan adalah menjelaskan kepada anak cara untuk mencegahnya serta mengajak anak agar mencegah corona sedini mungkin. Anda perlu membuat ajakan yang menarik agar anak mau mengikutinya dengan suka hati. Hal – hal yang sangat penting dijelaskan kepada anak dalam mencegah virus corona seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker, tidak menyentuh wajah, mencegah kebersihan, tidak keluar rumah bermain, dan yang lainnya. Anda juga perlu mencontohkan hal tersebut setiap saat agar anak juga mau mengikutinya. Misalnya saat anak hendak menyentuh makanan, lebih baik mengajak anak mencuci tangan dengan sabun daripada menyuruhnya untuk mencuci tangan. Ajakan akan membuat anak bersemangat, sedangkan perintah akan membuat anak merasa terintimidasi. Oleh karena itu lebih baik memberikan contoh yang tepat untuk anak dari pada menuntutnya untuk melakukan hal yang benar. Sangat penting juga untuk mengingatkan dan mengawasi anak agar tidak menyentuh mulut. Jika anak anda memiliki kebiasaan sering menyentuh mulut atau memasukkan jari ke dalam mulut, maka ingatkan anak untuk tidak melakukannya lagi. Jelaskan kepada anak bahwa virus Corona mudah tersebar melalui mulut, sehingga dengan penjelasan tersebut, anak nantinya bisa menjaga tangan agar tidak menyentuh mulut.

(Visited 24 times, 1 visits today)
WhatsApp WhatsApp us