Bagikan Artikel Ini:

Bacaan doa sehari-hari—Sebagai umat Islam, tentu kita sudah tidak asing dengan arti dari sebuah hadist bahwa doa adalah tiangnya ibadah. Segala aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari tentu saja semestinya di mulai dan diakhiri dengan berdoa. Berdoa berarti meminta kepada Allah agar apa yang kita lakukan mendapatkan ridhonya, dan Allah pun senantiasa memberi keselamatan. Ada begitu banyak bacaan doa dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya di pelajari saat sedang mengaji di TPQ atau di TPA. Pun juga saat sedang belajar di Sekolah Prestasi Global.

Sekolah Prestasi Global adalah sekolah yang berlokasi di Jl. Palem 1 nomor 1 tepatnya di Perumahan Mampang Indah II, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok Jawa Barat. Sekola ini terdiri dari 3 lembaga pendidikan yang bernaung di bawahnya, yaitu Kelompok Belajar (KB) mulai dari anak usia 3-4 tahun, Taman Kanak-kanak (TK) usia 5-6 tahun, dan Sekolah Dasar (SD) usia 6-7 tahun.

bacaan doa sehari-hari

Adapun visi dari dibangunnya Sekolah Prestasi Global adalah untuk mencetak generasi muda yang mahir tidak hanya dalam bidang ilmu umum saja, namun juga memilik keahlian di bidang ilmu agama. Para peserta didik yang bersekolah disini diampu oleh tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman.

Adapun pilar ilmu yang berusaha dikembangkan secara kontinyu di sekolah ini adalah pilar ilmu, akhlak dan prestasi. Singkatnya, dengan mempercayakan putra-putri kita untuk menempuh pendidikan dasar di Sekolah Prestasi Global, nantinya akan lahir generasi muda yang utuh, yang kompeten secara wawasan umumnya, paham ilmu agamanya dan sekaligus senantiasa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak luput pula visi untuk berprestasi di lingkup lokal, nasional dan internasional.

Salah satu upaya untuk melahirkan pribadi unggul dengan kriteria di atas, antara lain adalah dengan membiasakan diri untuk mempelajari dan praktik doa sehari-hari. Berikut 25 kumpulan doa anak sehari-hari yang semestinya dipraktikan anak didik sejak dini.

1. Doa Sebelum Makan

Makanan adalah salah satu bentuk rizki yang diberikan oleh Allah swt. Tidak semua orang mendapatkan makanan seenak dan sebanyak yang kita miliki saat ini. Dan, agar makanan yang kita konsumsi mendatangkan kebaikan, dan tidak disertai oleh campur tangan setan, berdoa sebelum makan adalah wajib hukumnya. Adapun bunyi doanya adalah:

Allaahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannaar

Yang artinya: Duhai Allah, berkahilah kami semua dalam rezeki yang telah Kau berikan, dan peliharalah kami semu dari siksaan api neraka.

Doa tersebut mengandung pesan yang sangat dalam yaitu agar kita semua senantiasa di jaga oleh Allah utamanya terkait dengan rizki yang di dapat agar rizki tersebut tidak mendatangkan mudharat. Api neraka adalah sesuatu yang menakutkan dan mengerikan yang siapapun tidak ingin berada di dalamnya.

2. Doa Sesudah Makan

Rasa kenyang setelah makan tentu sebaiknya disertai dengan ucapan syukur yang terus menerus. Ucapan syukur berarti ucapan terimakasih atas nikmat yang diberikan yang terangkai dalam doa

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa minal muslimiin

Yang artinya: Hanya bagi Allah segala pujian-pujian. Tuhan yang telah memberikan kami makan dan minum dan menjadikan kami bagian dari orang Islam.

Rasa syukur itu di ucapkan atas makanan yang di dapat, minuman yang diperoleh, serta atas kemurahan Allah yang menjadikan kita semua sebagai umat Islam.

3. Doa Sesudah Minum

Hafalan doa sehari-hari cukup jarang yang memperdengarkan doa sesudah minum. Ya, selain doa sebelum dan sesudah makan, adapula doa sesudah minum yang bunyinya adalah:

Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Yang artinya: Segala puji-pujian makhluk hanya tertuju kepada Allah yang menjadikan air atau minuman (yang diminum) menjadi segar, dan menggiatkan dengan rahmat yang diberikan-Nya. Pun tidak membiarkan minuman tersebut pahit dan asin rasanya karena dosa yang sudah kami perbuat.

Jika kita kembalikan segala sesuatu kepada Allah, maka banyak sekali hal yang bisa kita syukuri. Salah satunya adalah minuman yang berupa air putih. Dengan rahmat Allah minuman itu menjadi segar dan memberikan semangat, dan dengan rahmat Allah pula minuman tersebut tidak lantas dijadikan sebagai balasan atas banyaknya dosa yang sudah diperbuat hamba sehingga rasa minuman itu tidak lantas pahit atau asin.

4. Doa saat Lupa Membaca Doa Sewaktu Makan

Ada kalanya kita lupa membaca doa saat makan. Saat teringat jika belum membaca doa, yuk segera baca doa berikut ini:

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Yang artinya adalah dengan menyebut asma Allah di awal dan akhirnya.

Makanan yang mungkin saja membawa kenikmatan atau justru menjadi potensi hadirnya penyakit dari dalam tubuh bisa coba cegah dengan membaca doa saat lupa sewaktu makan.

5. Doa Sebelum Tidur

Agar terhindar dari mimpi buruk, tentu saja kita wajib berdoa terlebih dahulu. Selain itu, agar tidur menjadi obat lelah, dan penghilang penyakit membaca doa sebelum tidur adalah rutinitas kontinyu yang dilakukan menjelang tidur. Adapun bunyinya adalah:

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu

Yang artinya adalah hanya dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan hanya dengan menyebut nama Allah aku mati. Kehidupan dan kematian hanya ada di tangan Allah.

6. Doa saat Mimpi Buruk

Saat mimpi buruk, tentu tidur menjadi tidak nyaman dan tidak tenang. Kita sering kali terbangun dan badan terasa lelah. Agar terhindar dari mimpi buruk, berikut doa yang semestinya dibaca:

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami

Yang artinya adalah Ya Allah, sungguh aku mohon perlindungan hanya kepada-Mu dari kejinya perbuatan setan dan dari buruknya mimpi-mimpi kami.

Perasaan tidak nyaman saat mendapatkan mimpi buruk, akan segera sirna dan tidur kembali lelap.

7. Doa saat Mimpi Baik

Sebaliknya, saat mimpi baik menghiasi tidur nyenyak kita, bacalah doa

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati

Yang artinya segala puji hanya patut ditujukan kepada Allah yang telah memberikan hajatku. Dengan doa tersebut, mimpi baik semoga menjadi kenyataan dan pertanda baik di kehidupan yang nyata.

8. Doa saat bangun tidur

Islam mengatur rutinitas manusia dengan sangat detail dan tidak membebani. Sebelum tidur membaca doa, saat mimpi baik dan buruk membaca doa, dan saat terbangun dari tidur pun membaca doa. Lalu, bagaimana nih bunyi doa saat bangun tidur?

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Yang artinya adalah segala puji hanya milik Allah yang telah menghidupkan manusia sesudah mati (membangunkan kami dari tidur), dan hanya kepada Allah lah segala sesuatu akan kembali.

Banyak kisah orang yang tidur yang tidak lagi kembali ke kehidupan nyata. Tidur diibaratkan dengan mati sementara dimana kita tidak lagi berada dalam alam yang kita jalani setiap harinya.

9. Doa Masuk Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat yang identik dengan kotor. Tempat-tempat yang kotor adalah tempat yang banyak ditempati jin. Godaan jin bermacam-macam bentuknya. Bahayanya adalah ketika jin itu menempel pada manusia. Agar tidak sampai terjadi hal yang demikian, yuk baca doa masuk kamar mandi berikut ini:

Allaahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Yang artinya adalah Ya Allah, gamba berlindung hanya kepada Engkau dari godaan syetan laki-laki maupun perempuan.

Dengan perlindungan dari-Nya, kemungkinan buruk selama berada di kamar mandi teratasi.

10. Doa Istinja

Istinja adalah salah satu anugrah dari Allah yang patut untuk disyukuri. Bisa kita bayangkan bagaimana saat tidak bisa istinja atau buang air besar? Perut terasa begah dan tidak nyaman. Nikmat dari Allah ini perlu kita syukuri salah satunya dengan berdoa ketika akan melakukannya.

Allaahumma thahhir qolbii minan nifaaqi wa hashshin fajrii minal fawaahisyi

Yang artinya Ya Allah sucikanlah hati kami dari kepura-puraan dan kemunafikan, serta peliharalah farji kami dari hal yang keji.

11. Doa Keluar Kamar Mandi Atau Toilet

Selesai mandi dan istinja, dilanjutkan dengan doa saat keluar kamar mandi. Bunyinya:

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Yang artinya, dengan ampunan dari-Mu Ya Allah, segala puji hanya milik Engkau yang sudah menghilangkan najis dan kotoran di badan kami dan yang telah menyejahterakan.

Dengan demikian, keluar dari kamar mandi badan terasa lebih segar dan tubuh pun bersih.

12. Doa Menjelang Sholat Shubuh

Salah satu waktu yang mustajabah untuk berdoa dan meminta pertolongan Allah adalah menjelang sholat subuh. Ini adalah waktu dimana masih banyak orang tertidur pulas dengan selimut tebal yang menghangatkan. Namun, saat Anda memilih untuk terbangun dan berdoa salah satu manfaatnya adalah agar kita sebagai hamba Allah selalu terlindung dari sempitnya dunia dan hari kiamat yang bunyinya:

Allaahumma inni a’udzubika min dzhiiqid-dunyaa wa dzhiiqi yaumal-qiyaamati

Yang berarti ya Allah, sungguh kami sebagai hamba berlindung hanya kepada Engkau dari kesempatan dunia dan juga kesempitan pada hari kiamat. Hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud.

13. Sambut Pagi dengan Doa

Apa saja yang akan terjadi pada hari itu tentu kita tidak bisa memprediksi. Agar hal baik selalu mengiringi, yuk sempatkan baca doa berikut untuk menyambut pagi:

Allaahumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuru

Yang berarti ya Allah, hanya karena Engkaulah kami menemui waktu pagi dan petang. Oleh sebab Engkau juga lah kami mengalami kematian dan kehidupan dan hanya kepada Engkaulah kami akan kembali.

14. Sambut Sore dengan Doa

Tidak hanya di pagi hari, saat sore haripun seyogyanya kita sambut dengan doa yang bunyinya:

Allaahumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

Yang artinya adalah Duhai Allah, hanya karenamulah kami mengalami waktu pagi dan petang. Hidup dan mati kami karena Engkau dan tidak ada tempat lain untuk kembali kecuali Engkau.

15. Doa saat Bercermin

Agar lebih percaya diri, sering kali kita mengecek penampilan di hadapan cermin. Tentu saja doa yang kita panjatkan tidak hanya secara fisik akan tampil tampan atau cantik, tapi dari segi akhlakpun demikian. Adapun doa yang dipanjatkan adalah:

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Yang berarti segala puji hanya milik Allah. Semoga Allah membaguskan budi pekerti sebagaimana Dia membaguskan wajah kita.

16. Doa Masuk Rumah

Rumah adalah tempat tinggal yang senantiasa kita rindukan. Tidak pandang apakah rumah tersebut sederhana, ataupun mewah. Banyak yang mengatakan baiti jannati yang artinya rumahku adalah surgaku. Dimana surga yang dimaksud tidak lantas berupa rumah yang mewah luar biasa, namun rumah yang menentramkan. Agar rumah kita senantiasa tentram dan menenangkan, berikut doa yang semestinya kita panjatkan saat masuk rumah.

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Yang artinya Wahai Allah, sungguh aku mohon hanya kepada Engkau dimanakah baiknya tempat masuk dan keluar hanya melalui menyebut asma-Mu kami masuk, dan hanya dengan menyebut asma-Mu kami keluar, dan tentu saja hanya kepada Allah, tawakkal kami.

17. Doa Keluar Rumah / Doa Bepergian

Hafalan doa sehari-hari salah satunya adalah doa ketika bepergian atau keluar rumah. Saat bepergian tentu saja kita semestinya berhati-hati, berdoa kepada Allah dan bertawakkal hanya kepada-Nya. Agar perjalanan lancar selamat, berikut doa yang semestinya dipanjatkan saat bepergian:

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Yang artinya adalah hanya dengan menyebut asma Allah SWT kami bertawakkal kepada-Nya, tiada daya upaya kecuali hanya melalui pertolongan dari-Nya.

18. Doa saat Memakai Pakaian

Pakaian adalah penutup aurat yang darinya sering kali kita lantas tampak cantik dan sebaliknya. Pakaian memiliki fungsi yang menguntungkan dan memberikan kebaikan saat digunakan untuk menutup aurat dan tidak menjadi sumber riya’. Sedangkan saat pakaian tersebut menjadi sumber riya’ berarti apa yang kita pakai tersebut adalah sumber kejahatan. Agar terlindung dari kejahatan yang tidak diinginkan, berikut doa yang semestinya dipanjatkan, yaitu:

Bismillaahi, Allaahumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Yang artinya, hanya dengan menyebut nama-Mu ya Allah, hamba meminta kebaikan atas pakaian ini dan kebaikan yang ada padanya, dan hanya kepada-Mu ya Allah hamba berlindung dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan apapun yang ada pada-Nya.

Dengan demikian, saat mengenakan pakaian, harapannya tidak lain adalah agar apa yang kita kenakan memberikan manfaat kepada kita, dan menghindarkan kita dari akhlak tercela seperti riya atau takabbur.

19. Doa Memakai Pakaian Baru

Hafalan doa sehari-hari salah satunya adalah doa memakai pakaian baru. Saat menggunakan pakaian baru tentu saja sebaiknya memanjatkan doa agar mendapatkan kebaikan atasnya. Adapun cara agar pakaian tersebut memberikan manfaat antara lain adalah dengan memanjatkan doa yang berbunyi:

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Yang artinya segala puji hanya ditujukan kepada-Mu ya Allah yang memberikan pakaian ini kepadaku dan sekaligus memberi rezeki yang tiada kekuatan dan daya upaya apapun dariku.

20. Saat Melepaskan Pakaian

Sebagaimana saat memakainya, saat melepaskan pakaian pun kita perlu panjatkan doa. Doa yang dipanjatkan tersebut berbunyi:

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Yang artinya hanya dengan menyebut nama-Mu Ya Allah yang tiada Tuhan selain Engkau.

21. Doa memohon ilmu manfaat

Al-‘ilmu nuurun, ilmu adalah cahaya bagi pemiliknya. Dengan ilmu, seseorang menjadi berbeda berbeda dengan makhluk yang lain. Seseorang yang berilmu, apalagi disertai dengan tingkah laku yang baik akan mendapatkan tempat spesial di hati masyarakat. Lantas lancar rejekinya, dan mulia hidupnya. Agar ilmu yang di dapatkan bermanfaat, dan tidak menjadi sumber kecongkakan, salah satunya adalah dengan cara berdoa agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, adapun bunyi doanya adalah sebagai berikut:

Allaahumma innii as-aluka ‘ilmaan naafi’aan wa rizqon thoyyibaan wa ‘amalaan mutaqobbalan

Yang artinya adalah wahai Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, serta rizki dan amal yang baik sekaligus diterima.

22. Doa Sebelum Belajar

Belajar adalah rutinitas positif yang hampir setiap orang tua merasakan gelisah saat anak-anaknya tidak mau belajar dan lebih cenderung bermain gadget dan nonton teve. Belajar adalah perantara agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Semakin rajin belajar, semakin banyak pemahaman yang di dapat, dan semakin banyak pula kemanfaatan yang di dapat atas ilmu yang diperoleh itu. Doa yang sepatutnya dipanjatkan adalah:

Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

Yang artinya adalah duhai Allah, semoga Engkau tambahkan ilmu pengetahuan atasku, memberikan rezeki padaku, serta pemahaman atas ku.

23. Doa Sesudah Belajar

Sebagai penutup, berikut doa sesudah belajar yang semestinya dipanjatkan agar ilmu yang di dapat tidak lekas terlupakan, dan saat kita membutuhkannya, semoga Allah mengembalikan pengetahuan itu kepada kita.

Allaahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Yang artinya adalah duhai Allah, sungguh aku menitipkan ilmu pengetahuan yang telah Kau ajarkan kepada kami, dan kembalikanlah ilmu pengetahuan itu saat kami membutuhkannya kembali dan janganlah Kau membuat kami lupa akan ilmu tersebut Duhai Allah Tuhan sekalian alam.

24. Doa saat Berpergian

Apa yang terjadi saat bepergian tentu kita tidak tau. Pastinya, kita ingin dijauhkan dari bencana, dan ingin agar selamat hingga kembali ke rumah. Keselamatan adalah anugrah dari Allah, dan bencana adalah ujian dari-Nya, tentu saja kita sebagai orang yang sedang bepergian ingin agar senantiasa diberi keselamatan. Adapun doa yang semestinya dipanjatkan adalah:

Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allaahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Yang artinya adalah Duhai Allah, berikanlah kami kemudahan saat bepergian ini. Dan berikanlah kami kedekatan atas kejauhannya. Duhai Allah, yang menemani kami dalam bepergian ini, dan Engkau juga yang melindungi keluarga kami.

25. Doa Naik Kendaraan

Mobilitas adalah kebutuhan penting setiap individu. Mobilitas atau perpindahan tempat ini dalam rentang jarak yang dekat biasanya adalah dengan berjalan kaki, namun saat rentang perjalanannya jauh bisa di tempuh biasanya di tempuh dengan naik kendaraan baik itu kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat, dan bahkan pesawat terbang. Apapun kendaraannya, yang pasti selama bepergian kita berharap agar selamat sampai kembali ke rumah. Untuk itu, penting bagi kita untuk berdoa yang salah satunya adalah dengan membaca doa sebagai berikut ini:

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Yang artinya Maha Suci Engkau ya Allah yang telah menundukkan bagi kami (kendaraan yang kami tumpangi) ini. Padahal, sungguh sebelumnya kami tidak kuasa menguasainya, dan hanya kepada Engkau-lah kami akan kembali.

26. Doa Naik Kapal

Satu ketika,kita berkesempatan untuk bepergian dengan menggunakan kapal. Keselamatan tentu kita harapkan saat berada di darat, laut, udara dan dimanapun berada. Untuk itu, saat sedang naik kapal, cobalah untuk senantiasa memanjatkan doa yang berbunyi:

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Yang artinya Hanya dengan menyebut asma Allah, yang menjalankan kendaraan ini agar mampu berlayar dan berlabuh. Sungguh Tuhanku adalah benar-benar Maha Pengampun sekaligus Maha Penyayang.

27. Doa sewaktu Sampai di Tempat Tujuan

Sewaktu sampai di tempat tujuan, yuk ucapkan doa berikut ini. Kita panjatkan doa pada Allah Tuhan semesta alam yang memberikan keselamatan kepada hamba-Nya. Adapun bunyi doanya adalah:

Alhamdulillahil ladzi sallamani wal ladzi awani wal ladzi jama’asy syamla bi.

Yang artinya adalah segala puji hanya bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Tuhan yang memberikan keselamatan atasku dan sekaligus melindungi diri dan mengumpulkanku kembali dengan keluarga tercinta.

28. Doa saat Menuju Masjid

Masjid adalah tempat ibadah dan menjadi tempat yang mustajabah untuk memanjatkan doa. Berangkat ke masjid setiap langkahnya mendapatkan pahala. Berangkat ke tempat suci ini untuk berdoa atau untuk melaksanakan sholat jamaah sepatutnya disertai dengan membaca doa yang berbunyi:

Allaahummaj-‘al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj-‘al lii nuuroon

Yang artinya adalah Duhai Allah, semoga Kau jadikan atas hatiku cahaya. Atas lisanku cahaya dipandang sebagai cahaya. Dari pendengaranku kau munculkan cahaya. Dalam pendengaranku kau jadikan cahaya, dari kanan dan kiriku kau cahaya, atas dan bawah dan depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah padaku ya Allah, cahaya!

29. Doa Masuk Masjid

Kumpulan doa anak sehari-hari selanjutnya adalah doa masuk masjid. Saat masuk masjid, setelah perjalanan dari rumah, semestinya kita membaca doa agar kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT selama berada di dalamnya.

Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik

Yang artinya adalah, Duhai Allah, bukalah bagiku pintu rahmat-Mu.

30. Doa Keluar Masjid

Keluar dari masjid, doa yang kita panjatkan adalah:

Allahumma innii asaluka min fadlik

Yang artinya adalah Wahai Allah, sungguh hamba mohon keutamaan hanya dari Engkau.

31. Doa Akan Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Quran adalah rutinitas yang semestinya dilakukan dan dianjurkan bagi umat Islam. Membaca Al-Quran satu huruf saja mendapatkan pahala, apalagi jika sampai bisa khatam dan menghafalkannya. Subhanallah. Adapun doa saat membaca Al-Quran adalah:

Allaahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Yang artinya adalah Wahai Allah, semoga Engkau membukakan hikmah-Mu atas diri kami, bentangkanlah rahmat-Mu pada diri kami, dan ingatkanlah diriku atas apa saja yang aku lupa, Duhai zat pemilik keagungan dan kemuliaan.

32. Doa Setelah Membaca Al-Qur’an

Setelahnya ditutup dengan membaca doa:

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Yang artinya adalah semoga Allah merahmati kami dengan Al-Quran. Jadikanlah Al-Quran bagiku cahaya, petunjuk serta rahmat. Duhai Allah, ingatkanlah kepada kami atas apa yang kami lupa padanya dan juga ajarkan kepada kami atas apa yang tidak kami ketahui. Semoga senantiasa Kau anugerahkan pada kami kesempatan untuk membacanya tepat pada sebagian siang atau malam. Jadikanlah Al-Quran petunjuk bagiku, Duhai Allah Tuhan semesta alam.

 

Kesimpulan

Apa saja bacaan doa dalam sehari-hari?

1. Doa sebelum makan
2. Doa sesudah makan
3. Doa sesudah minum
4. Doa saat lupa membaca doa makan
5. Doa sebelum tidur
6. Doa saat mimpi buruk
7. Doa saat mimpi baik
8. Doa saat bangun tidur
9. Doa saat masuk kamar mandi
10. Doa istinja
11. Doa keluar Kamar mandi atau toilet
12.Doa menjelang adzan subuh
13. Sambut oagi dengan doa
14. Sambut sore dengan doa
15. Doa saat bercermin
16. Doa masuk rumah
17. Doa keluar rumah atau Doa berpergian
18. Doa saat memakai pakaian
19. Doa memakai pakaian baru
20. Doa saat melepaskan pakaian
21. Doa memohon ilmu bermanfaat
22. Doa sebelum fajar
23. Doa sesudah belajar
24. Doa saaat bepergian
25. Doa naik kendaraan
26. Doa naik kapal
27. Doa sewaktu sampai ditempat tujuan
28. Doa saat menuju masjid
29. Doa masuk masjid
30. Doa keluar masjid
31. Doa akan membaca Al-Quran
32. Doa setelah membaca Al-Quran

Bagimana bacaan Doa saat mimpi buruk?

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami

Bagaimana bacaan doa saat akan membaca Al-Quran?

Allaahummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

(Visited 10.698 times, 11 visits today)
WhatsApp WhatsApp us